.

 

Suhu Tepat, BBM Hemat

thermostat00

Pada suatu pertemuan klub mobil, seorang teman dengan bangga memperlihatkan jarum temperatur mobilnya yang menunjukkan posisi seperempat, sementara pada umumnya untuk mobil yang sama seharusnya menunjukkan posisi setengah. Ia menganggap sistem pendingin mesin pada mobilnya bekerja dengan baik dan akan bebas dari masalah overheat.

Sementara itu ada juga teman yang baru saja mencabut thermostat dari mesin mobilnya karena takut masalah overheat terulang lagi.
Kedua hal di atas ternyata banyak juga terjadi pada mobil merek lain, khususnya mobil eropa. Apa dampak negatifnya buat mobil tersebut?

Mesin mobil bekerja secara optimal pada suhu yang cukup tinggi (sekitar 93ºC). Jika mesin bekerja pada suhu yang rendah akan membuat komponen mesin cepat mengalami kerusakan, detonasi, membuat polusi dan boros bahan bakar.
Untuk itu hal terpenting yang dilakukan oleh semua produksen mobil adalah membuat pengatur suhu agar mesin segera mencapai suhu kerjanya dan menjaganya agar tetap konstan (stabil).

Selain suhu kerja mesin yang ideal, untuk terjadinya proses pembakaran yang sempurna, diperlukan campuran bensin dan udara yang tepat.

Komposisi campuran bensin dan udara sering disebut Air-Fuel Ratio (AFR).
Idealnya AFR bernilai 14,7 . Artinya campuran tersebut terdiri dari 1 butir bensin berbanding 14,7 butir udara atau disebut dengan istilah Stoichiometry.

Pada kondisi dingin, mesin memerlukan lebih banyak bensin (AFR kaya) dan putaran mesin perlu dibuat lebih tinggi agar dapat bekerja dengan baik dan tidak berguncang (coldstall).
Ketika mesin mencapai suhu kerja ideal AFR kembali dibuat mendekati ideal (AFR = 14,7).

Mesin yang masih menggunakan karburator, proses pengaturan AFR dilakukan melalui Choke maupun Choke otomatis yang menggunakan vacuum solenoid dan temperature vacuum valve.
Pada mesin injeksi, pengaturan AFR dilakukan oleh ECU (Engine Control Unit – komputer pengatur mesin) berdasarkan referensi sensor suhu air di blok mesin (Coolant Temperature Sensor) untuk kemudian ECU mengatur putaran mesin dan debit bensin yang disemprotkan injektor.

Thermostat sebagai pengatur suhu

Mesin mobil yang menggunakan sistem pendingin air menggunakan thermostat sebagai pengatur suhu. Thermostat berfungsi sebagai katub/keran aliran air dari mesin ke radiator. Pada saat masih dingin, thermostat menutup sehingga air akan berputar-putar di blok mesin yang membuat suhu kerja ideal cepat tercapai.
Saat suhu kerja tercapai, maka thermostat membuka sehingga air mulai dialirkan ke radiator untuk di dinginkan agar suhu mesin tidak melebihi suhu kerjanya, ketika suhu mulai terlalu dingin thermostat kembali menutup, begitu seterusnya sehingga membuat suhu mesin menjadi stabil.

Thermostat sebagai ‘kambing hitam’

Sering terdengar kasus overheating yang diakibatkan oleh sistem pendingin, atau kasus mesin yang selalu dalam kondisi panas.
Dari kasus-kasus tersebut tidak sedikit bengkel yang menyarankan untuk mencabut thermostat karena dianggap sebagai biang keladinya. Ada pula bengkel yang menyarankan agar mengganti dengan thermostat bersuhu kerja lebih rendah dari standarnya dengan alasan iklim Indonesia yang cukup panas (tropis).

Mencabut thermostat adalah tindakan yang salah, karena mesin akan cukup lama mencapai suhu kerjanya, bahkan tidak pernah mencapai suhu kerja yang ideal. Suhu mesin pun menjadi tidak stabil, ketika sedang menuruni bukit atau kecepatan tinggi suhu mesin akan menjadi sangat dingin.
Mengganti thermostat bersuhu kerja lebih rendah dari yang disarankan pabrik juga membuat mesin bekerja dibawah suhu kerja ideal.

Solusi: Cermati Suhu Kerja Mesin
Apabila kita menggunakan mobil bekas atau yang sudah tua, coba untuk mencermati suhu kerja mesin mobil kita. Lihat jarum petunjuk temperatur pada panel instrumen.
Coba juga sempatkan bertanya ke bengkel resmi atau ikut serta mailing list maupun klub mobil sejenis untuk menanyakan pada posisi manakah suhu mesin kita dalam kondisi normal.

Apabila jarum temperatur menunjukkan suhu yang lebih rendah misalnya hanya seperempat (normalnya setengah), maka ada kemungkinan sebagai berikut:
1. Thermostat sudah dicabut : Membuat mesin bekerja dalam kondisi dingin, biasanya karena pernah terjadi overheating pada mesin, sehingga thermostat dilepas.
Solusi : Pasang thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.
2. Thermostat macet : Terjadi apabila thermostat rusak sehingga selalu dalam kondisi membuka.
Solusi : Ganti thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.
3. Thermostat bersuhu kerja rendah : Akibat menggunakan thermostat yang bersuhu kerja rendah membuat mesin bekerja disuhu kerja yang rendah.
Solusi : Ganti thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.

TIPS Perawatan Sistem Pendingin Mesin:

Perhatian terhadap komponen sistem pendingin lainnya juga perlu agar mesin selalu dalam kondisi prima:
1. Flush dan ganti coolant secara teratur. Kualitas dan jenis coolant yang dipakai sangat menentukan keawetan mesin, dianjurkan memakai Extended Life Coolant (ELC) atau Surfactant Coolant (SC), beberapa produk coolant dijual siap tuang.
2. Hindari menggunakan air ledeng atau air sumur untuk mengisi radiator. gunakan aquadest yang dicampur dengan coolant sebagai inhibitor (pencegah karat dan kerak). Pemakaian aquadest saja tak dapat mencegah timbulnya karat.
3. Gunakan Radiator Coolant yang bermutu baik, dan pakai sesuai anjuran.
4. Ganti tutup radiator setiap 4 – 5 tahun, kerusakan tutup radiator menyebabkan tidak dapat melepas kelebihan tekanan sehingga akan merusak cylinder head gasket dan kepala radiator, gunakan tutup radiator original.
5. Ganti thermostat setiap 5 tahun, jika tetap akan menggunakan thermostat bersuhu lebih rendah dari anjuran pabrik, jangan lebih dari 5ºC perbedaannya. Ingat, thermostat jangan dilepas.
6. Periksa kinerja motor fan atau visco fan.
7. Ganti waterpump apabila sudah terdeteksi terjadi kebocoran atau aliran air lemah.
8. Jika radiator yang berbahan plastik pecah/retak, ganti dan gunakan radiator head original, jangan mengganti dengan bahan kuningan, karena jika terjadi over-pressure, maka komponen mesin lain akan dapat pecah atau retak
9. Pemakaian Radiator coolant untuk mesin diesel sebaiknya memakai jenis Extended Life.
(sumber: The Beginner Files – IDMOC)

Semoga bermanfaat,

Catatan:
Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman dan pendekatan teori dari beberapa sumber referensi, sehingga memungkinkan masih adanya ketidak sempurnaan maupun keakuratan teori maupun kesimpulan dari artikel ini.

Artikel ini pernah dimuat di Majalah Autobild Edisi 16 Juli-29 Juli 2005
Ditulis oleh Saftari

330 Responses to Suhu Tepat, BBM Hemat

  1. karyo says:

    Saya pake kijang LGX 1997, bebrapa hari ini ada masalah dengan radiator dan temperatur sering naik turun, yang paling bikin was2 adalah air radiator sering masuk ke tangki cadangan tetapi enggak mau balik lagi sehingga menyebabkan air di radiator berkurang kalau dulu cukup di isi di tangki cadangan lha sekarang tangki cadangan penuh selalu bagaimana om cara memperbaikinya,…..

  2. harry says:

    pak mau tanya
    1.apakah benar kendaraan yg sdh terlanjur lepas thermostat, jika di pasang kembali maka mesin akan rusak karena tdk terbiasa dengan perubahan yg terjadi
    2.kendaraan sy S Katana, jika dalam kondisi jalanan lancar suhu mesin diantara 1/4 – 1/2 dan itu masih menggunakan ac….nah jika dalam kondisi macet panjang sy mjd was-was terpaksa ac sy matikan karena kecenderungan suhu naik sampai 3/4 bisa dan pernah terjadi tp ga sampai overheat
    menurut bp supaya kondisinya tetap stabil max 1/2 dalam kondisi macet panjang, system pendinginnya apakah perlu ada yg di ganti/di rubah

  3. amri says:

    mungkin untuk mbil2 yg lebih baru thermostatnya ketika sudah panas membuka n otomatis jalur bypass menutup(high flow by pass) tpi untuk mobil2 lawas kebanyakan sistemnya msih permanent bypass jadi ketika thermostat membuka full sekalipun tetap ada air yg lewat jalur bypass ,jdi efisiensi pendinginan msih jelek beda dgn mbil skrang,kalau mbil tidak benar2 fit berpotensi overheat..mungkin hal tsb yg menyebabkan kebanyakan mbil lawas memilih mencopot thermostatnya,..
    http://www.westernthomsonindia.com/prd_inf.htm

  4. basid says:

    pagi mas Zakir, gmn kbr nya? mg sehat wal,afiat..sy mo nanya lg nih, biasanyanyan klo pagi2 mobil kijang kapsul saya (th 2002) saat di starter langsung hdp dan gas nya agak tinggi, tapi sekarang setiap pagi sy starter , sy hrs menginjak pedal gas, klo sy lepas mesinnya akan mati, kira2 ada apa ya? apa auto coke nya udh rsk/ bgmana?, mohon pencerahan mas zakir, mkasih sebelumnya

  5. noegroho says:

    Mau tanya pak, bmw e34 m50 th93 saya temperatur naik sampai 3/4 saat ngebut 100km/jam, kalau sudah 3/4 terus kecepatan dikurangi, temperatur kembali normal di 1/2. Termostat baru saya ganti 71derajat. Kenapa ya pak ? Terimakasih sebelumnya.

  6. udin43 says:

    jika air radiator suzuki carry 1,0 cepat berkurang padahal gak ada kebocoran pada radiator, selang. cuma air didalam radiator gak berputar/diam dan cepat panas. kenapa ya ?…

  7. Muhammad Ali Mustofa says:

    Saya pemakai mbl suzuki amenity, mau tanya nih om : brp temperatur normalnya di tengah ato 1/4, thermostat kemaren sy lepas apa perlu sy pasang kembali ya… kalo kondisi mesin panas kenapa rpm naik turun, padahal coil baru, busi sdh ganti…, apakah dibenarkan kalo fan radiator langsung dsi sambungkan maksudnya stater kipas langsung muter … terima kasih pencerahanya…

  8. Maaf, mau tanya apa untuk semua mobil bisa digunakan thermostat dengan suhu bukaan di bawah standart ? Biasanya mobil merek/ jenis apa yang sering memesan thermostat dengan suhu bukaan katup 71 derajat Celsius ? sama satu lagi, suhu bukaan berapa saja yang pernah dipesan dengan suhu bukaan di bawah suhu 80 derajat Celsius..? Terimakasih.

  9. basid says:

    saya py mbl kijang sx tahun 2002, pada saat jalan sktr 20 s.d 30 mnt jarum penunjuk temperatur kadang2 bisa sampai full (ke merah)kadang2 bisa turun lg sampai 1/2 dan kadang2 bisa turun sampai 1/4, kira2 apanya yg rusak ya?…mohon penjelasan, terimakasih atas informasinya

    • zakir skynet says:

      ada dua kemungkinan komponen yg rusak 1. voltage regulatornya yg mensupply arus listrik ke komponen indikator temperatur voltasenya naik-turun. 2. swit temperaturnya udah rusak

      • basid says:

        dlm beberapa hr ini malah lebih parah lagi, saat dihidupkan jarum temperatur nampak normal, begitu mobilnya dijalankan beberapa meter, jarum jarum penunjuk sudah sampai kemerah?klo voltase regulator yg rusak, bagian apa yg hrs sy ganti/ namanya apa?

      • zakir skynet says:

        jika jarum temperatur dan bensin naik tidak beraturan sudah pasti voltage regulator/stabilizer voltasenya yg rusak. lokasi stabilizer voltasenya ada dibelakang speedometer. kalau mau servis speedometernya harus dicopot. ane punya pengalaman yg sama stabilizer voltage mbl ane udah rusak parah jarum bensin dan temperatur naik-turun , ane ganti dengan regulator voltase IC 7812 servis sendiri hasilnya ok banget. modal servis cuma Rp.10.000.

  10. masrul says:

    Apakah suzuki Carry 1,0 pada speedo meter posisinya ditengah-tengah yang normal, masalahnya semua carry yang pernah saya liat temperaturnya paling tinggi 1/4, nggak pernah lebih dari itu, apa semua carry nggak pake termostat atau dicopot, kalo kijang rata2 ditengah-tengah normalnya, mohon pencerahan

    • Zakir Skynet says:

      ganti swit temperatur yang ukuran ohm/resistor agak besar misalnya yg lama diukur ada 250 ohm ganti dengan yg lebih tinggi misalnya 350 ohm pasti jarum temperatur turun.

      • masrul says:

        Sebelumnya temperatur suzuki carry 1.0 paling tinggi 1/4, ini pake sistim kipas visco, cuma kalo pake AC temp jadi 1/2 lebih, kemudian saya punya ide coba ganti pake fan elektrik, terus pada selang saya pasang termoswitch satu paket dengan Fannya, setelah jadi fan elektrik baru berputar setelah posisi jarum temp ditengah-tengah atau lebih dikit, terus stabil ya kira2 ditengah-tengah, apakah wajar indikator tersebut? kira2 apa pengaruhnya terhadap mesin? wajarkah temp tersebut, saya coba cari disitus2 nggak pernah ada menjelaskan berapa persisnya temp carry 1.0 yang normal, mobil ini tidak ada termostatnya dari awal?

      • zakir skynet says:

        jika pakai AC temperatur 1/2 engga pakai ac 1/4 kondisi temperatur mobil sangat wajar sempurna. yang penting thermostatnya udah dibuka. suhu idial mesin mobil sudah tercapai.

  11. dany says:

    Tanks…sangat bermanfaat… mantap gan

  12. pradana says:

    numpang tanya pak,

    saya baru beli mobil seken espass 1.6 th 97, ternyata jarum penunjuk temperatur g berfungsi baik. baru ketahuan pas mobil diajak jalan kurang lebih 30 menit kec. rata2 60km/jam jarum hanya bergerak sedikit sekali, padahal jok pengemudi sudah terasa panas. kira2 kerusakan ada dimana ? dan apa saja yg perlu di ganti ? mohon pencerahannya….terima kasih

  13. oekie says:

    mantabhhh….sangat bermanfaat !!

  14. Usa says:

    Om,

    Klo jarum temperatur kadang idup kadang mati, kenapa ya? Socket di thermoswitch udah di test di tempel ke body mobil dan jarum bergerak. Udah coba ganti thermoswitch tetep aja sama, kadang idup kadang mati.
    Mohon infonya ya Om.

    Terima kasih,
    Usa

  15. tepwan says:

    bagus tips-nya..sangat berguna sekali…
    saya buat pdf ya bos..hehe

  16. Leo says:

    Sangat bagus tips nya…
    Terjawab sudah pertanyaan tentang temperatur suhu mobil…

    Thnx

  17. azis says:

    Bos, isi artikelnya bagus-bagus saya harus sering berkunjung nich. link sudah saya pasang. thanks

  18. asrahs says:

    Benar-benar ilmu yang sangat bagus. terimakasih banyak.

  19. Keadaan seimbang ideal pada mesin tergantung , suhu , airflowsensor, oxigen sensor (exhouse sensor) ,, dalam keadaan dingin mesin di atur ecu untuk open loop ,ecu mensuplay bahan bakar via injector berdasarkan preset data yg terprogram dalam ecu (kondisi dingin ), pada kondisi temperatur mesin idel biasanya diatas 82C-104C tergantung type mobil pasokan bbm berdasarkan kondisi aliran angin , sesuai bejekan gas , serta tingkat kandungan O2 pada asap knalpot yang di data oleh exhouse atau Oxigen sensor ,, saat kandungan O2 tinggi (rich) pada asap knalpot ecu akan mengurangi pasokan BBM dengan mengurangi timming buka’an injektor ( makin lama injector terbuka makin banyak bbm yg di masukan ke ruang bakar) ,,, keadaan sebaliknya bila O2/ Exhouse sensor melaporkan kandungan O2 terlalu rendah Lean makan ECU akan mengurangi timming bukaan injector , ,,,, kondisi ini yang sering di manipulasi Tunner automotif,,,maaf terlalu panjang

  20. sugiarto says:

    BINGUNG SPIDOMETER NISSAN TERANNO ANDA BERMASALAH/RUSAK ?
    BISA HUBUNGI SAYA DI 081398433740-02199290328 ATAU BISA
    LANGSUNG DATANG DI JLN.SUMURBATU RAYA 415(SEBERANG SMP 228)
    KEMAYORAN JAKPUS. BELAKANG ITC CEMPAKA MAS (SUGIARTO)

    JUGA TERIMA REPAIR SPIDO DIGITAL UNTUK MOBIL/MOTOR SEGALA MERK.

  21. denny says:

    Setuju sekali dengan post-nya. Semoga berguna buat para pemilik mobil

  22. agung says:

    ada yg punya informasi dimana betulin speedometer digital toyota corona twincam 2000 ,rusak di indikator kecepatannya,tq

  23. mei says:

    Mobil Honda civic wonder 1984 itu temperatur idealnya 1/4 atau 1/2. Thanks brow

  24. oscar says:

    boss mobil ford laser tahun 87 suhu standart dipanel penunjuk sampai mana…? setengah apa dibawahnya…? trus thermostat itu letaknya dimana untuk mobil ford laser tahun 87.

  25. gunawan windy says:

    kalo mau cari spedometer kijang super tahun 96, tapi belum pake RPM dimana ya? baru atau copotannya juga boleh. asal masih berfungsi baik. yang saya pake sekarang jarum temperaturnya gak mau naik, jadi gak tau kondisi panas mesin.

  26. ahmadpurba says:

    halo om saftari,

    saya punya corona twincam 1600 cc th 1989, sekitar 2 bulan lalu sempat overheat sampai mesin mati karena air radiator habis, setelah itu saya ganti radiator dan waterpump. tapi kenapa bila pakai ac dan jalanan lagi macet temperatur jadi naik mengarah ke garis merah sejauh ini saya selalu matikan ac dan suhu kembali normal dan sewaktu jalan lancar saya kembali nyalain ac. pls pencerahan apa penyebabnya.

    • ahmadpurba says:

      oh ya tutup radiator juga sudah ganti, mobil saya beli setahun lalu tanpa thermostat dalam 10 bulan pemakaian semua normal, masalah muncul sejak 2 bulan lalu sejak overheat.

  27. Mosaro says:

    Thermostat itu letaknya dimana sih?

  28. blongger says:

    Saya punya Kijang Grand 94 waktu beli bekas tidak ada thermostatnya, kalau jalan temperatur 1/4, mohon pertimbangan dan saran kalau dipasang Thermostat apakah akan menjadi normal suhunya dan temperatur menjadi 1/2 dan kalau untuk ukuran kijang Grand 94 yg baik thermostatnya berapa derajat agar posisi temperaturnya normal ? Terima kasih mohon pencerahannya.

  29. agung says:

    artikelnya sangat berfaat dan bagus,
    seharusnya para mekanik/bengkel baca artikel ini,soalnya masih banyak mekanik/bengkel yang salah kaprah tentang suhu mesin dan thermostat yang harus di cabut.mungkin dia dapat ilmunya secara turun temurun biasa tipikal orang indonesia karena sudah tradisi!

  30. Noer Wahjoe says:

    Dear Bung Shaft7,

    Saya punya mobil corona 2.0 exsaloon tahun 1993, sekarang punya masalah sebagai berikut.
    1. Akhir-akhir ini sering terjadi over heating pada saat jalanan macet.
    2. kalau saya perhatikan bila suhu mesin panas (diatas 1/2 belum sampai H) jalannya extra fan tersebut tidak kontinue..jalan sebentar terus mati, begitu terus berulang-ulang, dalam interval waktu yang singkat kurang dari 3 detik.
    3. Tapi bila jalanan tidak macet, temperatur ok-ok saja, extra fan tersebut berjalan normal. kadang hidup agak lama terus mati sesaat, terus hidup lagi.
    4. Saya sudah chek relay untuk fan, masih berfungsi dengan bagus.
    5. Saya cek radiatornya bila suhu mulai naik kelihatan ada arus mengalir. dan tidak ada tetesan air yang bertanda bocor.
    6. Apakah betul untuk extra fan tersebut juga ada hubungannya dengan sistem ac, karena pada saat kopling magnet kompresor bekerja extra fan langsung hidup.

    Terima kasih atas bantuannya, dan saya tunggu infonya dari Shaft7
    Salam

    Noer Wahjoe

  31. wawan says:

    saya punya taruna fgx thn 2001.
    mobil sering panas dan airnya cepet habis, padahal radiatornya sudah dibersihkan. dan sekarang tambah lagi setelah mobil di tune up suara mobil gak bisa langsam harus di injak pedal gas saja kalau dilepas mesin mati. mohon minta penjelasan…

    terimakasih sebelumnya

    wawan

  32. atjip says:

    mohon bantuan informasi ni pk mbl saya espas th 95 , dah 3 x overheating pertanyaan nya bagaimana mengatasi espas yg sensitif ama panas tsb

  33. dodik says:

    yang pingin konsultasi kendartaan kirim email ke dodikmaestro@yahoo.com

  34. cudef says:

    saya munya kenapa mobil saya feroza gamau idup kalau di bekam karbunya ga nyedot

  35. ClubPenguin says:

    I’m thankful this article was first in google so i didn’t have to search forever

  36. yudi says:

    Dear Bang Saft,

    Artikel di atas sangat bermanfaat sekali untuk saya.
    Saya baru ngangkat Toyota Corona 2000 Matic th.91 dan Display Speedometer Digital, tapi ada kendala dengan ini mobil :
    1. Indikator Temperatur tidak berfungsi
    2. Kejadian Temperatur Over Heating (AC nyala sedikit macet), Mobil tidak ada tenaganya Air Radiator meluap keluar (beruntung setelah di cek ke Bengkel kondisi mesin masih OKE)
    Pertanyaanya apakah Mobil saya ini bisa Normal kembali dalam hal Temperatur Mesinnya? Bagaimana solusi agar tidak terjadi over heating kembali? Mohon pencerahannya. Terimakasih

  37. Haryo Hastoko says:

    Artikel Anda sangat mencerahkan. Thanks so much and GBU !

  38. EDY says:

    Juragan….saya sangat senang baca2 tentang penjelasan mengenai mobil yang juragan kelola ini…tapi ada satu hal yang belum agan tampilkan dan sekaligus jadi pertanyaan saya..

    BAGAIMANA SISTEM KERJA DARI KIPAS RADIATOR (CIVIC LX) apakah setelah mesinnya panas otomatis kipasnya nyala ato dari awal star mesin?..karena mobil saya (civic LX) kalau AC gak diidupkan maka kipas mesinnya juga gak idup??/ bagaiaman agan???

  39. Reafkea says:

    mas gmna nich daewoo espero ecu’y eror mesin gx bsa nyala
    knpa ya?
    eror’y wktu accu di pasang kabel ecu di cabut gmna nih mass

  40. zalka says:

    Bosss,
    mohon informasinya mengenai mobil honda grand civic tahun 1990 :
    Awalnya tempratur naik, mesin panas, air radiator berkurang.
    Radiator di service, hasilnya sama, ternyata pack deksel nya bocor.
    Deksel mau di skrap, di Pangkalpinang (Bangka) tempat saya tinggal ga ada yang sanggup, ternyata dekselnya sudah parah, sudah ada yg gompel pada bibir lobang sehernya, mau di bubut (tambah daging) montir ga berani jamin hasilnya akan baik.
    Untuk itu saya mohon bantuan/informasi nya, berapa harga deksel untuk jenis mobil yang saya miliki ini, baik yang baru maupun yang scand kondisi bagus ?
    Tks, salam succes !

  41. adi says:

    Bung Saft, nice article nih :)

    bagaimana dengan mesin diesel? kalo mobil diesel seperti panther jarum penunjuk suhunya jarang sekali mencapai seperempat… bagaimana kondisi idealnya?

    apakah teori ini masih berlaku?

  42. prima says:

    saya punya mobil Carry 1.3 th 95, saya mau tanya. Kalo pulley kompresor ac diganti yang lebih kecil mesin akan lebih ringan?, berpengaruh ga sama temperatur, konsumsi bbm, dan angin ac??, soalnya kalo pake ac ga enak mesin terasa berat, dan kalo gas di tancap pasti mesin kaya yang telat ngoper bunyi suara “kletek2″…
    terimakasih sebelumnya

  43. adharianto says:

    saya punya mobil Kijang Kapsul LSX tahun 2000 saya punya masalah dengan mobil saya :
    1. Pemakaian Bahan Bakarnya yang Boros Perbandingnya 1/7 kadang 1/6
    2. Sudah Mulai mengeluarkan asap
    3. Power Streing Bila belok Kekanan Terasa Keras Sekali… Bagaimana cara mengatasi hal tersebut dia atas..Terimakasih

  44. adjie says:

    Dear Bung Saft, thanks berat nie, jadi tambah ilmu (^_^)

    Saya mau tanya nie,saya punya mobil Civic Excellent ’82 ketika mobil jalan tanpa AC temp stabil di posisi tengah, sedangkan kalo saya pake AC temp naek sampai 3/4 dan perkiraan saya akan terus naek. terus, setelah saya matikan AC temp kembali normal…

    so bung Saft, apa yuang mesti saya cek ya? temen bilang mungkin karena ekstrafan kipas yang jarinya cuma 4 jadi anginnya kurang besar, dan terlalu jauh dari depan body sehingga angin yang disemprotkan bukan dari angin depan.

    terus otomatis ekstra fan saya kan rusak jadi dilangsukan, apakah ada pengaruh dari otomatis yang mati sehingga angin yang dihasilkan kurang optimal, makasih sebelumnya

    Adjie

  45. tri mulyadi says:

    Pak, sy punya timor 2001 dohc, boros sekali (perkiraan saya 1 liter cuma bisa 5-6 km. suara mesin kasar dan temperatur pada saat running kurang dari setengah. apa yg hrs saya lakukan ?

  46. mulyadi says:

    mas ikut bergabung ya!
    Mobil saya Toyota twin cam GTI 91.
    temperatur mengalami kenaikan suhu,tidak seperti biasa(setengah kurang dikit)
    setelah tak copot termostatnya (ada 2)yang satu gede “seukuran kelingking dewasa”,yang satu kecil “seukuran rokok star mild”yang gede udah mengelupas dan harus ganti.Dimana ya mas Yang jual aku dah keliling nggak ada yang jual,adanya ukurannya pendek trus soketnya nggak sama,suwun

  47. Nabila turhaya says:

    hallo freinds semua,aku tinggal di moskow,aku selalu pake mobil ayahku BMW e36 th 1993,tapi terakhir ini mobil over haet,padahal ayahku sudah menggantinya dg yang baru.a.l:pompa air,termostart juga air cooland.mungkin tem,ans bisa memberi solusi ke saya ,sebelumnya terimakasih,salam dari moskow utk semuanya

  48. Indra says:

    Om Saft,
    mengutip penjelasan diatas :
    Selain suhu kerja mesin yang ideal, untuk terjadinya proses pembakaran yang sempurna, diperlukan campuran bensin dan udara yang tepat.
    Komposisi campuran bensin dan udara sering disebut Air-Fuel Ratio (AFR).

    pertanyaan saya, pada mensin Injection yang mnggunaan Airflow, bukankah Airflow juga memberikan masukan jumlah udara yang masuk pada ECU. apakah berarti jika airflow sudah mulai ngaco akan membuat suply bahan bakar menjadi berlebih juga/lebih boros?

  49. DIAN says:

    MAU TANYA, KALAU MOTOR FAN RUSAK DAN DIPERBAIKI DITUKANG DINAMO APA BISA AWET?

  50. amin says:

    gw mau tanya ni bung,Mobil gw Feroza SE 94, mslhny pada saat hidup AC RPM mesin bukanya naik malah turun,minta pencerahan apa kira2 sebabnya, sblmnya thank

  51. ujang says:

    numpang tanya pak Saftari

    idealnya air cadangan radiator/reservoir itu akan berkurang dalam berapa lamanya untuk mobil keluaran thn 90 an?
    sebab ada yg bilang klo mobil tua jika cadangan air berkurang kurang dari sebulan wajar misal seminggu an

    trims…….

  52. vicka says:

    haluu mas saya punya honda civic genio’94 mesinnya suka tersendat2 akibatnya boros bensin,lampu cek enjine jg nyala trs,udh di benerin di bbrp bengkel terakhir bengkel khusus honda udah bnr tp balik ngadat lg..tolong pencerahannya dunks
    tq

  53. Saftari says:

    @Yonathan Sahlie:

    coba periksa thermostat mesinnya.. pastikan berfungsi dengan baik.. dan jangan dilepas dari mesin. Jika panas, kemungkinan ada masalah dengan kisi2 radiator atau kipas yang tidak baik sirip2nya.

  54. Yonathan Sahlie says:

    Om Saft, saya tau web ini dari Ceria Club karena dulu saya pake Ceria. Sekarang saya pake Suzuki Carry karena pertimbangan maintenance cost Ceria yang tinggi. Om, mobil saya Carry 87 peralihan dari lampu bulat ke kotak. Boleh dibilang saya dapet barang istimewa sekali karena body dan mesin mulus. Kemarin ada kejadian radiator saya rusak karena kipasnya patah, akhirnya waterpump juga belah. Saya ganti satu set baik water pump, kipas dan radiatornya. Ada bbrp pertanyaan om:
    1. Suhu untuk Carry ST100 1987 di level berapa ya?? Saya ngerasa mobil saya seperti panas banget, apalagi kalo AC jalan. posisinya selalu ada di 1/2 lewat menuju 3/4. Tapi masih dibawah batas H. Padahal kalo liat mobil lain, maksimal di 1/2 kurang dikit. Apa karena perasaan saya aja? Thermostat dicabut dari awal, om. Waktu pake Ceria, suhu maksimal di 1/2, tapi saya jarang ngecek dengan membuka kap mesin. Tapi kalo ini, saya rasa kok kayak panas banget. sampe tabung reservoir dan tabung air kaca juga ikut anget.
    2. Apa karena mesin nya ada di bawah pantat?
    3. Pulley waterpump sebelumnya ukuran ST100 (Extra punya) dengan diameter lebih kecil sehingga puteran lebih cepat dengan harapan mesin lebih dingin. Tapi, setiap RPM ditambah agak tinggi, airnya jadi ga sirkulasi, malah nyemprot keluar tutup radiator (tutup saya buka). Kata bengkel, pulley untuk carry 1987 lebih gede dari yang sekarang. kebetulan saya dapet originalnya dan memang lebih gede. Saya ganti tuh, tapi masih aja ditengah dan kadang lewat adri 1/2 ampere panas yang di dashboardnya.
    4. Saluran air yang di blok mesin semua bersih tanpa kerak. dan pulley sudah saya kecilin. Kenapa masih panas ya om? Apa itu normal? Trims ya om.

  55. budi santoso says:

    Pak Salf yth, mobil saya kijang lsx 2004 (bekas). problemnya sama dengan diatas kenapa rpm selalu tinggi 1100 tanpa ac/ pakai ac, temperaturnya hampir 1/2, saya sdh kebengkel dan sdh dites dengan alat bisa turun ke rpm 900, tapi setelah alat dilepas kembali ke 1100 kembali dan saya disarankan ganti termostat agar normal, untuk rpm yang normal idlenya berapa ya untuk kijang lsx 2004 itu supaya mesin tidak ngonclok/mbandang bagi yang dapat menolong saya silahkan sering disini terima kasih. setelah mobil berhenti rpmnya naik

  56. hendra says:

    Saya mau konsultasi nih pak :
    Mobil Corona ex saloon thn 1986 saya kalau mesin hidup getaran di stir agak keras (tidak halus) pada posisi 600-700 RPM dan bensin boros, dicek ke bengkel: engine mounting bagus, karburator baru diservis (bagus), sampai akhirnya turun mesin karena bengkel bilang mesinnya pincang (piston dan ring piston baru, metal duduk baru,sealklep baru, selinder head di scrap, klep di skir ulang, and ganti packing set), eh…..baru hari ini mesin hidup lagi ternyata penyakitnya nggak hilang, duh saya jadi pusing nih pak,mana udah keluar biaya banyak.Mohon pencerahannya.Terima kasih

  57. Orerowemi says:

    Слава богу, что пока в Рунете в блогах достаточно честных и открытых мнений. Я имею в виду, что маркетинг в блогосфере у нас еще не развит настолько, чтобы Интернет игнорировать так же, как телик с его назойливой рекламой

  58. wawan says:

    saya punya pengalaman dengan radiator timor,upperradiator upper cap/cover dari plastic pernah pecah nyembur waktu habis matiin mesin (kurang lebih 2-3 mnt),apakah itu menandakan over pressure atw tutup nya udah gak main(0,9)…. trus waktu di bengkel ngasi solusi ganti cover atas palastik RP375.000,-,Kalo 1 assy radiator 650.000,-(ori timor) ya udah mending 1 assy aja ganti,alhasil mesin jadi dingin 1/2 kurang dikit.danjangan lupa pake radiator coolan yg bagus……..wawan/was2628@yahoo.com

  59. Saftari says:

    Dear Lili,..
    Kemungkinan besar si Thermostat memang dicopot,.. akibatnya suhu mesin tidak stabil. baiknya pasang lagi… jika memang rusak ganti baru dengan ukuran temperatur kerja yang sama.

  60. lili says:

    Thank’s artikel mengenai temperatur tidak tepat. saya juga mengalami masalah seperti diatas berkali-kali ke bengkel tidak pernah menemukan jawabannya sekalipun bengkel resmi. begini lho mas” mobil saya hyundai Atos saat mesin dinyalakan temperatur tidak langsung sampe pada normalnya yaitu setengah. kira-kira jalan sekitar 1 km temperatur menunjukan seperempat. apakah ini normal ?. Yang ga tahan nih mas setiap kali ketemu macet atau jalan pelan2 temperatur cepat sampai setengah kadang bisa lebih tetapi anehnya begitu jalan udah lancar tempetur berangsur2 turun lagi. apa penyebabnya mas?. padahal aku dah ganti radiator baru lho. terkahir kebengkel bener seperti artikel diatas sarannya thermostat dicabut?. apakah mungkin karena thermostat air ngalirnya kecil sehingga sirkulasi air ga lancar temperatur cepat naik. mohon penjelasannya. aku bingung…… thank’s.

  61. sugiarto says:

    dear bung saft
    saya mau tanya masalah esspas 95 1300, kalau melewati polisi tidur/guncangan yg lumayan keras, indicators rem tangan menyala dan akan hilang setelah beberapa saat,maaf bung soalnya baru pegang mohon pencerahanya
    terima kasih

  62. sugiarto says:

    dear bung shaft
    saya mau tanya masalah esspas 95 1300, kalau melewati polisi tidur/guncangan yg lumayan keras, indicators rem tangan menyala dan akan hilang setelah beberapa saat,maaf bung soalnya baru pegang mohon pencerahanya
    terima kasih

  63. ganda says:

    mas saya punya msalah dengan gigi mundur “R” genio 93 matic, nah anehnya kalo keadaan mesin dingin dia ga mau mundur tapi klo garis temperatur suhu ditengah mobil saya mau mundur dengan sdikit di gas-gas.

  64. Dony says:

    Pak Mohon bantuannya, Mobil saya aerio A/T Th 02 di tabung reservoirnya air sering berkurang 2 cm setelah jalan 1 sampai 2 jam. Saya cek ke BERES katanya sistem pendingin saya tidak masalah dan disalahkan radiator yg mampet. Sesuai anjuran BERES Radiator sudah saya servis ke tukang radiator. Mobil ini saya beli seken tutup radiatornya sudah diganti yg 0.9. Saya tanya ke BERES katanya Tutup Radiator yg benar tekanan 1.1 dan saya langsung beli dan pasang di radiator tetapi setelah mesin panas saat diinjak gas air di tabung reservoir jadi penuh dan meluap keluar kemudian kipas baru jalan dan airnya baru mulai turun padahal saat dingin tabungnya saya isi di batas FULL. Sedangkan kalau saya kembali pakai cap 0.9 air di tabung reservoir tidak meluap/ sama sekali tidak naik saat di gas waktu panas, tetapi setelah mesin dingin air bisa kesedot ke radiator dan reservoir berkurang 2 cm besok harinya.
    Saya jadi bingung dan Pusing hadapi sistem pengin moibil ini, Tolong beri petunjuk ya Bos, terima kasih.

  65. WareCeprori says:

    Познавательно, но не убедительно. Чего-то не хватает, а чего не пойму. Но, скажу прямо: – светлые и доброжелательные мысли.

  66. saftari says:

    arief says:
    Mobil sy zebra zsx, ceritanya mo ganti timing belt berhubung sering ada bunyi ‘tikus’ mencicit n km-nya udah 56000-an. haruskah ke bengkel resmi ? ga tahan mahal bos…! di bengkel umum apa ga bisa tho

    Jawab:
    Bisa saja di bengkel non resmi, tapi pastikan dia mengerti memasangan timing belt. Sebab pemasangan timing belt banyak aturannya yang wajib dipatuhi.

  67. arief says:

    Mr. Saft
    Mobil sy zebra zsx, ceritanya mo ganti timing belt berhubung sering ada bunyi ‘tikus’ mencicit n km-nya udah 56000-an. haruskah ke bengkel resmi ? ga tahan mahal bos…! di bengkel umum apa ga bisa tho ?

  68. wounkEnalkini says:

    Интересный блог- ещё зайду

  69. dimas says:

    mas mo nanya nich… di mana yach beli terhmostat daihatsu Espas Beserta seal karet nya yg susah amat di cari..??????????????????????????

  70. motorbis says:

    numpang baca mas…
    sangat membantu untuk mobil saya.

  71. Leo says:

    Bang Saft,

    Untuk Mercedes Boxer 300E ’91 itu suhu kerja ideal mesinnya berapa ya?

    salam & terimakasih,

    Leo

  72. Dear All,
    Mobil bekasku Timor DOHC tahun 2000 ternyata Thermostatnya dicopot. Saya pasang Thermostat baru ternyata overheat jadi terpaksa dicopot lagi. Kata orang-orang Standart Thermostat Timor 82 derajat Celsius.
    Apakah ada Thermostat Timor yang suhunya lebih rendah? Dimana belinya? Trims yaa.

  73. wiku says:

    Bantuin om Saft jawab ah… boleh kan, Om?

    to om Syubandi, problem: kipas radiator langsung nyala kalau kunci kontak di-on-kan.
    Asumsi saya, saat mesin dingin, kipas radiator tetap on, gak berhenti.

    Kemungkinan 1:perlu dicek apakah kabel ke arah kipas radiator masih standar , ataukah sudah di ubah-ubah.

    Kemungkinan 2:perlu dicek thermo switch fan nya (ini switch yang membuat fan berputar). Jangan-jangan sudah rusak, sehingga kipas berputar terus

    CMIIW.. semoga membantu

  74. Спасибо за новость и этот прекрасный сайт! респект и уважуха!

  75. hendrik junaidi says:

    Bang Saft yang saya hormati,
    setelah membaca beberapa artikel anda saya jadi yakin bahwa gasket cylinder head mobil saya BMW 320i bocor sehinnga jika tutup oli dibuka ada titik-titik air dan terdapat sebagian deposit berwarna crem, pada kenalpot keluar asap putih, jika tangan didekatkan akan basah.
    kesimpulan ini didukung dengan perbaikan yang sudah saya lakukan, yaitu penggantian thermostat, waterpump, pembersihan radiator. pada inlet radiator hosenya terasa panas sekali sedangkan dari radiator yang kembali ke mesin dingin alias adem ayem.
    bagaimana menurut bang Saft. apakah sudah musti turun setengah mesin, dibuka cylinder headnya?
    kalau dibuka dan diganti gasketnya kira-kira berapa ya duitnya, yang resmi dan bengkel biasa. apakah bengkel biasa bisa? soalnya saya jauh di Bontang kalimantan timur.

    terima kasih sebelumnya.

  76. saft says:

    dodol says:
    Untuk brothers yang tidak atau belum dijawab saft…. jawaban untuk semua masalahnya adalah : MASUKKAN KE BENGKEL RESMI SAJA …. semoga cepat sembuh…. cape deh nuggu jawaban bang saft… diem melulu

    Jawab:
    Tidak semua jawaban bisa saya handle atau jawab, kalau om Dodol ada waktu, boleh bantu saya jawab ratusan pertanyaan dari teman2 yang beragam di website ini. Mohon maklum ya om Dodol.

  77. dodol says:

    Untuk brothers yang tidak atau belum dijawab saft…. jawaban untuk semua masalahnya adalah : MASUKKAN KE BENGKEL RESMI SAJA …. semoga cepat sembuh…. cape deh nuggu jawaban bang saft… diem melulu

  78. Mobil saya Timor DOHC tahun 2000.
    Dimana yaa letak sensor speed speedometer, soalnya mati, tapi mau saya coba bersihkan dulu sendiri, siapa tahu hidup lagi.
    Kompreor Ac Timor Asli itu merek apa yaa dan jenisnya Rotary apa Piston? Kalau jenis Rotary diganti dengan yang Piston gimana efeknya?
    Mobil saya belum ada thermostatnya, ketika dipasang thermostat 82 derajat Celsius ternyata overheat, jadi dilepas kembali. Gimana kalau saya coba pasang yang 77 derajat Celsius? Sebenarnya thermostat itu dari berapa derajat sampai berapa derajat siih dan setiap kelipatan berapa derajat?
    Terimakasih untuk Pencerahannya. Salam dari Newbie.

  79. syubandi says:

    kipas radiator mobil saya langsung nyala kalau kunci kontak saya on-kan, sebelumnya kalau mesin sudah panas aja nyalanya. kira2 apa penyebabnya, thanks.

  80. Salam kenal sebelumnya Pak
    Saya ingin menanyakan sesuatu hal tentang keluhan mobil saya. Saya punya mobil feroza tahun 1994
    yang ingin saya tanyakan
    1. kenapa setiap mobil di hidupkan sering keluar asep warna hitam dari kenalpot, Tapi begitu mesin di geber2 asap itu berubah warna menjadi putih.
    Tapi begitu mesin sudah 5 sampai 10 menit di hidupkan asap itu tidak keluar?
    2. kalau mau perpindahan gigi dari 2 ke gigi 1 berat banget tapi kalau gigi 2 sampai ke 5 ataupun sebaliknya enak banget. itu gara2 apa ya Pak?.
    3. Dari kenalpot kalau mesin di hidupkan bau pembakaranya menyengat & pedih di mata & juga oli saya sering ngejok, tidak banyak cuman 1 minggu sekali
    1/2 liter untuk catatan seal cruck as depan rembes.
    4. kemarin saya bawa ke bengkel busi yang nomer 1 & 2 basah (klomoh).
    5. saya mau tanya kalau di selongsong tempat busi itu ada sielnya kalau seandainya bocor apakah oli bisa keluar dan terbakar?……..

    Nb : Menurut diagnosa bengkel saya di gertak suruh ganti ring piston, piston, paking seat, matahari, kampas kopling dll?……Makanya saya bingung & bimbang akan diagnosa bengkel itu.Mohon solusinya Pak, Maklum saya belum pengalaman banget dengan mobil.
    terima kasih atas perhatian & pencerahannya semoga Allah melimpahkan rahmad & hidayahnya.

  81. adit says:

    malam, mau tanya kalo saya mau pasang switch mercy tiger buat di ekstra fan peugeot 306 st n3 97 bisa nda? kata orang sangat efektif buat otomatis kalo mesin panas saat siang hari, mohon tipnya ya..
    matur nuwun

  82. Rudy says:

    Pak saya tanya
    supaya bahan bakar irit untuk mobil grand feroza, mobil saya tahun 96,
    kalau di tambahin pakai turbo bagaimana? mohon penjelasannya. trus bisa nggak diganti pakai karburator mobil lain supaya bisa irit. Trims

    Sidoarjo

  83. adi says:

    numpang tanya om..saya punya masalah dengan mobil bmw 320i tahun 95,
    pertama kali maslah nya pada radiator yg pecah sehingga air nya selalu bocor,setelah radiator di ganti,kta org bengkel fan clutch nya pun sudah lemah karena tidak bisa di bwa RPM tinggi,kalo RPM tinggi temperatur menjadi over..tetapi ketika saya sudah mengganti fan clutch merk VALCO itu kw 2,mengapa ketika mesin sudah agak lama jalan ketika RPM di atas 2500 masih tetap over??apa karena thermostat nya??
    mohon d jawab..terima kasih..

  84. Dedy s says:

    nice posting …

  85. Fath says:

    Mo nimbrung tanya ke Pak Saft,
    Kalo mobil sudah di cabut thermostatnya ada kemungkinan ada sejarahnya kalo mobil itu pernah terjadi overheat. Yang saya tanyakan apakah aman kalo kita memasang lagi thermostatnya dan tidak terjadi kasus overheat lagi? (maklum baru tahu dikit ttg mobil)

  86. angga says:

    Saya memakai kia carens 1 tahun 2000 jarum penunjuk tempratur mobil saya hanya semperempat jika siang jarumnya seperempat lbh sdkt padahal thermostat saya original dan sudah saya ganti apakah penyebabnya?

  87. donny says:

    saya mau tanya . skrg honda genio saya tidak pakai termostat. Setiap pagi rpm mobil saya lama sekali turunnya. Dianjurkan bengkel saya pakai kembali ternostatnya. (71 derajat Celcius). ternyata setelah dipasang malah termostat tidak mau berfungsi (membuka). akibatnya air radiator terkuras keluar (over heating). Apa yg salah dengan termostat mobil genio saya . Trims

  88. Rudy Hermawan says:

    Mobil saya toyota corona exsaloon 1989. pembakaran nya ga bagus , asap hitam tebal dan berbau bensin mungkin terlalu kaya ya, sudah stel manual tetapi msh saja jika afr yg masalah. jika pagi ga mau langsam. trims

  89. Arthur says:

    thermostat Kiajang Super 92 sebelah mana ya? tlg…thanks

  90. arief says:

    corona 87 ama 89 sama????

  91. daniel semarang says:

    Mas Saft,msh inget ma saya gak, boil saya Galant V6 2000cc thn 1997 (lele) saya mau nanya neh angin yg masuk ke airflow (intake) lebih bagus angin dingin atau angin panas yah ? thank’s a lot, tlg jawab an nya di e mail aja ya Mas

  92. fauksiles says:

    Постебался, спасибо за ссылку ;)

  93. ...Очень хороший пост, благодарю!
    !!

  94. adi says:

    1. untuk espas thn 1996 1600 cc standar panasnya berapa punya saya kok kalau jalan malam cuman di garis bawah tapi kalau jalan siang sama jalan naik suhu naik, bensin 1 : 10 termasuk boros atau tidak ?
    2. kenapa Ac kalua hujan tidak dingin
    3. terima kasih jawabannya

  95. Renzo says:

    to erfan-cressida 85
    Hub arthur di 081289430588
    cressida sy diservis ama dia..enak bgt skrg..dia jagonya tuk cressida/crown
    Salam

  96. Irfan says:

    Untuk pak Bayu,
    mnurut saya itu tidak normal,
    karena biasanya jarumnya berada di tengah-tengah.

    untuk memperbaikinya,
    saya rasa cek terlebih dahulu apakah thermostat nya ada apa tidak,
    karena kalau mobil tersebut baru berada di tangan bapak, kemungkinan besar thermostat nya dilepas sama pemilik sebelumnya.

    mungkin saja sebelum nya ada masalah over heat.

    mohon doa nya,
    sdang dalam membuat situs otomotif,

    http://belajar-otomotif.co.cc

  97. bayu says:

    Salam Hormat,mobil saya,Katana ‘93,indikator temperaturnya tdk pernah melebihi 1/4 bagian,apa itu normal?,kalau tidak normal bagaimana cara memperbaikinya,mohon jawabanya,sebelum & sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

  98. bayu says:

    Salam Hormat,mobil saya,Katana ’93,indikator temperaturnya tdk pernah melebihi 1/4 bagian,apa itu normal?,kalau tidak normal bagaimana cara memperbaikinya,mohon jawabanya,sebelum & sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

  99. blomma says:

    На Ваш блог знакомый в аську ссылку кинул. Оказалось ,что не зря Понравилось. Тепрь постоянно читать буду

  100. iconachaix says:

    Интересно, а почему так редко блог обновляете?

  101. authetutteld says:

    По правде говоря, сначала не очень то до конца понял, но перечитав второй раз дошло – спасибо!

  102. whably says:

    Ты как обычно радуешь нас своими лучшими фразами спасибо, беру!

  103. erfan says:

    mas, aku minta yolong, mobil toyota cressida tahun 1985 ku ngk mau hidup. aku udah coba bila api dari accu langsung ke enjector mobil hidup, tapi enggak mau hidup bila kabel dinormalkan ke posisinya,
    mengapa ya ? apa yg harus ku lakukan ?
    tolong mas bantu, harus bagaimana saya agar bisa hidup dng susunan kabel di normalkan,
    terima kasih, yg telah memebri tahu saya

  104. onne says:

    mas mau nanya nih..
    mobilq honda genio 93 pada suatu pagi lampu indikator otomatis injeksinya yang ada dibawah speedometer gak mau mati..nyala terus udah aq biarin selama 10 menit juga gak mau mati n jadinya mobilnya juga ga mau distarter..
    kira2 sebabnya apa n gimana solusinya…
    terimakasih banyak mas…

  105. dzaky says:

    mas…
    sy poenya daihatsu classy ’91.
    ketika sy ganti switch ekstra fan temperature menunjukkan 1/4 sdgkn sblum dganti temprature dibawah 1/4 mk sy pasang arus langsung ke ekstra fan dr koil utk positif dan negatifnya dr aki sehingga hasil temperature menunjukkan dibawah 1/4.
    pertanyaannya.. apakah aman dengan memasang arus langsung ke ekstra fan dan berapakah temperature normal untuk mobil sy?

  106. Hadi s says:

    Mesin mati dalam perjalanan. Biasanya ada tanda2/ gejalanya. Misal 1.kehabisan bensin dimulai mesin kesendat-sendat (cek saja bensinnya), 2. kalo masalah coil panas dimulai kehilangan tenaga trus berhenti setelah dingin bisa stater tapi panas akan mati lagi. 3. Ato mungkin ada bad konek/ cek kalo ada yang lepas, banyak lagi penyebabnya . Kita sering merasa lebih ngerti dari yang bikin mobil, padahal cuman bisanya mermanfaatkan , sehingga kita sering mengurangi komponen contohnya cabut termostat dll, pendapat saya yang bikin mobil jelas lebih pinter dari pengguna.

  107. Hadi s says:

    Mesin dalam perjalanan. Biasanya ada tanda2/ gejalanya. Misal 1.kehabisan bensin dimulai mesin kesendat-sendat (cek saja bensinnya), 2. kalo masalah coil panas dimulai kehilangan tenaga trus berhenti setelah dingin bisa stater tapi panas akan mati lagi. 3. Ato mungkin ada bad konek/ cek kalo ada yang lepas. Kita sering merasa lebih ngerti dari yang bikin mobil, padahal cuman bisanya mermanfaatkan , sehingga kita sering mengurangi komponen contohnya cabut termostat dll, pendapat saya yang bikin mobil jelas lebih pinter dari pengguna.

  108. diddu says:

    om klo bt mobil jepang/eropa punya data – datanya gk berapa seharusnya termostak yang dianjurkan oleh pabriknya??
    karena kebetulan saya punya kijang 94 ud gk ada termostatnya tu om,..
    mohon pencerahannya y om,..:):):):)

    sukses&thx

  109. denny says:

    bro,saya mau tanya nih mobil saya daihatsu esspas tahun 1997 super van,kemarin lagi jalan tiba tiba mati kaya bensin habis,dah gitu kalo pas mau di satater susah banget,gak mau langsung hidup. itu da yang tahu gak sebabnya?

  110. deny says:

    saya ingin tanya masalah yg sering muncul pada mobil espass 96.trs seandainya tukar tambah dg mobil lain, cocoknya mobil apa?thx lagi

  111. deny says:

    saya punya masalah dengan espass 96.kalo di gas (khususnya gi-3)suka batuk/brebet pdhal br di service radiartor.trus kompresor ac saya kata montir sdh rusak prl ganti,berapa hrg kompresor termurah ya?thx

  112. alie says:

    mas kl nomor body/rangka corolla 1973 letaknya dimana?

  113. Asep Djaki says:

    Kebanyakan mechanic di Indonesia mempunyai opini bahwa dengan temperatur mesin mobil yang dingin akan membuat pengendara lebih tenang karena mesin tidak pernah panas….. antara lain thermostat dicabut, otomatis fan dibuat hidup terus begitu start, dll dll….
    Anggapan ini sudah tentu kurang / tidak tepat (saya pernah mengendarai kend BMW, Opel, Seat, Fiat ), tetapi untuk bisa ber argumen dengan mechanic yang kadang2 karena merasa lebih ahli / pengalaman dari kita agar dapat menyadarkan pengertian salah tersebut , saya membutuhkan bahan / data / contoh yang dapat dicerna oleh mereka dan selanjutnya bisa menyadarkannya…
    Bagaimana argumentasi yang lebih tepat untuk disampaikan, karena apabila mechanic nya kesel, nanti mobil kita engga dikerjain ……

    Trims
    Asep Djaki

  114. Koko says:

    halo teman2 semua,
    minta tolong dong, saya baru punya PUG 306 N3-ST’96 kalo mau kuras radiator gimana caranya soalnya katanya agak sedikit rumit dibanding mobil jepang dan harus buang angin juga. ada yang bisa bantu nggak flownya ato stepnya.

  115. spike says:

    ada wiring diagram toyota cressida? Tq

  116. Christian says:

    Kang Saft, punya connector/cabling config-nya AFR BMW M40 nggak, saya mau coba bikin piggy back atau apa itu namanya, buat ngakalin AFRnya biar bisa disetel lean/rich sesuai kebutuhan…
    Mohon infonya ke email saya christian_alida@yahoo.co.id ya kang Saft, terima kasih sebelumnya

  117. akew says:

    mas mau tanya mobil saya bmw 318i M10,di radiator bagian bawah ada 2 buah switch,itu buat apa saja ya mas?trims

  118. antok says:

    bang saft yg baik hati, saya punya esteem 1.3 93.blok mesin sy berkarat dan sudah terlihat tipis kalo diganti bisa gak ya… harganya berapa yaa..gmn dengan nomor mesin…sekarang suara mesin sudah keras dan katanya metal nya sudah kena…kapan metal harus diganti dan gmn efek jika terlambat ganti metal …mkasih mohon segera dijawab

  119. Saftari says:

    Tedzar Says:
    Mo tanya nih.. aku kan punya Daihatsu Charade tahun 1985… kebetulan otomatis buat kipas radiatornya dah rusak jd aku langsungin satan on kipas langsung nyala… soalnya klo otomatis nya di nyalain jarum termo dah setengah lbih dikit baru nyala kipasnya tapi mati kipasnya pas wktu si jarum termo hampir deket suhu dingin… gmana tuh solusinya…

    Jawab:
    Coba ganti Temp.Switch Fan Radiatornya… harga sekitar 60rb-100rb
    umumnya bekerja di suhu 90C

  120. Tedzar says:

    Salam Kenal…
    Mo tanya nih.. aku kan punya Daihatsu Charade tahun 1985… kebetulan otomatis buat kipas radiatornya dah rusak jd aku langsungin satan on kipas langsung nyala… soalnya klo otomatis nya di nyalain jarum termo dah setengah lbih dikit baru nyala kipasnya tapi mati kipasnya pas wktu si jarum termo hampir deket suhu dingin… gmana tuh solusinya…

    terima kasih…

  121. rio says:

    Ada yang tau bengkel yang bisa service MAF SENSOR buat Escudo 1.6 2004 atau klo ga bisa diperbaiki brp harga part-nya?

  122. Freddie says:

    Bos, Mao numpang tanya sebentar
    Saya punya mobil BMW 318i tahun 2002, permasalahannnya adalah pada saat mesin dingin, RPM sangat tidak teratur sekali alias naik turun, seketika juga seperti tampak aliran listrik di mobil menjadi naik turun. hal ini dapat terlihat dari kadang2 tape mobil mati terus kemudian nyala lagi. Hal ini dapat terjadi sekitar 5 menit dan ketika jarum termo sudah tepat ada di posisi tengah, kejadian ini akan hilang seketika alias kalau mesin sudah panas, semuanya berjalan normal kembali.
    Ini terjadi hanya kalau mesin baru pertama kali dinyalakan. tetapi kalau sudah panas, terus dinyalakan lagi semuanya normal. Saya jg sudah bawa ke bengkel resmi BMW di pluit, dan lucunya komputer tidak menunjukkan adanya masalah, dan hasilnya saya musti bayar semua ongkos kerja tanpa ada hasil nya.
    Mohon pencerahaannnya…..TErima kasih banyak
    NB : mobil jg menjadi sangat boros hanya perbandingan kira 1:5
    Thanks

  123. Bonor says:

    Bos,
    saya mau tanya tentang putaran stationer 2000-3500 rpm, kenapa mobil pada putaran tsb tidak normal atau tersendat (pincang kecil)

  124. arief says:

    mas cara benerin airfloe bmw 318 M10 gimana ya?karbonnya udah abis euy..

  125. didi says:

    Mas Saya Punya Grand Civic Taun 91.Nah mesin mobil saya baru beli dari Show room trus acnya ternya ta tidak dingin trus saya cek ke bengkel ternyata kipas ACnya Mati terus dibetulin sekarang ACnya digin buaget tapiiiiiiii…….Sekarang setiap mesin sudah panas otomatis kipas radiator nyala khan ma kipas Ac tiba2 mesin jdi nge drop si putran mesinnya mau mati melulu padahal Putaran gas (langsamnya)sudah saya besarin klo kipasnya berenti alias nga muter lagi mesin kembali normal.Nah apa masalhnya di kabel2 kelistrikan ataw di busa yg pincang .Bgung saya nih mas.Trims ya jawabannya sangat saya tgu.Boil kesayangan masalahnya nih .hihihih

  126. kakzam says:

    mobil saya corolla great 93,beberapa bulan lalu(bulan mei) saya pakai ke kampung,kemudian terjadi over heat(temperatur naik 2/3)normal nya 1/2 ,kemudian saya cek ternyata kipas radiator tdk muter,lalu oleh orang bengkel bilang swich temperatur dan termostat harus di ganti(benar tdk nya sy tdk tau)dan karena stok brng nya lg gak ada saya disuruh tunggu 3hari,karena waktu itu sy buru-buru balik jakarta maka oleh bengkel kipas radiator dilangsungin jadi bila kontak on maka kipas nyala sehingga mesin dingin baru setelah jalan 1/2 jam lebih suhu jadi normal 1/2,dan sampai sekarang komponen2 tersbut belum saya ganti,pertanyaan saya:apakah efek nya pada mobil saya bila keadaan ini berlangsung lama???
    mas Saft7 ,dimana kah saya bisa mendapat kan manual book corolla great ??

  127. Adam says:

    Om saya baru punya mobil starlet tahun 93 seg… pengin belajar tune up sendiri. kalau stel katup berapa jarak celah katupnya ya… khan ada 12 katup, 1 silinder ada 3 katup, yang mana katup buang atau hisapnya, yang 2 katup itu hisap apa buang ya

  128. Puji Riyanto says:

    Starlet 1.3 limited ed. saya pada jarum penunjuk mesin tidak ada setengahnya dalam kondisi biasa, namun akan meningkat setelah mesin dinyalakan atau digunakan. Apakah normal? Getaran mesin atau stationer mesin sepertinya getarannya kok terasa terutama jika mobil dinyalakan pada jalan tidak rata (posisi berhenti. Apakah karena posisi yang tidak rata atau karet yang kendor?

  129. Djoko Santoso says:

    Dear mr Saft,

    Dari penjelasan artikel diatas, temperature kerja ideal adalah posisi penunjukkan ditengah, pertanyaanya bagaimana kalau kita memakai AC dan penunjukkan temperature naik sedikit dari titik tengah apakah hal itu bisa disebut masih normal, mohon sarannya, jika tidak kira-kira solusinya apa ?

    Regards,

    Djoko S

  130. TRD says:

    Buat mas wantop,
    gak perlu bingung pilih grand civic/LX dg genio. tentu saja lebih baik genio sebab tahun lebih muda & teknologi lebih baru. Hanya saja harganya tentu lebih mahal krn tahun juga lebih muda

    Happy hunting

  131. Moedhoet says:

    Dear Om Saft,
    Saya punya pengalaman, 3 kali buka thermostat 3 kali juga ketika dipasang bermasalah dan ngga berfungsi lagi, saat ini akhirnya mobil tidak dipasangi thermostat. Akan saya pasang lagi, tapi terakhir suhu tertulis adalah 83 padahal spek nya 89, hanya saja sudah sulit cari yg 89. YG mo saya tanya perbedaan 6 derajat berarti banyak kah..?? Mobil saya Peugeot 306 ST N3 tn 1996.

    Kalo boleh sekalian tanya, saya mo aplikasikan HHO, ada saran selang masuk HHO nya harus saya masukkan di mana dimobil saya….mungkin om Saft ada panduannnya…

    Salam
    Mc
    note: kalo boleh balasan emailnya di cc kan juga ke email saya..karena kesulitan akses web nya nih =))

  132. mr. sam says:

    widi, coba periksa kabel temperatur di ruangan mesin, barangkali kabelnya lepas.

  133. widi says:

    indikator temperatus kijang sx mati
    ga mau gerak
    kira-kira kenapa ya??

  134. wantop says:

    bagus sekali informasi dan tipsnya. Ada yang bisa kasih saran gak..saya berencana beli mobil tapi bingung antara grand civic/LX dan genio. mana yang lebih baik ya…kalo bisa ngasih komparasinya terima kasih banget deh..

  135. dadang says:

    wuahh semua yang punya mubil pada lupa ya..
    air perlu waktu untuk menyerap panas atau membuang panas dirinya sendiri..dan perlu alian udara untuk melepaskan panas so…..mo pasang thermostate ke mo enggak ke..dah ngga relevan….lagian jalan di indonesia juga pendek2..macet dan banyakan stop and go..itu yang bikin boros..
    kecuali ente pada di hi-way..nah baru keliatan….
    baru cari tau lah..kenapa panas..kenapa overcooled..kenapa dll kenapa.

    Gimana System Pendinginan Mesin Mobil Kita….????
    nah itu kata kuncinya..sekarang tanya sama diri sendiri..kenapa temp mobil kita jadi kepanasan atau terlalu dingin..
    liat juga ke absahan temp sender dan temp gage kita…bener ngga…

    buat mister the ownner yang bilang mesin dah di itung dllsbgainya..itu betul..tapi..sampe dimana tingkat itungannya…kalo untuk mass production..ngga bakal di itung sedetail mungkin..pasti akan di ambil nilai tengah yang ekonomis dan reliable….emang ente mau genti parts atau desain untuk pemakaian mobil di negara-negara berbeda (di adaptasi namanya)..mahal bos..mang ente mo bayarin biayanya…sebalum ngoprek..belajar mesin dan cara kerja mesin dulu..lah..yang bikin mesin juga sekolah ko..sekolah engineering..bukan sekolah sekretaris..eh contoh mesin yang dibuat custom untuk tiap negara berbeda atau berdasarkan permintaan owner..liat tuh aston martin…harganya juga bagus..250K USD…mo beli..?? he he he…salam mesra..dadang

  136. ilhamms says:

    Bravo bung saft, thanks for info2 nya yang sangat bermanfaat buat saya pengguna daihatsu charade classy. Numpang ijin juga bung saft kalo nanti artikel2 nya saya simpan juga di blog saya.

    Trims

  137. yohan yonatan says:

    haloo..
    trima kasih buat bung saft,yang sudah banyak membantu saya dalam artikel otomotif ini,mas saya punya civic wonder 87,saya mu tanya selain Booster rem asli dari Honda atau non originalnya,booster rem dari merk apa yang cocok buat civic wonder.soalnya saya cari cari tidak ada yang cocok buat mobil saya.Terima kasih.

  138. andy willliam gunawan says:

    maaf lupa toyota corona saya tahun 1991 an

  139. andy willliam gunawan says:

    Mas maaf nech ikut gabung, mau tanya karburator toyota corona saya kalau pagi suka bau bensin tapi tidak banjir (dalam artian kalau start di pagi hari tetap tokcer), kira – kira problemnya dari apa yah mas?

    Mohon bantuannya serta sarannya ditunggu , atas perhatiannya trims

  140. dedi says:

    halo, saya mau nanya saya punya mobil daihatsu espass tahun 1995 1.3 sekarang saya masih memakai bahan bakar premium, kalau bbm nya saya ganti dengan Pertamax kira2 akan ada masalah dengan mesin nggak atau ada manfaatnya ,thaank

  141. dwisuryanto says:

    saya ada mercy tiger thn. 80, temperatur mesin spertinya kalau jalan hanya bergerak sedikti saja, trus ada masalah dengan AC, mobil saya kalau dihidupkan dan jalan pake AC baik2 saja tapi begitu jalan setengah jam dan keadaan macet langsung deh mesin agak bergetar lalau kemudian mati, tapi kalau AC dimatikan mesin biasa lagi, jadi seba salah , mau pake AC mesin mati gak pake AC panas, Thanks mohon jawabannya.

  142. Bonez says:

    Kang, saya pake accord Cielo 94 matic, kog tarikan awal berat abis yah, klo gas di teken agak dalem, naek nya juga lama banget and tiba2 kenceng sendiri… apa karena Bensin ? Fuel Filter? AC ? ato apa yah… help me, thanx

  143. dore says:

    Saya pakek esteem limited 91, tempertur mesin tidak pernah lebih dari 1/4, apakah berarti ada masalah dengan thermostat atau memang bawaan??
    Box air radiator kalau saya buka airnya kok berwarna coklat?? selama ini tidak pakek radiator coolant tetapi air aqua

    terimakasih, tak tunggu jawabannya..

  144. slamet says:

    saya pemakai corona absolute 93, punya maslah dengan extrafan (kipas utk AC),

    Pertanyaan :
    1. kenapa jika ac saya hidupkan kipas ac tidak mau hidup ? pada hal kipas masih normal (sudah saya coba langsung dgn aki masih hidup kencang), switc untuk ekstrafan juga sudah saya ganti baru, relay masih normal (walaupun platina sdh agak tipis).
    2. Jika realy block (kotak hitam/rumah untuk relay dan sekring) bagian bawah saya goncang-goncang extrafan (fan untuk ac) mau hidup, terus nanti mati lagi, digoncang-goncang lagi hiduplagi, terus mati lagi (ini terjadi dalam kondisi AC mati atau pun hidup) Apakah ad socket yang goyang ?
    3. berhupungan no. 2 diatas bagaimanakah normalnya Fan untuk ac (extrafan) bekerja ? apakah hidup menurut suhu air radiator seperti halnya Fan untuk mesin (fan utama.fab besar) bukan berdasarkan hidpnya AC ?

    Mohon jawabanya Om…trims…
    slamet semarang

  145. coen says:

    Om Dwi.. udah periksa Sekringnya ? di periksa juga SOket Arus masuk SPidometer,… sayang banget klow sampe bli baru.. Muahal tenan. :D
    Indikator2 ntu banyak di jual.. salah satu rekomendasi saya di SACS pdnk gede.. atau yg 2nd cari http://www.modifikasi.com bagian bursa.. met hunting om.

    coen

  146. Dwi Koentarto says:

    Saya punya masalah dengan mobil saya, mobil saya Mazda 323 Interplay, karena Speedometernya mati total, jadinya saya ngak bisa melihat seberapa banyak bensin di mobil saya, dari INDIKATOR Bensin, dan Saya juga tidak bisa melihat Temperatur Suhu mesin, Panas / tidak.
    JIka saya ingin perbaiki Speedometer Digital yang mati total itu, kira-kira harus punya dana berapa yah ?
    dan jika memang kepepet, ada yang jual ngak kira-kira indikator temperatur dan Bensin yang jenis nya satuan seperti Indikator RPM mobil – mobil drag.

    Saya butuh saran nya Bos… Makasih.

  147. MR.IMAM says:

    TOLONG BANTU SAYA TIPS PERAWATAN MOBIL DAEWOO ESPERO 1995 DG SISTEM INJEKSI, BAGAIMAN MENYETEL IDLE, IDLE UP MAUPUN RPM. THANK’S B4

  148. ARIFIN says:

    Masalah radiator ,sy juga punya masalah nih,tolong dong!!!!!!
    mobil sy honda genio th.92 tiap jalan 75 km di tabung penambah air radiator selalu habis ,sehingga tiap keluar kota setelah menempuh 75 km harus berhenti/istirahat dulu tunggu sampai temp.dingin terus isi tabung penambah radiator baru bisa ngacir lagi .
    pernah kejadian saat keluar kota setelah tempuh 75 km tdak istirahat karena ada urusan penting sehingga temp.mesin naik hampir max.
    apa ini kondisi normal,tolongin om saft7
    THAKHS

  149. Bobby says:

    Om tolongin dong. Aku punya mobil honda genio 1993 ada masalh. saat aku bersihkan speedometer, aku lepas semua dan saat aku pasang lagi ada masalh yaitu aku memutar mur terlalu kencang, sehingga ada komponen didalam yang ikut berputar dan kumparannya tertarik. aku nggak tahu nyambungnya. Mungkin Om bisa bantu beri skemanya. Terima kasih lho. Oh ya bagian yang rusak fuel gauge and temp gauge aja..

  150. adhi says:

    Aku mau sharing aza nich, beberapa waktu yang lalu stetlah baca artikelnya om saft ini, aku jadi puyeng mikirin mobilku karena bisa dibilang lagi demam nich mobil. Maklum juga sich mobil tua (wonder 87) beberapa kendalanya adalah :
    -Panas mesin lumayan tinggi
    -Ada bunyi yg gak biasa di ruang mesing seperti angin bocor gitu
    -Mobil gak bisa langsam
    -kalau ac dinyalain RPM malah turun
    Macam-macam masalah gitu ternyata penyebabnya cuma masalah kecil yaitu ada salah satu selang dari karbu ke arah kepala busi, namanya aku gak tahu, yg jelas kata bengkelku bilang slang vakum namanya, slang itu lepas, begitu di masukin ke tempatnya langsung dech AFR nya kacau. Diset ulang AFRnya, dan bim salabim sembuh itu penyakit mobil hehe.
    Yang jadi pertanyaan apa bener itu selang vakum ya om
    thx bantuanya

  151. daniel says:

    Om,saya punya honda accord tahun 1983,itu waktu saya beli termostatnya gak jalan terus fan radiator gak nyala,apa yg harus diperiksa yah?apa kabelnya2?thanks atas bantuannya

  152. yth. mr saft7

    kalo feroza saya tahun 1994, boros banget boss, gimana cara bikin iritnya ?? apa ada alatnya utk bikin irit bbm ? trim s boss

  153. TheOwner says:

    Bhayu Parhendrojati Says:
    mas saft,
    saya punya Elantra 96,
    1. Kalo pagi susah banget di starternya (aki, dinomo starter dan busi udah di check dan bagus semuanya) dan juga gk ada korslet kabel2 di body mobil (saya sudah coba dengan pada malam hari setelah mobil saya pakai, saya copot kabel yang nempel di positif dan negatif pada aki mobi). Tapi kalo dah panas, mobil gk papa dan sangat gampang di starter, tapi kalo di diemin di atas 6 jam, mobil saya susah lagi tuk di starter. Sepertinya ada masalah di FIAV or Servo-nya, saya gk tau mana yang harus di ganti, salah satu or dua2nya, dan saya juga gk tau ngecek komponen ke dua komponen yang rusak tersebut. Dan setelah pagi hari saya berhasil starter mobil, saya harus diemin mobil sekitar 10 menitan karena mobil gk bisa di gas (kalau di gas, mobil malah mau mati).

    Penunjuk suhu di Mobil gk pernah bergerak, terus diam di -C- karena memang termostat-nya sudah di cabut ketika saya beli mobil itu.
    Ketika kontak dalam keadaan ON, kipas mesin langsung nyala, karena di langsungin ke Aki Mobil.

    2. Mobil saya kalo pake AC dalam keadaan macet setelah 1,5 jam pasti ngedet dan harus saya diemin sekitar 10 menit baru bisa jalan lagi, dan itupun AC harus saya matiin karena saya takut ngedet-nya datang lagi. Tapi kalo gk pake AC mo 2 hari-2malam, mobil bisa ngacir terus (bebas ngedet). Kata montir itu masalah di fuel-pump tapi ada juga yang bilang masalah di CDI, mana yang bener mas?….
    Tapi kalo pake AC ke luar kota (TOL) mo seharian or 2 harian, mesin gk ngedet..
    Tolong donk mas saft, saya dah pusing dengan masalah2 mobil saya.
    Bisa saya check ke bengkel mas?… saya bisa di hub di bhayuparhendrojati@yahoo.co.id. Kalo mas bisa, tolong email saya berikut no. mas yang bisa saya hubungi.
    Thanks atas ulasan2nya… Nice banget!…

    Jawab:
    Om Bhayu,
    Saya setuju dengan dugaan bengkel, yaitu masalah pada FuelPump nya.. tekanan yang disupply fuelpump kurang kuat, sehingga tidak cukup untuk membuat injector mengeluarkan bensin dalam bentuk kabut. Coba check tekanan fuelpump, harusnya berkisar antara 2-3 bar untuk mobil tersebut.
    Jika kurang.. dipastikan mobil sulit dinyalakan saat mesin dingin. dan saat dipakai ngebut / gaspol seakan mesin batuk kekurangan bensin.
    Sebaiknya beli lagi Thermostat sesuai standard di mobil tersebut agar suhu kerja kembali normal. Juga perbaiki sistem pendingin kipas radiatornya… standardnya menggunakan ThermoSwitch untuk menghidup matikan kipas electric secara otomatis.
    thanks

  154. Bhayu Parhendrojati says:

    mas saft,

    saya punya Elantra 96,
    1. Kalo pagi susah banget di starternya (aki, dinomo starter dan busi udah di check dan bagus semuanya) dan juga gk ada korslet kabel2 di body mobil (saya sudah coba dengan pada malam hari setelah mobil saya pakai, saya copot kabel yang nempel di positif dan negatif pada aki mobi). Tapi kalo dah panas, mobil gk papa dan sangat gampang di starter, tapi kalo di diemin di atas 6 jam, mobil saya susah lagi tuk di starter. Sepertinya ada masalah di FIAV or Servo-nya, saya gk tau mana yang harus di ganti, salah satu or dua2nya, dan saya juga gk tau ngecek komponen ke dua komponen yang rusak tersebut. Dan setelah pagi hari saya berhasil starter mobil, saya harus diemin mobil sekitar 10 menitan karena mobil gk bisa di gas (kalau di gas, mobil malah mau mati).

    Penunjuk suhu di Mobil gk pernah bergerak, terus diam di -C- karena memang termostat-nya sudah di cabut ketika saya beli mobil itu.
    Ketika kontak dalam keadaan ON, kipas mesin langsung nyala, karena di langsungin ke Aki Mobil.

    2. Mobil saya kalo pake AC dalam keadaan macet setelah 1,5 jam pasti ngedet dan harus saya diemin sekitar 10 menit baru bisa jalan lagi, dan itupun AC harus saya matiin karena saya takut ngedet-nya datang lagi. Tapi kalo gk pake AC mo 2 hari-2malam, mobil bisa ngacir terus (bebas ngedet). Kata montir itu masalah di fuel-pump tapi ada juga yang bilang masalah di CDI, mana yang bener mas?….
    Tapi kalo pake AC ke luar kota (TOL) mo seharian or 2 harian, mesin gk ngedet..

    Tolong donk mas saft, saya dah pusing dengan masalah2 mobil saya.
    Bisa saya check ke bengkel mas?… saya bisa di hub di bhayuparhendrojati@yahoo.co.id. Kalo mas bisa, tolong email saya berikut no. mas yang bisa saya hubungi.

    Thanks atas ulasan2nya… Nice banget!… :)

  155. Henry says:

    Maaf numpang tanya,
    1. Kalo Volvo 960 GL 1995 temperatur normalnya brapa ya?
    2. Jarum temperatur normalnya pada posisi 1/2 atau sedikit dibwh 1/2 ya?
    trims sebelumnya.

  156. do_ra says:

    guru saft..mbl saya E36 320i awal 1995.sktr 2 th yg lalu visco fan-nya saya ganti karena sdh lemah.suhu sepertinya normal (1/2),cuma suara visco fan-nya terlalu berisik alias muter kenceng terus.semakin lama sangat mengganggu.pertanyaan saya adalah…
    1.apakah sang montir ketika mengisi silicon visco tsb terlalu banyak ? karena ketika saya putar dgn tangan,visco fan di mbl saya sedikit lbh berat ketimbang mbl temen saya yg sejenis.saya dan teman2 sdh mencoba buka fan tsb bermaksud utk membuang sang silicon tp tdk berhasil.
    2.mengingat si visco ini berat2in mesin trus ketika saya surfing ke situs/forum bmw bbrp menawarkan opsi fan delete dan ada macam2 paketnya spt; 2btl water wetter,thermostat 80c,baut penutup fan dll ,ada jg yg menawarkan penambahan fan elektrik beserta switch-nya.utk negeri kita yg selalu HOT ini, adakah saran2 lain apabila saya memensiunkan visco fan tsb.sbg tambahan, saya berdomisili di kota minyak (extra hot).tks.

  157. Ivan says:

    Bang,just 4 information ajah,sy pk kijang lgx 2000cc dan sudah copot termostart dan sy sudah copot cukup lama,mgkn sktr 2 tahun tapi sampai skrg mesin sy ttp baik2 saja koq dan konsumsi bbm tetap sama saja cuman memang bila ke puncak kondisi dingin temperatur menjadi sekitar 1/4 dan bila sudah lama normal lagi koq jadi 1/2 kurang dkt,dan dulu sebelum copot dan sesudah cop[ot temperatur tetap tdk berubah,dulu memang copot karena pernah buka’nya macet sehingga pas rada lama tiba2 normal lagi pas montir sy buka memang sudah rusak jadi dicopot dan dia blg termostart itu sebenarnya ditunjukan untuk mbl2 yg di daerah salju jadi lebih cepat bisa panas,bila daerah indo mah gak perlu bgt kt dia..hihihihh…
    btl gak bang saft???

  158. irfan_h says:

    kalo Xenia VVTi yg 1000CC untuk jalan normal aja butuh RPM yg cukup tinggi, soalnya kan CCnya kecil, apa mesinnya gak cepet panas..???

  159. Mekson says:

    Terimahkasih atas informasinya,saya punya pertanyaan?saya pengen bergabung dengan club mobil timor dimana ya saya bisa dapat informasinya?

    terimahkasih

  160. bibir says:

    mblink Says:

    untuk mobil yang termosatart nya terpasang kata bengkel kalau kita ganti air radiator waktu pengisian air radiator harus hati2 jangan sampai masuk angin. apa maksudnya kang saft ? dan mengisi air radiator seharusnya bagaiman ?. suwun…

    Jawab:
    biasanya diradiator ada 2 lubang (3 untuk peugeot 405 terutama) 1 lubang tambah air radiator, 1nya lagi lubang buang/kuras air radiator (1nya lagi lubang buang angin untuk pug 405 terutama). masuk angin maksudnya, didalam radiator tidak terisi penuh air tapi ada anginnya juga, anginnya itu akan membuat radiator seolah penuh padahal didalamnya kopong, yang terjadi mesin akan overheating karena radiatornya kopong/kosong/kotong. cara ngilanginnya, masukkan air dari lubang tambah air radiator (biasanya di bagian atas) dengan selang, biarkan sampai tumpah, kemudian buka lubang kuras, biarkan air keluar dari situ (lubang kuras) sampai tidak berbuih, setelah yakin air keluar lancar tutup kembali lubang kurasnya dan isi radiator sampai penuh. regards

  161. mblink says:

    untuk mobil yang termosatart nya terpasang kata bengkel kalau kita ganti air radiator waktu pengisian air radiator harus hati2 jangan sampai masuk angin. apa maksudnya kang saft ? dan mengisi air radiator seharusnya bagaiman ?. suwun…

  162. bibir says:

    suhu normal peugeot, 405 terutama, sekitar 85-90an. kurang dari itu mending langsung diperbaiki deh. masalahnya nanti pug anda menjadi boros sekali, bisa jadi 1:3 (baca:1liter untuk 3tiang telepon). biasanya yang jadi penyebab borosnya pug, 405 terutama,
    1. setelan karbu gak pas (kurang bensin ato sebaliknya); 2. panas mesin gak normal (colder or heather??) 3. setelan mesin (biasanya jarang, pengaruhnya cuma sama performa aja biasanya); 4. ban kurang angin. regards

  163. Sikipeh says:

    bagi pemakai espass 1300 masalah amper panas cepat naik gampang caranya (ganti tabung penampungan air di radiator dengan yang besar untuk ukuran air menjadi 8 liter dan pensiunkan yang aslinya ukuran yang asli 2,5 liter saya udah mencoba selama ini mobil saya tetap adem). masih pakai standar 10 menit jalan amper panas naik jadi setengah setelah mengganti tabung tersebut amper panas mobil saya engga pernah naik kalau naik pun cuman sedikit aja. trik ini di kasih sama benkel mesin dongfeng, kakek yang berusia 67 tahun+dia yang installasikan dan tabung tsb saya beli 15rb okos pasang 10rb + selang2nya

  164. risaf says:

    saya punya bmw M40 Th 91 Air Flow Meternya carbonnya habis gmn ya benerinnya soalnya kalo ganti harus satu set mahhal

  165. fani says:

    tanya pak saft,apakah daihatsu charade classy 1991 memakai termostat?

  166. DARUS says:

    Saft7,

    Mo tanya kalau Radiaor two play itu khan ada 2 kipas angin,

    kalo yang dibawah radiator memutarnya waktu kapan ya..sedangkan kipas satunya menyala kalau AC hidup.

    Br//Darus

  167. dony says:

    Pak Salf yth, mobil saya timor dohc th 97 beli bekas. pemilik lama juga mencopot termostatnya. sebelumnya saya tidak tahu kenapa rpm selalu tinggi diatas 1100 tanpa ac/ pakai ac, temperaturnya selalu 1/3 saja, akhirnya saya periksa ke bkl timor ternyata termostat tidak dipasang, . Setelah termostat terpasang rpm mobil sudah kembali normal pakai ac cuman 900, tanpa ac 700 rpm.
    Masalah saya sekarang kadang2 saja setelah jalan kecepatan tinggi dan menuruni tanjakan, setelah mobil berhenti rpmnya naik turun cepat bergeser dari 900 ke 1200 dan sebaliknya yang cukup terasa didalam mobil seperti orang injak gas sedikit lepas begitu selanjutnya sekitar beberapa menit hilang, apa sebabnya? tolong pak salf balas emailku ini thanks.

  168. Billy says:

    Mas Saft yth,
    mau tanya, mobil saya Chevrolet New Spark 1000cc, pada control panel di dashboard tdk terdapat jarum penunjuk temperatur mesin (C-H), bgm saya bisa tau mesin tsb overheat? Saya sdh tanya ke pihak GM, tapi belum puas dgn jawabannya. Terima kasih

  169. darmawan says:

    namggepin TIMOR SOHC yg pagi2 ngebul bensin n biasanya mberebet saya pernah alamin n ternyata dari choke,yang bikin bensin banjir sebenernya gak pake choke jg gak masalah karena udara jkt jg gak terlalu dingin,laen kalo di eropa or di korea.di deaktivated aja dg diiket n selang air radiator yg ke karburator itu buat mengakibatkan choke bekerja.mengenai susah start sehabis dipake (siang) coba deh setelan angin carburator di stel ulang atau system pengapian (koil n cable busi DI CK OUTPUT N TAHANAN CABLE

  170. darmawan says:

    namggepin TIMOR SOHC yg pagi2 ngebul bensin n biasanya mberebet saya pernah alamin n ternyata dari choke,yang bikin bensin banjir sebenernya gak pake choke jg gak masalah karena udara jkt jg gak terlalu dingin,laen kalo di eropa or di korea.di deaktivated aja dg diiket n selang air radiator yg ke karburator itu buat mengakibatkan choke bekerja.mengenai susah start sehabis dipake (siang) coba deh setelan angin carburator di stel ulang atau system pengapian (koil n cable busi).

  171. darmawan says:

    kalo boleh sy kasih info tuk kijang, pasang elect fan musti pasang temp sensor buat mengaktifkan fan bila mesin mendekati temperatur setting,memang rada berisik karena bila fan aktif n engine idle,maka suara fan mendominasi,that is normal for sedan front wheel drive or rata2mobil pengerak belakang sekarang sudah pake electric fan (opel bazer for example)

  172. Sije says:

    Halo bos semua, mau tanya ttg electric fan juga nih buat kijang, spt di atas. Plus minus nya tuker electric fan apa ya? Apakah electric fan berisik?

    Thanks

  173. darmawan says:

    gile tu,xenia 2004 kan itungan nya taon muda.emang ada beberapa kasusxenia 1000 cc sayaq tau sering patah,apa mungkin krn nguber tenaga di bejeg abis tu rpm,atau emang kualitas metalurgi nya gak bagus.soal harga belon survei tu.

  174. jemmy says:

    Mbl saya Xenia th 2004, baru ini mbl tersebut masuk bengkel karena campshaft nya patah, yg saya ingin tanyakan…penyebabnya apa sampai bisa terjadi demikian, dan kira2 harga campshaft itu berapa ya, thanks.

  175. WASESA says:

    timor tu lumayan bagus, emang dari omong2 an agak miringmasalah over heat, tapi itu cuman phsi was dari pada para competitornya pada saat baru keluar.saya dah taunan pake tidak ada maslah yang berarti termasuk tidak pernah menagalami over heat.tenaga lumayan apalagi DOHC,SOHC juga lumayan hanya carburator harus sering dibersiin.timing belt jangan pake yang KW murahan, entar putus lagi,putus lagi,karena mesin ini OHC emang kalo putus gak masalah di klep2 nya.selamat ber-tmor ria broer.

  176. WhyAC says:

    Bang Saft,
    Kalo Opel Optima, thermostatnya ada dimana ya?

  177. TheOwner says:

    joey-bali Says:
    Mas saya mau tanya nih.. anda bahas tentang timor donk.. saya kesulitan mencari artikelnya.. Saya ada rencana mau beli timor DOHC yang sekitaran th 2000-an ke atas. Apa kira2 kelemahan mobil timor dan kalau mas owner ga bisa nulis disini mohon bantuannya melisting dimana saya bisa baca tentang timor DOHC Saya ingin tahu bagaimana merawatnya.. mulai timing belt, radiator, dll

    Jawab:
    Oom Joey-bali, silahkan om gabung saja ke milis teman2 pemilik Timor, kirim email kosong ke timor-ersubsribe@yahoogroups.com untuk join dengan mereka. Semoga terbantukan.

  178. joey-bali says:

    Mas saya mau tanya nih.. anda bahas tentang timor donk.. saya kesulitan mencari artikelnya.. Saya ada rencana mau beli timor DOHC yang sekitaran th 2000-an ke atas. Apa kira2 kelemahan mobil timor dan kalau mas owner ga bisa nulis disini mohon bantuannya melisting dimana saya bisa baca tentang timor DOHC.

    Saya ingin tahu bagaimana merawatnya.. mulai timing belt, radiator, dll

    Thanks bangeeettt..

  179. daka says:

    Oom Saft. AC Corolla 91 saya sudah ganti pake Sanden. sekarang ini ada problem :
    Kalau ac nyala, rpm bukannya naik malah langsung drop (rpm idle = 700, ac nyala rpm jadi 300) sehingga kalau di jalan macet mesin suka bergetar dan suka mati.
    Kalau AC nyala di jalanan macet, temperatur mesin langsung naik sampa ke 3/4, pernah sekali sampai overheat dan mogok, untungnya nggak sampe turun mesin. Ac juga nggak dingin padahal sudah ganti freon
    Tolong advise kira-kira apa saja bagian AC yang harus diperbaiki supaya begitu dinyalain, otomatis naikin rpm. suga supaya ac lebih dingin
    Sekalian perkiraan total biaya dan lamanya pengerjaan
    Hatur nuhuun
    Daka

  180. aditya says:

    salam kenal,
    saya adhitya,mobil saya mercy s 320 1995,keaadaan sekarang selalu overheat,saya baru ganti viscofan,waterpump,keadaan semua normal selang2 hose juga baru,cuma untuk auxiliary fannya di bypass,karena otomatisnya sdh tdk bekerja,kata bengkel mercy modulnya harus di modif dan makan biaya 800.000 ribu,saya belum kerjakan karena saya takut hanya switchfannya saja karena ini harganya lebih murah ketimbang modif modulfannya.o yaa selkarang thermostat pakai yang 73 derajat celcius,standart pabrik 87 derajat,mohon infonya pak,karena dalam waktu dekat ini saya akan ganti thermostatnya dan reset modul yang 800.000 ribu itu,mohon pencerahan sebelum saya mengerjakan ini.,radiator pakai air ledeng pak,tambahan.oli 10/40 fastron,extrafan nyala selamanya.

  181. Handoko says:

    “Komposisi campuran bensin dan udara sering disebut Air-Fuel Ratio (AFR).
    Idealnya AFR bernilai 14,7 . Artinya campuran tersebut terdiri dari 1 butir bensin berbanding 14,7 butir udara atau disebut dengan istilah Stoichiometry.”

    koreksi sedikit, mungkin maksudnya 1 unit massa bensin berbanding 14,7 unit mass udara…soalnya kalo 1 butir bensin dengan 1 butir udara itu massa-nya beda..dan unit “butir” itu sedikit ambigu..=)

    anyway, bagus artikelnya..jadi orang2 nga sembarangan cabut thermostat..

  182. eja_sip2001 says:

    Nardila Says:

    May 23rd, 2007 at 5:02 pm
    Saya berencana membeli mobil tapi saya masih awam mengenai mobil maklum baru tau pake mobil, ada rencana mau pake mobil Daihatsu Feroza SE, kebetulan ada yang nawarin, pas liat saya langsung kepikat ama tu mobil hanya saja saya blm ngarti mobil Feroza tersebut, katanya sih Boros Sekali, apa bener begitu ya? mohon petunjuk dan Terima kasih sebelumnya.
    ======
    yang namanya kelas jeep ituh bbmnya memang boros kalo dibanding dgn mobil niaga /sedan

  183. eja_sip2001 says:

    Syafrul ahmadi Says:

    June 14th, 2007 at 11:38 am
    Saya punya mobil honda genio A/T tahun 92. Mobilnya selalu mati tiba-tiba sewaktu jalan, tetapi di start lagi dan jalan lagi. dan tidak lama lagi mati lagi. Dan di reservoar air cadangan pernah saya dapati tangginya penuh dan airnya panas sekali(mendidih. Apakah problem mobil saya itu pak Saft7 ?Dan apa yg harus lakukan agar mobil saya normal kembali

    kasus kayak gini adalah
    1.mati mendadak itu diakibatkan panas /overheat pada mesin ( hal umum dikendaraan)
    2.tangki penampungan dipenuhi oleh air mendidih yang diakibatkan meluapnya air radiator akibat tekanan panas di dalam mesin ini adalah mesin mengalami overheat.
    mengatasinya..sbb.
    perbaiki sistem pendingin mesin yang meliputi :
    1.radiator ( bisa diubah dgn 2 play kalo engak salah aslinya genio 1 play )
    2.jalur air radiator disini termasuk thermostat
    3.extra fan
    4.water pump
    5.dll
    tks

  184. eja_sip2001 says:

    heri ramdani Says:

    January 16th, 2007 at 2:24 pm
    saya punya masalah dengan esspas saya. dimana silinder blok nya retak. sebaiknya gimananya mengatasinya

    silinder retak ada 2 cara om :
    1.ganti silinder nyari second /baru
    2.yah di las lagii…ke bengkel bubut..

    tks

  185. Heri says:

    Saya punya mobil corolla 79, saya pingin menambahi dengan TCI untuk ganti condensornya. Apakah punya skema dari TCI dan komponennya, karena saya ingin buat. terimakasih.

  186. genioara says:

    Hellu mas Saft yang muantep elmunya,
    Saya baru beli Genio 95, wAktu belinya bagus. Lha besok paginya abes dibawa pulang, ga bisa di start. Cek enginenya ON terus. Biasanya sebelum start ada kedengaran bunyi suara bensin masuk dalam injection sekitar 3 detik. Nah pas kejadian ini ga kedengaran tuh suara tersebt. Apa ECU-nya bermasalah atau fuel pumpnya rusak atau sensornya bad contact. Tolong pencerahannya ya mas ASAP. Abes baru beli dah mogok : )

  187. fadiel says:

    seru jg commentnya,..kayaknya tantangannya ada di Espass dehh,…win solusinya gimana bro, ada artikel bagi bagi pengalaman ttg espass dong dah keliling2 lom nemuin yg pas buat solusi ” Espass – Panas – irit bensin ehmmmmmmmm,…..bantuin dong SAFT7 tuk analisa buat espassnya yaaaaa,dengerin jg di Radio Bahana ada acara hobbies seputar otomotif jg lochh tiap jumat 19.00 – 21.00 bisa sharing dehhh ma penyiarnya, ty bro

  188. rudy says:

    Hallo Mr Saft7,
    mobil saya peugeot 405 SRI ’92 matic, saya ingin ganti matic-nya.
    katanya ada yg jual gear box matic ex s’pore, boleh tau contact person-nya?
    and bagaimana cara tau bahwa itu gear box masih bagus atau nggak.
    suwun mas,

  189. bombino says:

    Allow semua, mau tanya nih ke Om Saftari or yg bisa menjawab, 318i M40 ’91 sy rotaks nya mendengung keras di dalam kabin (secara posisi rotaks ada di bawah jok belakang) saat mobil dipakai di atas 1 jam. Tadinya kata montir harus ganti rotaks (yg harganya satu set 1,5jt plus pasang), tapi saya iseng nyuruh montir bongkar itu rotaks dan mencucinya dengan bensin serta disemprot kompresor. Eh lumayan hasilnya ga ada dengung kencang lagi, tapi yang ada sekarang mendengung kecil yang sifatnya menerus ga brenti-brenti.
    Pertanyaan saya:
    -Apakah sudah saatnya ganti rotaks?
    -Apa yg menyebabkan rotaks kotor (waktu dibersihkan kotor banget)? (kualitas bensin? rutinitas ganti filter bensin?)
    -Apa kemungkinan terburuk kalau tif=dak ganti rotaks? apa fatal jika rotaks rusak/pecah saat mobil dalam kecepatan tinggi.
    Thanks sebelumnya.. :)

  190. Saya punya mobil honda genio A/T tahun 92. Mobilnya selalu mati tiba-tiba sewaktu jalan, tetapi di start lagi dan jalan lagi. dan tidak lama lagi mati lagi. Dan di reservoar air cadangan pernah saya dapati tangginya penuh dan airnya panas sekali(mendidih. Apakah problem mobil saya itu pak Saft7 ?Dan apa yg harus lakukan agar mobil saya normal kembali.

  191. anang gunawan says:

    saya ingin mengganti dan melengkapi master cylinder rem dengan system booster untuk jeep willys thn.1960. Ada yg pernah mengusulkan untuk menggunakan “LUCAS” brake booster untuk land rover, dengan catatan sistem rem hanya berfungsi saat kondisi mesin running karena bekerja berdasarkan adanya interkoneksi dengan sistem exhaust manifold. Kira-kira yang paling cocok dan paling aman system booster rem apa yg harus saya pilih, tanpa banyak modifikasi di pedal rem.

  192. TheOwner says:

    Adit Says:
    Halo Mr. SAFT7,
    Saya ada sedikit masalah dengan mobil saya (Daihatsu Xenia). Kalau gerimis, air hujan di kap mesin jadi menguap, seperti direbus aja. Padahal saya lihat temperatur mobil menunjukkan kondisi normal. Kira-kira penyebabnya apa dan solusinya bagaimana ya?
    Terima kasih sebelumnya

    Jawab:
    coba untuk pasang peredam panas di dalam kap mesin… cukup bisa membantu mengurangi panas yang diterima plat kap mesin.

  193. Adit says:

    Halo Mr. SAFT7,
    Saya ada sedikit masalah dengan mobil saya (Daihatsu Xenia). Kalau gerimis, air hujan di kap mesin jadi menguap, seperti direbus aja. Padahal saya lihat temperatur mobil menunjukkan kondisi normal. Kira-kira penyebabnya apa dan solusinya bagaimana ya?
    Terima kasih sebelumnya
    Salam

  194. Kelvin says:

    Halo Pak SAFT7,
    aku senang membaca artikel2 bapak ttg otomotif.
    kapan pak bisa di buat artikel mengenai alat2 penghemat BBM seperti
    Magnet, FuelMax, FuelSaver
    RingBensin,
    TurboJet Proxima?
    soalnya sampe saat ini masih terjadi pro dan kontra mengenai device2 tersebut.
    MAJU TRUS SAFT7…. Uhui…

  195. Ian says:

    Numpang nanya yah, mobil saya feroza SE ’95 boros banget. Gimana ya buat bisa irit…?? Mohon dijawab ya, krn saya msh awam dan cuman tau pake aja. Terima Kasih sebelumnya.

  196. Nardila says:

    Saya berencana membeli mobil tapi saya masih awam mengenai mobil maklum baru tau pake mobil, ada rencana mau pake mobil Daihatsu Feroza SE, kebetulan ada yang nawarin, pas liat saya langsung kepikat ama tu mobil hanya saja saya blm ngarti mobil Feroza tersebut, katanya sih Boros Sekali, apa bener begitu ya? mohon petunjuk dan Terima kasih sebelumnya.

  197. karebet says:

    Ama daftar harga spare part daihatsu dimana ya buat perbaindingan perkiraan harga

  198. karebet says:

    Numpang tanya nih, kalo harga kipas radiator elektrik untuk mobil daihatsu charade ’85 berapaan ya kira2

  199. Ian says:

    Thanks shaft7.com…Mas…saya minta bantuan kirimin wiring diagram toyota corona ex saloon 87 ya…soalnya pernah korslet waktu saya abis perjalanan jauh, korsletnya dibagian power windownya..
    thanks atas bantuannya

  200. Saftari says:

    # budi santoso Says:
    Bung jawabannya mana sekian lama kok nggak dijawab pertanyaan saya karena ini juga dibaca oleh semua pengguna saft7 lho! terima kasih

    Jawab:
    Ampun oom.. ga semua pertanyaan bisa terjawab olehku.. sehingga bisa dibantu juga oleh rekan-rekan lain yang kebetulan membacanya dan mengerti. Maaf kan diriku apabila terlewat ya…

  201. Saftari says:

    # budi santoso Says:
    Bank Saft7 mobil saya pernah kemasukan kawat 2cm kesedot keruang bakar via karbu dan kawat patah jadi 2, satu masih ikut naik turun piston, satunya lagi nyelip ke klep (katub buang). hal tbs saya atasi dengan membongkar selinder head u/mengambil kawat tsb. dan gasket/paking selinder head sdh saya ganti baru, sekarang air radiator sering berkurang padahal sekrup pengencang selinder head sudah kencang dan saya lihat ruang selinder tidak bocor (melalui busi), mohon bantuannya kira2 apa ada yang salah dalam pemasangan selinder head atau gimana? mohon jawabannya. terima kasih sebelumnya

    Jawab:
    Sorry baru dijawab sekarang…
    mungkin ada baret halus disekat/gasket/packing cylinder head sehingga air terhisap ke ruang bakar dan turut terbakar… cara cek nya…. saat mesin dah dipakai berjalan lama… dekatkan tangan ke knalpot… kalau basah kuyup.. artinya air ikut terhisap ke ruang bakar… perlu turun mesin hingga turun cylinder block.. untuk memeriksa permasalahannya dimana.

  202. budi santoso says:

    Bung jawabannya mana sekian lama kok nggak dijawab pertanyaan saya karena ini juga dibaca oleh semua pengguna saft7 lho! terima kasih

  203. Hallo Mr. Saft7
    Timor SOHC’98 saya sudah turun mesin, kalau distarter tdk tokcer apabila berbarengan hidupnya dgn van engine, radiator orsinil, tdk ada thermostat, jalannya ndut-ndutan. Ada selang kecil dr karburator yg belum terhubungkan krn selangnya pendek (selang apa yah.., kata montir selang itu berhubungan dgn saluran ac). Pernah saringan bensin dibersihkan dan jalannya jadi lancar. Tolong pencerahannya biar enak dikendarainya. Trims

  204. Wardoyo says:

    hmm pantes kijang ssx saya pernah suhunya hampir 0, ngga tahunya thermostat dicabut. Tenaga mesin juga kurang bagus. Setelah dipasang kembali thermostatnya barulah susu stabil di sertengah kurang dikit dan tenaga mesin lebih enak,,

  205. Abdul Wahid says:

    Mobil saya Daihatsu, claasy kesulitan kalau saya butuh spare part sulit mencari toko yang menyediakan spare part classy yang lengkap, di toko mana bisa ssaya cari

  206. kelik says:

    OM saf,
    Mobil bmw ane setelah di bersihin manifolnya mendadak jadi dingin terus, apalagi kalau jalan di tol trus pake AC, nyaris nyender di cold, keadaan ini sudah hampir 1 bulan lebih om, and tarikannya jadi berat banget,,tapi kalau macet siang bolong kadang sampe tuh di tengah and tarikan jadi enteng,,,memang waktu dilihat manifol nya penuh kerak dan diameter lobang nya mengecil karena kerak tersebut dan setelah di kerok and di bersiin kirain jadi lebih enteng ..eh malah jadi berat ..mohon pencerahannya om saft.thx

  207. Saibun Jamali says:

    gua punya mobil peugeot 405 SRI th. 92, bensin nya boros buanget sekitra 1 : 6 kira-kira apanya, temperatur lebih dari setengahnya atau menunjukan angka 80 s/d 90.
    tolong ada ada informasi dari teman2
    thank ya

  208. Reinaldo says:

    hallo mas shaft!!
    mobilku escudo tahun 2001, aku mau nanya nih busi apa ya yang paling bagus untuk escudo. merknya dan tipe nya apa? kira2 harga di pasaran berapa? saya juga mau nanya untuk mengetahui tingkat afr di mobilku gimana caranya ya?
    tahnk’s shaft

  209. panji says:

    gw punya masalah rem nieh,knp ya klo ngerem mesti dua kali nginjek rem, klo skali ga langsung brenti…trus klo nginjeknya pelan suka dalem bgt.kira2 dmn masalahnya ya

  210. panji says:

    bung saft,saya mau minta kopiannya manual book mobil gallant 83′ nieh .abis nyari dmn2 susah bgt,,ok thx.klo ada kirim ke panji_serano@yahoo.co.id

  211. Askom1969 says:

    Bung Saft,
    Punya panduan Starlet EP82 tahun 1994, nggak?
    RPM mobil saya jatuh bangun, ngidupin lampu depan saja sudah hilang 400 RPM.
    Kalau A/C hilang 1000RPM. Apakah RPM yang terbuang ini makan minyak.
    Soalnya starletku agak boros 1:9, atau ini ratio normal.
    Selain itu body bergetar kalau start di RPM 0.
    Supaya nggak bergetar, langsam dipasang di RPM 1000.
    Idealnya langsam di berapa Bung Saft?
    Ngomong soal temperature – begitu start di C. Jalan 20 KM baru naik ke garis pertama?
    Penyakitnya banyak -apa harus overhaul. Biayanya berapa kira2. Makan hati juga.
    Tks, Askom

  212. daff088 says:

    Bung saft dan seluruh punggawa kraton saft7.com
    Aq mau tanya nich maslah cooling system ;Mobil qu Grandcivic 1991 skrang ada mslh Bhw “air radiator sering nambah”. Adapun hal yang sudah saya lakukan:
    1. Thermostat masih ada
    2. Cleaning radiator
    3. Electrc Fan OK
    4. Change radiator Cap
    5. Oli udah aq check dan hasilnya OK: tidak tercampur air
    6. Kebocoran System NIHIL.
    Kira2 dimana hilangnya air???………………..
    Ada yang isa bantu?
    Thank’s.

    Regard,
    daffa

  213. Chris says:

    Salam kenal bung Saft

    Bung Saft mau nanya nih, saya baru beli teranno kingroad seken 2001, masalahnya mobil ini dengung sekali di interiornya sewaktu mesin nyala idle, terutama dari rpm 800 sampai rpm 1500 setelah itu dengungnya ilang, padahal dari luar suara mesin halus sekali. Udah di cek ke bengkel resmi katanya ga ada problem dari mesin, oli, sasis, baut-baut, knalpot, bahkan engine mounting, bahkan mekaniknya ampe bilang mohon maaf kami tidak berhasil menemukan masalahnya hehe.. Di bawa ke bengkel umum juga sama hasilnya..

    Apa karakter teranno emang gitu ya?
    Mobil ini saya beli dalam keadaan mulus sekali kilometernya baru 68ribu tapi bawanya ga enak banget dengung, bikin pusing bawanya.
    Semoga bung Saft punya solusi nya
    Terima kasih

  214. Mark says:

    Mobil gue 306 N5 thn. 1999, besin-nya boros banget, paling top-nya cuma mencapai 1:5, ada yang tau cara-nya biar irit enggak, apa yang harus gue lakukan ?

  215. budi santosa says:

    bung saft terimaksih banyak buat anda, informasi2 anda sangat membantu saya. saya mau tanya, mobil saya corona 82 itu sudah ada thermostatnya apa belum? mengapa penunjuk panas mesin hanya naik sedikit (hanya sedikit diatas huruf C) mengapa ini bisa terjadi? untuk informasi mobil saya boros sekali BBM, hanya 1:6 dlm kota, idealnya untuk corona 82 (2000 cc) 1 liter banding berapa? mohon dibalas melalui booedy@telkom.net. terimakasih.

  216. Yohannes says:

    Sepertinya penjelasan semua tadi = BOROS krn adanya Interfensi/adjustment ECU / CHOKE / CHOKE OTOMATIS.
    UTK MOBIL KARBURATOR TANPA CHOKE :
    Untuk mobil masih karburator konvensional (tanpa CHOKE) sebut saja kijang super th 1987;
    Apakah temperatur yg di bawah normal (dgn mencabut termostat), juga ada interfensi AFR mesin ke konsumsi Bensin-tenaga mesin ???
    pls reply
    thanx

  217. daff088 says:

    Salut buat Saft7.com
    Setidaknya saya sedikit bisa ttahu ttg otomotif dan pernik2nya…………..

    Bravo saft7.com

  218. harymou says:

    gearbox BMW E36 M52 aye berisik apa laqer2nya harus diganti semua? sesuai user manualnya aye pake olie powerstering, ganti aja dengan yang lebih kental gitu? tahnks a lot.

  219. Utha says:

    Salam Kenal, Bung Saft7.

    Saya memiliki Starlet SE 1993 dengan Type Mesin 2E. Saya sangat ingin mengetahui konfigurasi selang-selang vacuum yang berhubungan dengan Carburetor ke mesin dan vacuum. Soalnya setelah mobil saya servis di bengkel biasa (bkn Toyota) saya merasa mobil kurang pas setelan nafasnya sehingga RPM sulit bngt setel tepat di 800. Saya ingin benahi sendiri tp takut kalo ada kabel selang-selang vacuum yg terbalik. Jika bung SAFT7 memiliki diagramnya boleh dong di japri ke email saya. Terima Kasih.

  220. budi santoso says:

    mobil feroza saya boros 1-6 bagaimana agar bisa irit 1-10 tolng penecrahannya, apa yang harus saya lakukan?

  221. Ahmad says:

    Mobil Absolut saya, bensin boros banget 1 Liter hanya 4,5 Km , padahal temperaturnya Normal tapi kalau saya pakai keluar kota bisa 1 Liter ± 10 Km….mohon petunjuknya kira2 apa masalahnya…..terima kasih

  222. iim says:

    Mohon bantuan informasinya dong…mobil Toyota Absolut 1995 Manual…untuk temperatur Normal (setengah kurang sedikit – kayak digambar), tapi setelah mobil berhenti dan mesin dimatikan air mendidih di tabung plastik (cadangan) dan di Radiator sehingga air keluar dari tabung plastik tsb. keseringan sampai habis…jadi setiap mau jalan saya isi lagi tabungnya….kenapayah….

  223. heri ramdani says:

    saya punya masalah dengan esspas saya. dimana silinder blok nya retak. sebaiknya gimananya mengatasinya.

  224. Wardoyo says:

    Mobil saya Starlet seg tahun 1993. Sudah beberapa hari ini jarum temperatur mati. Apa yang mesti diganti atau diperbaiki? Kemudian setelan gas/RPM agak rendah (700) dan bila malam dengan headlamp nyala turun ke 500. Saya coba putar ke kanan baut dekat karburator dan rpm langsam bisa 900. Bila malam dan pasang lampu rpm turun ke 700. Namun dua hari terakhir ini ketika jalanan macet siang hari rpm iddle yang 900 bila iddle AC rpm bisa menjadi 1500 atau lebih. Akibatnya mobil ndut-ndutan kalau macet. Pernah buka kap mesin dan panas sekali ruang mesin karena sering langsam di rpm 1500 atau 1700-an. Mohon tips-nya. Salam.

  225. Rafli says:

    Om saf yang beken, mobil saya bmw 318i th 90, borosnya minta ampun dalam kota + ac bisa 1.4 sd 1.5 posisi temperatus kurang dari 1/2. kenapa bisa sampai boros sekali untung aja pakenya cuma sabtu minggu kalau tiap hari jamin 2 tahun bisa buat DP Honda Jazz. Memang sih HVA nya dah agak berisik.
    apa karna HVA nya ?????

    Ada solusinya OM Saf…. thanks sebelumnya

  226. puce says:

    Bung mo tanya, Jeep saya Mercy 280 GE tahun 1988 air radiator sering kurang karena tidak ada tabung reservoirnya apa memang aslinya tidak menggunakan tabung reservoir, trus kalo saya pasang ac temperatur selalu panas apa penyebabnya. Thank’s atas bantuannya.

  227. Sukri says:

    Om Saf, aku sering ngikuti tulisanmu dan ku coba masuk juga.. Tks

    Namun aku ada sedikit masalah sih dgn Espass 1.3 ku th 97, kurasakan tarikan nya kurang yahut..
    Udah diseting karburator, timing belt pada posisi yang betul, platina juga namun masih kurang sip.

    Kira-kira apa lagi ya om yang berpengaruh? sebab dulu sebelum kendaraanku diservis, diratakan silinder headnya Mulet karena overhead tarikannya bagus.

    Oh ya satu lagi info.. setelan top timing pada tempat distribusi listrik ke busi itu pada posisi pol kekiri (RPM paling tinggi) dulu posisi paling tinggi ada di tengah. Mana yang benar? Lalu bagian mana yang mempengaruhi kondisi tersebut?

    Tolong om ya dibantu kasih saran.

    Tks,

  228. Edi Ismanto says:

    Yang saya tangkap dari artiket diatas adalah :
    – pemborosan (Fuel Enrichmen) terjadi jika pengaturan AFR dilakukan oleh
    ECU atau Choke otomatis

    Bagai mana jika mobil tersebut memakai karburator tetapi dengan choke non otomatis, apakah juga terjadi Fuel Enrichmen

    Terima kasih

  229. Iwan says:

    Buat bung Eja_Sip dan bung Coen Timor-er…Terima kasih banget atas info dan masukkannya, sudah ditunggu2 lama akhirnya ada yang kasih pencerahan…

    Bravo buat saft7.com

  230. Mobil saya TIMOR DOHC ‘01 (beli second), menurut saya kipas radiator kok bunyinya terlalu keras (mendengung). Saya perhatikan yang lainnya bunyinya nggak keras2 banget. Kata mekanik bengkel Timor memang seperti itu, cuma kadang tiap mobil tingkat kekerasan bunyinya macem-macem.

    Ada solusi nggak buat ngatasin bunyi yang terlalu keras?

    Jawab : Kipas Std Timor punya Airflow yg tinggi krn motor tipe Hi-speed.. anda bisa menggantinya dengan milik Timor Sephia Korea Assy ( Bingo 8-daun Low-speed) tinggal Plug ‘n’ Play. kipas lebih senyap tetapi airflow berkurang. disarankan Steam/cuci Kisi2 radiator 2 bulan sekali. harga assy kisaran 400~450rb. info lebih lanjut hub 0888 817 9052 (coen)

  231. ferri says:

    om saft mo tanya juga nih…, oot nih dan moon maaf sebelumnya.., mobil saya proton saga ex. taksi citra kalau RPMnya sekita 400~500, mobil saya jadi bergetar kalau menurut om saft apa yang menyebabkan hal tersebut. Wah yang punya ide water injection tertarik juga nih dengan idenya ada yang bantu ngebuatin nggak…? trims berat lho buat semua….

  232. dedi says:

    om saft mau tanya .mobil timor dohc klo sedang jalan tiba2 suka nambah sendiri kecepatannya padahal ga saya injak gas nya.kira2 problem di apanya yah ?.terimkasih

  233. yos says:

    Salam kenal Bung Mob n yg lain,..saya ada Honda accord 2000 beli bekas, ternyata oli masuk ke radiator, setelah di cek packing head dan silinder headnya tidak ada masalah. Pihak bengkel menyarankan untuk ganti blok mesin ( turun 1/2 mesin ).Mereka bilang mungkin ada kebocoran di blok mesin / retak. apa memang begitu? Oya saya jadi tahu mengapa temperatur mobil sya kurang dari 1/2, memang sudah tidak ada termostatnya ! thanks buat infonya.

  234. Teguh says:

    Bung Saft yang jagoan,
    Salam kenal..
    Saya mengendarai Timor 98 (boleh menanyakan segala jenis mobilkan?), mobil itu, karena ketidak fahaman saya, pernah dicopot thermostat-nya. Sekarang bertambah boros dan/tetapi ternyata masalah overheat ketika macet tetap saja terjadi… Artinya masalahnya bukan di thermostat-nya. Bisa memberikan gambaran nggak, berdasarkan pengalaman Bung Saft tenteng mobil Timor, apakah karena koplingnya atau apa karena Timor memang selalu begitu?

    terima kasih

  235. Ighol says:

    Gue tertarik dengan Water injection, tolong donk… dikimkan referensinya yang lengkap soalnya gue mau pake uji coba nih……tolong donk

  236. Edi Ismanto says:

    Perkenalkan saya adalah pendatang baru di otomotif, saya pemilik Honda Civic Exelent 1983. Saat ini saya cukup dibuat pusing karena kalo jalan lagi macet temperaturnya mencapai 80 %, tapi kalau mulai dari berangkat jalan raya lancar temperatur cuma mencapai 35%

    Salam dan terima kasih
    Edi Ismanto
    Serang

  237. Eko Sjamsurizal says:

    maaf Out Of Topic (OOT),

    perkenalkan saya newbie di otomotif, saya pemilik Kijang kapsul 97, ada gak yang pernah memodifikasi radiator pulley fan menjadi electric fan yang di trigging dengan thermometer yang ditanam di radiator. Saya browsed di saft7.com tidak ada. Saya beranggapan dengan mengurangi beban kruk as dari pulley fan akan menambah efisiensi mesin sehingga konsumsi BBM menjadi lbh hemat. Mohon sarannya dan tipsnya.

    salam dan terimakasih,
    EKo Sjamsurizal
    Karawaci,Tangerang

  238. heri ramdani says:

    Makasih mas eja

    Saya rumah sih di Cimahi hanya saya lagi di Tugaskan Di TAsikmalaya. Setiap dua minggu sekali saya pulang ke Cimahi dan ngantor di Bandung. Sekarang saya kalau dari tasik ke Bandung mesti harus dua kali berhenti, yang bikin ribet harus berhenti di Tol. oya mas klu boleh tau mas tinggal dimana ? kalau boleh minta dong alamatnya via email ke heriramdani@yahoo.com

    Thanks mudahmudahan bisa ketemu., abis esspas enak di pakai.

    Heri Ramdani

  239. eja_sip says:

    om heri menurut yg pernah saya alami dan info dari beberapa montir rekan saya bahwa tanda bocor/melentingnya packing silinder head ditandai adanya cairan oli mesin masuk ke radiator atau sebaliknya air masuk ke ruang bakar cara ceknya
    1. Dapat di buka tutup radiator dan lihat kondisi air radiatornya apa ada kandungan oli mesin ? atau sebaliknya ?
    2.buka tutup radiator dan hidupkan mesin dgn menginjak pedal gas liat kondisi air radiator apa saat hidup airnya meluap ke atas?atau engak kalo menyembur ke atas( keluar ) beratii ada tekanan kompresi dari ruang bakar yang masuk ke saluran air ini pertanda paking selinder head bermasalah
    akibat bocor/melentingnya selinder head akan mengakibatkan suhu mesin yang cukup tinggi baik di putaran bawah /atas..kalo boleh tau om heri dimana ( eja di bdg )

    sedikit info untuk rekan rekan yg menggunakan espass ada satu trik agar mesin dingin ini trik baru saya dapat tetapi belum pernah saya coba
    triknya adalah dgn mengganti paking selinder head dgn yang berbahan alumunium ( pakingnya harus pesan duluu )
    semoga bermanfaat

  240. heri says:

    Terima kasih om eja masukannya, saya akan coba, mungkin om eja sudah pengalaman dengan espass. Saya pernah ke bengkel katanya mobil saya silinder headnya atau packing headnya bocor sudah melenting. Tapi saya belum yakin karena kalau hal tersebut terjadi harus turun 1/2 mesin. mungkin ada masukan dari om eja apa tanda-tanda packing head bocor atau silinder head melenting.

    terima kasih

    Heri Ramani

  241. eja_sip says:

    om iwan untuk Mobil TIMOR DOHC ‘01 nya berbunyi pada kipas radiator yang jelas ada masalah ,jgn dibiarkan ..masalahnya pabrik saat membuatnya tidak mungkin bersuara..saya kurang tau juga apa kipas radiator timur bersatu dgn perputaran mesin? yang di gerakan oleh belt melalui pully kruk as? atau kipas radiator yg menggunakan elektrik? kalo yang pertama tadi ( kipas diputarkan dgn belt melalui pully kruk as ) berati suara yang timbul bisa disebabkan oleh komponen lain yang bermasalah :
    1. pompa air ( waterpump )
    2. Kerenggangan Timingbelt berubah sehingga membanting tutupnya ( dikarenakan tensionernya berubah )

    dan apabila menggunakan kipas eletrik yah jelas motornya bermasalah..
    Demikian

  242. eja_sip says:

    om heri yang saya lakukan dgn espass saya sbb ( kebetulan saya lakukan sendiri )
    1.radiator telah diganti oleh radiator zebra van yang 2 play ( radiator asli dipensiunkan ) hal ini agar perbandingan air lebih banyak yang masuk ke jala2x mesin dibandingkan udara yang masuk ke daerah kabin mesin
    2.fan diganti oleh yang 6 sirip ( asli espass ) agar penarikan udara panas di jaket radiator dapat segera di hilangkan.
    3.Jarak antara radiator dan kodensor AC di jauhkan ( saya kasih 8 cm ) jadi jarak kodensor AC ke Radiator ada celah kosong 8 cm ( aslinya Kodensor AC dan Radiator nempel ) knapa? agar saat mobil melaju alur angin dari arah depan dapat masuk langsung ke depan radiator.
    4.Maaf espass saya tidak menggunakan thermostat
    5.setel lagi pengapian (dalam hal ini top dan platina ) deteksinya apabila mesin hidup saat idle dan suaranya tidak merata berati ada masalah dgn sistem pengapian.
    6.Stel kembali katup isap dan buang ( saya pake isap 20 buang 25 )
    Dalam kondisi diatas saya pakai espass saya bdg- jkt tanpa berhenti dari jam 10 siang kondisi temperatur hanya naik sampai garis bawah ( tidak pakai AC ).

    mungkin bisa membantu

  243. Heri-r says:

    Om eja-syp bagi dong pengalamannya untuk espass 1995. mobil saya sering over-heat kalau di jalan tol. Apa yang perlu diatasi menurut pengalaman.

    thanks
    heri

  244. Jeskoneng says:

    Boss, kalo mengikuti perbincangan di atas, kayaknya suhu kerja mesin tidak seharusnya dibuat lebih dingin ya….. Mungkin yang perlu dibikin dingin, apalagi di hari panas terik, adalah suhu udara yang disedot masuk kedalam intake throttle body….. Nah, mungkin ada yang punya ide, gimana caranya membiarkan mesin tetap pada suhu kerja normal, tapi membuat udara yang masuk ke intake menjadi lebih dingin ? Karena kalo dibiarkan aja di panas terik, tarikan mesin jadi loyo, beda banget sama tarikan di saat malam hari atau di pegunungan yang sejuk..

  245. Wedijanto says:

    Om Saftari, tolong donk jelasin cara kerja tutup radiator,
    1.Gimana cara dia membuka , sehingga air bisa masuk ke tabung reservoar ?
    2.Gimana caranya dia membuka,dan air dari tabung bisa terhisap lagi masuk kedalam radiator.
    3.Apakah kalo air radiator berkurang, masih mampu tutup radiator membuka ?
    4.Apakah fungsi tabung reservoar ?
    Mohon penjelasannya ya Om.
    makasih

  246. eja_sip says:

    akhirnya panas pada espass ku sudah dapat diatasii…

  247. eja_sip says:

    heru Says:

    4 May, 2006 at 12:43 am
    bro saft,
    saya mau tanya, kalo misalnya cap radiatornya (tutup radiator) jarang di jual di indo/ kudu pesen diluar, kira2 ada alternatif lain penggantinya gak? dan kalo bisa kira2 ciri2 atau tipe / indikator angka apa yg bisa di jadikan patokan agar tipenya sama. saya khawatir cap radiator saya mulai aus (cbr400rr). dan gimana tahunya kalo cap nya sudah bermasalah? thks sebelumnya

    cheers
    heru herlambang
    malang

    >
    kalo misalnya tutup radiator tidak ada yang jual di indonesia atau dudukannya berbeda dapat diakalin dgn menganti rumah tutup radiatornya ke tukang radiator ( di copot dan diganti ama rumah radiator yang tutupnya banyak dijual dipasaran ) .
    tks

  248. eja_sip says:

    mau tanya dimana saya bisa mendapatkan radiator espass yang 2 ply,dan berapa harganya?

  249. hadi says:

    yth pak moderator
    saya punya mercy 230e tahun 1990, waterpump sudah bocor. saya ingin mengganti sendiri tapi kesulitan membuka kipas depan (termasuk belt). dari mana mulai membukanya ya?
    thanks atas infonya
    hadi

  250. eja_sip says:

    Mau tanya nih saya punya espass 1.3 thn 95, kasusnya seperti yang ditanyakan oleh om aris ..apa ada solusinya ?

    aris Says:
    Boss Saft, sy punya espass 1.3 thn 95. Sdh modifikasi : radiator 2 ply & electric fan ( 1 speed) + control by thermoswitch dgn temp range 87-92 brand : veglia. Posisi thermo di radiator. Kondisi macet berat + AC hidup (msh sanden lagi… & DB), gak masyalah…, temp gauge diem di 1/4 lwt dikit. Justru kalo di tol, jalan manteng 100kph, rpm +- 3500 dari 6500 (zona merah)>> temp naik hampir or pas 1/2. (note: bnyk kasus kan saat macet>> temp naik, ini kebalikannya). Over-heat sih nggak, tapi aneh aja….pengennya sih temp diem di tempat, katakan 1/3 baik macet atau lancar.
    Mungkinkah pulley water pump bisa di “mainkan” / diganti justru dgn yg lbh besar, supaya air di radiator relatif lbh lama disitu utk di tiup electric fan, sehingga yg masuk ke E/G juga relatif lebih dingin, tinimbang yg skrg mungkin flow air dari E/G>>radiator>>E/G terlalu cepat…(sepertinya thermostat udah gak ada deh).
    Just sharing & Thx before.

  251. Agus says:

    Saya punya masalah dg Timor th 98,SOHC. Tiap pagi kalau di start agak susah..asap ngebull hitam. Level indikator bensin di karburator kosong, kenapa ya? Trus kalo pergi jauh kemudian berhenti sekitar 1/4 – 1/2 jam aja pas mau distarter susah banget..tolong dong, padahal itu karburator udah di service 2 kali lho..

  252. Iwan says:

    Mobil saya TIMOR DOHC ’01 (beli second), menurut saya kipas radiator kok bunyinya terlalu keras (mendengung). Saya perhatikan yang lainnya bunyinya nggak keras2 banget. Kata mekanik bengkel Timor memang seperti itu, cuma kadang tiap mobil tingkat kekerasan bunyinya macem-macem.

    Ada solusi nggak buat ngatasin bunyi yang terlalu keras? (Nggak enak sama tetangga kalau pas pulang malam2). Atau ada masalah dimananya? Butuh banget pencerahannya…Trims

  253. Dicky says:

    Oom Saft,

    Sorry kemarin saya nulisnya tidak terstruktur, jadi yang buat saya bingung ada beberapa point sbb:

    1. Pemahaman saya dan orang pada umumnya, penggunaan coolant akan membuat kerja radiator lebih efektif di banding air biasa. Nah menurut Redline justru sebaliknya lebih efektif pake air biasa, karena glycol dalam coolant menahan transfer panas, jadi mobil mudah overheat karena kemampuan buang panas radiator berkurang. keunggulan coolant hanya anti beku dan karat. Apa betul begitu?

    2. Pemakaian Water Wetternya Redline memperkecil ukuran buih yang terjadi pada dinding blok mesin pada saat proses perpindahan panas mesin ke air. Buih tersebut menghambat transfer panas. Jadi kalau buihnya dikecilkan transfer panasnya lebih baik. Thermostat membaca suhu air. Dengan suhu air yang sama, suhu mesin akan lebih dingin. Jadi dengan thermostat yg sama, suhu mesin akan lebih dingin kalau pakai Water Wetter. Apa iya?
    Dan kalau benar, lalu apa pengaruhnya ke radiator? apakah diradiator juga terjadi buih pada proses perpindahan panas (70-90C) air ke radiator? kalau tidak, berarti Water Wetter tidak bisa mengefektifkan kerja radiator?

    3. Si Redline bilang, kalau mesin lebih dingin maka pengapian bisa lebih awal tanpa terjadi detonasi, sehingga pembakaran lebih efisien, akibatnya tenaga lebih besar dan BBM lebih irit. Padahal ada juga yang bilang kalau mesin lebih dingin justru tenaga kurang dan BBM boros. Nah mana yang benar?
    Dan kalau benar, saya turunkan saja batas suhu thermostatnya, otomatis mesin lebih dingin kan?

    Nah jadi menurut point 1, sebaiknya saya pake air biasa saja (atau demin/aquades lebih baik karena tidak ada scalling). Anti beku tidak perlu di Indonesia.
    Menurut point 2 Water Wetter tdk bisa bantu kerja radiator.
    Menurut point 3, saya bisa akalin dengan turunkan temp kerja thermostat.
    Jadi buat apa pakai Watter wetter atau Coolant (glycol)?

    Yang jadi masalah tinggal karat! Kalau naikan pH gimana ya? misalkan ditambah KOH?

    Dicky

  254. Saftari says:

    Dicky Says:
    Saya baca technical infonya water wetter punya redline.
    Di sana dijelaskan kalau pakai coolant kerja radiator jadi kurang efektif karena permukaan dalam radiator tertutup glycol sehingga tidak bisa buang panas akibatnya suhu mesin justru meningkat. Kalau pake water wetter, busa akibat mendidihnya air pada sisi air blok mesin menjadi kecil sehingga transfer panas lebih efektif, akibatnya mesin jadi lebih dingin, dan tenaga lebih besar serta bbm lebih irit karen timing bisa lebih awal tanpa detonasi. Nah saya jadi bingung nih, karena saling bertolak belakang.

    Jawab:
    Sebetulnya sudah terjawab sendiri kok oom Dicky..
    Dengan menggunakan Water Wetter si Redline itu, maka dimaksudkan sistem pendinginan oleh air menjadi optimal, dan memperkecil kemungkinan terjadinya overheating pada mesin.
    Fungsi thermostat sendiri kan juga sudah jelas… membuat mesin tidak terlalu kedinginan, juga tidak membuat terlalu kepanasan. Dengan kata lain… peranan thermostat adalah menjaga suhu kerja mesin pada suhu kerja optimalnya.
    Semoga ga bingung lagi ya..

  255. Dicky says:

    Saya baca technical infonya water wetter punya redline.
    Di sana dijelaskan kalau pakai coolant kerja radiator jadi kurang efektif karena permukaan dalam radiator tertutup glycol sehingga tidak bisa buang panas akibatnya suhu mesin justru meningkat.
    Kalau pake water wetter, busa akibat mendidihnya air pada sisi air blok mesin menjadi kecil sehingga transfer panas lebih efektif, akibatnya mesin jadi lebih dingin, dan tenaga lebih besar serta bbm lebih irit karen timing bisa lebih awal tanpa detonasi.

    Nah saya jadi bingung nih, karena saling bertolak belakang.
    Mohon pencerahan

    Dicky

  256. agus suryanto says:

    bung mob saya peugeot 306 tiba2 seti enteng sekali, saya check oli power steeringnya ternyata penuh / gak berkurang, tetapi pada saat belok steer tidak kembali dengan cepat…ini apanya yang rusak dari prediksi anda….thanks

  257. budi santoso says:

    Bank Saft7 mobil saya pernah kemasukan kawat 2cm kesedot keruang bakar via karbu dan kawat patah jadi 2, satu masih ikut naik turun piston, satunya lagi nyelip ke klep (katub buang). hal tbs saya atasi dengan membongkar selinder head u/mengambil kawat tsb. dan gasket/paking selinder head sdh saya ganti baru, sekarang air radiator sering berkurang padahal sekrup pengencang selinder head sudah kencang dan saya lihat ruang selinder tidak bocor (melalui busi), mohon bantuannya kira2 apa ada yang salah dalam pemasangan selinder head atau gimana? mohon jawabannya. terima kasih sebelumnya

  258. hidayat says:

    mobil espass saya tahun 96, belum lama ini knalpot basah karena oli, tapi pada saat pagi dihidupkan mesin mobil tokcer dan masih ada embun yang cukup banyak, yang menjadi pertanyaan saya, oli itu keluarnya dari mana dan apa solusinya? haturnuhun kang saft

  259. Saftari says:

    OOm Darwin,

    Coba ganti tutup radiatornya deh.. atau periksa bibir radiatornya juga.. harus rata dan rapih konstruksinya… kemungkinan uap air bertekanan lolos melalui celah bocor tersebut… atau Valve Spring yang ada pada tutup radiator sudah tidak baik menahan tekanan tinggi di dalam radiator.. sehingga air terus dibuang keluar.

    Ganti sesuai tekanan yang dianjurkan pabrikan.

    Saftari

  260. Darwin says:

    Salam Bang,
    gue ini org baru …mobil gue kijang lsx thn 97, ada masalah nih dgn suhunya,
    termostat gue udah dicabut dari dulu, dan kalo gue pake mobil gue jarak jauh 100 km keatas, tangki air radiator gue abis deh, jadi temperatur jadi naek, w udah pernah cek ke bengkel en dibuka kipas didepan radiator lalu ditambahkan semacam silikon didalam putaran kipasnya. nah skrg kondisinya air tetap habis bila jalan jauh, tetapi jarum termperatur gue tidak naek ( malah jadi berbahaya )..gimana nih solusinya bang ?? apa yg salah ?? sudah dicek yg lain ngak ada kebocoran..?? pusinggg nih…tolong bantu yah temen2..

  261. saya ingin mengetahui bagaimana sistem rem pada mobil daihatsu taff hilyne f 69. karena saya mempunyai masalah dengan sistem rem pada mobil saya,,,

    terima kasih

    ismail tarigan

  262. andrie says:

    pak….sy puna mobil bekas selalu mengalami setir yang selalu tartik menarik ke kanan dan kiri sprti mengikuti kontur jalannan dan setiap menginjak marka jalan pun setir / roda serasagoyang sy sudah cek kaki2nya ke semua bengkel tp katanya normal sampai ke auto 2000 pun ga sanggup menangani… sy minta pertolongannya soal sy suda menghabiskan banyak uang untuk sektor ini dan blum ada bengkel yg bisa

  263. pardi says:

    dimana cari pengharum/parfume untuk di campur di tangki bensin (wangi jeruk, dll)

  264. Agoes Daroesman says:

    Om Saft,
    Mobil saya Zebra 1.5Zsx – EFI. RAta-rata tempratur dibawah 1/2 atau mungkin tepatnya kira-2 1/3. Mesin juga mengelitik — apakah ini salah satu sebabnya karena tempratur yang tidak maksimum (1/3). Untuk BBM kalau keluar kota bisa 1:11. Kalau memang ukuran tempratur terlalu rendah, apa yang harus saya lakukan…mohon tanggapan dan sarannya..wassalam

    Agus.

  265. rafiandre says:

    Oom Saft,

    Bagus banget artikelnya…jd nambah ilmu dan pengen nanya….mobil saya C 200 AT taon 95….selama ini suhu temperatur mesinnnya 80an derajat sementara kalo saya tanya ke pemakai yg lain normalnya adalah sekitar 90-100an derajat…apakah kondisi mesin yg terlalu adem ini yg menyebabkan mobil saya jadi boros (konsumsi 1:5,5L)…..langkah apa yg harus dilakukan….mohon sarannya…terima kasih

    andre

  266. maskaryo says:

    He he he
    Dulu mobil saya juga thermostat dilepas tapi begitu udah ngerti ..beli thermostat lagi yg baru dan dipasang…
    SAya ngeh..kalo mobil eropa angkanya dipasang tapi kebanyakan mobil jepun hanya garis aja gak ada angka…
    Dulu sebelum ngerti suka diledek peugeot overheating cepet panas..padahal emang suhuh idel segitu khan…nah mobil jepun juga sama segitu..cuma angkanya yg gak nongol….
    Om..sft..tengkyu udah membuka pikiran semua org..bahwa suhuh ideal mesin emang segitu..

  267. Toni says:

    Om, saya punya bmw 530i taon 95. Mesinnya v8. Seringkali saya cek keadaan businya hitam dan berkerak. Terutama busi yang nomor 4 dan 8 (posisi dekat dengan firewall). Tapi untuk busi yang diposisi depan kondisinya bagus. Apakah hal ini yang disebabkan oleh AFR yang nggak cocok? Atau disebabkan karena lubang uap oli mesin yang dekat sama intake piston 4 dan 8? Kalo emang ada yang bisa nyetel AFR biar tepat dimana, dan kalo dibengkel resmi pasti muahal nyetelnya. Mohon saran.
    thanks

  268. Ibnu Sutomo says:

    Mas Saf7 mohon bantuan,

    Mobil saya Ford Ka 97 ada bocor sedikit di coupling pompanya yang letaknya di antara mesin dan gear box (gear box unit) untuk memperbaikinya, gear box unit harus diturunkan, tentu saja kabel power dari accu harus di disconnect, air flow sensor dan crank shaft sensor kami connect kembali setelah selesai tapi mesin tidak mau hidup (pengapian tidak ada) mohon di bantu apa masalahnya Mas Saft7,

    terima kasih

    salam
    Ibnu

  269. toro says:

    Bung Saft, saya pake civic wonder 86 akhir2 ini suka mbrebet kalo udah panas. Temperaturnya dulu gak pernah sampe 1/4 tapi sekarang lebih, masih di bawah 1/2 sih, saya sudah service radiator dan tune up tapi masih juga mbrebet dan jarum RPM getar naik turun ndut-ndutan, saya mau tanya 1.berapa sih temperatur yang normal untuk wonder, 2. kemungkinan apa penyebab mbrebet dan getar jarum RPM itu. Oh ya, tapi saya coba matiin ac mesin normal lagi gak mbrebet plus jarum RPM stabil. Sebelumnya terimasih banyak bung Staf.

    salam
    toro

  270. M.Hatta says:

    Kang Saft7

    Saya mau tanya apakah boleh untuk sistem pendingin radiator mobil pakai pembuangan air AC rumah? kata montir2 bilang tdk terjadi karat dan sistem pendinginya jadi normal. memang saya belum pernah coba tuh!
    tolong dong kang Saft dijawab
    terima kasih

    salam
    Hatta

  271. Saftari says:

    Buat Oom am,

    Paling aman adalah, coba check suhu yang ada pada air radiator atau blok mesin. Gampangnya.. dengan menempelkan thermometer yang bisa mengukur suhu di atas 50derajat Celcius.
    Kalau dalam kondisi setelah lama digunakan berada di suhu 80-90derajat celcius.. artinya tidak ada masalah dengan suhu mesin.
    Kemungkinan bisa terjadi masalah pada Sensor Suhu nya.. Coolant Temperature
    Sensor Gauge atau pada Temperatur Gauge nya (jarum temperatur) yang ada di dashboard.
    Caranya… coba ukur dan bandingkan resistansi sensor tersebut pada saat dingin, dari kendaraan lain yang sejenis sebagai referensi… kemudian juga pada suhu saat panas. Jika tidak sama nilai resistansinya… sebaiknya ganti sensor suhu tersebut.

    Saftari.

  272. am says:

    tq, mr. saftari

    aku jadi tertarik membicarakan soal panas mesin, dengan ulasan ini tetunya kita nggak jadi bulan-bulanan orang bengkel, terkadang gara-gara panas mobil yang overheating kita diminta untuk bersedia agar mesin dibongkar katanya ada masalah dengan deksel, dst.

    aku punya Taff GT 4×4 tahun 1985 Diesel, punya masalah dengan panas yang jarum penunjuknya hampir mendekati tanda “H”, aku bawa kebengkel untuk cuci radiator, suhunya nggak turun juga, terus aku bawa kebengkel lalu dia periksa thermostat malah udah hilang (maklum mobil bekas), terus dicek waterpum hasilnya normal, terus mesin diutak-atik dan sudah pake watercool, hasilnya….. sampe sekarang panasnya nggak mau turun, padahal normalnya separoh…….

    tolong dong, solusinya kira-kira apa

    thanks

  273. wahyu says:

    Bro saft , tolong di bantu saya , saya sudah keluar masuk bengkel tapi beloum dapat jawaban yang memuaskan ,
    pertanyaan saya adalah.
    1.Berapa derajat panas normal sebuah coil??
    2.Apa penyebab panas tersebut.
    3.APa yg mempengaruhi panas sebuah coil?
    4.Bagaimana agar coil tersebut tidak panas sekali karena mesin jadi sering mati di jalan

    For Info , mobil saya strlet tahun 92

    Thank You

  274. heru says:

    bro saft,
    saya mau tanya, kalo misalnya cap radiatornya (tutup radiator) jarang di jual di indo/ kudu pesen diluar, kira2 ada alternatif lain penggantinya gak? dan kalo bisa kira2 ciri2 atau tipe / indikator angka apa yg bisa di jadikan patokan agar tipenya sama. saya khawatir cap radiator saya mulai aus (cbr400rr). dan gimana tahunya kalo cap nya sudah bermasalah? thks sebelumnya

    cheers
    heru herlambang
    malang

  275. heru says:

    Hmmm……..Artikel yang sangat bagus dan membantu

    Tapi saya masih ada problem dengan overheat
    Mobil saya ford laser th 90 non taksi

    Kalau pakai AC temperatur akan langsung naik hingga posisi 1/2, walaupun dijalan tol, sementara radiator sudah diflush dan tutup radiator sudah ganti baru, water pump sudah dicek. Yang jadi masalah pada posisi temperatur spt diatas tidak lama kemudian mesin mati dengan sendirinya dan tidak dapat distart (kondisi mesin tidak macet) karena tidak ada pengapian, baru setelah temperatur turun pada posisi 1/2 kurang sedikit mesin dapat hidup normal kembali.

    Pada kondisi mesin mati air direservoar posisi normal tidak ada gejala air mendidih seperti overheat pada umumnya.

    Mohon pencerahannya…….
    Terimakasih………

  276. Saftari says:

    Arif Says:
    Om Saft, ada yg mau saya tanya nih. Mobil saya Genio matic 94.
    Dulu mobil saya pernah overhead setelah geber2an manteng di 160 Km/jam [jarum temp. sampai batas warna merah]. setelah berhenti dan radiator diisi air lagi akhirnya masih bisa jalan normal hingga skrg.

    Kemudian radiatornya saya perbaiki. Sekarang Temp. menunjukan setengah, tapi belum dicoba geber2an. Tabung cadangan radiator saya sering penuh sampai batas tutupnya, padahal sebelumnya saya isi pas batas max. & dulu sebelumnya akhirnya bocor, pernah tabung saya berdesis ada suara anginnya.

    JAWAB:
    1. apakah genio temp. normalnya 1/2?
    >>Coba cari informasi dari teman2 yang gunakan genio deh.. rasanya juga sama tuh ditengah.. atau mampir ke bengkel resmi, liat genio disana temperaturnya berapa yang normal.

    2. Apakah normal tabung cadangannya bisa tiba-tiba penuh? bagaimanakah cara kerjanya air radiator? apakah dia bisa menghisap air yg masuk ke tabung cadangan?
    >>Itu disebabkan tutup radiator yang sudah rusak, sehingga proses hisap balik oleh radiator dari reservoir tidak bisa terjadi.. sehingga air akan terdorong ke reservoir pada saat overpressure, tetapi saat underpressure seharusnya dia bisa menghisap lagi air dari reservoir. Coba ganti tutup radiator dengan yang dianjurkan pabrik (tekanan kerjanya harus sama).

    3. Kalo mobil digeber konstan di RPM yg tinggi menyebabkan temp. naik hingga batas merah, apa yg salah/rusak? waterpump kah?
    >Kemungkinan thermostat macet bisa juga.

    4. kenapa ada angin di tabung cadangannya?
    > terjawab di nomor 2 di atas.

  277. Arif says:

    Good artikel nih :)

    Om Saft, ada yg mau saya tanya nih. Mobil saya Genio matic 94.
    Dulu mobil saya pernah overhead setelah geber2an manteng di 160 Km/jam [jarum temp. sampai batas warna merah]. setelah berhenti dan radiator diisi air lagi akhirnya masih bisa jalan normal hingga skrg.

    Kemudian radiatornya saya perbaiki. Sekarang Temp. menunjukan setengah, tapi belum dicoba geber2an. Tabung cadangan radiator saya sering penuh sampai batas tutupnya, padahal sebelumnya saya isi pas batas max. & dulu sebelumnya akhirnya bocor, pernah tabung saya berdesis ada suara anginnya.

    pertanyaannya:
    1. apakah genio temp. normalnya 1/2?

    2. Apakah normal tabung cadangannya bisa tiba-tiba penuh? bagaimanakah cara kerjanya air radiator? apakah dia bisa menghisap air yg masuk ke tabung cadangan?

    3. Kalo mobil digeber konstan di RPM yg tinggi menyebabkan temp. naik hingga batas merah, apa yg salah/rusak? waterpump kah?

    4. kenapa ada angin di tabung cadangannya?

  278. wahyu says:

    saya punya starlet taon 92 , suhu uddara di dalam kap mesin panas sekali dan coilnya juga sangat panas, sampai tak bisa di pegang , pertanyaanya , kenapa ya bisa panasa coilnya ?? penyababbtya apa ya
    thank

  279. aaad says:

    Coba check tie rod, mungkin sudah saatnya pensiun…
    Saya pernah mengalami cepet habisnya minyak rem, padahal nggak ada tetesan di sekitar sambungan2 master dan selang2 rem. Kemudian saya periksa seal yang menghubungkan booster dan master rem, saya ganti inner part master-nya. Booster-nya juga dibuka, dan…… di dalam booster ini terkumpul minyak rem yang selama itu hilang, ternyata dari master rem masuk ke diaphragma booster rem…

    Hope this help…

  280. romly says:

    saya mo tanya kalo mau memperbaiki setir yang suka ngebuang kekiri atau ke kanan abagai mana sih cara nya dan juga memperbaiki kalo minyak rem yang selalu habis terima kasih.

  281. Iman says:

    Bung Saft saya mau nanya…

    Saya pake Mazda 626HB 2.0 1987, kalo udah panas (temp 1/2) larinya emang yahuuud, tapi minumnya jadi 1:4 (pake AC) itu normal gak ya?

    Produk apa nih sarannya untuk mengiritin bensinnya?

    Tank Qyu

  282. Saftari says:

    JAMAL Says:
    Tuan Saft, Mobil saya Honda Civic Geniio 1992. Kalau lambat suhunya cepat panas, kemudian lampu sensornya (kuning) nyala, tetapi kalau jalannya normal alias stabil misalnya di luar kota, suhunya dibawa 1/4 saja. Selain itu, rpmnya juga kadang tidak stabil terutama jika mesin dingin kemudian distater rpm-nya lama baru stabil. Gimana itu bosh?

    Jawab:
    Oom Jamal, kemungkinan kipas radiator ga bekerja dengan baik tuh oom.
    Bisa mungkin karena motor fan nya yang dah lemah, atau kondisi sirip2 radiator penuh kotoran.. jadi angin tidak bisa mengalir melalui sela2 kisi2 nya oom.

  283. JAMAL says:

    Tuan Saft, Mobil saya Honda Civic Geniio 1992. Kalau lambat suhunya cepat panas, kemudian lampu sensornya (kuning) nyala, tetapi kalau jalannya normal alias stabil misalnya di luar kota, suhunya dibawa 1/4 saja. Selain itu, rpmnya juga kadang tidak stabil terutama jika mesin dingin kemudian distater rpm-nya lama baru stabil. Gimana itu bosh?

  284. Onggo says:

    Air AC untuk dinginkan Radiator

    Ini pengalaman lain.
    Beberapa tahun lalu saya menggunakan Mercy Tiger 200. Pada kondisi macet, mesin tentu menjadi sering idle di putaran rendah, sehingga kipas radiator yang mengikuti putaran mesin juga berputar pad rpm sangat rendah (sistem visco nya juga bisa jadi sudah kurang baik). Extra Fan standarnya juga rasanya nggak banyak menolong. Kalau sudah begini, biasanya hembusan AC menjadi kurang dingin. Lantas saya teringat kerjaanya tukang ac saat service. Biasanya dia menyiramkan air ke kondenser untuk mempercepat pendinginan AC.

    Nah, saya coba lakukan trik seperti ini:
    Di pasar loak, saya membeli sebuah tabung air wiper yang cukup besar, yang motor pompanya masih bekerja baik. Tambung ini entah milik mobil apa, lalu saya tanamkan tambahan 1 motor pompa murahan, sehingga tabung tersebut kini memiliki 2 pompa.

    Singkatnya, saya buatkan dudukan sederhana untuk tabung di dekat firewall, dengan posisi serendah mungkin. Nah, kemudian selang pembuangan air dari AC di kompartemen dalam saya tembuskan ke dinding firewall, lalu masuk ke dalam tabung tadi.

    Kemudian, kita sekarang ke kondenser AC. di celah atas antara radiator dan kondeser saya pasang sebuah pipa aluminium berdiameter sekitar 4mm, dengan posisi melintang sepanjang kondenser. Pipa tersebut sebelumnya sudah dibuatkan lubang2 kecil menggunakan mata bor paling kecil. lalu dari kedua pompa air di tabung tadi saya sambungkan dua buah selang pipa plastik yang biasa di pakai untuk akuarium, lalu masing2 ujungnya saya masukkan ke ujung masing2 pipa aluminium tadi. Untuk mengaktifkan motor, di kabin saya pasang saklar klakson angin yang tuasnya panjang itu lo.

    Nah, sekarang saya selalu punya persedian air dingin dari kondensasi AC, yang siap saya semprotkan ke kondenser kapanpun. Dijamin AC akan terasa lebih dingin ketika macet, dan Anda nggak akan kehabisan air, karena AC yang semakin dingin airnya juga semakin banyak. Mau coba? silakan…..

    lalu saya

  285. TheOwner says:

    AhliBongkar Says:
    Mestinya tiap merk mobil beda2 lo, ga dalam suhu mesin normal mesti jarum suhu pas 1/2. Timor DOHC aku dari beli baru gress sampe skrg ga sampe 1/2 suhunya, 1/3 lebih dikit. jadi patokan jarum musti 1/2 itu ga bener donk… tgt settingan pabrik masing2. Any comment???

    Jawab:
    Lah memang beda2 kok oom… Kan dah disebut di atas tuh..
    Umumnya diposisi 1/2, tapi bukan berarti itu berlaku untuk semua mobil.

  286. AhliBongkar says:

    Mestinya tiap merk mobil beda2 lo, ga dalam suhu mesin normal mesti jarum suhu pas 1/2. Timor DOHC aku dari beli baru gress sampe skrg ga sampe 1/2 suhunya, 1/3 lebih dikit. jadi patokan jarum musti 1/2 itu ga bener donk… tgt settingan pabrik masing2. Any comment???

  287. aris says:

    Boss Saft, sy punya espass 1.3 thn 95. Sdh modifikasi : radiator 2 ply & electric fan ( 1 speed) + control by thermoswitch dgn temp range 87-92 brand : veglia. Posisi thermo di radiator. Kondisi macet berat + AC hidup (msh sanden lagi… & DB), gak masyalah…, temp gauge diem di 1/4 lwt dikit. Justru kalo di tol, jalan manteng 100kph, rpm +- 3500 dari 6500 (zona merah)>> temp naik hampir or pas 1/2. (note: bnyk kasus kan saat macet>> temp naik, ini kebalikannya). Over-heat sih nggak, tapi aneh aja….pengennya sih temp diem di tempat, katakan 1/3 baik macet atau lancar.
    Mungkinkah pulley water pump bisa di “mainkan” / diganti justru dgn yg lbh besar, supaya air di radiator relatif lbh lama disitu utk di tiup electric fan, sehingga yg masuk ke E/G juga relatif lebih dingin, tinimbang yg skrg mungkin flow air dari E/G>>radiator>>E/G terlalu cepat…(sepertinya thermostat udah gak ada deh).
    Just sharing & Thx before.

  288. Vans says:

    Bung Saft, ada pertanyaan, disitu bung mengatakan bahwa setiap 4-5 tahun sekali tutup radiator sebaiknya diganti. Thermostat 5 tahun juga perlu diganti.

    Pertanyaannya apakah kalo mobil tersebut jarang dipakai sehingga kurun waktu 5 tahun tetap harus diganti juga? Pdhl misalnya kilometernya belum banyak.

    Tengkiu.

  289. Ferybonjovi says:

    Bravooo… hebat juga lu shaft….
    Sering2 yach kasih bocoran info kaya gini…. biar kita2 tambah pinter ngurusin mobil… minimal gak bego2 banget gitchuuu loh….
    dulu gue kira mobil gue (Corona) tuh sering overheat padahal jarumnya temperatur baru setengah kurang sedikit…. hi hi hihi.. trus gw jual deh karena kesel…. hi hi hi hi hi….

    BTW…. gw punya tips untuk yang lain… kalo suhu mesin terlalu dingin…. ledekin ajah biar cepet panas…. ha ha ha ha…

    bye

  290. TheOwner says:

    Hoi Siong Says:
    Mobil saya taruna, jarum temperatur tdk pernah setengah paling tinggi 1/4 lewat dikit. Malah jika sedang jalan kencang, jarum bisa sampai mendekati “C” . apakah itu normal

    Jawab:
    Itu artinya, kemungkinan besar mesin mobil Anda sudah dicopot thermostatnya atau thermostatnya macet pada posisi membuka… baiknya periksa lagi.. Ganti dengan orisinil mobil.

  291. Hoi Siong says:

    Mobil saya taruna, jarum temperatur tdk pernah setengah paling tinggi 1/4 lewat dikit. Malah jika sedang jalan kencang, jarum bisa sampai mendekati “C” . apakah itu normal

  292. Adi Sugezti says:

    Makasih Om Saft, jadi ngerti neh ….

  293. bayu says:

    saya ada 320i body e36 mesin M52 kata bengkel harus ganti selang dan oil separartor dan mass air flow karena pada saat ditekan accelerator nya seakan mau mati dan harus ditekan lebih dalam accelerator nya. Apakah memang harus diganti? bisa diperbaiki? Kemana saya harus mencari sparepartnya? harus orisinil?

  294. Amin Taufik says:

    Om Saftary, mobil saya Pug 505GTI menurut saya temperaturnya overcooling. Thermostat baru pake yg 87degC, extra fan original 1 buah (malah dah agak lemah), selang2 baik, waterpump baik, radiator baik, air radiator pake coolant 100%, kompresi mesin bagus, ketebalan cyl head standar. Saya curiga dari viscous fan karena sudah tidak berfungsi normal (walau dingin visco sudah muter seiring putaran mesin), temp meter normal (sudah di cek suhu air di radiator di ukur pake thermometer digital dan dibandingkan dengan temp meter). Kondisi sekarang, kalau jalan di jalan lancar, temp meter hanya berkisar 70-75degC, kalau macet siang-siang plus AC maximal 90-92degC. Kondisi begini bisa dibilang overcooling nggak? Kalau iya, kira-kira apa yg jadi penyebab?

    Thanks,
    Amin

  295. DJOKO SISWANTO says:

    Gimana untuk perawatan mesin mobil supaya ga brebet / tersendat-sendat, serta bagaimana pula supaya mobil saya bisa melaju dengan cepat tanpa memboroskan BBM ?
    Apakah saya perlu menambahkan komponen-komponen lainnya?klo ya, apa nama komponen tersebut & kira-kira harganya sampai berapa ribu?
    mobil saya Daihatsu charade tahun 1991. Thanks Coy!!!!!

  296. bambang says:

    saya pemakai cressida’85.

    mobil saya rasanya mau dingin (temp1/2) dengan bantuan angin yang kuat, makanya pake double blower untuk sextra fan acnya.

    Cuman kalo dipepetin tembok dalam tempo 1 jam pasti naik lebih dari 1/2 padahal kan dari tembok dengan radiator fan masih ada jarak yang lumayan +/- 20 cm karena halangan bemper.

    pertanyaan saya :

    Coolant (kebetulan saya pake super long life coolant product ori toyota) bisa membantu dalam mendinginkan mesin ? berapa persenkah penurunan mesin yang dapat dibantu oleh coolant ini ?.
    (Sengaja saat ini saya experiment tanpa coolant)

    Bila karena putaran air karena water pump yang sudah mulai lemah, bagaimanakah ciri2xnya ? Karena contohnya begitu saat mobil melaju saat setelah kena macet panjang temperatur akan normal kembali (yang artinya putaran air kencang selaras dengan putaran water pump)

    Bagaimanakah ciri2x bila sudah terjadi abrasi pada cylinder head gasket yang kata orang bengkel muncul kompresi tinggi ? sehingga harus diganti ato yang lebih extrem lagi diberikan double gasket.

    untuk eksperiment ini sengaja saya tanpa memakai coolant + thermostat yang artinya untuk memberikan keleluasaan pada sirkulasi air cepat pendinginan di water jacket.

    Mohon info atas solusi diatas, apakah sebaiknya langsung ganti gasket atokah water pump ???

    Salam,

    bambang

  297. Upit says:

    Boss.. punya saya gallant II 86 masih pake thermostat… klo pertama start mentok ke kiri trus klo udah panas cuma seperempat… mesin 1800 cc… konsumsi masih 1:10 klo jalan keluar kota… Ini normal ga’… apa indicator suhunya yg ga’ beres…. dulu pernah extra fan ac mati temperatur naik sampai 3/4…. Abis ganti exra fan tak pernah lebih dari 1/4 meskipun di jalan macet…

  298. Iqbal Zulkarnain says:

    kalo menurut ekeh c….yang bikin terbuka/tertutupnya termostat itu kan lapisan lilin didalemnya, so..thermostat bekerja berdasarkan suhu….jika diatas suhu 90 derjat, lilin akan mencair, dan karena tekananan yang tinggi pada suhu tinggi, jadi katup terbuka, dan air mengalir ke waterjacket, nah pas dibawah suhu tersebut lilin akan membeku lagi, dan thermostat tertutup….makanya ada anggapan melepas thermostat akan membuat mesin lebih dingin adalah salah !! sepanjang thermostat bekerja bagus, tidak ada masalah pada pendinginan mesin, malah kalau dicabut akan berbahaya…ketika mesin nyala dan kondisi masih dingin, mesin akan overcooled. yang terpenting dalam merawat sistem pendiginan adalah, cek kebersihan radiator, cek kondisi thermostat, cek tutup radiator, kuras radiator tiap 6 bulan sekali dan cek waterpump, kalo semua dilakukan dengan baik, pasti mobil gak akan kegerahan….

  299. sugeng says:

    kang saft, mobil DG 1.800 pada saat awal start RPM tinggi hingga suhu temperatur normal lalu rpm turun. Pertannyaanya adakah perbedaan peningkatan rpm antara thermostat digunakan atau tidak pada saat start awal dalam kondisi dingin

  300. didiet says:

    oomm…nanya…timor dohc saya kalo ac nyala…kondisi di luar dingin ( hujan / jalan banter/ jalan turun )…temperatur 1/4 ( normal nya 1/2 kurang dikit )…..jd gak bagus ya ?????…trus kalo extra fan langsung nyala waktu ac di nyalain…walopun temp belum 1/2….normal gak seh ???…

  301. adit1303 says:

    Hehehe………….salah satu alasan saya kenapa pake VW karena ngga pusing mikirin masalah thermostat, air radiator dan lain2 yang penting kualitas dan jumlah oli pas dan kipas serta kisi pendingin oli ngga ada hambatan.
    Untuk ngukur temperatur mesin biasanya cukup pegang dipstik di ruang mesin kalu masih kepegang berarti suhu mesin normal dan kalu mesin tiba2 jadi lebih berisik dan mati berarti sudah overheat tuh.

  302. fiqih says:

    kang saft, kl mobil saya dalam keadaan normal koq, putaran gas suka tertahan di atas ya, (mesin jd ber dengung (saya seperti menginjak gas lebih dalam) padahal pedal gas tdk saya injak , kenapa ya kira2 ?

  303. TheOwner says:

    Oom Jendral Kantjil,
    Semua mesin dari jaman dulu juga sudah pakai Thermostat hingga mobil jaman sekarang yang berpendingin air + radiator.
    Fungsi thermostat seperti yang dijelaskan diatas adalah menjaga suhu mesin agar STABIL di suhu kerjanya.
    Kalau temperatur menari-nari, bisa jadi karena thermostatnya macet dalam kondisi membuka, atau malah sudah tidak ada.
    Coba deh dicek…

  304. TheOwner says:

    Oom Ganjar, AFR dengan Lambda = 1 adalah 14.7 dan memang seperti itu rumusnya.

    Thanks

    Saft

  305. Kang saft, mobil saya Corona 81, ada termostatnya nggak sih? soalnya temperatur kalo normal ngga pernah jauh dari garis “C”.. paling tinggi seperempat.. kalo sampe stengah berarti ada yang ngga beres..
    Yang saya heran kok jarum temperatur kadang suka menari2 ya?

  306. Ganjar says:

    sori newbie banget nih?????

    kalo perbandingkan angka lambda sama AFR itu selalu segitu ya???? maksudnya kalo lambdanya = 1 berarti AFR = 14,7:1 selalu begitu untuk semua tipe mobil????

    terima kasih

  307. astrajingga says:

    kang, mobil saya corona 87 akhir-akhir ini radiator fan baru nyala setelah suhu mesin di atas 1/2, padahal dulu kurang dari 1/2 udah nyala.
    itupun kalo idle, kalo lagi lari sih suhunya kurang dari 1/2 terus, jadi fan-nya ga pernah nyala
    normal ga?
    thx…

  308. nofun says:

    Om Coen, kalau pas jalan pelan temperatur naik dan pas ngebut temperatur normal juga pernah terjadi di mobil saya … karena masalah di waterpump.

  309. TheOwner says:

    Oom Asta, Dingin jadi bergetar,.. dugaanku masalah ada pada AutoChoke nya.
    Kalau mobilnya belum pakai ECU, Autochoke biasanya pakai Vacuum ThermoValve. Jadi dia merupakan katub untuk buka tutup vacuum berdasarkan suhu air radiator di mesin.

    Saat mesin dingin, Vacuum ThermoValve memberi bocoran udara ke Throttle/Karburator agar RPM naik. RPM naik ini yang membuat mesin tidak berguncang/bergetar / coldstall.

    Kalau mobilnya sudah pakai ECU, autochoke bisa berupa FIAV dan Idle Speed Control/Servo (ISC/IAC/ICV/dst).
    Bukaan idle tambahan diatur oleh ECU mengikuti perubahan suhu air radiator di mesin.

    Semoga membantu.

  310. TheOwner says:

    OOm Coen, Kalau pas macet atau ngekor tanjakan temperatur naik.. pas ngebut temperatur sejuk… coba check Radiator Fan nya deh..
    Bisa dari motornya yang dah loyo, bisa juga dari Blade nya yang sudah ‘lurus/rata’ jadi anginnya keciiiil.

  311. coen says:

    kang, DG GTi saya klo ngekor mobil di tanjakan koq tempratur cepet naik ya..
    dikiran thermostat macet,… pas dibuka oleh kang Dikwan.. thermostat malah nggak ada.. setelah itu meskipun di geber 160kph di cipularang, tempratur mesin nggak krng dari 1/2…. mohon pencerahannnya…. Note:radiator sudah di flush &di steam 110bar.. AFR di set 2.441 volt. tengkiu

  312. asta says:

    jadi tertarik neh saya, karena mbl saya kalo dingin/pagi hidupnya bergetar & rada susah start (crown) tapi kalo udah panas normal gak getar, kenapa ya????? thanks.

  313. TheOwner says:

    Kalau suhu mesin bisa terpengaruh sedemikian rupa, pas dingin jadi dingin sekali hingga tersendat2, maka dipastikan thermostat pada mesin itu udah dicopot.. coba check.. dan pasang lagi sesuai parts aslinya.

  314. Edwin says:

    kalau mobil tua yang engga ada thermometer dan thermostatnya gimana ngakalinnya oom Saft, tolong pencerahannya dong
    trims

  315. deindra says:

    Saya pernah ngalamin, dalam kondisi hujan, temperatur mobil saya turun dari setengah menjadi seperempat bahkan kurang, sehingga mobil aga tersendat-sendat. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya? Terima Kasih

  316. feidly says:

    Klo untuk perawatan mesin mobil supaya ga brebet / tersendat-sendat gimana yaa..??
    karena starlet saya akhir2 ini kalo jalan jauh sering brebet atau tersendat..
    terima kasih informasinya…

    B 8702 YG
    StarBUL

  317. budi says:

    maaf saya newbie kang saft ,
    kalau suhu di luar dingin ( ujan atau pagi ) tarikan mobil menjadi enteng/responsif , apa itu juga menyebabkan bensin menjadi lebih boros ? apa hubungan suhu mesin dengan suhu udara yg masuk melalui air filter ?

  318. Rendra says:

    Artikelnya gak berat.. tapi mengena.. dan gampang di cerna..

  319. TheOwner says:

    Mas Abie, lingkungan dimana mesin itu berada (negara/daerah) panas atau dingin tidak menyebabkan thermostat harus di modifikasi dengan mengganti ke yang lebih rendah atau lebih tinggi suhu kerjanya.

    Teknisi yang mendesain mesin tersebut telah memperhitungkan dari berbagai aspek baik itu dari sistem aliran air sebagai pendingin, konstruksi mesin, jalur air, kuat kipas/fan, besar radiator, cc kendaraan, berat kendaraan, volume ruang mesin dan sebagainya… sehingga didapat nilai suhu kerja thermostat yang ideal untuk mesin itu di body mobil itu.

    Sebagai contoh, mesin M40 pada mobil BMW 318i body E30 berbeda suhu kerja thermostatnya dengan mesin M40 pada mobil BMW 318i body E36 dikarenakan perhitungan di atas tadi.

    Jadi justru tugas thermostat untuk menstabilkan dan menjaga agar suhu kerja mesin tetap di suhu 93 derajat celcius (suhu air 80derajat celcius).
    Jika suhu lingkungan lebih panas, maka thermostat tentunya akan lebih cepat membuka agar suhu mesin tidak melebihi suhu kerjanya.
    Begitu juga sebaliknya… jika suhu lingkungan dingin, maka thermostat lebih lambat membuka agar suhu kerja mesin dapat selalu ideal.

  320. abie says:

    perlu diperhatikan juga iklim dari negara yang bersangkutan. DI Swiss misalnya, penggunaan thermostat 80 derajat mungkin akan menunjukkan angka AFR seperti di atas, tapi kalau di kemacetan Gatot Subroto Cawang tentu tidak akan sama. Di sinilah letak perlunya thermostat dengan suhu kerja lebih rendah. Disamping mesin lebih dingin, tentu komponen lain seperti wiring akan lebih jarang getas(cth kabel kelistrikan mercedes c class yg sering rusak karena getas). Jadi tidak melulu mesin lebih dingin akan berefek langsung AFR….(gimana BAng Saft..pendapatku udh kayak pakar belum?)

  321. Rio Martin says:

    Bagus ulasannya kang saft .. :))
    pas banget, gue lagi seneng main main AFR ..
    :p

    – rio -

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com