Sudah dibaca sebanyak 2526 kali

Keyless Entry berupa kunci mobil yang dilengkapi Remote untuk membuka ataupun mengunci pintu, tanpa harus memasukkan kunci ke lubang kunci di pintu mobil. Tentu saja ini memudahkan dan membuat kita menjadi nyaman.

Di dalam remote kunci ada batere yang bisa habis masa pakainya. Jika batere tersebut habis, maka Keyless Entry menjadi tidak berfungsi, sehingga kita harus membuka kunci melalui lubang kunci di pintu.

GANTI BATERE, REMOTE TIDAK BERFUNGSI

Sering terjadi, saat setelah mengganti batere tersebut, remote menjadi tidak berfungsi. Hal ini disebabkan karena saat batere dicabut dari remote, hanya ada waktu 60 detik untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Ketika waktu 60 detik terlewat, maka remote harus di sinkronisasi dengan sistem keamanan yang ada di mobil.
Sebelumnya setiap kali perlu melakukan sinkronisasi remote, saya selalu ke bengkel resmi. Antri di bengkel resmi cukup membuang banyak waktu… apakah kita bisa melakukannya sendiri?

SINKRONISASI REMOTE KUNCI

Kita bisa melakukan sendiri sinkronisasi dengan cukup mudah dan tidak memerlukan tools apapun. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Setelah batere diganti baru, kita menuju mobil, buka kunci pintu dengan menggunakan kunci.

2. Setelah masuk ke dalam mobil, pastikan semua pintu tertutup rapat.

3. Masukkan kunci kontak.

Jika diperlihatkan dengan gambar, posisi putaran kunci adalah sebagai berikut.

Putar kunci ke posisi-1 (acc), biarkan selama 5 detik, kemudian kembalikan ke posisi-0 dan cabut kunci tersebut.

4. Segera setelah kunci di cabut, tekan tombol UNLOCK pada kunci. Tetap tekan tombol UNLOCK tersebut selama 10 detik. Selama 10 detik itu, tekan tombol LOCK sebanyak 3 kali (jangan terlalu cepat).
Setelah lewat 10 detik, lepas tombol UNLOCK.

Maka, setelah tombol UNLOCK dilepas, knob kunci di pintu akan mengunci dan membuka dengan sendirinya, yang menandakan proses sinkronisasi berhasil.

5. Untuk melakukan sinkronisasi pada kunci kedua (cadangan), segera ulangi nomor 4 di atas dalam waktu 30 detik sejak kunci pertama dicabut dari kunci kontak. (harus dilakukan dengan cepat).

CATATAN:

  • Jika proses tidak berhasil, untuk mengulangi sinkronisasi harus menunggu sekitar 30 detik, dan jangan melakukan dengan pintu terbuka.
  • Ada beberapa model Remote Key, bisa dilihat sebagai berikut:
  • Untuk Remote Key dengan 2 button, ada yang harus dengan prosedur seperti nomor 1 sampai nomor 4 di atas, ditambah lagi dengan:

    Setelah tombol UNLOCK dilepas, LED akan berkedip lambat, segera arahkan dan dekatkan remote tersebut dengan kaca spion dalam sekitar 10-20cm, kemudian tekan salah satu tombol.

    Maka, setelah tombol UNLOCK dilepas, knob kunci di pintu akan mengunci dan membuka dengan sendirinya, yang menandakan proses sinkronisasi berhasil.

    Demikian tips nya, semoga bermanfaat!

    Tips ini berlaku untuk hampir semua model mobil BMW yang menggunakan Keyless Entry (Remote). (seri 1, 3, 5, 7, X3, X5, dsb)

    sumber referensi:
    http://forums.bimmerforums.com