.

 

Setiap parkir di sini.. Remote Tidak berfungsi?

harmonic-00

Beberapa teman mengalami kejadian serupa, saat setiap parkir di tempat tertentu, remote mobilnya tidak berfungsi. Namun saat berpindah dari tempat tersebut, remote kembali normal. Mengapa demikian?

Remote kunci pintu atau alarm mobil ada yang bekerja dengan infra-red, bluetooth dan frekuensi radio. Paling umum adalah bekerja dengan frekuensi radio. Untuk meningkatkan keamanan, remote masa kini selalu dilengkapi dengan fitur Anti-Scan, yaitu frekuensi kerja yang berubah-ubah berdasarkan algoritma tertentu sehingga sulit untuk dilacak. Selain itu transmisi data juga dilindungi dengan Anti-Code Grabber atau Rolling-Code, yaitu setiap transmisi data, selalu disertai dengan algoritma kode/sandi yang berganti-ganti.

Remote yang sering mengalami kejadian diatas (tidak berfungsi di lokasi tertentu) adalah remote yang menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi. Umumnya remote masa kini yang beredar bekerja di frekuensi 210Mhz – 440Mhz. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa dengan fitur Anti-Scan, maka frekuensi kerja remote akan berpindah-pindah berdasarkan pola algoritma tertentu, namun tetap dalam lingkup 210Mhz-440Mhz.

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

Frekuensi Harmonik

Dalam dunia telekomunikasi dengan transmisi radio, mengenal yang dinamakan Harmonic Frequency Interference. Yaitu gangguan interferensi dari suatu pancaran transmisi lain yang frekuensinya sama maupun harmoniknya. (kelipatannya).
Ringkasnya adalah, jika suatu pemancar bekerja di frekuensi 100Mhz, maka dia akan mengeluarkan transmisi harmonik pada frekuensi 200Mhz, 300Mhz, 400Mhz, dst. Jika sinyal pemancar tersebut cukup kuat, maka akan mengganggu frekuensi yang sama atau pada harmoniknya. Frekuensi 200Mhz, 300Mhz, 400Mhz, dst akan terganggu oleh pemancar 100Mhz tadi.

Frekuensi Remote

Saya coba untuk mengumpulkan berbagai remote mobil, kemudian dengan menggunakan Frequency Counter, dicatat pada frekuensi berapa remote tersebut bekerja… hasilnya sebagai berikut..

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

Dari kegiatan di atas, didapat tabel sebagai berikut

tabel di atas memperlihatkan bahwa terjadi interferensi / gangguan frekuensi harmonik yang berasal dari stasiun pemancar radio FM. Dimana lingkup frekuensi radio FM adalah 88Mhz – 108Mhz.
Terlihat bahwa remote yang bekerja di frekuensi 301.567Mhz akan terganggu oleh harmonik ke-3 dari Pemancar Radio FM yang bekerja di frekuensi 100.523Mhz,
Remote yang bekerja di frekuensi 321.753Mhz akan terganggu oleh harmonik ke-3 dari pemancar Radio FM yang bekerja di frekuensi 107.251Mhz, dan seterusnya.

KESIMPULAN:

1. Remote mobil dapat terganggu oleh transmisi pemancar radio FM yang berada di dekatnya.
2. Apabila terjadi pada kendaraan Anda, gunakan kunci manual untuk membuka pintu mobil.
3. Apabila sistem alarm ter-integrasi dengan sistem mesin sehingga mesin tidak dapat dinyalakan, kemungkinan mobil perlu dipindahkan menjauh dari pemancar radio tersebut, hingga remote dapat kembali bekerja dan mesin mobil dapat dinyalakan.

Demikian sharing ini dibuat, semoga bermanfaat sebagai referensi.

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

Referensi:
Tabel Frekuensi Televisi
Data Frekuensi Televisi di Indonesia
Data Frekuensi Radio di Jakarta
Data Frekuensi Radio di Indonesia

54 Responses to Setiap parkir di sini.. Remote Tidak berfungsi?

  1. antonius suharjono says:

    Dear all
    bagaimana caranya untuk memperbaiki remote yang kurang berfungsi secara maximal
    Mohon penjelasan dan apa yang harus saya lakukan
    terima kasih

  2. hendric says:

    mohon pencerahan ,,,, mobil saya system kunci nya button start/stop engine ,,,masalahnya ,,, sering remote utk membuka/tutup pintu hang/ngambek…terpaksa saya pake anak kunci,,,nah,,,, start engine nya ndak mau di pencet ,,,kadang hrs tunggu sampe sejam baru terbaca/detect kunci keylessnya …..kejadian ini bukan di suatu tempat tertentu,,,tapi hampir seluruh tempat di jkt ,,,menurut teknisi showroom mobil yg saya beli ,,, ini hampir berlaku utk mobil yg bersystem keyless start/stop button ,,,karena gangguan signal belakangan ini ….thx

  3. Puji says:

    Remote mobil saya tidak bisa bekerja dan pintu mobil tidak bisa dibuka menggunakan anak kunci, kemungkinan aki tekor karena istri saya lupa mematikan lampu depan…apa solusinya omm shaft…dan apa bener karena aki tekor?

  4. revarof says:

    kang saft salam kenal, skalian mo nanya hehehe.. gimana yah caranya menonaktifkan alarm yg sedang bunyi. pernah kejadian saya coba buka manual dan alarm langsung nyalak..

  5. mift_ahhudi says:

    central lock saya kadang ketika mobil keadaan jalan sering central lock ke posisi terbuka atau tidak terkunci sendiri di dahului bunyi clik berulang pada alarm mobil saya. tolong e mail jawabannya ke alamatku.

  6. mift_ahhudi says:

    om saft
    central lock saya kadang ketika mobil keadaan jalan sering central lock ke posisi terbuka atau tidak terkunci di dahului bunyi clik berulang pada alarm mobil saya.

  7. fidel_bowty says:

    kang saft, mau tanya.. saya pernah kejadian parkir waktu itu remote bisa untuk mengunci tp gak bisa untuk membuka.. apakah ini juga sama masalah frekuensi? setelah saya pindahin (dgn membuka manual dan alarm bunyi) dan dibiarkan sebentar akhirnya bisa dibuka lagi..

  8. hey guys, i just found this here after a fast google search. Neat post you have here! Keep it up!

  9. qupay says:

    apakah Remote bawaan dari A2K merk T****A, yang rusak bisa digantikan dengan remote dari merk D******U T****A, dengan merubah settingan nya
    Terimakasih

  10. wondi says:

    kang shaft.. kalo replacement remote mungkin ga ya?
    gw pake box motor coocase yang pake sistem kerja remote untuk buka/kunci box.. sekarang remotenya hilang.. kira2 bisa ga ya.. gw beli remote mobil dan di rubah frekuensinya?

  11. Pakde Juned says:

    saya pernah kejadian juga, remote tidak berfungsi, cuman kejadiannya waktu nyekar di kuburan, ya memang tidak berpikir yang macam macam sih… namanya juga alat yang bisa ngadat atau rusak.

  12. saftari says:

    denny says:
    Kang Saft,
    Bukannya kalau pemancar Radio udah dilengkapi BPF (band Pass Filter) untuk menekan freq harmonic nya? sehingga tdk menginterference kemana2.

    Jawab:
    Om Denny..
    teorinya demikian… kenyataannya dirasakan banyak rekan2.. baru kemaren saya kejadian di bandung depan BIP, dengan APV ipar saya… remote tidak berfungsi.

  13. denny says:

    Kang Saft,
    Bukannya kalau pemancar Radio udah dilengkapi BPF (band Pass Filter) untuk menekan freq harmonic nya? sehingga tdk menginterference kemana2.

  14. zainal says:

    di mushola deket rumah, kalo remote ane pencet, mobil ane terkunci, tapi h**** j*** yang terparkir disitu malah terbuka kuncinya. kenapa ya kang saft, apa karena pas kebetulan sama freq-nya? ane > 3x ngalamin kejadian yang sama.
    pas kejadian subuh, empunya mobil langsung keluar rumah dan panik, lalu ngunci mobilnya lagi…

  15. Pras says:

    3. Apabila sistem alarm ter-integrasi dengan sistem mesin sehingga mesin tidak dapat dinyalakan, kemungkinan mobil perlu dipindahkan menjauh dari pemancar radio tersebut, hingga remote dapat kembali bekerja dan mesin mobil dapat dinyalakan. <– didorong gitu? gimana caranya secara buka pintu aja ga bisa? Kebanyakan terjadi pada mobil CBU JDM (Japan Domestic Market) yg freq remote-nya berada di range freq radio FM kita. Utk CBU toyota, cukup aktifkan remote di dekat receiver yaitu di sekitar high-mount stop lamp di spoiler belakang.

    • ROBERT says:

      OH, ya ada yg ingin saya tanyakan..apa kalo baterai remote mobil lemah/habis mesin mobil gak bisa dihidupkan?? apa remote mbil ada pengaruh ke mesin juga..mohon jawabannya dikirm ke email gua ya..thaks..

  16. Member Ceria says:

    Tangan oom sexy….hihih.
    Thanks infonya.

  17. Fandi says:

    Wah salut bwt om saft,,,
    Selama ini sy pikir dugaan sy salah,,ternyata g meleset jauh..
    Setiap sy parkir utk makan NGK alias NASGORKAM alias Nasi Goreng Kambing kebon sirih,remote alarm ud sy pencet
    smp sy injek2 jg g mau aktif alarmnya.
    Td nya sy kira ada setan keder yg ngerjain sy??Ga tau nya ada tower operator service yg tinggi yg membuat distorsi di sinyal remote nya. Hehe,,,

  18. inox says:

    em.. emm..Kalo frequency remote sering banyak gangguan & faktor keamanannya kurang berarti qta lebih baik balik ke konvensional aja kan….

  19. agung says:

    saya pernah mengandakan remot alarm soale yang punya mobil remot hilang atau rusak. maaf merk alarm tdk bisa sya sebutkan.memang tdk semua remot bisa digandakan.bawaan kijang auto 2000 mudah digandakan.

  20. saft says:

    agung says:
    berbagai merk alarm yang dijual dipasaran memang memakai frekuensi radio. meski fiturnya pakai anti scan atau code tetap tdk aman karna remotnya bisa digandakan apalagi ada alat frekuensi counter.maling skarang udah canggih. mendingan pakai atau pasang anti stater aja.yang tau hanya kita pemilik mobil.

    Jawab:
    Om Agung… kalo udah ada fitur Anti-Scan, itu artinya sudah ga bisa di GRAB lagi frequency nya.. karena selalu berubah2 tiap sekian mili detik. Dan apalagi kalau sudah ada fitur Rolling-Code, semakin rumit lagi untuk disadap.
    Pasang Anti Starter adalah tindakan yang bijak, baik jika diperlukan.

  21. agung says:

    berbagai merk alarm yang dijual dipasaran memang memakai frekuensi radio. meski fiturnya pakai anti scan atau code tetap tdk aman karna remotnya bisa digandakan apalagi ada alat frekuensi counter.maling skarang udah canggih. mendingan pakai atau pasang anti stater aja.yang tau hanya kita pemilik mobil.

  22. saft says:

    Seto says:
    Teman mengalami hal yang sebaliknya dan cukup membuat repot.
    Kalau ada motor atau bajaj tertentu lewat didekat mobilnya yang sedang parkir – alarm menyalak, apa mungkin perlu setting freq alarmnya?
    Terima kasih om Saft, salam.

    Jawab:
    Kemungkinannya ada 2:
    1. karena getaran suara membuat sensor getar dari alarm akhirnya mentrigger si alarm sehingga menyalak.
    2. ignition noise (cacat/noise pengapian) dari kabel busi bocor motor/bajaj emisinya mengganggu sensor getar/proximity si alarm sehingga mentrigger si alarm untuk menyalak.

  23. Seto says:

    Teman mengalami hal yang sebaliknya dan cukup membuat repot.
    Kalau ada motor atau bajaj tertentu lewat didekat mobilnya yang sedang parkir – alarm menyalak, apa mungkin perlu setting freq alarmnya?
    Terima kasih om Saft, salam.

  24. agus ramdani says:

    Saya juga pernah alami…saya lakuin yang anda tulis (dorong agak jauh)eh tetep gak fungsi alarmnya.Gak taunya baterei remotenya lemah.Carinya susah lho yang 27 A. Terlalu jauh saya melangkah mengawali trouble shooting.hehehe..

  25. jimmysutessa says:

    kejadiannya pernah saya alami.. sampe bingung..
    kejadiannya di pizza hut setiabudi bandung.. mencet sana2 sini2.. sampe stress kirain gak fungsi…. lirik ke kanan.. ada tower rase fm..

  26. Aria says:

    “3. Apabila sistem alarm ter-integrasi dengan sistem mesin sehingga mesin tidak dapat dinyalakan, kemungkinan mobil perlu dipindahkan menjauh dari pemancar radio tersebut, hingga remote dapat kembali bekerja dan mesin mobil dapat dinyalakan.”
    –> jadi musti dio dorong menjauh dulu gitu..? repot juge yee…

  27. Taufik says:

    Bang Saft, great article . . . kebetulan dulu saat kuliah saya sempat sedikit belajar mengenai gelombang . . . nah bila ada dua gelombang bertemu akan terjadi Interferensi Gelombang . . . nah apakah fenomena ini yang terjadi pada kejadian di atas, sehingga gelombang yang di terima recever remot jadi ngawur?

  28. bowie666 says:

    hebaaddd nih Om saft…….
    mantabh artikelnya

    Wass YuDi

  29. Seto says:

    Saluut om Saft, bener2 informatif dan saya kira banyak yang mendapatkan tambahan pengetahuan per-remotan.
    Kalo remote yang nggak fungsi semula tak kirain karena low batt.
    Salam.

  30. phampham says:

    Wow…….. ternyataaaaaaaaaaaaaa… wah kudu punya freq counter tuh….

  31. BiJe says:

    Eh bro… kok frequency 494 gak ada ? bwakakakkk…. thanks bro sharingnye, ntar kalo remote Ane gak fungsi Ane call ente aje yeh…

  32. Yoga says:

    thx for sharingnya bro shaft. sangat bermanfaat

  33. saft says:

    T-Jo says:
    Om Saft, tengkyu sharingnya.
    Bermodal frek counter dan HT maling bisa buka pintu mobil kita dong ya, untung di remote moderen ada teknologi acak/anti scan sehingga cara tsb kurang mempan. Katanya lho….
    Berarti kalo frek remote berubah-ubah ada yg kena pengaruh signal radio FM, ada juga yg enggak dong? Jadi kalo suatu saat remote gak mempan, coba aja pencet terus sampe dia bergeser dari frek harmoniknya radio FM. Bener nggak itung2an ini Om Gantang?

    Bener om… pencet2 terus…. bisa saja lolos dari frequency harmonic itu. Oh ya. remote sekarang proteksinya ganda khan tuh… Anti-Scan, Rolling Code, dsb.

  34. T-Jo says:

    Om Saft, tengkyu sharingnya.
    Bermodal frek counter dan HT maling bisa buka pintu mobil kita dong ya, untung di remote moderen ada teknologi acak/anti scan sehingga cara tsb kurang mempan. Katanya lho….
    Berarti kalo frek remote berubah-ubah ada yg kena pengaruh signal radio FM, ada juga yg enggak dong? Jadi kalo suatu saat remote gak mempan, coba aja pencet terus sampe dia bergeser dari frek harmoniknya radio FM. Bener nggak itung2an ini Om Gantang?

  35. Mel says:

    Oooo… begitu kalo meliput dan hasilnya… mantab2… :)
    Thanks infonya…

  36. saft says:

    John says:
    Hebat euy oom Saft….
    Mobilnya buanyakk buangett… sampe ada 10 biji lebih.. itu yang ada remotenya.. belum lagi yang tdk pake remote control.. salutt.. peace..

    Jawab:
    hahaha…. kita main ke toko asesoris yang jual berbagai merek alarm oom.. nebeng motret doang… hehehe

  37. saft says:

    Bambang F says:
    Om Saft, saat ini ada ngak remote yang ngak akan terpengaruh sama frequency harmonic ???, mereknya apa ya ???… thx

    Jawab:
    Seperti yang di bahas di atas.. yang ga terpengaruh itu yang pakai Infra-Red dan Bluetooth. Contohnya remote bawaan mobil Peugeot, BMW, Mercedes, dsb..

  38. John says:

    Hebat euy oom Saft….
    Mobilnya buanyakk buangett… sampe ada 10 biji lebih.. itu yang ada remotenya.. belum lagi yang tdk pake remote control.. salutt.. peace..

  39. Bambang F says:

    Om Saft, saat ini ada ngak remote yang ngak akan terpengaruh sama frequency harmonic ???, mereknya apa ya ???… thx

  40. HUSNA says:

    ha haha, dah lama seh saya juga agak ngeh ke situ, soalnya, kalo parkir di pasar cikampek, suka susah kalo mo kunci pintu pake remote, begitu juga sebaliknya, terus liat sekeliling ka arah atas, ada tower telkom, hee…mungkin lebih kuat dari pemancar fm yah, soalnya pasar cikampek deket ama kancatel cikampek,
    ulasannya mudah di mengerti om saft, thanks

  41. Mantap ulasannya nih, sederhana, mudah dipahami dan mengena..
    Biasanya harmonik ketiga yang paling kerasa um Saft..kerasa niban signal remote yang relatif kecil
    salam
    :-)

  42. Foeng Tjay says:

    ikutan bagi pengalaman neh Kang Saf.
    hal ini juga saya alami ketika install remote pintu pagar di daerah dago bandung.
    remote terhadap receiver cuma bisa connect sekitar 1 meter.
    3 macam remote & receiver dicoba tetep gak hasil.
    mabok dan nyerah. gak bisa ikutan saran Kang Saf untuk mindahin posisi rumahnya, tidah seperti mobil.
    hehe……..

  43. Andremagis says:

    tenkiu infonya …
    Punya sy malah aneh, dilokasi ttt di rumah yg dulu, kalo pas weekend (soale kalo hari kerja parkir di basement kantor).. parkir dihalaman rumah jam 9-10an .. hampir selalu alarm bunyi & harus di off untuk kemudian di ON lagi (buat ngunci). Meski kadang2 sesekali bunyi lagi.

    Anehnya kalo parkir di tempat lain tidak terjadi hal begitu. Tadinya sempet kepikiran karena outdoor kena panas. Tapi di tempat lain, jam yg sama kena panas juga aman2 ajah.

    Di tempat yg baru, sempet 1x kejadian, parkir dihalaman pas wiken di jam 9-10an juga

  44. Oom Uban says:

    Hmmm … akhirnya terjawab juga masalah saya … kalo lagi parkir di KPP PMB (Sudirman), sering alarm nggak berfungsi.

  45. saft says:

    UPDATE:
    Frequency Counter, dulu belinya di Glodok Harco.. lupa euy toko apa.. selamat Hunting.. sekitar 350ribuan.

  46. saft says:

    pikofias says:
    Pak, kalo kita harus secara manual buka pintu mobil, kan artinya me-non aktifkan sistem alaram, lalu bagaimana mengaktivasikan lagi?

    Jawab:
    Pak Piko, kemungkinan alarm akan menyala tuh pak, (menyalak), karena pintu dibuka secara manual, sementara sistem alarm masih aktif. Umumnya alarm ada tombol RESET nya.

  47. Rio says:

    oo..gue kira ada allien di sekitar situ, Sap.. :D

  48. pikofias says:

    Pak, kalo kita harus secara manual buka pintu mobil, kan artinya me-non aktifkan sistem alaram, lalu bagaimana mengaktivasikan lagi?

    Salam

  49. iwan says:

    mantep info nya om
    lengkap
    btw beli dimana freq counternya ?

  50. meizon says:

    tapi bukan gara2 remote, OM Saft nggak kedengeran lagi di Rakom kaannnn????
    thanks untuk sharingnya.

  51. blackaerio says:

    bagus yah frequensi counternya…?
    dapat dimana om saft fc nya?
    thanks

  52. saft says:

    ssaptono says:
    Hebat…hebat…ulasannya. Kang Saft ada issu katanya kalau remote mobil kita ketinggalan di rumah, bisa memfungsikannya dengan jalur sinyal Handphone..apa bener bisa bekerja?

    Jawab:
    Thanks oom… issue itu ga benar om.. alias HOAX.

  53. ssaptono says:

    Hebat…hebat…ulasannya. Kang Saft ada issu katanya kalau remote mobil kita ketinggalan di rumah, bisa memfungsikannya dengan jalur sinyal Handphone..apa bener bisa bekerja?

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com