.

 

Sharing: Pasang Accu Tambahan (motor)

dualaccu-00

Pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman seputar pasang accu tambahan di sepeda motor.

Diawali dari keinginan mengganti lampu standar motor saya, dari lampu Halogen HS1 (mirip H4) dengan lampu HID model H4.

Motor yang saya gunakan adalah motor injection yang kelitrikan lampu nya menggunakan jenis DC, ciri khas nya, kalau grip gas diputar, lampu tetap menyala stabil, terang nya tidak berubah saat putaran mesin berubah-ubah.

 

 

Rangkaian set lampu HID yang terdiri dari Bohlam HID H4 (hi-lo), Ballast 35watt, Relay Unit (untuk mengatur low-beam dan high-beam), dan sikring.

 

 

ARRGHH… BERMASALAH!

Setelah dicoba pakai, ternyata lampu set HID menyedot listrik cukup besar, sehingga saat motor dipakai di siang hari yang panas terik juga macet, ketika Radiator Fan menyala, maka kelistrikan motor menjadi terganggu, hingga indikator Check Engine pada Instrument Cluster menyala, dan Jarum RPM tidak bekerja (mati).

 

 

Ternyata ketika lebih teliti membaca spesifikasi pada body Ballast HID tersebut, tertulis arus yang disedot bisa mencapai maksimal hingga 6 Ampere. ( I in Max < 6A)

 

 

Jika melihat Accu standar si motor ini adalah hanya 3 Ampere… jelas saja kurang daya.

 

GANTI ACCU..

Saya coba mengganti accu standar yang 12V 3Ah dengan yang lebih besar, yang kebetulan ukuran panjang x lebar nya sama, hanya berbeda di tinggi nya saja, yaitu dengan accu ukuran 12V 6Ah yang digunakan untuk motor Suzuki Satria FU.

 

 

ARRGHH… MASIH BERMASALAH!

Ketika menggunakan motor di siang hari (lampu selalu menyala), ternyata saat di situasi lalu lintas sangat macet dan cuaca panas terik, masalah yang di atas kembali terjadi,.. saat Radiator Fan berputar untuk mendinginkan radiator, lampu HID menjadi berkelip, RPM mati dan Indikator Check Engine menyala…

Wah… harus double accu  nih..

 

ARRGHH… MASIH TETAP BERMASALAH!

Double accu dengan cara langsung di parallel ternyata tidak menyelesaikan masalah, Perlu ada trick khusus untuk menjaga sistem kelistrikan motor tidak terganggu oleh asesoris tambahan (Lampu HID) ini.

 

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

 

SOLUSI, PAKAI DIODA

Saya coba cari dioda yang banyak dijual di toko elektronik dengan ampere disesuaikan ukuran accu. Saya pilih Dioda 6Ampere, dengan harga hanya seribu rupiah saja.

Dioda berfungsi untuk membuat asesoris dan accu tambahan tidak mengganggu sistem kelistrikan motor, namun accu tambahan tetap akan di Charge (diisi) oleh sistem charging motor, tanpa merubah sistem kelistrikan motor itu sendiri.

 

 

 

Berikut skema pemasangan dua accu dengan dioda.

 

 

 

Dirakit dalam bentuk kabel dengan terminal ring untuk dipasang di kedua accu.

 


[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

 

Pemasangan pada motor saya..  accu tambahan saya pasang posisi tidur, karena tidak ada tempat lagi untuk accu tersebut. Accu yang saya gunakan jenis Gel, yang tidak bermasalah jika diposisikan tidur seperti foto di bawah.

 

 

SUKSES!!

Akhirnya dengan ditambahkan dioda pada pemasangan accu tambahan, hingga 2 bulan pemakaian dalam kondisi cukup parah (macet, panas terik), motor saya tidak mengalami masalah kurang daya listrik lagi. HID pun menyala sepanjang motor berjalan…

Semoga memberikan inspirasi.

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

 

106 Responses to Sharing: Pasang Accu Tambahan (motor)

  1. lamno says:

    om, itu 2 accu ga beratin kiprok/regulator? atau udah dibikin fullwave?

  2. wawan says:

    terima kasih nih pencerahannya, saya jadi mau nyoba pake 2 aki

  3. mas mau tanya, iku kalo di paralel amperenya harus sama ndak? kalo boleh beda2 ampernya,mana yang yang di gunakan untuk accu tambahan? yang amperenya besar apa yang amperenya kecil?? trus nyambungnya HID pada Accu tambahan apa Acuu asli. thx sebelumnya..

  4. bwoblas says:

    wah sy baru kejadian tuh td pagi aki ngdrop. mau coba pasang 2 aki tp gatau disimpen dimana aki yg 1nya lagi

  5. dina amar says:

    motor q xeon, tiba2 ngedrop akinya ga bisa stater sama sekali, uda service tapi tetap ga bisa stater,ganti aki jg,..mohon sarannya dong mas,,pusing ni..

    • charlie says:

      motor gw sama penyakitnya gan, solusinya kabel lampu rem blkg dicopot aja, krn lampu blkg yg buat batt cpt tekor pada saat starter, dan sampe skrg tdk ada mslh lg (mmg lampu rem jadi ga idup)

  6. budy says:

    numpang nanya klo lampu hid yg cocok buat vega r, spesifikasnya seperti apa ya ?. untuk pemasangannya banyak ngrubah kelistrikan ga? trus klo cuma di pasang aki tambahan seperti diatas bisaga ?

  7. Zafri says:

    maah pak klau positif batt ke post dan negatif batt ke neg.berarti itu
    adalah hubungan parallel berarti volt tetap 12 volt dan ampere yg bertambah (3 + 6 = 9 ) tetapi + batt ke – batt berarti itu hubungan seri yg berarti volt bertambah dan ampere tetap
    sebagai catatan bahwa bila menghubungkan dua batteray sebaiknya ampere dan volt harus sama

  8. rokrd says:

    Oom saft7…apakah besaran diode tergantung dari berapa ampere aki tambahan ?ª?? dipake yaa???
    Apakah sekeringnya tetap 7.5A???mohon penjelasannya…..

  9. debian says:

    motor qw satria 150, aki ganti dengan merk maxima. lampu HID 6000K merk DOOP. sistem kelistrikan ganti DC pakek kiprok Tiger. udah 1 tahun g ada masalah. n g ngedrop lg.

  10. Wahyu says:

    Sebagai tambahan, kalau di paralel arus (ampere) jadi nambah maka daya pasti nambah sesuai dengan rumus P = V.I
    Semoga bermanfaat.

  11. bedulbejo says:

    maaf bank sya mau tanya klo buat motor mega pro ghmna ya caranya

  12. irfan says:

    Om kalo double aki di tiger revo aplikasinya sama aja gak kaya tutorial di atas ? atau ada lagi yg dirubah ?

  13. yono says:

    Gan, kalo mau beli isolator batteray untuk accu tambahan di mobil dimana ya….harga berapa….?

  14. noe says:

    mohon sarannya nih.motorQ satria FU150SC aki standart 3,5a,aq ganti punya satria FU baru yg 6a..pertama pake sekring putus,ganti lagi sekring meleleh..gmn y solusinya biar normal??
    terima kasih

  15. wayan says:

    gan, harga isolator batteray untuk mobil avanza sekitar brp…?
    klo boleh tahu belinya dimana/toko apa…..!
    Thanks

  16. Ryan_adt says:

    Klo skema diatas positif dapet positif, negatif dapat negatif justru naikin volt???? 12+12 jadi 24 volt???

    • Reo says:

      kalo paralel(min ketemu min, plus ketemu plus) gak naikin volt dong bro, hanya nambahin watt. kalo seri (min ketemu plus) itu baru nambahin volt tp watt gak nambah. semoga membantu.

    • lericc says:

      wah… angkatan berapa nih? smp nya sempet ada pelajaran elektro ga? pastikan bisa membedakan hubungan seri atau hubungan paralel…

  17. ega says:

    bro., vixion saya juga nglamin masalah kya gtu,tp pnya saya lampu nya msih standard.. cm ada tmbahan klakon keong hella. tu juga jarang pencet pencet,,
    tp klo sring pke rpm tinggi trs kena macet pasti indikator nyala.
    knp ya om?
    vixi ane awal 2009.
    thanks.

  18. Ayep says:

    Motor ku vario pakai HID, akinya yang standard 3 ampere ( kering ), aki tambahannya 5 ampere ( basah ), saya sudah pakai cara om saft, tetapi aki yang 3 amperenya malah ngedrop ya jadi ga bisa distater. Apa yang salah om ? Sekarang HID nya saya copot dulu.

  19. yudo tri says:

    OM SAFT KAPAN LAGI POSTINGAN YANG BARU KELUAR UDAH LAMA NUNGGUNYANICH!!!!!!!!!!!

  20. Dery says:

    Om saft..
    Mohon bantuan’a nii..
    motor saya kirana..iseng2 make lampu Hid merk B*sch..yg 8000k.
    Hari pertama masang sukses nyala..tp pas ane pake lampu’a mulai kedip2..

    Nah ad yang nyaranin make Kiprok T***R + Ngubah spoll jadi k dc..
    Pas dinyalain Sukses lampu nyala lagi..ga kedip2..tp cmn brtahan 1 malam..
    bsk pagi’a aki ane tekor lg..

    Skrg ane nyoba beli aki baru lag yg model’a Gel 4.2 Ah.

    Kira2 ada tambahan lagi ga.? tkt’a pas ane pasang lg aki’a tekor lg..

    Kalau bisa minta skema pemasangan bwt motor kirana donk..

    Makasih yaa.

    • echo says:

      Om dery, setau ane, klo udah ganti lampu HID emang kudu rubah DC alias gulung spull sama pasang kiprok tiger,…. biar aki ga tekor itu jg belum bisa menyelesaikan masalah secara tuh lampu mkn ampere gede bgt apa lg klo nyala terussss,…. mungkin pasang aki tambahan kya yg diposting disini,….ane sih ngakalinnya dgn ngebatesin jam waktu HID nyala, ya palingan lama 2 jam doang, bis ntu pake lampu senja deh…

      • Zafri says:

        sepengetahuan sy accu itu hanya sebagai tandon arus listrik jadi intinya seberapa besar batt yg kita tambahkan kalau arus pengisian tidak kita sesuaikan dengan pemakaian maka batt akan tekor ( habis ) maka seharusnya antara pemakaian dan pemasukan harus berimbang

  21. afif says:

    kalo satri fu pake dioda ma aki ukuran brapa bos

  22. jol says:

    motor saya vixi penyakitnya sama, udah pakai aki FU, kalau lg d lampu merah lampu hidup sambil nekan rem saat mesin stasioner, indikator Check Engine pada Instrument Cluster menyala, dan Jarum RPM tidak bekerja, tp menurut saya 1 aki FU aja dah cukup, yang penting arus pengisiannya yg diperbesar, mungkin gak kalau kiprok diganti?
    kalau mungkin pakai kiprok mtr apa?

  23. arip says:

    motor sy vega r 2007 sblumnya sama ketika pake HID langsung tekor,sy pelajari ternyata kiprok bawaan kurang mampu suplai carging dengan beban HID,dan kelistrikan awalnya AC cirinya lampu motor terang kalo di geber,,,,nah sedangkan HID harus pake DC..nah karena utuk motor vega r itu kelistrikanya AC laen kasusnya sama punya om Saft yg kelistrikanaya DC, untuk Vega r harus di rubah kelistikanaya dlu dari AC jadi DC trz kiproknya di ganti pake punya tiger..baru tuh accu g bkln ngedrop walaupun g pake double accu,,slamat mencoba…

  24. yanuarizky says:

    mas saya mau tnya ,sya menggunakan vixion sdh 4 thn dan blm mengganti accu dan sudah hmpir 1 thn mnggunakan HID 35w tapi knp hasil nya jika ada HID lain di jalan selalu ke banting punya saya ,kenapa ya ??
    apa harus ganti accu apa ganti HID yang lebih mahal ??

  25. vis says:

    om saft..,motor saya mio soul,uda hid+klakson stebel.. aki cuma satu standart, trus ane masang kapasitor bank juga.kalo gak salah 200rb mikrofarad..,ane juga masang regulator yg katanya bisa nambahin daya ke aki.,jadi aki gak ngedrop..mmng sih stlh pake regulator berasa beda..aki gak tekor,hid nyala trus..,dan si kapasitor buat klakson makin kencang,,,
    nah motor ane skrg jarang2 di bawa jalan paling sekali2..
    akibatnya aki kayaknya drop..,jadi ane pengen nambahin aki lagi bisa?..akinya ane beli standart juga..,dioda ny harus yg brapa ampere ya?..
    skema ny gak berubah kan seperti yg di atas?..
    thx

  26. mica says:

    Lho emg hid gak jadi dilarang yaaa?

  27. pp says:

    kalau sudah terlanjur ganti dengan aki 6 ampere gmn solusinya gan? karna aki lama udah rusak.

  28. khodel says:

    bang knpa sya pak HID SATRIA FU Cuma kuat sampe 2 bulan..udah itu aki saya tekor

  29. 3F says:

    om…saya pake Nouvo
    bila aki utama 7A dan aki tambahan 3,5A…memakai dioda yg ukuran berapa Ampere?
    thx,

  30. titan tsar says:

    om, aki tambahan brp ampere tuh ?

  31. Bambang H says:

    Saya memakai Mio J yang notabene kelistrikan hampir sama dengan vixion. Kapasitas accu juga sama. kalao dalam posisi kelistrikan standart plus alarm remote, apakah ada pengaruhnya ke Accu dan ECU? Tolong dibantu jawabannya dong mas… Mumpung belum dibelikan alarm remotenya. Thanks.

    • zakir skynet says:

      mungkin info saya bisa membantu : standar arus amper untuk alarm motor biasanya 20 mA, artinya dalam 50 jam motor dalam posisi standby/diam, aki motor akan kehilangan energy sebesar 1 amper (1000/20=50 jam) kalau motornya sering jalan pengaruhnya kecil.

  32. mully says:

    klo motor saya vega r saya ingin tambahan aki kira-kira aki berapa ampere yg akan di tambahkan sekring berapa ampere dioda juga berapa ampere

  33. pisangkaskus says:

    ternyata ribet juga ya urusannya kalau mau pakai hid.
    mana ane nubitol masalah kelistrikan motor.

    padahal punya rencana mau pake hid juga. nais share gan.

  34. permadi says:

    Kebetulan q pake motor xeon ne mas bro.
    klo mo tambah aki, lantas apa ja yng mati q tambah? DIODA N SEKRING PAKE UKURAN BRP?

  35. mghee says:

    Bung Saft7 .
    Mohon Izin copy Paste untuk library saya
    Informasinya sangat bermanfaat

  36. mghee says:

    Mohon izin Copas………
    Informasinya sangat bermanfaat

  37. mghee says:

    Mohon izin Copas…informasinya sangat bermanfaat

  38. deathdee says:

    wah kok malah bingung nih om saft
    temen2 gw pada pasang HID atau upgrade watt lampu pada ga masalah tu
    kalau aku sih baru upgrade dari phillips HS1 (35/35 w) bawaan ke Nighbreaker plus (60/55w) masih pake aki standar sampai saat ini juga ga ada masalah tu om
    memang kipas radiator makan arus gedhe yah…(belum pernah ngukur sih)?

    kalau info dari temen2 sih untuk mencegah tekor sih upgrade aki aja, pake aki satria FU yang dimensinya hampir sama, cuma sedikit mapas busa dibawah aki sekitar 1-2cm..

    makasih infonya

  39. arif says:

    misi om numpang tanya, kalo spacy pgm f1 kan lampunya nyala terus (nggak ada sakelar lampu) trus gimana oom desainnya, mohon pencerahan

  40. jaya says:

    mas.kita pakai akinya berapa ampers
    saya pakai aki asli 3,5 A dan aki tambahan 3,5 A.
    jadi saya harus pakai dioda berapa Ampers…
    mohon penjelasannya

  41. skyzabogar says:

    nice info ~_~, saya punya skywave 125.sdh fullwave dan kelistrikan sdh full dc tapi pingin double accu pake punya satria fu.. kebetulan bisa di taruh bagasi yang super luaS.. kira2 ukuran dioda dan rangkaianya bisa pake dgn rangkaian yang sama dng yang anda pake.? sblmnya makasih atas infonya yang sanggat bermanfaat..salam

  42. Zaini says:

    Wah senasip kita om saff
    aku pke lampu HID H7,untuk satria F d pasang aki baru juga tekor aki nya , ,
    ada dpat info dari teman coba d ganti spul Honda tiger , ,
    .tapi blum tau juga hasil nya , ,
    menurut om saff gmna klo d gnti spul nya , , ,??

  43. agung.riyantoko says:

    Om…mau tanya donk,klo motornya honda megpro keluaran th 2007,bisa gak ? trus dioda yg di pakai uk.brapa ? accu nya pun pakai brapa ampere pula ? utk sekring pakai brapa ampere ? makasih ya sblmnya,masalah nya motor saya di pasang lampu HID gak mau nyala.Om…klo boleh,saya minta no tlp,utk tanya2lebih lanjut.

    • saftari says:

      accu pakai 6Ah punya satria FU, sikring pakai 10Amp, dioda pakai 6Amp. skema seperti di atas. nanti hasilnya tolong di share ya.. thanks

  44. Anto says:

    om saft tanya dong… applicable buat mobil gak ya, seandainya pingin tambah aki di mobil?

  45. zakir skynet says:

    aki tambahan engga boleh terbalik,jenis ini masih tipe lead acid battery didalamnya masih ada air aki hanya ventelasinya aja yg diatur. banyak kerugiannya jika pasangnya terbalik, ada sebagian pelat aki yg tidak terendam air aki, dampaknya mengurangi performa/arus amper berkurang, kedua penguapan air hasil reaksi kimia terhalang oleh air dampaknya aki kembung.

    • saft says:

      yang model sekarang bukan air cair lagi, tetapi bentuknya gel.

      • zakir skynet says:

        saya suka tolongin teman menservis aki kering tipe yang ada digambar, saya buka copernya saya tambah air suling dengan suntikan sebanyak 15 cc, kemudian saya cas lagi, saya catat 15 aki mati yg diservis, 10 bisa hidup normal kembali saya catat umurnya dibawah 2 tahun. bahkan sudah ada yg ada satu tahun hidup normal, makanya kesimpulan saya dalamnya ada airnya.

      • zakir skynet says:

        Keunggulan GS VRLA (Valve Regulated Lead Acid):

        1. Bebas perawatan – Tidak perlu menambah air aki sehingga menjadikan GS VRLA bebas perawatan.
        2. Awet dan tahan lama – daya start yang tinggi dan menyimpan setrum lebih lama.
        3. Anti tumpah/bocor – dijamin tidak tumpah atau bocor accu zuur karena menggunankan separator khusus.
        4. Siap pakai – aki sudah terisi accu zuur standar pabrik dan sudah terisi setrum, siap langsung dipakai

        sumber : Astra Otoparts
        makanya kesimpulan saya didalamnya ada air zuur

    • gunawanspurs says:

      Betul om Zakir, accu tsb masih tipe lead acid dgn cairan electrolit, klo accu yg menggunakan teknologi gel biasanya scr terang2an menyebutkan hal tsb (krn mmg merupakan selling point), contohnya accu merk “Motobatt” dan “AsimaTech”. Otomatis, harganya jg lebih premium alias mahal dibanding accu maintenance free yg biasa.

      Kebetulan accu genuine Pulsar 200 sy juga tipe low maintenance -merk “Exide” 9 Ah made in Indihe, dgn sistem ventilasi khusus yg mencegah penguapan berlebihan. Ini sudah jalan 3.5 tahun pemakaian, 58 rb KM odometer, masih tokcer, dgn Vdc sekitar 12.6 V.

      Modalnya cma kelistrikan dibikin DC full wave dgn spul rewounded, menggunakan kiprok full wave yg berkualitas. Hasilnya charging besar tapi regulasi bagus (ga pernah lewat dari 15 V), ngangkat beban HID 50 w dan 35 w berbarengan tidak masalah.

  46. saft says:

    teorinya sih begitu…. kenyataannya kualitas komponen berbeda dengan itungan2 kertas dan teori2 yang ada.
    Lampu Halogen bawaan Vixion adalah 35watt, HID yang saya pakai tertulis 35watt, .. secara teori si Halogen maupun HID menyedot arus 2.91Ampere.
    Namun pada kenyataannya,.. si HID melalui Ballast nya menyedot daya hingga 5.6Ampere. dimana accu si Vixion hanya 3 ampere.
    Itu sebabnya saya mulai dari mencoba mengganti dengan accu lebih besar,.. hingga trial-and-error ujung-ujungnya menggunakan 2 accu dan dioda.

    semua proses trial-and-error yang jauh dari teori seharusnya dilakukan sejak September akhir saat vixion dibeli.

    Jadi ya sudah teruji 3 bulan hingga februari ini… hasilnya memuaskan, tidak ada kekurangan daya atau drop dsb.

    Nah.. ini yang menarik untuk akhirnya saya share, karena “sesuatu yang tidak pas dengan teori-teori”

    CMIIW

    • jinro says:

      mungkin kelistrikan motornya ada yg eror tuh om.

      motor ane spin taun 2007, pake aki gold shine 3,5A selama 2 bulan aman2 aja tuh. gak tekor pake HID 50watt ballast tebal. :D padahal lampu2 lainnya gak ada yg dipakein LED.

      walaupun aki gold shine akhirnya ikut2an rusak karena setelah 2 bulan pemakaian, ane paralelin dengan aki nganggur dirumah(aki bawaan motor 3,5A) selama 3 bulan, yg udah “hamil” duluan AKIBAT PEMAKAIAN ANTI TEKOR. wkwkwkwkwk…

      • jinro says:

        just inpoh: motor udah di ubah ke fullwave pake kiprok tiger ori. :)

      • abayajah says:

        klo vixion kan 3,5 ampere banyak sensore elektronik nya gan,,,
        ada fan radiator nya juga, sensor thermostan, fuel pump aja pake listrik…

        klo spin kelistrikan nya buat apa aja coba???

        lampu depan, lampu rem, sein, sama panel kontrol aja…

        apalagi udah di DC + kiprok tiger…

        haha…
        jadi wajar tuh klo vixion yg pake accu standar tekor terus…

    • gunawanspurs says:

      Om, coba dites motornya & sharing k kita, sbb:

      Vdc accu, kontak off mesin off
      Vdc accu, kontak ON mesin off
      Vdc pengisian RPM idle beban off
      Vdc pengisian RPM 3000-4000 beban off
      Vdc pengisian RPM tinggi (>6000) beban off
      Vdc pengisian RPM idle beban ON
      Vdc pengisian RPM 3000-4000 beban ON
      Vdc pengisian RPM tinggi (>6000) beban ON

      Mungkin dari angka2 hasil pengetesan itu bisa kita jadikan kerangka analisa permasalahan penyebab tekor tsb, dan jadi bekal pengetahuan bersama. :)

  47. dian ajak says:

    agak aneh klau vision di kasih HID 35W tekor, dia dah menganut 3phase,
    dimana pengisiannya lebih unggul di bandingkan 1 phase

    vixi di bebani dng HID 50W pun masih ok, pada RPM 3000-5000, dng full beban kelistrikan voltase yg terbaca di DMM , pun masih 13,5

    ++++++++++++++++++++

    sebetulnya ada cara yg lebih murah, dibandingkan harus pake doubel aki, ganti lampu stop lamp, panel spido dengan menggunkan led, di jamin konsumsi kelistrikannya langsung turun aka irit

    mengunakan aki double pun sebaikya gunakan dng ukuran Amper yg sama , klau mungkin keduanya memiliki umur yg sama (sama2 baru)

    klau tidak akan timpang yg selalu terisi yg ukuran kecil dulu sedangkan yang besar tidak akan bisa penuh :CMIIW

    salam dari penghuni “share kiprok yang di gunakan di kendaranmu ” KASKUS

    • gunawanspurs says:

      Xixixi, soehoe Nova bener2 mampir d marih. Sayang d sini ndak ada mantra bwt manggil pakdhe Sigit gajah.gendut. :D

      IMHO, kecuali pompa injeksi, injector, dan ECU makan arus luar biasa, adalah sangat aneh bila Yamaha Vixion yg masih benar2 SEHAT sistem kelistrikannya mengalami tekor cma karena kena beban ballast 35 w tipis. Walaupun accu cma memiliki rating kapasitas 3 Ah, namun dia memiliki kemampuan utk memasok daya yg JAUH LEBIH BESAR, asalkan tidak dlm waktu yg terlalu lama. Beban I in 6 A dari si HID ga ada apa2nya dibanding dynamo starter motornya sendiri om, yg bisa mcapai puluhan ampere.

      Di lain fihak, betul ballast tsb punya I inrush 6 A, tp itu cuma BEBERAPA SAAT, setelah HID stabil terangnya, konsumsi daya adalah sesuai angka I normal yg ada d labelnya sendiri, 3.2 A. Angka segitu jelas ga terlalu jauh dari halogen 35 w yg makan arus kisaran 3 A.

      Apalagi setelah Yamaha Vixion tsb pake dobel accu segala. Yamaha Vixion memiliki parts kelistrikan yg sama dgn Yamaha R15 d India, dan spec sheet motor tsb jelas memaparkan kemampuan kelistrikan yg sanggup memasok daya 160 w (14 V) @5000 RPM. Tentu, klo motor terus2an dlm kondisi idle RPM, mau dikasih accu 40 Ah pun akan tetep tekor, namun itu kan sikon pemakaian yg ndak realistis.

      Dalam menentukan permasalahan kelistrikan, dibutuhkan cukup pengetahuan & pemahaman akan dasar teori maupun bgmana cara kerja dari sistemnya sendiri, dan pengukuran2 yg jelas dgn tools yg tepat shg selain gejala2nya diketahui, ada angka2 yg bisa dijadikan dasar analisa & sugesti solusinya. Smoga diskusi d artikel blog ini akan dpt jadi bahan pembelajaran bg kita bersama.

      Regards,
      Gunawan

    • irwin says:

      maksud 3fase dan 1 fase apa ya???? kalau motor saya nouvo-z 1fase atau 3fase???

      seandainya 1 fase, cara merubah ke 3 fase caranya bagaimana?
      merubh dari AC ke DC caranya bagaimana?? (sekalian skemanya yaaa…)

  48. ipung says:

    sy pake klakson hella, 8 bulan masih kuat eh kesananya yg bunyi cuma 1, kira2 sistem ini di terapkan di thunder sy bisa gak ya ….

  49. ipung says:

    motor sy thunder cuma pake klakson hella 7 bulan masih kuat tapi kesananya yg bunyi cuma satu, kira2 bisa gak ya sistem ini di terapkan di motor saya …….

  50. dedy says:

    menurut saya, penambahan dioda bukan merupakan solusi utama jika motor dipasang beban lebih dari standarnya.

    dasarnya teorinya karena strom yang masuk ke aki dan yg keluar dari aki tidak seimbang (lebih banyak outnya). sehingga penambahan aki dengan ampere lebih besarpun tetap akan ngedrop juga. yang membedakan hanya tingkat negdropnya lebih lama karena kapasitas strom aki lebih besar.
    menurut saya: solusi utama adalah kita harus menyeimbangkan / membesarkan inputnya (charging systemnya).

    menurut teori induksi elektromagnetis bahwa: 1. semakin besar medan megnet maka semakin besar pula strom yang dihasilkan, 2. semakin cepat perputaran mesin (rpm) / perpotongan garis2 gaya magnet dengan penghantar maka semakin besar pula strom yang dihasilkan.

    analisa: untuk point 1. tidak bisa dilakukan karena pada motor menggunakan magnet permanen, point 2. jika gas kita geber (rpm kita naikkan) maka strom yg dihasilkan juga lebih besar, masalahnya pada motor ada kiprok yang membatasi strom yang masuk ke aki.

    kesimpulan: kita bisa memperbesar strom yang masuk ke aki menggunakan cara point 2 dengan jalan tanpa kiprok (dihubungkan langsung), tetapi resikonya jika strom charging terlalu besar maka bisa merusak komponen lainnya, misal: lampu cepat putus, aki overcharge, dll.
    jadi untuk motor kita tidak disarankan menambah beban melebihi standarnya. beda dengan mobil

  51. vandyi says:

    siang hari nyala pake HID?? apa gak boros tuh??? kasiang akinya.

    • saftari says:

      mending ganti accu sih… daripada ga pake lampu.. hehehe..

      • jaya says:

        mas kita pakai aki berapa Amper
        kalau saya pakai aki bawaan vixion 3,5 A dan aki tambahan 3,5 A.jadi saya pakai dioda berapa Ampers…?
        tolong penjelasannya

      • boldy says:

        Om Saft ini pendukung ALO alias automatic light on, mendukung undang-undang lalu lintas yang tujuan untuk keselamatan diri pengemudi itu sendiri.

  52. Tq4ryl says:

    Waah mantap info nya Om.

  53. saftari says:

    saya coba untuk tidak mengutak atik kelistrikan standar nya, oom.
    kalau saya mau tambahkan dioda satu lagi untuk percabangan, maka saya harus ubah kabel body (wiring harness) bawaan motor. Dioda punya drop-voltage, jadi kemungkinan kelistrikan standar akan mendapatkan arus pengisian yang kurang sempurna yang dibutuhkan oleh system keseluruhan.

    • jibril says:

      sistem cabang dua diode tidak berubah kabel bodi dan semua sistem berjalan normal justru banyak untungnya aki utama tidak terganggu aki tambahan dan sebaliknya , yg berubah hanya output voltase berkurang 0,7 Volt karena pakai diode, dan inipun menguntungkan, penguapan air aki bisa dikurangi.dan ahirnya akipun bisa berumur panjang.

  54. O'my says:

    untuk penambahan accu (aplikasi doble accu) boleh tidak digabung accu kering dengan accu basah..?

  55. O'my says:

    untuk penambahan accu tambahan boleh ga om di mix aki kering dengan ki basah …

    • saftari says:

      nggak papa oom

      • O'my says:

        tp katanya pengisian aki kering dan basah beda om saft ..btw sy pake skorpi yg notebene menganut pengisian AC akan tetapi sekarang sdh di rubah mmenjadi DC sistem pengisiannya (pake RCP) apakah ada pengaturan khusus dan posisi pemasangan diode tersebut terbolak balik tidak masalah ya om… txs

  56. zakir skynet says:

    pemasangan instalasi lampu HID nya mungkin kurang tepat makanya aki KO, kalau pemasangan tepat sesuai petunjuk dokter aki engga bakal drop. dan engga pakai aki tambahan.

    • saftari says:

      nggak kok oom.. emang kelistrikan si vixion terlalu ketat/ngepas. arus yang disedot saat fan radiator menyala sudah memakan arus hingga 2 ampere lebih. sementara accu standar hanya 3Ah saja.. jadi pas banget kalau hanya pakai lampu halogen standar 35watt nya itu.. nyaris habis 3Ampere daya yang disedotnya.

      • mas'ud says:

        di vixi tmn anae dan ane yg psang g’ macet ampe sekarang
        pakai accu standart
        ballast seperti yg ente foto

  57. Doni says:

    dikasih dioda, karena aki tambahan arus nya lebih gede atau gimana mas..?

    klo naroknya dibalik gmn.? aki utamanya kasih 6a, dan tambahannya pake aki orinya yg 3a, apa perlu tambahan dioda juga..?

    terima kasih sebelumnya

    • saftari says:

      prinsipnya.. biarkan kelistrikan standar jangan dirubah2… aki tambahan dipasang dioda, supaya beban yang terjadi di asesoris tambahan tidak mempengaruhi kelistrikan standar nya. itu aja sih.

    • simargala@gmail.com says:

      DIODA, fungsinya untuk menyearahkan arus listrik, sama seperti klep pada pompa air. Jadi kalau mau merobah arus AC menjadi DC tinggal pake DIODA. Arus listrik yang berasal dari alternator atau dinamo listrik adalah arus AC. mudah-mudahan membantu

  58. Aras says:

    Nice inpo gan… semoga bisa bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

    nah gan, motor saya yamaha Jupiter Z. bisa tidak ya klo dipasang seperti yang di atas?

    Terimakasih gan….

  59. epreex says:

    Om Saftari, pengisiannya normal ga?
    saya pake Pulsar UG3, kelistrikan sudah DC, sekarang accu udah tekor (pake projie+lampu H4 Bulb)..
    kalo pake accu tambahan ngaruh ke pengisian ga?
    settingnya sama dengan di atas?

    *lagi mikir simpen accu cadangan dimana :D

    • gunawanspurs says:

      Om, saya jg Pulsar rider, menggunakan Pulsar 200. Kelistrikan motor jg udah dibikin DC full wave, versi terakhir dimodif tanpa BCU. Beban yg dipakai adalah HID projie ballast 50 w, dan klo lg touring, suka tambah satu HID foglamp ballast 35 w utk sesekali dinyalakan.

      Alhamdulillah smpai detik ini, accu orisinal nya masih perkasa, wlwpun umurnya udah jalan 3.5 tahun & 58 rb KM (DC full wave dgn HID projie nya sendiri umurnya sekitar 1.5 tahun). Voltase charging (Vdc) dgn beban ON (HID 50 w + LED Luxeon 5 w x3 + kelistrikan standar) pada 4000 RPM mencapai 14.1 V.

      Ga perlu yg namanya dobel accu, kecuali udah jadi alternatif terakhir. Perbesar charging Vdc dgn skema DC full wave, klo msh kurang bisa gulung ulang spul, dan klo itu jg belom mencukupi, bisa coba mencangkok kelistrikan 3 fasa dari Pulsar 220F.

      Salam toet-toet bro. :)

  60. jibril says:

    skema diatas masih kurang garam, sebaiknya pakai dua diode, output pengisian aki dari kiprok dicabang jadi dua, satu diode untuk jalur pengisian aki standar yg satu lagi untuk aki tambahan. skema diatas bikin aki standar terus mensuply arus listrik ke aki tambahan. dampaknya jika aki tambahan drop/kurang bagus maka aki standarpun drop efeknya engga kuat stater.

  61. Erwin says:

    saya pake yamaha XEON.. parah cuma sehari tekor tuh, cuma ganti 2 bohlam pake yg agak gedean watt nya, nanti sy coba sistem ini deh. thanks sharing nya..

  62. saya says:

    saya pernah pasang accu 2 di vario saya om saft, waktu itu ga pake dioda sih. nah anehnya kenapa yah yg cepet abis/tekor itu accu yg pertama, dalam artian accu yg deket ke jalur aksesoris, sedangkan accu yg kedua malah awet aja kaya ga kepake gitu arusnya…. waktu itu beban motor saya cmn buat HID dan klakson keong hella…
    Apa ada yg salah instalasi?

  63. Dave says:

    Motornya Vixion ya om saft, pake HID aja apa pake klakson mobil juga?
    motor saya Vega R 2004 udah pake HID, kalo saya mau tambah klakson mobil model disc sepasang bisa pake aki tambahan juga ga?

    Thanks

    • saft says:

      iya om.. Vixion end2011. Klakson sih pake klakson mobil (disc) juga.. tapi ga ngaruh lah karena jarang banget pencet2 panjang… cuma dit dit dit doangan.. jadi ga banyak bikin tekor accu.
      TAPI,.. waktu masih HID + KLakson satu accu,… ketika banyak klakson2.. accu ikut tekor.
      Vega.. yang penting ada space buat taruh accu aja… dan pasang asesoris2 tambahan di accu yang tambahan aja… jadi ga ngaruh ke kelistrikan si motor.

      • Dave says:

        Ngaruh lho om saft, motor Vega R saya yg sekarang pake HID klaksonnya msh standart bebek klo nyala HID pencet klakson suaranya pengaruh jadi agak2 “low” gitu, aki GS kering.
        Klo HID keadaan off, klaksonnya nyaring lagi

      • saft says:

        @Dave: iya sih ya.. tiap motor pasti beda2 desain kelistrikannya.. makanya saya berusaha bikin skema yang universal

    • ya toyyibaht says:

      Kalo HID pasang di Vega 2k4 bisa share unutk fullwavenya? sy juga mau

  64. hadie says:

    pertamaaxx…..:D

    klo paket HID untuk motor kayanya ada suatu alat tambahan deh om, fungsinya agar tidak membebani accu. Di mio, tanpa ganti/di doble accu nya pun tidak masalah menggunakan HID.

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com