Sudah dibaca sebanyak 1127 kali

Mendesain website tentu menyenangkan. Desain bisa dimulai dari halaman kosong hingga menjadi suatu website yang menarik. Tambahan unsur artistik yang kuat bisa membuat website mempunyai daya tarik lebih dan layak dipamerkan ke teman-teman Anda.

Kemampuan Anda dalam mendesain website bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Namun, jika Anda ingin menjalankan bisnis mendesain website, Anda juga harus memiliki pola pikir dan proses kerja yang tepat agar desain yang Anda buat tidak gagal. Desain yang gagal sebenarnya bukan berarti website rancangan Anda terlihat buruk. Kegagalan bisa juga terjadi karena secara fungsi, website yang Anda buat tidak dapat digunakan dengan semestinya atau target website tidak tercapai.

Untuk mencapai kesuksesan dalam merancang dan mendesain website, sebaiknya sesuaikan desain yang Anda buat dengan target yang Anda harapkan. Tentunya, semua itu harus sudah tertuang dalam satu konsep desain, mulai dari latar belakang website, target yang akan dicapai, warna utama yang digunakan, hingga gaya desain (style) untuk website yang akan digunakan. Dalam satu proses desain, ada alur kerja yang harus dikerjakan langkah demi langkah. Sayangnya, yang banyak terjadi saat ini, para desainer (khususnya yang baru memulai bisnis ini) dan pekerja freelance melakukan proses desain tanpa alur yang benar. Terkadang, mereka hanya terfokus pada hasil akhir suatu desain yang dibuat. Berikut adalah alur proses desain yang umum.

1 Perencanaan

Sebelum Anda memulai mengira-ngira desain yang akan dibuat, membayangkan warna yang akan dipakai, hingga menentukan teknologi apa yang akan digunakan untuk mendukung website tersebut, sebaiknya Anda mengumpulkan terlebih dahulu data yang menjadi dasar pembuatan website tersebut. Data-data tersebut di antaranya adalah target umum dari website, target pembaca, siapa saja yang boleh melihat website, apa yang diinginkan user dari website, menentukan daya tarik website, keuntungan yang diperoleh pengunjung, update website, dan masih banyak lagi.

Selengkapnya silahkan download dokumen PDF ini. (SEPTEMBER08.PDF)

Artikel ini saya tulis dan dicetak dalam rubrik Web Corner di Majalah Komputer CHIP no.9/2008, Edisi Bulan September 2008 – Halaman 160-164

Cover CHIP no.9/2008

.

halaman 160

halaman 161

halaman 162

halaman 163

halaman 164

Semoga bermanfaat.