Sudah dibaca sebanyak 1600 kali

Pertukaran informasi antar-karyawan dalam suatu perusahaan sangat penting dalam mendukung kerja sama tim dan produktivitas secara keseluruhan. Keputusan per usahaan membuat jaringan Intranet merupakan langkah nyata mewujudkan tujuan tadi.

Mengembangkan lingkungan kerja yang kolaboratif dengan membuat jaringan kerja Intranet adalah langkah maju ke arah keberhasilan dan konsolidasi. Intranet dalam suatu perusahaan adalah fasilitas yang efektif dan efisien untuk mendistribusikan informasi dengan tepat.

Manfaat intranet

Jaringan Intranet sama seperti Internet, hanya saja dibatasi untuk suatu perusahaan tertentu atau kelompok jaringan tertentu. Teknologinya sendiri sama persis dengan Internet, yaitu user mengakses halaman web melalui browser, user dapat mengirim dan menerima e-mail, mengirim dan menerima file, hingga saling berbagi informasi antar-pegawai dan kelompok user (groupware). Dengan kata lain, Intranet dapat disebut sebagai “Private Internet”. Intranet dapat menyuguhkan informasi yang up-to-date kepada karyawan mengenai segala yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Para karyawan saling bertukar informasi dengan cepat dan akurat. Dalam kenyataannya, adanya Intranet dapat menghemat pengeluaran kantor, khususnya penghematan pemakaian kertas, tinta printer, toner fotocopy, amplop, dan masih banyak lagi.

Jadi, Intranet adalah solusi yang hemat biaya bagi perusahaan yang ingin memberikan informasi secara berkesinambungan kepada para karyawannya. Anda juga bisa menghubungkan website Anda ke Intranet sehingga data tertentu dapat masuk ke jaringan Intranet secara dinamis.

Selengkapnya silahkan beli majalah CHIP edisi Oktober 2008 ya..

Artikel ini saya tulis dan dicetak dalam rubrik Web Corner di Majalah Komputer CHIP no.10/2008, Edisi Bulan Oktober 2008 – Halaman 156-160

Cover CHIP no.10/2008

.

halaman 156

halaman 157

halaman 158

halaman 159

halaman 160

Semoga bermanfaat.