.

 

Radiator Aluminium Bocor Bisa Ditambal?

alurad011

Pada merek mobil tertentu menggunakan aluminium sebagai bahan pipa/sirip pendinginnya. Hal ini dimaksudkan agar pendinginan menjadi lebih baik dan bobot lebih ringan.

Tetapi ternyata ketika terjadi kebocoran pada pipa/sirip pendinginnya, semua bengkel radiator termasuk yang paling terkenal pun menyerah untuk menambalnya. Semua bengkel radiator menyarankan untuk mengganti dengan unit yang baru atau merubahnya menjadi radiator berbahan kuningan/tembaga.
Menurut mereka, jika ditambal dengan las aluminium, maka pipa/sirip lain disekitar pipa/sirip yang bocor akan ikut meleleh karena tipisnya pipa/sirip aluminium tersebut. Tidak seperti jika menambal pipa/sirip radiator yang terbuat dari bahan kuningan/tembaga.

Ketika masalah bocor ini terjadi pada radiator aluminium mobilku, sempat pusing dan letih untuk mencari bengkel radiator yang mampu menambalnya. Saya tidak boleh habis akal… akhirnya.. ketemu solusinya, dan kucoba jelaskan kepada montir senior di bengkel tersebut, akhirnya si montir tersebut mengangguk dan mau mengerjakannya.

Radiator ada yang bekerja secara Vertikal dan Horisontal, dapat dilihat dari pipa/sirip nya. Jika Vertikal, maka air mengalir dari lubang masuk atas kemudian turun dan keluar melalui pipa keluar.
Jika Horisontal, maka air akan mengalir ke arah samping.

Proses pendinginan yang terjadi di radiator adalah air mengalir dari lubang masuk kemudian terbagi-bagi melalui pipa/sirip pendingin mengalir ke lubang keluar dengan kondisi sudah lebih dingin dibanding ketika air tersebut masuk ke radiator.

Ilustrasi di bawah memperlihatkan ketika terjadi kebocoran pada salah satu pipa/sirip radiator.

Selanjutnya mencari bagian pipa mana yang bocor dengan memberi udara bertekanan dan merendam radiator ke dalam bak air.

Nah, solusi yang terpikir olehku saat itu adalah dengan menutup/sumbat bagian ujung (atas & bawah atau kiri & kanan). Akibatnya air tidak akan mengalir melalui pipa/sirip yang bocor itu lagi. Lem yang digunakan adalah Epoxy Resin yang tahan panas dan tahan tekanan tinggi. (umumnya sering disebut dengan lem besi yang berupa 2 tube lem).
Agar lebih kuat daya lekatnya, maka proses pengeringan lem kubiarkan sampai 3 jam sebelum radiator dirakit kembali.

Ketika selesai disumbat, akan terlihat seperti ini pada kedua ujung pipa/siripnya.

Nah, biaya bongkar radiator sekalian dengan membersihkan pipa/sirip lainnya dari kotoran adalah Rp 125ribu. Sementara harga unit radiator aluminium baru adalah Rp 2.4juta .

Ada yang menyangsikan solusi di atas, kalau ditutup seperti itu khan jadi panas mesinnya? Ah tidak juga, toh yang disumbat hanya 2 alur pipa/sirip, sementara 80 sirip lainnya berfungsi dengan baik. Tidak terlalu terasa ketimbang penghematan biayanya khan??

66 Responses to Radiator Aluminium Bocor Bisa Ditambal?

  1. mgkn dari pengerjaanx yg kurang tepat, akhirx msh bocor, silakan datang ke bengkel kami, jln kedung baruk 112 (sblah utara masjid) terakan kami betulkan biar gak bocor, kalo mau ganti kuningan semua, biaya max 1 jutaan ma

  2. Prima says:

    Bisa perbaikan radiator almunium? Boleh saya minta nomor teleponnya

  3. Prima says:

    Bisa perbaiki radiator almunium? Minta nomor teleponnya donk

  4. deny says:

    sy pny bngkl radiator di prov.kal-bar kab.sintang,mslahnya utk rdiator almunium trsa slit dkerjakan apbila krusakan ckup prah disebabkan mdan jlnnya, sdngkan utk mengganti rdiator baru konsmen kwalahan dg harganya,ada solusi lain ngk gan slain penjlasan trsebut…solusi tsb udh dicoba cma hslnya ngak bs mksimal dg keadaan d daerah saya…

  5. andika says:

    ada yg jual Radiator Honda Cielo g tahun 1997 hubungi 085236366669 secepatnya

  6. saleyudin says:

    terimakasih ilmunya gan….

  7. ron says:

    Da…Saft….untuk radiator terlampir menggunakan perekat apa untuk menempelkan antara bagian almunium dan plastik, setelah di lakukan perbaikan dan di klemp kembali……penasaran nih mau bongkar radiator e36 ada leak sedikit di sisi atas dekat klemp pegangan Bodi. (kalau digambar warna putih untuk perekat existingnya)

  8. Relasy battery 3 says:

    Mas,bang,pak/om! Klo urusan radiator datang aja ke bengkelku,khsus service radiator&accu,jl raden patah/jl jombang raya no 51 samping skolah sd pd aren 01/08 tangerang

  9. teknik seperti diatas sudah di praktekan di bengkel kami, jadi kalo temen-temen ada masalah dengan radiatornya dan biaya yang dikeluarkan tdk harus sampai juataan rupiah untuk mengganti dgn yg baru itu tergantung tipe mobil anda. utk penggantian upper atau low tank fiber ke kuningan untuk daerah SOLOK /SAWAH LUNTO/ SUMBAR: 375Rpsampai 425Rp dan tergantung tipe mobil anda. kalau untuk tambal saja seperti diatas sih cuma kena biaya servis biasa yait: 50an kebawah. jadi yang punya masalah dgn mesin radiatornya yg panas datang aja : SURYA RADIATOR SERVIS..

    • kiki says:

      sy pernah ganti pakai radiator holden kingswood beli bekas sekitar 200rb(tergantung nego) di pencitan, dan sy pasang di bmw 520i th 85 pas sekali dudukan baut kiri dan kanan, sdh sy pakai 7th lebih, panas maksimum 1/2 pd indicator temp.hanya terjadi pd saat macet ditanjakan nagrek, kalau di tol pd daerah biru, tapi hrs dirubah tutup atas dihilangkan dan di beri pipa kecil seperti aslinya, pipa hrs dr tembaga, demikian pula bahan penutup tutup aslinya hrs tembaga pula, beaya merubah 150 rb + servis.
      nb: harga tsb harga 7 th yg lalu

    • beny junaidi says:

      bro surya radiator mohon alamatnya,trmksh pm di 081373457419/081977000503

  10. ukjalani says:

    mas mau nanya…saya punya mazda familia th 98
    tutup/tank radiator mobil yang atas saya ganti kuningan,aslinya dari fiber, dan radiatornya dari aluminium, tapi setelah dipasang masih bocor juga.
    kira-kira kalau radiatornya diganti kuningan juga biayanya berapa

  11. agisya says:

    saya punya kendala radiator saya sering naik temperaturnya dengan kondisi AC hidup…tapi beberapa saat kemudian AC mobil saya Drop (tidak dingin) begitu juga dengan temperatur radiator kembali normal…yg mau saya tanya apakah radiator yg bermasalah atau ACnya yang bermasalah?…trus kalo pertama kali mobil distart ada bunyi jangkrik dekat tali kipas untuk AC apakah masalahnya?apakah itu berpengaruh pada naiknya temperatur radiator?tolong penjelasannya…trim…untuk kawan – kawan yg punya masalah serupa tolong sharing ama saya melalaui e-mail saya (agushakim49@yahoo.com)

    • agisya says:

      saya punya kendala radiator saya sering naik temperaturnya dengan kondisi AC hidup…tapi beberapa saat kemudian AC mobil saya Drop (tidak dingin) begitu juga dengan temperatur radiator kembali normal…yg mau saya tanya apakah radiator yg bermasalah atau ACnya yang bermasalah?…trus kalo pertama kali mobil distart ada bunyi jangkrik dekat tali kipas untuk AC apakah masalahnya?apakah itu berpengaruh pada naiknya temperatur radiator?tolong penjelasannya…trim…untuk kawan – kawan yg punya masalah serupa tolong sharing ama saya melalaui e-mail saya (agushakim49@yahoo.com)

      • Peter Surya says:

        kalo masalah temperatur naik, dan AC tiba2 ga dingin, mungkin hal itu karena efek dari radiator yang tidak bekerja maks, karena AC bekerja menyerap udara panas untuk didinginkan, kalau suhu yang diserap terlalu panas, maka pendinginan juga tidak bisa ke suhu yang rendah, coba di cek cooling van AC, atau air dalam radiator.
        kalo suara yang seperti jangkrik, itu suara gesekan antara roda dengan karet penggerak, coba beli yang baru atau di cek setelannya. harganya sekitar 30-50 rb aj og.

  12. Aries says:

    Buat teman2 yang di jogja,khusus nya di jogja selatan atau wilayah bantul. Bw aja ke jl.Bantul km 4,5 tepat nya bengkel radiator widodo. Atau untuk tips dan trik atau pun konsultasi masuk aja ke http://www.radiatorservices.co.cc akan di bantu semampunya.

  13. dimas says:

    anti aja bro yang baru murah koq……sesuai hasil mobilnya kalau kita pakai nyaman

  14. didin says:

    beres teman2.INSYAALLAH semua bisa diatasi di bengkel radiator depan masjid chengho pandaan

  15. k_k says:

    ga perlu di lem bro…..
    kalo bocornya sperti itu,, bisa di las kok…..
    saya sudah pernah ngelas kok,, dan ga bocor lagi

  16. Geri says:

    Saya pernah coba untuk pada radiator escudo 2.0 yang bocor karena korosi???, caranya dengan melumuri area yang bocor dengan lem epoxi pada bagian luar, kemudian setelah kering di timpa dgn lem alumunium/besi, cuma tahan 3 bulanan tuh setelah itu air merembes lagi. Jadi kesimpulannya solusi tsb hanya untuk jangka pendek sambil nunggu komisi dari dana bailout bank century.

  17. franky says:

    solusi anda it memang bagus/murah ,tapi pakai lem besi kurang tahan lama pak karna lem tersebut gk thn panas tingngi !sebaiknya anda gunakan silicon sealent agk tebal dan ujung pipa yg bocor d ngepengkan

  18. Raja Aziz says:

    saya ada masaalah engine kereta saya kadang2 semput,saya nak tanya apakah masaalahnya dan temprature pun naik,bila start engine pun dah naik 2bar.

  19. eman says:

    wduh radiator saya bocor tambal nya gmn yah

  20. GAJUL says:

    Untuk rekan yang ada di jogja karta ,, neh ada onfo bengkel radiator murah meriah service mantab ,, orang nya enak ,,, di jakal. 7.5 depan supermarket Mekar ,, HArga NEgo… MAntab pokoknya .. kalo ga salah namanay SELARAS RADIATOR

  21. aries says:

    oya saya jg mau coba membantu kegundahan teman2 yg memiliki persoalan tentang tabung fiber seperti pengalaman saya untuk penggantian dgn kunigan itu lebih kuat dan tahn lm jk di banding ganti dgn yg orisinil. untuk biaya di tempat widodo radiator itu relatif murah menurut saya.
    untuk radiator berbahan tembaga harga nya 250rb sampai 300rb untuk almunium 350rb sampai 500rb. itu dah termasuk ongkos bongkar pasang dan service lho.

  22. aries says:

    wah kalau cara ngatasin nya kayak gitu ya berbahaya bro. oke saat ini belum terasa panas temperatur nya tapi gak akan lm lg pasti terasa bos panas nya. sebagai perumpamaan saja pipa berjumlah 40pc dgn pipa berjumlah 38pc kapasitas air nya kan berbeda,idealnya volume air di radiator dan volume air yg ada di blok mesin itu seimbang. menurut saya itu hanya cara darurat saja.
    oke bos ini saya punya info buat teman2 yg ada di jogja.jika teman2 punya masalah tentang radiator saya punya langganan yg menurut sy cukup mumpuni yaitu di BENGKEL RADIATOR WIDODO JL bantul km 4,5. mau tanya2 juga bisa di email nya widodoradiator@yahoo.co.id apa pun keluhan teman2 insyaallah pasti di jawab.

  23. supergombel says:

    tabung fiber (ext radiator) saya pecah nih (318 E46) … berapaan yah part originalnya..

  24. jessi says:

    Sorry Telpnya yang benar 08159301606 Harga damai U/ Radiator Innova 2008 baru atau gress

  25. jessi says:

    Gue Punya satu Radiator Innova baru kalau ada yang perlu bisa telp Gress 08169301606

  26. ika okta says:

    teknik seperti diatas sudah di praktekan di bengkel kami, jadi kalo temen-temen ada masalah dengan radiatornya dan biaya yang dikeluarkan tdk harus sampai juataan rupiah untuk mengganti dgn yg baru, cukup 300-600rr utk penggantian upper atau low tank fiber ke kuningan. kalau untuk tambal saja seperti diatas sih cuma kena biaya servis biasa yaitu 90-150rb. jadi yang punya masalah dgn mesin radiatornya yg panas datang aja ke BENGKEL RADIATOR REMAJA di JALAN PRAMUKA NO 39 DEPAN PASAR GENJING JAKTIM 02171060123, 081393181700, 085885727736. THANKS

  27. Hadi s says:

    Temen-2 . tambal menambal memang tidak mudah, maklum pingin ngirit. Saya lagi coba nih radiator CRV bocor pada alas/frame pipa, kalo temen ada yang coba tembel bagian luar mungkin kena tekanan jebol, nah saya coba tambal luar-dalam dengan langkah : bersihkan permukaannya dan kering ikutin/sesuai petunjuk pabrik lemmya, ntar kalo udah lebih 3 bulan (test) saya bagi crita lagi.

  28. hendra says:

    Bozz, ada yang bisa kasih info tidak. mobil saya blazer taon 2001, masalahnya radiator dari plastik dan getas di atasnya ada yang bisa kasih info apakah bisa di ganti kepalanya dengan kuningan dan berapa biayanya.

    trims

  29. kimetz says:

    kalo radiator bocor saya tambal di luar pake lem epoxy putty metal merk PC ada kok di ACE hardware, jadi ndak usah bongkar atas bawahnya. sampai sekarang udah 4 bulanan bagus tuh ndak jebol.

  30. akew says:

    mas klo switch yang ada di radiator yang ada 2 biji buat apa ya?o,iya mobil saya bmw 318 m10,soalnya saya mau coba ganti radiatornya pake punya kijang mas..makasih..

  31. wahyoe says:

    Salam kenal, Saya punya masalah soal radiator mobil City tahun 1997.
    Radiator kan terbuat dari plastik, waktu saya taruh dibengkel manado, untuk check mesin ..sama bengkel radiator di bongkar tambalannya, dan dilem dengan plastic steel..akhirnya, bocor ulang..sampai sekarang. kemaren ditambal tagi dengan lem apa gitu..(Dexton atau apa..lupa namanya, dari amerika) tapi tetap aja mental..apa ada lem yang bisa nahan over heating begitu? Apa ada cara nambal radiator yang dari plastik? Kira-kira kalo mau beli radiator, berapa ya harganya?

    Makasih,
    wahyu

  32. toempal says:

    dear kawans, ada yg tau ga bengkel radiator di daerah jaksel yg bagus yg biaya servis,penggantian parts,dll ‘bersahabat’?? treems

  33. eny says:

    selamat siang, boleh numpang tanya moga² ada yang jawab.
    Harga radiator Zebra tahun ’88 kira² berapa ya, soalnya radiator-nya bocor.

    terima kasih, Eny

  34. obey says:

    Kalo radiator yang tutupnya dari plastik, ex charade 1982 bisa ditambal gak, kata tukang radiator diganti aja pake yang kuningan, apa pengaruhnya ya.. thanks for your tips. bravo

  35. ahoki says:

    kira-kira 4,2 jt an, coba kamu liat tips diatas ada yang kasih cara ngatasi radiator bocor…. (jika masalahnya sama). tips nya oke juga

  36. betzkys says:

    mw nanya nich klo harga radiator kijang innova brp ya 1 set????

  37. balendz says:

    bro….tplong cari tahu dimana saya bisa dapat radiator mazda 323 tahun 84..trims

  38. Dubeng says:

    Three soul Says:
    Kalau yang patah pegangan tabung plastiknya yang nempel pada body radiator,apa bisa diperbaiki,ya? Kata bengkelnya sih,harus diganti yang baru.Apa bener?

    biasanya klo cuma pegangan radiator aja ngga ada masalah diganti pake model besi..
    btw buat mobil apa nich bro..

  39. goenk says:

    klo nunggu 3 jam lama, sbaikna sblm dilem, dihangatin dlu radiatorna trus dilem besi tunggu ampe 10-15menit ja trus diangetin lg tp jgn ampe kepanasan luntur lemnya. tabung-tutup plastik/radiator biasanya lbh awet diganti tembaga. service mulai Rp. 50rb, ganti radiator mulai Rp. 250rb

    (jl. Magelang 49 Yogyakarta, 08886911211) mo modifikasi, perawatan, ampe mbuat, dijamin sip harga n sip garansinya. Qt srg terima order dr bengkel besar lho. Radiator USAHA. Tq

  40. Three soul says:

    Kalau yang patah pegangan tabung plastiknya yang nempel pada body radiator,apa bisa diperbaiki,ya? Kata bengkelnya sih,harus diganti yang baru.Apa bener?

  41. TheOwner says:

    Johannes Says:
    Kalau yang bocor bagian atas radiator yang terbuat dari plastik, bolehkah diganti dengan yang kuningan? soalnya kalau ganti semua mahal. sebelumnya, thanks atas infonya

    Jawab:
    Sebaiknya diganti dengan unit komponen aslinya yang dari plastik itu. diganti kuningan akibatnya memang menjadi lebih kuat, namun apabila terjadi overpressure lagi, bisa membuat pecah di komponen mesin yang lain.

  42. Three soul says:

    Kayaknya semua pada nanya.Tapi yang jawab ga ada,Jadi ragu curhat juga.Gw punya bmw thn 88.Ya masalahnya sama juga.Radiator aluminium nya bocor,tapi bukan siripnya.Tapi bagian atasnya.Apa bisa diprbaiki,y? Ato kanibal dari merek lain?

  43. Dhonz says:

    Bozz kalau yang bocor itu bukan sirip aluminium tetapi retak di bagian atas yang panjang hitam dan tutupnya …. ada ngga lem yang bisa tahan panas

    trims

  44. Johannes says:

    Kalau yang bocor bagian atas radiator yang terbuat dari plastik, bolehkah diganti dengan yang kuningan? soalnya kalau ganti semua mahal. sebelumnya, thanks atas infonya

  45. Reza says:

    condenser AC , panther saya bocor , untuk dareah jakarta selatan , ada yang tau nggak bengkel yang bagus untuk nambal. thanks atas info sebelumnya

  46. Aryo says:

    Kurang tepat jika menutup satu lubang, klo lubang banyak atau bocor nya di atas tentu harus ganti, untuk para pengguna BMW M10 bisa pakai radiator mobil kijang dengan sedikit modif, alhasilnya tidak perlu jutaan rupiah, 500rb untuk radiator dan 15rb untuk hose oulet dan 45 rb untuk tukang las radiator.. mau jelas send aja ke email ku

  47. akfirlia says:

    Atas gw pay luh ……….. asal ketik aja …………….. kagak mikir yang dibahas apa

  48. CINGAX says:

    KALO YANG PECAH TABUNG ATAS PA BAWAH PA GAK PUSING WONG BAHANE DARI FIBER

  49. YOGI says:

    mobilsaya landrover tahun1969 iia. saya baru dapat dari om saya (hibah).
    samapai saat ini baru ada perbaikan di master kopling n rem. aki n nepel rem. mesin sudah menyala dengan oli yang ada (mobil 9 tahun tidak bergerak) pada saat mbil nyala hanya gigi 3 n4 saja yang bisa. setengah jam kemudian baru gigi 2 n 3. sedangkan gigi mundur tidak bergerak sama sekali.

    apa yang harus saya lakukan terhadap mobil saya????? tolong banyuannya

    apakah ada gigi singkronis mundur pada mobil saya????
    terimakasih

  50. Darwin says:

    kang,
    saya juga pernah menambal dengan lem hitam-putih tersebut pada radiator sonic yang serba alumunium, tapi karena letak bocornya ada disamping, seberapa kuat pun lem yang pernah saya buat tetap terdorong akibat tekanan uap panas. hasilnya lama kelamaan muncul tetesan air, dan lama2 menjadi seperti lubang jarum. hingga airnya jadi berkurang.
    yang mau saya tanyakan, apa kah mungkin cara saya masih ada yang salah?
    tk.
    salam kenal
    Ween_sonic

  51. budidatsun says:

    Kang,

    Ini jln kesehatan daerah bintaro, ada tuh yg bisa nge-solder radiator alumunium.
    Soal harga, gw blum tau. Heheh…

  52. Benjamin. S says:

    Mobil saya landrover defender 110 Tdi PU, saya punya problem carburetor pada floating rusak/bocor, saya sudah coba lem resin catalist tapi tidak bisa juga. Ada gak lem yang tahan pada bensin untuk merepair floating carburetor saya. Thanks

  53. Dony says:

    Kang Saft,

    Mobil saya Mitsubishi Kuda th 2000 radiatornya suka kurang, tapi kebocoran tidak terdeteksi. kira2 seminggu sekali harus isi tanki cadangan. Gimana cara mengetahui kebocoran itu yach ? bagian mesin udah pernah di cuci bersih pake solar tapi teteup aja ngga ketemu. Adakah seal yang rusak atau dibagian mana aja sich seal itu terdapat. kalo nurutin emosi mau ganti semua karet2 yang tersambung dengan radiator tapi ngga seru amat kayaknya.
    Ma kacih banyak sebelumnya yach

  54. patria says:

    wah kalo saya yang rusak kipasnya..sampe meleleh…mobil saya toyota corona ’91 2.0 efi, ada yang tau estimasi harga penggantian kipasnya saja ? atau saya harus ganti sekalian rumah kipasnya ? terima kasih..

  55. Sofyan says:

    Salute kang Saft ! Solusi irit pada saat terjepit, he.. he… he….
    Apa yang diuraikan di atas, juga sering dilakukan di lingkungan saya, cuman skalanya bukan di radiator mobil, tapi di condenser tube turbine.
    Memang proses heat transfer yang terjadi menjadi “agak” berkurang, tetapi klo dilihat dari optimasi biaya, tetap lebih hemat.

  56. Adhi says:

    Mas, saya mau tanya klo radiator bmw e30 m40 yang bocor bukan pipanya, tapi tabung penyimpanan airnya yg sebelah kanan apa bisa di tambal, dan pakai apa yg kuat dengan tekanan tinggi sesuai kinerja radiator bmw

  57. Halim says:

    good idea bro..

  58. Raka says:

    Mas kalo yg bocor salah satu sirip pipa kondensor AC mobil gimana??bisa nggak dilakukan langkah2 seperti ini juga?? mohon pencerahan

  59. TheOwner says:

    Pak Widjaya,…
    Coba dilihat deh subjectnya… ini bicara radiator aluminium.
    Tukang radiator hanya mau terima dan stock pipa radiator kuningan atau tembaga.
    Kuningan dan Aluminium tidak bisa mixed dengan las nya.

    Tentunya kalau yang dibicarakan adalah radiator biasa / umum, tidak menarik lagi untuk diangkat sebagai sharing.

    :)

  60. widjaja says:

    Wah kayaknya kok ekstrim banget sampai saluran di tutup, sekarang ini di tukang radiator punya kok pipa kecilnya. setelah kita tau ada kebocoran baru ke tukanag radiator dan sebelum bongkar tanya dulu, ada stok pipa kecilnya tidak. Biasanya kena 25.000 perpipa di luar biaya servis radiator. Sededar tips aja untuk cek kebocoran halus hanya bisa dilakuakan pada saat mesin dingin menggunakan tekanan kompresor angin melalui lobang pengisian utama, Jangan lupa lubang reservoir di pampet dulu.

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com