Sudah dibaca sebanyak 263 kali

Membangun sebuah website membutuhkan beberapa hal yang harus direncanakan
agar website nyaman dinikmati oleh siapa saja. Apa saja hal-hal yang dibutuhkan dalam
membangun sebuah website? Ikuti tipsnya berikut ini.

Merencanakan membuat suatu website umumnya melalui dua langkah proses. Pertama, Anda perlu mempersiapkan team atau partner yang dapat membangun website Anda, menganalisis target dan apa yang menjadi kebutuhan-kebutuhan Anda, mengerjakan website tersebut dengan mengikuti alur kerja dari proses pengembangan yang ditentukan tim developer. Proses kedua adalah menyusun spesifikasi dari website yang Anda akan buat. Isinya adalah detail dari segala proses hingga teknologi yang digunakan di website tersebut dalam suatu dokumentasi yang baik. Biasanya, website yang dipersiapkan dengan spesifikasi dan dokumentasi yang baik akan menjadi website yang baik, fokus, dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Persiapan Perencanaan

Umumnya, website dibangun oleh suatu tim atau developer untuk memenuhi kebutuhan suatu organisasi atau perusahaan lain. Sayang nya, saat ini seringkali kita temukan website yang dibangun sematamata hanya untuk menampilkan aspek teknologi (teknis) saja, seperti menggunakan animasi flash, gerakan-gera kan transisi yang terkesan canggih, menampilkan video streaming, dan masih banyak lagi. Namun, semua hal tadi melupakan faktor-faktor dasar yang sebenarnya lebih penting dalam membangun website, yaitu visi, misi,d an tujuan website itu dibuat. Sekarang ini, banyak sekali informasi yang cukup penting di website justru tidak tercerna oleh user. Sukses tidaknya suatu website ditentukan oleh user yang menggunakannya. Jika Anda bisa memenuhi kebutuhan user dan sesuai dengan harapan mereka melalui konten-konten yang ada di website tanpa kesulitan apapun, website tersebut dapat dikatakan sukses.

Selengkapnya silahkan download dokumen PDF ini. (AGUSTUS08.PDF)

Artikel ini saya tulis dan dicetak dalam rubrik Web Corner di Majalah Komputer CHIP no.8/2008, Edisi Bulan Agustus 2008 – Halaman 134-137

Cover CHIP no.8/2008

.

halaman 134

halaman 135

halaman 136

halaman 137

Semoga bermanfaat.