.

 

Pentingnya Balancing & Spooring

spooring-00

Contributed by Nugroho Widjihatmoko – nugroho.widjihatmoko@cac.co.id

Pernahkan Anda merasakan suatu guncangan hebat dalam mobil setelah berpapasan dengan bus atau mobil besar lainnya pada kecepatan tinggi. Sebagian orang meduga kalau efek limbung yang terjadi itu disebabkan oleh kecilnya ukuran mobil yang kita naiki. Pada kenyataannya, gejala limbung ini tidak terjadi pada mobil kecil (contoh: Mitsubishi Colt) yang dikabarkan seorang kawan saat dibawa mudik lebaran kemarin. Ketahuilah bahwa semua itu kuncinya pada keselarasan(spooring) dan keseimbangan (Balancing) roda serta piranti kemudi (setir) sebagai pengendali gerakan mobil.


Pada sebuah kendaraan yang telah lama dipakai, keselarasan dan keseimbangan roda harus diperbaiki karena keausan komponen kaki-kaki mobil yang bisa menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut kelurusan roda. Agar kesetabilan mobil tetap terjaga maka wajib hukumnya untuk melakukan spooring dan balancing secara berkala. Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan. Balancing juga untuk menghindari adanya getaran kecil saat mobil dijalankan. Pada proses penyetelan harus diyakinkan bahwa roda belakang bener-benar parallel dengan roda depan karena roda belakang hanya mengikuti gerakan roda depan saat mobil di jalankan. Apabila kondisi ini tidak tercapai bisa menyebabkan ban Anda akan cepat aus dan kestabilan mobil tergangu.
Spooring dan balancing juga bertujuan untuk membuat keausan ban mobil merata sehingga pengendalian dan kenyamanan mobil tetap terjaga, efek limbung dapat terhindar dan keamanan berkendaraan pun senantiasa terjamin.
Gejala limbung juga bisa ditimbulkan oleh gangguan pada setir. Pada umumnya mobil sekarang sudah mengadopsi system kemudi ‘power steering’.

Gejala gangguan pada system setir ini beraneka ragam dan biasanya disebabkan oleh beberapa sebab berikut:

  1. Kemudi terasa berat akibat kendornya tali kipas dan juga mungkin oli kurangnya power steering.
  2. Getaran kuat pada kemudi akibat lemahnya system suspensi depan. Getaran ini juga disebabkan oleh longgarnya batang penyambung (long tie road) pada system kemudi.
  3. Penggunaan ban berjenis radial yang terlalu lebar dan tekanan angin yang berbeda untuk tiap ban akan mengganggu kinerja setir.
  4. Penyetelan sector shaft yang tidak tepat atau penyetel rack pada model rack and opinion terlalu kendur bias membuat gerak bebas setir berlebihan.

Gangguan pada setir akan sangat kita rasakan pada saat mobil berada pada kecepatan tinggi, makanya pengetesan spooring dan balancing perlu dilaksanakan pada saat mobil melaju pada kecepatan diatas 100 km/j, dimana gejala limbung itu bisa dirasakan.

Cara yang termudah dan termurah untuk mengetahui kapan waktunya mobil harus dilakukan spooring dan balancing:

  1. Apakah terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan Anda saat menyetir. Roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan bertugas lebih ekstra memungkinkan keausan ban lebih cepat disbanding roda belakang.
  2. Pada saat mobil Anda melaju lurus kedepan, apakah Anda merasakan suatu belokan dengan sendirinya walaupun tanpa adanya perubahan kendali setir. Jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan tanda adanya masalah spooring.
  3. Cobalah periksa keasusan ban mobil Anda, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
  4. Kondisi setir yang yang tak nyaman bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
  5. Pada saat Anda membelokkan mobil, apakah Anda merasa adanya goncangan padahal kondisan jalan yang bagus.
  6. Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini tandanya mobil Anda sudah cukup parah dengan keseimbangan.
  7. Bila komponen system kemudi dan suspensi telah bergerak, sementara roda mobil Anda hanya bergerak lurus.


Tindakan preventif agar mobil Anda terhindah dari gejala limbung:

  1. Lakukan spooring dan balancing secara berkala. Karena tiap produk mobil memiliki system dan tehnologi yang berbeda-beda di bagian suspensinnya, maka disarankan untuk mengikiti buku panduan yang tersedia.
  2. Bila ingin merotasi ban, Rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur akan memberikan keausan yang merata untuk semua ban di mobil Anda. Untuk mobil penggerak empat roda, dianjurkan melakukan rotasi ban setiap 5,000 kilometer (sumber: Goodyear).
  3. Pasanglah roda dengan mengikuti petunjuk arah putar yang tertera pada kulit ban dan berikan tekanan angin yang sesuai dengan buku petunjuk dari pabrik.
  4. Sebelum dimulai perbaikan spooring dan balancing lakukan pengecekan semua kondisi ban dan pelek, pengecekan bagian suspensi, hubungan pada setiap sambungan kaki-kaki, kondisi chasis serta bodi kendaraan.
  5. Untuk mendapatkan hasil spooring dan balancing yang maksimal, yakinkan bahwa bengkel yang Anda kunjungi memeliki peralatan standard dan sesuai dengan karakter mobil Anda.
  6. Hindari mengganti ban dengan mengunakan ban bekas, walaupun harganya murah resiko tinggi terhadap keselamatan.
  7. Apabila mengalami ban bocor/pecah dijalan, gunakan ban serep yang punya ukuran yang sama dengan ban aslinya. Kalau ban serep yang tersedia berbeda atau lebih kecil, pergunakan ban serep ini hanya untuk keperluan darurat sampai ban aslinya bisa diperbaiki.

93 Responses to Pentingnya Balancing & Spooring

  1. jeremy says:

    Sy tanya masalah inova 05 koq stir klau d jalan lubang atau agak gelombang stir slalu bunyi dek2 kyak goyang it dr apanya ya,mhon infonya tq

  2. ada deh says:

    Misi agan2.. kmrn saya hbs spooring mobil saya honda new jazz 2013.. rencana besok mw ganti per.. stelah itu apa perlu saya spooring lg.. makasih..

    • om om says:

      Mas bro..Honda jazz 13 saya dah sampai 10rb km..soal gangguan sistem kemudi dan keseimbangan sepertinya blm terasa.,apakah sebaiknya tetap perlu dilakukan spooring-balancing?.,mhn advice..tks

  3. Raymond says:

    Saya punya mobil Nissan march 2011 , saya baru saja mengganti velg dan ban mobil saya dengan velg 17 dan ban lebih lebar. Ban Depan denga ukuran lebih tipis dari ban belakang pada saat kecepatan 80 km perjam mobil saat berasa bergetar dan stir ber getar. Mohon saran dan bantuan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

  4. mardin says:

    mohon bantuannya..
    saya punya mobil innova 2005,ban depan cepat habis dan waktu belok bunyi kaki-kaki depan, trus suka bunyi-bunyi shok ban depan klo ada getaran karena tidak halusnya aspal ?
    mohon bantuannya

  5. rio says:

    ass,,mau nanya nihh,,saya punya mbil avanza 2004 ,kendala nya pda stir,,pas awal mau jalan stir mobil terasa berat,,padahal power stering gak ada masalah semua nya bagus,,tapi kok pas mau jalan agak sedikit berat,,mohon solusi nya ,,terima kasih

  6. herru says:

    mohon bantuannya..
    saya punya mobil toyota corolla GL 1983 ban depan cepat habis dan waktu belok bunyi kaki-kaki depan.
    mohon bantuannya.

  7. Tommy Oto kits Cilacap, Majenang says:

    Saya senang dengan ulasan di atas, namun ada sedikit kalimat yang mengganjal di pikiran saya yaitu “SEDANGKAN BALANCING ADALAH UNTUK MEMBUAT RODA BELAKANG MENJADI PARALLEL DENGAN RODA DEPAN” Sedangkan yang membuat PARALLEL adalah spooring. BALANCING ( balance = seimbang)agar tidak terjadi getaran. Saat roda berputar terjadi gaya sentrifugal pada tiap bagian roda dan ban dimana sejumlah gaya tertarik keluar dari ban. Gaya ini semakin menguat saat rotasi roda semakin cepat. jika massa sudah merata ke seluruh roda dan ban (tidak ada titik berat), gaya akan seimbang maka gaya sentrifugal tidak akan memiliki efek hambatan. Jika ban memiliki titik berat maka ban akan tidak seimbang, dimana gaya sentrifugal lebih besar pada slah satu titik ban yang akan menarik gaya yang kuat saat ban berputar. Sehingga akan terjadi goncangan atau getaran akibat roda tidak seimbang.
    Sekian sedikit ulasan saya, jika argumen saya salah, mohon maaf sebesar-besarnya.

  8. tonny says:

    Dear
    Bp. Saft7

    Salam kenal, saya mau tanya! Mobil Avanza thn 2009 saya ada masalah pada saat pengereman dalam kecepatan 70 km/jam stir bergetar kencang sampai tanganpun terlihat getarannya, sedangkan perbaikan sudah saya lakukan penggantian tie rod dan memang ada kekendoran di long tierodnya itu juga sudah di kencangkan oleh Mechanik Bengkel, setelah keluar dari bengkel saya tes drive dengan kecepatan di atas 70 Km/jam di jalan tol setelah saya lakukan pengeraman penyakit getar di stir masih tetap ada. Mohon solusinya

  9. ageng says:

    Ass mas , aku mau tanya ??kijang inova mas Sebelumnya, Satubulan yg lalu saya kecelakaan seetelah masuk asuransi. Atau setelah selesai diperbaiki , dan kembali mulus , tetapi stir mobil terasa bergetar di kec diatas 90 km/ jam , dan terasa gledek – gledek halus di roda depan, pada saat kecelakaan posisi nya nabrak bagian depan mas, untuk roda setau saya tidak kena mas. Kira2 apa ya mas. Mohon pencerahannya mas trima kasih mas

    • Utha says:

      Salam kenal pak, sy pernah mengalami kecelakaan jg dan yg kena roda kanan depan. Kebetulan saya cukup detil dengan mobil lalu setelah mobil dibenerin bodynya saya mulai mengukur jarak sumbu roda belakang sebelah kiri (karena tidak kena tabrakan) untuk saya bandingkan dengan sisi kanan. Rupanya roda depan kanan saya mundur sekitar 1.5cm dibanding sisi kiri. Saya melakukan pengukuran itu krn stir sering lari ke kanan. Lalu di cek dibengkel chasis dan ketahuan kl arm dan knuckle agak bengkok. Akhirnya ganti part tsb, tp setelah semua kembali normal tp stir msh lari ke kanan jg. Lalu saya merotasi ban, kedua roda depan saya tukar dengan roda belakang. Alhamdulillah, skr mobil kembali normal spt dulu lagi. Berarti velg saya depan kanan yg kena tabrakan itu sdh bengkok. Semoga sharing saya bis membantu bapak, mungkin velk

  10. BudWin says:

    Dear pak,

    Selamat pagi,
    Salam kenal.
    Menarik dg ulasan dan pengetahunnya.

    Saya ada problem dg Mobil sy :
    - Kendaraan Toyota Camry 2.4G 2004
    - 10 hari lalu di service rutin di salah satu bgkl.
    - mkn dg pertimbangan apa, mereka melakukan
    Spooring Balancing (padahal saya tdk ada keluhan,
    Dan mobil nyaman serta stabil, hingga 150km/jam

    Begitu keluar, saya merasakan keluhan tambahan dimana pada kecepatan 70-90km terasa getaran/
    Vibrasi yg keras terutama di roda bag depan dan stir,
    Dan menjadi agak stabil (relatif hilang/
    Tenang setelah di 90 km/jam keatas.

    Komentar pihak bengkel saat saya kembalikan, katanya masalah ban, dan sy sianjurkan ganti ban. Tapi karena,
    Ban saya masih relatif baru (70% dan 85%) , 2 thn 2010
    Dan 2 thn 2011. Maka saya tdk percaya.
    Kemudian saya kembalikan krn masih ada garansi.

    Setelah kembali ke dua, dinyatakan ban tidak apa2, dan menurut mereka bearing roda dpn sdh rusak dan
    Harus diganti, 1,2 jt.

    saya msh blm mau mengganti, krn sy tdk yskin dg analisa tsb.

    Mohon masukan bapak atas hal ini, apakah memang proses spooring balancing yg tdk baik/sempurna?
    Atau memang ada kerusakan bearing dan hrs sy ganti.

    Demikian tks .
    Salam

    Hk,
    Budi

    • deddy says:

      untuk cek bering ban depan.. sangat mudah.. dongkrak saja ban depan.. setelah naik.. goyang kanan kiri.. klo goyang berarti bering..!. biasanya klo bering rusak kedengar suara berdecit decit gitu..!

  11. zaky says:

    ms mo nyak u long tie roda depan seblah kiri patah di sebabkan karna ap? soalny bengkong trus patah.kira2 yang orsinil toyota avansa brp.timakasih

  12. Ato salido says:

    Saya punya timor tahun 2000 … ketika mesin belum panas dan belum di bawa jauh setir ringan , akan tetapi setelah mesin panas dan dibawah jauh setir jadi berat .Sepertinya power steering tidak bekerja . Penyebab nya apa yach mas,long tierod,bal join semuanya sudah di ganti akan tetapi tidak menyelesaikan masalah .. Menurut montirnya kontrol valve nya rusak.Spareparts nya sekarang belum ada jadi sampai sekarang masih seperti itu . setir berat ketika mesin panas . mohon saranya .. Terimakasih sebelumnya

  13. Jalaluddin says:

    assalamu’alaikum. salam kenal. saya mau tanya ni.., saya pake xenia XI kondisi mobil baru enam bulan. kalau mobil saya belok dengan putaran stir Fuul berjalan perlahan baik mundur maupun maju terasa ada goncangan seperti di jalan yang ga rata. padahal saya memakai mobil di jaLAN yang rata. kenapa ya om..???? tolong solusinya!!

  14. akhmad says:

    askum, mas. salam kenal. mau tanya. mobil saya espass 95. saat jalan stir lumayan lurus tidak miring kiri-kanan, cuma permasalahannya pas mobil dalam keadaan diam stir kalau kita gerakkan ke kanan maupun ke kiri pas mau jalan berat banget walaupun ban tidak kurang angin/gembes, minta solusi mas? thanks….

    • zakir skynet says:

      kemungkinan setelan ban nya terlalu mekar kedepan coba ukur dengan meteran : ujung ban depan dengan ban depan dalam kemudian bandingkan selisih yang diperkenankan 1-2 mm

  15. indra hafiz says:

    ass, salam kenal, sy mau bertanya, knp slalu ada bunyi “tek” setiap sy ngerem atw membelokkan mobil, kira2 apa penyebabnya? jujur mobil ini aku beli dr pemakai, jenis sedan thn 95, ada yg bilang itu boljoin kalah, dan langkah apa yang mesti dilakukan? tks..

  16. darmawan says:

    Saya mau bertanya : Apakah mobil baru perlu di spooring ? karena saya baru 1 minggu pakai all new avansa, rasanya stirnya koq agak berat digerakkan kalau jalan langsam, spt ada yg mengganjal gitu…
    Trima kasih.

  17. dymaz says:

    thanks infonya gan. . . .^ ^

  18. ban mobil says:

    terima kasih atas informasinya, sangat membantu sekali

  19. Ainul says:

    Ban belakang mobilku miring, padahal belum sebualan aku mobil tersebut. apakah masalah dari itu ya?

  20. ryan.. says:

    Mohon petunjuk urutan Rotasi Ban Sedan Mas….

  21. andika says:

    mau tanya mobil saya sering lari kanan dan ban bagian dalam capat botak kalau diliat ban bagian kanan agak mundur dari ban bagian kiri, saya disarankan dari bagian spooring untuk press body, setelah saya mau press body saya check bagian kaki-kakinya tenyata tidak ada masalah…

    apakah saya tatap harus press body atau tidak?

    terima kasih

    • saftari says:

      Coba ke bengkel spooring yang lain… apabila 2 bengkel lain juga menemukan perbedaan jarak sumbu roda,.. artinya memang chasis mobilnya sudah tidak simetris.

  22. deny says:

    mlm om,, saya ada masalah dgn mobil mitsubishi grandia saya,, ster nya terasa berat dan setelah saya cek oil masih sesuai standar max,, dan tdk ada kebocoran apa pun, dan sewaktu belokan ke kiri dan kanan sternya tdk mau kembali lagi, dan sewaktu jl lurus mobil tdk bisa tenang mobil belok kekiri atau kekanan sendiri,,, tlg di bantu ya om,, dibalas ke email saya aja,, mksh,,

  23. afan agrariksa says:

    saya punya panther hi-grade. Kemudi mobil saya kalo digunakan berbelok ke kiri atau ke kanan rasa-rasanya saya udah muter sepuluh kali (mksudnya bnyak putaran). Tapi gerakan berbelok mobil sangat lambat. Apa itu termasuk gejala mobil saya perlu di spooring dan balancing? Terima kasih.

    • mbah kung says:

      saran aja,mungkin berguna,menurut saya pribadi,mobil mas afan,masalah di steering rack nya yg sudah aus,jadi kemudi terputar banyak tapi roda belok nya dikit,coba bawa ke ahli power steering,ini ada alamat nya :
      BOTAK SENG
      1.jatiwaringin no4,tlp 70788682
      2.tubagus angke raya,tlp 70793686
      3.fatmawati no28,tlp 68861868
      semoga membantu
      salam
      mbah kung

  24. Maulia says:

    mantab infonya….

  25. Mqulia says:

    mantab infonya, sekalian tanya nih, untuk spooring dan balancing itu lama nggak ya nunggunya… thanks…

  26. adri says:

    bang shaft, mau tanya mobil kijang ku kl dibawa jalan steernya bergetar kekiri dan kekanan, untk kaki-kaki ngak masalah . apa ada pengaruh dari balance roda..?
    atu dari power steering..?

    mohon dibalas ke email saya ya bang…
    salam,

  27. Ari says:

    Salam hangat bung Saft7, mohon pencerahannya:
    Mobil saya kijang kapsul tahun ’97, beberapa waktu yang lalu saya ganti selang power steering, terus kondisinya saat ini stir kalau belok tidak mau kembali semula (lurus), apakah ini ada pengaruh balancing dan spooringnya juga.
    Terima kasih.

  28. Risityanto says:

    Salam hangat bung Saft7, Mohon solusinya Bang, ada beberapa masalah yg sy hadapi saat ini pd mobil starletku :
    1. pada saat mobil melaju di jalan lurus, stir mobil sedikit demi sedikit agak ngbuang ke kanan
    2. Bagian belakang mobil agak bergoyang pada saat melintasi jalan yang sedikit rusak, menurt teman bengkelku ini disebabkan pada kaki-kaki Shock Belakang yg mengalami kebocoran
    3. Jika mobil melaju diatas kecepatan 60 Km/jam, stir mobil bergetar sekali
    4. Ban Belakang mobil sy ukurannya ada yang tidak sama, apakah ini berpengaruh terhadap sensitivitas pada stir
    5. Minta rekomendasinya utk spare parts khusus Shock khusus ukuran mobil starlet atau sejenisnya yg sesuai budget
    tolong jawabannya dikirim ke email sya, sebelumnya terima kasih….bravo Shaft7 smoga makin jaya slalu

  29. riky.virdiana says:

    Evonya keren euy.. standar aja bikin ngiler..

  30. Paul says:

    justru mobil tua sebaiknya di spooring&balancing roda2nya. spy lebih presisi. tapi sebelum itu tieroad&balljoint harus dalam keadaan bagus. krn jika tidak maka spooring tdk dpt dilakukan.

  31. Miftah says:

    Apakah mobil tua masih bisa di balancing / spooring contohnya mobil suzuki katana thn. 89 / suzuki forsa thn. 87

    • nico says:

      masih bisa kok,asalkan kondisi velg dan ban(roda)masih memungkinkan untuk di balancing.serta kondisi kaki kaki pada mobil anda masih memungkinkan untuk bisa di spooring.jika ada bagian dari kaki kaki mobil anda ada yang rusak,maka harus di lakukan penggantian terlebih dahulu,setelah itu baru di spooring

  32. roja says:

    minta tolong ni bro, kalau setiur mobil panther terlalu banyak putaranya apabila belok kekanan atau kekiri apa yang menjadi penyebabnya

  33. Herman says:

    Saya punya alat spooring Acraliner II tapi tidak tau cara pakenya karena dibeli belum tau cara pakenya ada enggak buku petunjuknya ,makasih ya

  34. ilman says:

    mas saya mau tanya ???
    berarti saya juga mengalami spooring yah ???
    soalnya stir mobil saya berat ke kiri.
    apakah ada kendala lagi gara” stir berat ke kiri ?
    terimakasih mas …

  35. Iqbal says:

    Mas sy mau tanya, berapa budget yg hrus di siapkan utk ganti bushing per, karet stabiliser, servis long tierod sama ongkos2nya utk toyota kijang kapsul ?

  36. asgafcyber says:

    cek spooring yang bagus apa kita perlu tanya ke bengkel,kapan si alat2 nya terakhir diupdate sistemnya?? atau kapan terakhir di kalibrasi?? gman atu kang seft7?

  37. laso says:

    mas standar limited balancing roda brp Y…………………….TKS

  38. Denny DSU says:

    wah lagi2..inspiring..
    lupa udah lama ga spooring.
    ada daftar rekomendasi bengkel spooring?
    thanks before..

  39. Aries says:

    Salam hangat Bung Saft7.com
    All New Civic saya Thn 2006 1,8 A/T.
    Ada masalah yang belum ketemu,yaitu Mobil pada Saat posisi gear di ‘N’ atau ‘P’ Bergetar. Jika gas dinaikkan hingga 2000 RPM getaran tersebut hilang. Mohon Penjelasan Bung Saft7.com karena di tempat saya (Bontang) Belum ada specialist Matic. Mohon balasan ini ditujukan ke Email saya langsung
    Trims Bung Saft7.com

  40. robby says:

    tolongin dong om, katanaku sebelumnya lari 40 km/jam udah goyang setelah kuperhatikan bannya ada yang tipis sebelah, setelah kuganti depan ma belakang dengan ukuran yang sama pada lari 60 km/jam baru terasa goyang gembali, apa yang harus ku lalukan, mobil udah di balancing tapi belum disporing, apakah perlu disporing

  41. qnoy says:

    Pls…knp yah setir hyundai atoz matic waktu mau jalan, starting gtu bergetar lumayan kenceng. trus mulai ngegas dah ga lagi terasa getarannya ..knapa yach…mohon perhatian yaagh

  42. Budi P says:

    Bro kalau getaran di roda depan tidak ketemu ketemu masalahnya coba chek apakah ada benjolan di bannya. SAya punya pengalaman ban belakang ada benjolan kecil disamping kalau jalan diatas 90 km/jm getar banget.

    Thx

  43. confused says:

    ban depan kiri mobil saya habis ditabrak sepeda motor waktu kecelakaan kmarin. sejak itu setir agak belok kekanan kalo mobil mau jalan lurus. kalo setirnya diluruskan, mobil jalannnya agak belok kekiri. apa ini tanda perlu dispooring atau balancing atau lainnya?

  44. Rizal says:

    Salam hangat Bung Saft7.com
    Lancer Matic Saya Tahun 1995 Ex Singapore Setelah Saya Beli ternyata ada beberapa kendala yg membuat saya pusing.
    1. Pada Saat Jalan Pertama Mobil Kehentak
    2. Mobil pada Saat posisi gear di “N or P” Mobil Bergetar
    Mohon Penjelasan Bung Saft7.com karena di tempat saya (Aceh) Lom ada Dokter Ahli Matic Yg Betul2 Bisa. Dan kalo Bisa balasan ini di Tujukan ke Email saya langsung
    Trim Bung Saft7.com

  45. rifki says:

    saya ingin bertanya
    1.apa sih pengertian dr spooring & balancing
    2.bagaimana cara perawatan spooring & balancing

  46. ariwibowo says:

    saya ingin menanyakan kenapa setir mobil saya terasa berat???

  47. Pratomo says:

    Salam….
    team saft7…

    saya ingin menanyakan masalah pada mobil saya, dimana ketika pedal kopling diinjak, akan terdengar bunyi “krieek” (nggak kenceng, tapi cukup terdengar), kurang lebih seperti bunyi pintu rumah dibuka. Apakah masalah tersebut gawat, atau hanya pedal kopling yang mulai kering??? (sy tidak tahu apa2 neh). Apa ciri2 kopling yang kurang baik, bagaimana tips perawatan kopling…Lalu apa bedanya normal aspirated (bener gk tulisannya??)/NA dengan engine turbo??? (Maaf yang terakhir nggak nyambung)
    tolong jawabannya kirim ke email saya saja.

    Terima kasih banyak.

  48. ramli butar butar says:

    kepada yth,
    team saft7

    aku inigin menanyakan tentang GARDAN mobil (differential shaft), mengenai perhitungan roda gigi dan troubleshooting.
    tolong jawabannya kirim ke email saya.

    terima kasih

  49. Uki says:

    Bang Saft…, ane pengen tanya sedikit, ane punya mobil Accord thn 84, pake power steering, tapi dalam keadaan langsam, kalo di belokin ke kiri berat banget, tapi kalo di belokin ke kanan enteng, tapi kalo di gas baru bisa enteng semua, kira2 kenapa yah…, mohon pencerahannya

    terima kasih bang

  50. Robin says:

    “Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan”.
    Kayaknya keliru Bang Saft, balancing ‘kan proses menyeimbangkan masing-masing ban sehingga pada saat ban berputar sama berat ditiap bagiannya, baik sisi dalam rim dan luar velg & ban, sehingga tidak bergetar pada waktu berputar karena berat sebelah (imbalanced). Untuk ban yang tidak balans, pada mesin balancer akan tertera berapa besar berat berlebih disatu titik, lalu ditunjukkan di monitor sisi berseberangan dari titik terberat tadi. Lalu ditambahkan pemberat/ counter weight berupa lempengan timah seberat 5gr, 10 gr, 15gr dst sesuai dengan berat yang dibutuhkan.
    Penambahan counter weight balancer ini dilakukan di sisi dalam ataupun sisi luar velg, untuk mengcounter bagian yang berat sebelah sehingga balance.Untuk bengkel-bengkel modern, proses balance ini dilakukan tanpa melepas ban dari kendaraan, dan dilakukan langsung pada ban, dinamakan ‘finish balancer’, konon lebih akurat, karena semua komponen ban yang berputar akan terkalkulasi balancenya.
    Terima kasih banyak Bang..

  51. Farid says:

    Bung Shaft,
    Dimana saya dapat membeli alat balancing dan spooring, untuk penambahan alat di bengkel saya

    Thanks

    • Hendra Jony says:

      Mesin2 balacing dan spooring yang tercanggih bisa dibeli di PD ADI PUTERA JAYA, 021 29030927-30 Jl. PPD no. 2, block B10-11 Jakarta Barat.

  52. darmawan says:

    saya baru beli ban ACHILLES PLATINUM 195/60/R15,waktu abis pasang di spooring n balancing.tapi stlh jalan koq suara nya gemuruh ya. ada yg bilang dan agak getar pada kec 60 km/hrs itu balancing nya gak bener,ada yg bilang spooring gak bener.apa emang ban nya gak bener mengingat type basah aqua threat.dimana bengkel spooring n balancing yg bagus untuk Jaksel n Tangerang.Ada yg bisa info.sebelumnya pake merek laen (aqua threat) tidak masaalah.

  53. wong feelip says:

    saya mempunyai mobil panther grand royal 97,masalah pada mobil cuma satu yaitu jika setir mobil dibelokkan secara mentok selalu bunyi duak!!!dan kayak mendal,tolong dikasih solusi ya?makasih atas responnya saya tunggu.

  54. ari says:

    apakah yang dimaksud dengan balancing?

  55. Ryan says:

    Mas saya minta dijelaskan dong kasus di mobil saya “Trooper Bensin Thn 92″ Jarak wheel base Roda depan belakang kok ngga sama antara kiri dan kanan (memamng dulu roda depan kiri pernah melintir masuk got terus bengkok dan sdh diluruskan) saya sudah spooring dan hasilnya bagus dalam kondisi top speed juga stabil …tapi yang jadi masalahnya jarak wheel base antara kedua roda depan – belakang kiri dan kanan selesih hampir 2 cm apakah hal ini bisa di kembalikan ke jarak wheel base normal atau as roda dan mungkin bisa chasis sisi kiri depan yang bengkok…mohon pencerahannya …mas…tks

  56. hero says:

    Saya punya mobil mitsubishi 100 PS box thn 2002. Setiap kali berkendara kemudi selalu bergetar pada kecepatan 70 km/jam. Pada kecepatan mencapai 60 km/jam dan setelah 70 km/jam kemudi dalam keadaan stabil (tidak bergetar). Spooring dan balancing sudah dilakukan, tapi kok kendala yang sama masih tetap saya alami. Apa sih sebenarnya penyebab lain dari getaran kemudi itu?

  57. aji says:

    gimana juga dengan mobil yang jika setirnya dibelokkan selalu terdengar bunyai kletek, apa ada hubungan dengan balancing-spooring? thanks saft7.

  58. bangdoel says:

    Mas saya minta dijelaskan dong tentang balancing dan spooring, dan alat-alat 7yang diguinakan apa saja, saya untuk menjelaskan kepada murid-murid STM, cepat ya mas “Ibadah Loh” ingat kata pepatah mas “SAMPAIKANLAH WALAU SATU AYAT UNTUK KEBAIKAN UMAT” wah gimana tuh kalau sampai berayat-ayat ??? :)

  59. bangdoel says:

    Mas saya minta dijelaskan dong tentang balancing dan spooring, dan alat-alat 7yang diguinakan apa saja, saya untuk menjelaskan kepada murid-murid STM, cepat ya mas “Ibadah Loh” ingat kata pepatah mas “SAMPAIKANLAH WALAU SATU AYAT UNTUK KEBAIKAN UMAT” ah gimana tuh kalau sampai berayat-ayat ??? :)

  60. aris says:

    Bung shaft, saya mohon pencerahan..
    Saya punya katana 90, pakai ban radial. Tanpa power steering.
    Masalahnya akhir2 ini kok gerak bebas steernya lumayan banyak ya dan Roda tetap lurus terus.
    Kaenapa ya kok bisa gitu?
    Klo bisa di kasih gambar konstruksi proses kemudi dari steer, batang penggerak sampai roda.
    trims ya,,,,

  61. deddy says:

    Mas, mau nanya ,jawab ya …
    saya punya mobil Corolla GL tahun 84 udah tua sih, gue punya masalah.kalau mobil leata jalan yang bergelombang mobil sering oleng ?
    apa yang harus saya ganti atau service,tks lo

  62. dodi says:

    sama mas saya punya maestro 92 juga setir getar kecptan 110-120, kaki2 semua ok (kata org bengkel) trus kalo jalan keriting setir bunyi tok.tok tok

  63. Supriyadi says:

    Bang mohon penjelasan, Saya punya mobil atoz, satu shokc belakang bocor, apakah harus ganti satu aja atau dua2nya, thank atas jawabannya

  64. Junaidi says:

    Bung Saft.
    Honda Accord Maestro setir terasa bergetar, makin cepat getaran makin terasa.
    Kaki- kaki sudah cek baik, balljoint, tie rod, bushing sudah ganti.
    Bahkan bearing roda, as roda luar dalam, disk brake sudah ganti.
    Ban dan pelek sudah dicek kondisi baik.

    Apa yang menyebabkan setir getar ?
    Apakah power steering berpegaruh pada setir getar ?
    Mohon bantuannya.

  65. Junaidi says:

    Bung Saft.
    Honda Accord Maestro setir terasa bergetar, makin cepat getaran makin terasa.
    Kaki- kaki sudah cek baik, balljoint, tie rod, bushing sudah ganti.
    Bahkan bearing roda, as roda luar dalam, disk brake sudah ganti.
    Apa yang menyebabkan setir getar ?
    Apakah power steering berpegaruh pada setir getar ?
    Mohon bantuannya.

  66. abek says:

    untuk TC 16, ban depan rada getar pernah saya alami ternyata selang high pressure PS rada retak , setelah di ganti ok

  67. Fuzz says:

    saya mencoba membantu yah sebisa saya,..

    @irfan : balans roda bertujuan untuk menghilangkan getaran pada stir saat mobil berjalan, umumnya balans dilakukan pada jangka waktu tertentu.

    @trilukito : pelek anda masih oke nggak ? klo sudah pecah juga bisa bikin getar.

    jika masih ada kekurangan mohon di maklumi dan di benarkan.

  68. R. Siahaan says:

    Saya punya masalah dengan sistem kemudi mobil saya Honda Civic Wonder, apabila pada saat mobil berjalan kemudian berbelok stirnya tidak mau kembali ke posisi lurus. Selain itu bila melewati jalan berbatu – batu terdengar suara getaran pada stir. Bagaimana solusinya ?

  69. trilukito says:

    Mas Saftari.

    Saya punya masalah dengan corolla TC 1.6 th 91 saya, roda depan bergetar (tidak terasa pada stir seperti kalo semi) pada kecepatan 100-110 selebihnya tidak, sudah berkali-kali di balancing+finish balance+spooring ditempat-tempat yang berbeda hasilnya sama saja. Saking jengkelnya saya ganti semua tie rod, rackend (long tie rod), ball joint, shockbreaker, per spiral, bushing arm, karet2 dudukan mesin tetapi roda tetap bergetar. tambahan informasi roda dengan pelek standart mitsubishi dangan dan ban beli baru 4 buah bridgestone turansa 185/60/14. Mohon penjelasannya kira2 apanya dan bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya

  70. irfan says:

    mas kok belum dijawab?!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  71. irfan says:

    mas tolong jelaskan materi tentang balancing roda?

  72. irfan says:

    mas tolong segara dijawab soalnya saya sangat butuh!

  73. irfan says:

    mas apa pengertian dari balancing roda ? tujan balancing roda? apa syarat sebelum membalancing roda? mengapa harus dibalancing? tanda tanda roda harus dibalancing? apa maksud balncing membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan?

  74. gsr says:

    berkaitan ban, masa kedaluwarsa ban itu berapa tahun ya dari tanggal pembuatan?

  75. zul says:

    Bung saft,
    Saya punya masalah dg kijang saya..kalo lari pelan (40 km/j) rasanya kok goyang.. apakah dari spooring/balancing atau ada komponen lain yg rusak. Tks

  76. Mr. biGhuGs says:

    Bang Saft,
    Saya punya mobil Kijang 92, kemaren baru ganti BallJoin atas-bawah (kanan kiri) sekalian juga ganti RackEnd (kanan kiri juga) dan ganti klaher. Bengkel tempat saya ganti kebetulan nggak ada fasilitas Spooring. Setelah di pasang semua yang saya rasakan pas nyetir kliatan nggak nyaman (agak keras, lari ke kanan mulu, kalo saya liat posisi lurus dari depan mobil, ban kliatan miring ke dalem). Yang jelas pasti emang harus di spooring kan ? apakah setelah di spooring permasalahan saya itu dapat teratasi ? soalnya saya takut kalo setelah di spooring ternyata masih sama juga, lalu seandainya bongkar lagi…kan tentunya setelah pasang akan spooring lagi. (maksud saya biar tidak mubazir ongkosnya). BTW: bengkel spooring yang bisa di rekomendasi Bang Saft di Jakarta Pusat/Selatan di mana ya…?

    Mohon penjelasannya, Thanks

  77. Adriel says:

    Bung Saft.
    Saya punya eterna, dan mempunyai masalah pada ban bagian belakang yang selalu habis pada bagian dalam. Pada waktu di spooring, terliha klo chamber roda belakang negatif.

    Yang saya ingin tanyakan:
    - Apakah chamber eterna sudah negatif dari awalnya?
    - kalau tidak negatif, apakah harus ada pergantian parts, seperti bushing, dll?

    Sekian dan terima kasih

  78. d1ma5 says:

    Ardy Primawan Says:
    Mengenai rotasi ban, apakah semua ban dapat dirotasi, mengingat ada juga ban type one direction (CMIIW), yang ‘katanya’ antara kanan dan kiri tidak boleh dipertukarkan? Contohnya seperti Potenza RE711. Mohon pencerahan.

    d1ma5 Says:
    Kalo tipe bannya yang directional, rotasinya depan sama belakang aja. Tapi tentunya pelek depan sama pelek belakang seukuran dong :)

    Untuk ban cadangan pake ban non directional aja. Namanya juga cadangan, pakainya kan kalo darurat sementara ban yang asli ditambal/ganti.

  79. Ardy Primawan says:

    Mengenai rotasi ban, apakah semua ban dapat dirotasi, mengingat ada juga ban type one direction (CMIIW), yang ‘katanya’ antara kanan dan kiri tidak boleh dipertukarkan? Contohnya seperti Potenza RE711. Mohon pencerahan.

  80. suprato says:

    biasanya kalau karet engine mounting pecah atau udah ambles maka getaran mesin akan terasa di body atau dashboard tambah bergetar pada saat kendaraan diam dan mesin stasioner. Kalau tie rod saya kurang tau nich :)

  81. Raka says:

    Mumpung masih ada kaitannya nih!!!! apa yang terjadi kalo karet dudukan mesin & karet swing arm/tie rod pecah? apakah ini bisa menyebabkan kendaraan limbung?? mohon pencerahan

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com