Sudah dibaca sebanyak 7567 kali

Niat baik untuk berbagi pengalaman otomotif melalui website saft7.com ternyata berbuah hasil yang baik pula. Alhamdulillah, kepercayaan pembaca setia saft7.com atas materi yang disajikan saft7.com membuat saft7.com mulai banyak dikenal berbagai kalangan masyarakat dengan berbagai latar belakang.

Terlihat dari statistik unique user yang masuk setiap harinya cukup banyak untuk sebuah website yang hanya bermodal ide dan semangat berbagi dengan biaya promosi hampir bisa dibilang tidak ada.

Terimakasih atas perhatian, dukungan, kritik hingga kepercayaan yang diberikan kepada saft7.com khususnya saya sendiri sebagai ‘One Man Show’ di website ini.
Terimakasih juga atas kontribusi rekan2 yang turut menyumbangkan bahan artikel yang ditampilkan di saft7.com.

Akhirnya sekitar 2-3 bulan lalu saya mendapatkan tawaran agar saft7.com dibuat menjadi buku, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat membaca artikel tersebut, tidak hanya masyarakat Internet.
Tawaran disampaikan oleh PT Elex Media Komputindo.
Tentunya saft7.com tidak melewatkan tawaran tersebut, segera dikirimkan naskah artikel yang akan ditampilkan di buku nantinya, proses berjalan cukup lancar, hingga pada suatu rapat diputuskan bahwa buku ini akan dicetak FULL COLOR dengan cover premium class, sehingga membuat buku ini layak untuk dikoleksi.
Karena website saft7.com ini terus berkembang, maka buku ini direncanakan akan dibuat secara berkelanjutan dalam jilid1, jilid2, dst. Insya Allah.

Nah bagaimana suka dukanya menyusun ulang dari media WEB untuk dibuat menjadi Media Cetak (buku), saya akan berbagi pengalaman ini…

WEB vs PRINT

  • Untuk media web, foto yang ditampilkan haruslah tidak berkapasitas besar untuk meringankan proses download pada saat browsing, antara lain dengan format RGB, JPG, resolusi hanya 72dpi, dengan satuan ukuran pixel. Filesize untuk foto-foto web di saft7.com rata-rata berkisar antara 10KB – 120KB
  • Untuk media Print (cetak), foto yang ditampilkan haruslah berukuran sama persis ketika akan dicetak, dengan format CMYK, TIFF, resolusi 300dpi, dengan satuan Centimeter atau Milimeter.
    Filesize untuk foto-foto buku saft7.com rata-rata berkisar antara 5MB – 20MB!!
    Tidak heran besar data untuk materi buku ini pada harddisk hingga sebesar 3GB.

Wah duh…
Saya harus memfoto ulang hampir 80% materi artikel yang akan dicetak!
Akhirnya mendapat kepercayaan pinjaman kamera dari teman seorang fotografer dahsyat http://www.singomoto.com/ , agar foto yang dihasilkan bisa tuajam dan lebih baik lagi.

Saat ini (10 Mei 2006) sedang dalam proses Final Editing, minggu depan buku mulai dicetak.
Kurang lebih Pertengahan hingga Akhir JUNI 2006 ini, buku ini bisa ditemukan di toko buku di seluruh Indonesia.

Wajib Beli ya!!!

Berikut foto-foto aktifitas penyusunan buku saft7.com…

Komponen-komponen yang dibahas di buku dipersiapkan untuk difoto ulang lagi. Ini bagian yang sangat melelahkan…

Sedang mengatur / memanipulasi jarum-jarum speedometer untuk di foto.

Pakai Camera Pocket, Siapa Takut??!!!
Jangan minder dengan kamera-kamera profesional, toh yang penting hasilnya juga khan?

Sedang beraksi memfoto Speedometer BMW.

Perhatikan latar belakang putihnya… itu menggunakan bagian belakang kalender dinding… hehe.. murah meriah tapi OKE!

Memfoto ulang klakson Keong, khususnya yang untuk digunakan sebagai Lead Photo.

Terus terang saya termasuk idealis dalam urusan desain,.. jadi mulai dari Layout Content, hingga Layout Cover, juga fotografinya.. semua saya lakukan sendiri deh.. Capek banget memang.. tapi puas banget rasanya jika terealisasi, apalagi jika orang bisa menerima hasil karya tersebut.

Tak kalah melelahkan, membaca ulang buku yang sudah diedit sebelumnya oleh Editor Elex, ini sudah proses Final Editing…. ternyata masih saja ada yang dikoreksi.. hehehe.

Ga cukup sekali baca… hingga tiga kali baca ulang kata demi kata…
Duh duh… lelah banget.

Ketika ide buku ini disampaikan ke President Director PT Kramayudha Tiga Berlian, beliau langsung menyambut dengan baik dan turut memberikan testimonial untuk buku ini.. Alhamdulilaah..

Nah.. Ini desain Cover Finalnya…
Kita tunggu ya…. Insya Allah semua berjalan lancar…
Tentunya pembeli buku ini melalui website saft7.com akan ada bonus khusus.

Terimakasih buat semua pembaca saft7.com!