.

 

Nyetir Mobil dengan HP Tanpa Handsfree?

handsfree-00

Saat ini banyak HandPhone (HP) dengan harga murah ditawarkan satu paket dengan jaringan operator berikut dengan berbagai bonus dan lain-lain yang menarik. Tentunya dengan murahnya paket tersebut, fasilitas (feature) yang disertakan pada unit HP tidak selengkap model lain yang lebih mahal.

Untuk berkendara, Handsfree berupa earphone yang terhubung kabel maupun bluetooth dengan HP sangat membantu dan aman. Dengan satu tangan kita memegang HP sembari menyetir mobil, maka faktor keselamatan dan refleks kita berkurang cukup banyak.

Pada HP paket murah tersebut, sebenarnya ada juga yang menyertakan fasilitas SpeakerPhone. Namun volume suara SpeakerPhone-nya sering kurang keras, sehingga HP tetap harus kita pegang didekatkan ke kuping. Sayang tidak ada lubang soket/terminal untuk memasang Handsfree karena memang fasilitas tersebut tidak disediakan.

MEMANFAATKAN VELCRO

Pernah dengar VELCRO? velcro banyak digunakan pada produk pakaian, sepatu, tas, dan lain-lain. Velcro sendiri ditermukan tahun 1945 oleh orang Swiss yang idenya muncul ketika dia melalui rumput liar, dan banyak bunga rumput yang menempel di pakaiannya… akhirnya muncullah Velcro dengan cara kerja mirip bunga rumput liar tadi.

Velcro banyak dijual di toko alat-alat jahit, harganya pun tidak mahal. Bisa dibeli meteran.

Ada juga velcro yang sudah ada perekatnya… jadi tinggal tempel saja.. terpisah antara bagian yang kasar (Hook Side) dan bagian yang halus (Loop Side)… praktis khan?

MARI BERKREASI…

Untuk menyelesaikan masalah kecil di atas agar tetap aman selama mengemudikan mobil dan tetap bisa berkomunikasi,… mari kita siapkan sbb:

Tutup bagian belakang klip besar tersebut dengan karton atau plastik tebal (1mm), rekatkan dengan selotip.

Sehingga menjadi seperti ini..

Baiknya sih gunakan karton/plastik warna hitam… saya bungkus deh dengan sticker.. karena warna karton yang saya gunakan adalah putih…

Nah.. Potong VELCRO disesuaikan dengan bidang yang ada pada Paper Clip tadi.

Pasang Velcro Kasar (Hook Side) pada bagian belakang Paper Clip,.. dan pasang Velcro Lembut (Loop Side) pada bagian belakang HP.

Kalau main-main ke toko buku… coba cari Paper Clip yang bentuknya lebih bagus lagi.. misalnya seperti ini.. tipis.. namun sayang mudah bengkok besinya.

SIAP PAKAI..

Nah.. untuk memakainya.. cukup selipkan Paper Clip di Seat Belt (sabuk pengaman).. kemudian tempel si HP di Paper Clip tadi…

Sederhana khan?.. namun sangat membantu.

Banyak yang berpendapat bahwa tidak dibenarkan / hindari melakukan komunikasi dengan HP selama mengemudi.
Nah.. itu dikarenakan kita menggunakan salah satu tangan kita, refleks dan konsentrasi kita berkurang.
Dengan adanya Handsfree, sangat membantu dan memperkecil resiko, karena kedua tangan kita tetap pada kemudi.
Dan kita berkomunikasi seperti biasa seperti halnya kita berbicara (ngobrol) dengan rekan di sebelah kita.

Yang paling parah, jika nggak ngobrol.. seringnya malah mengantuk… lebih berbahaya tentunya.

CATATAN PERINGATAN KESELAMATAN:

“SEBAIKNYA HINDARI MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN TELEPON GENGGAM SEWAKTU MENGEMUDI. JIKA ADA KEPERLUAN YANG SANGAT PENTING DAN TIDAK BISA DITUNDA, SILAKAN BERHENTI SEBENTAR DITEPI JALAN UNTUK MELAKUKAN KOMUNIKASI.
HINDARI MENJAWAB PANGGILAN TELEPON GENGGAM SEWAKTU MENGEMUDI, DAN SILAKAN MENELEPON KEMBALI SETELAH KENDARAAN BERHENTI DITEMPAT YANG AMAN.
HINDARI BERKOMUKASI YANG DAPAT MENGGANGGU KONSENTRASI, SEPERTI MEMBICARAKAN HAL2 YANG SANGAT SERIUS, HAL YANG MELIBATKAN EMOSIONAL.
USAHAKAN UNTUK MENGINGATKAN LAWAN BICARA BAHWA KITA SEDANG MENGEMUDI DAN MINTA UNTUK MENGHUBUNGI BEBERAPA PULUH MENIT KEMUDIAN”

TETAP HATI-HATI DI JALAN

.

40 Responses to Nyetir Mobil dengan HP Tanpa Handsfree?

  1. lixz says:

    tips yang berguna dan kreatif

  2. Rudi.WS says:

    Wah .. jadi tambah ganteng Om .. jadi inget sama Ice T waktu terima telephone .. hp nya langsung ditempelin ke helmnya (tanpa dipegangin) saat itu ice T sedang naik motor balap .. wuiih keren banget .. di film TORQUE waktu itu doi maen bareng Horison ford .. – mr-rudi.ws -

  3. pringgo says:

    waduh, kalo lihat foto Om Saft terakhir (lagi pasang ponsel di safetybelt), gimana kalo ketemu kapak merah yak? xixixixi……

  4. Taufik says:

    Sip deh, kita tunggu aja deh karya nyata pak Dadang, yang bisa diakses dengan mudah sehingga orang bisa ngeliat yang mana yang bener dan yang mana yang salah, yang mana yang mudharat dan yang mana yang manfaat.

  5. dadang says:

    wah..kok..ada ya hp kaya gitu..dan ada juga yang beli..kesian juga yang beli ya..di bohongin…mana jaman lagi susah gini……beli handsfree 50 rebu rupie..
    tambahan ..kalo kreatifitas bagus dan banyak guna..boleh lah di ikutin..contoh..memasang tas kresek bekas di tempat sampah..memilah sampah organik dan non organik…mengganti lampu biasa dgn lampu tl…naik sepeda ke kantor…membuat bolongan kecil di plastik ukuran besar bekas pembungkus…(menghindari bahaya anak tercekik)…tidak membuka tutup ember pastik berdiding tinggi yang berisi air..(nanti ada anak balita kelelep)..bagus tuh..ane puji seratus persen…ini… seat belt buat gantungan telpon..ibarat gayung atau panci jadi safety helmet…mana boleh tahaann…
    kalo ente baca di bawah safety issue..dalam manual book atau kalo mobil baru tengok lah stiker di balik sun visor, di terangkan bahwa segala macam kegunaan, larangan dan himbauan pemakaian seat belt..sampai2 ada larangan memakaikan seatbelt pada anak dibawah umur 4 tahun…karena bahaya tercekik…dan yang terahir..common sense…..kalo ada gangguan di beltnya karena ada benda lain..maka dianya akan ngewer..karena ga bisa balik ke posisi asal karena ke ganjel..trus jadi ribet buka pakai seat beltnya..mana kalo mo ngangkat musti tengok2 ke bawah..kalo tabrakan karena hal2 konyol macam tuh..faham kah anda..bukan idenya..impactnya..jelas anda berfikir belum ke arah itu ya..karena tidak punya kemampuan manganalisa apakah mudharat lebih banyak dari manfaat…he he he…cabutt….dadang

  6. Taufik says:

    Wuaduh, gimana neh ngejelasinnya ke pak Dadang.Itu paket HP murah meriah. jadi gak ada handfreenya, gak ada no PIN dan gak ada no. PUK dan orang yang beli hp tsb termasuk Udah pasti dong ah waktu beli diliat kelengkapannya apa aja. Gimana sih ente?
    Dari sekian banyak buku manual mobil yang dipinjem dari tetangga kiri kanan, gak ada tuh tulisan bahwa seatbelt bukan gantungan apapun. Heran ane sama ente, bisanya ngritik kreativitas orang doang

  7. dadang says:

    untuk bung taufik.
    betul sekali anda bung taufik. kalo saya tau semua ya jadi dewa ente, kaya Saft7 itulah.
    pengetahuan saya terbatas di mesin, oil field, radioaktif, chemistry dan oil refinery. karena memang saya sekolahnya di situ dan kerjanya ya di situ juga. saya tidak faham ekonomi, fotography dll nya.
    eh saya juga kalo beli telefon nanya dulu..apa opsinya dan apa benefit yang didapat jadi..ga asal beli baru mikir belakangan ko ngga ada ini ga ada itu…jadi konsumer pinter dikit lah..jangan diem ajah ntar dirumah baru ngedumel….
    itu dah salah..seatbelt bukan gantungan apapun…punya mobil kah? baca manualnya deh…atau beli mobil ga punya manualnya…capeee deehhhh..salam mesra..dadang

  8. Taufik says:

    ngebaca komentar dari Bapak Dadang di artikel lain, timbul pikiran bahwa Bapak Dadang ini tahu segala tapi ternyata saya salah. Untuk Bapak Dadang ketahui, paket ponsel yang diulik disini tidak ada handsfreenya. Jadi sebaiknya melakukan cek dan ricek sebelum berkomentar. Salam

  9. dadang says:

    haloooo ….jaman dah moderen masi mau tradisional ajah..emang pijet tradisional (enak)…pake handsfree ooyy…yang kabel kek..yang blututh kek…
    kalo beli telefon kan dah di kasi tu handsfreenya…pake deh….jadi orang mbok ya jangan males….
    >>gambar contohnya yang dikasi tu dah menyalahi safety dan kegunaan safety belt.
    safety belt bukan buat gantungan telefon dan/atau alat lain…aduh si oomm..yang bener dong kalo kasi contoh..jangan lah menyesatkan umat..
    kalo saya liat ada orang kaya gitu di lapangan saya..dah saya run-off pagi2 deh…(all benefit will not be given, high violation category..> tuh reasonnya) ane HSE sih sebabnya…salam mesra..dadang

  10. Denmas Iwan says:

    Kalau standard oil company : NO PHONE WHILE DRIVING.
    Dan yg lebih gawat, rawan ditodong, terutama kawasan per4-an.
    Beberapa sopir Bluebird selalu mengingatkan kita untuk tidak mengeluarkan ponsel di daerah2 tertentu.

  11. noempasti says:

    Buset ga kepikiran gw….

    Kiki_FU

  12. HaTaS says:

    tooop, unique idea n good idea

  13. INDRARACING says:

    IIhhh.. endud sekali itu pipi di foto ..
    hahahaha

    thanks bro infonya .. kerennnnn

    jangan bosan berkreasi yak :)

  14. ucun says:

    hmmm… ribet ah heheheh

  15. abie says:

    kirain bikin hadsfree kaya gimana nih…
    kang saft idenya memang unik2… hehehehe….

    ditunggu Om, ide2 selanjutnya… :D

  16. jimmi says:

    wah om, udah mbulet ya sekarang wajahnya heheh….

  17. Supri_Wae says:

    Nyetirnya jangan tegang gitu…., santai aja…

  18. ngek says:

    Wahhh gimana ini???? cuma rasanya mendingan pake handfree kit aja.. lagiankan yang buatan cina juga murah2..

  19. zec says:

    lucu juga…coba buat ahhhh…buat di helm..hhehehhehe

  20. Tono Karate says:

    meizon Says:
    OM Safitri
    kalo sambil pegang extra mic radio roger-roger gimana ?

    Sekedar sharing, klo utk rakom, kebetulan saya pake IC2200, yg ada fasilitas one touch PTT (tekan func, lalu 3), maka sekali kita mo tx tinggal tekan PTT sekali (dan dapat dilepas), setelah selesai berbicara tinggal tekan PTT sekali lagi utk menon-aktifkannya. Sedangkan mikenya sdr.saya berikan gantungan tanda pengenal (ID Card holder) dan dijepit di leher baju/seat belt, sama spt.yg diilustrasikan Om Saft.

  21. TheOwner says:

    TedjØ Says:
    Good idea om Ganteng, as always lah. Tapi sebenernya ane udah pernah lihat sekitar 2 or 3 thn lalu, coba anda tebak di mobil siapa? Om Ilham ketua Imac (klub Mazda) yg dulu, hp tipis SonEr-nya direkatin pake velcro, tapi ditaruhnya di langit2, persis di atas kepala si driver. Nah, ane juga pengin tuh nempelin panel depannya Yaesu FT-7800 yg detachable pake velcro, baru ngeh ternyata nyarinya di tukang jahit ya, bukan di Ace HW?

    Jawab:
    Salam Ganteng..
    Iya oom cari di alat2 jahit menjahit.. tapi aku dapetnya yang ada perekannya malah di toko yang Serba 5000 itu loh… apa lupa namanya… ya cuma 5000+PPN tentunya… murah khan?

  22. TedjØ says:

    Good idea om Ganteng, as always lah. Tapi sebenernya ane udah pernah lihat sekitar 2 or 3 thn lalu, coba anda tebak di mobil siapa? Om Ilham ketua Imac (klub Mazda) yg dulu, hp tipis SonEr-nya direkatin pake velcro, tapi ditaruhnya di langit2, persis di atas kepala si driver. Nah, ane juga pengin tuh nempelin panel depannya Yaesu FT-7800 yg detachable pake velcro, baru ngeh ternyata nyarinya di tukang jahit ya, bukan di Ace HW?

  23. dityo dwi says:

    tips yang very simple, dan tak terpikirkan oleh saya sebelumnya.
    ngeliat judulnya ngga nyangka bakal kyk gini model Tip nya.
    model hapenya sama pula kyk punya gw.
    sayang sy lebih milih upgrade hape yg ada hf-nya aja sekalian krn kabarnya tu model radiasinya tinggi

  24. TheOwner says:

    purwoko.edi Says:
    kenapa sih gak sewa sekretaris buat megangin HP ? kan lebih flexible dan tidak memecah konsentrasi ?? hayooooo …. mau marah ????

    Jawab:
    kalo lagi ngomongin urusan lelaki.. khan jadi ribet juga ya .. hehehe

  25. TheOwner says:

    meizon Says:
    OM Safitri
    kalo sambil pegang extra mic radio roger-roger gimana ?

    Jawab:
    hahahaha… ga safety tuh.. tapi asik… ga bikin ngantuk

  26. meizon says:

    OM Safitri
    kalo sambil pegang extra mic radio roger-roger gimana ?

  27. purwoko.edi says:

    kenapa sih gak sewa sekretaris buat megangin HP ? kan lebih flexible dan tidak memecah konsentrasi ??
    hayooooo …. mau marah ????

  28. Oom Uban says:

    Hahahaha …. kreatif. Tapi sempet juga dapet feeling jelek …. jangan2 ntar disuruh nempelin di pipi …. =))

  29. TheOwner says:

    iVan Says:
    spt biasa, tips oom saft manstaaabh!
    paling aman sih matiin hp sebelum nyalain mesin ya oom? soale kalo masuk sms/call lg nyetir trus kita sengaja cuekkin, tapi pikiran jalan terus “sapa ya? orderan bukan ya?? waks, kelewat deh berkat yg mo masuk!” malah gag konsen kaaan?? qiqiqiqiq!

    JAWAB:
    Pantes kemaren ga aktif.. padahal mau kasih tau.. kalo om menang lomba.. hahahaha

  30. TheOwner says:

    sudah ditambahkan:

    CATATAN KESELAMATAN:
    “HINDARI BERKOMUKASI YANG DAPAT MENGGANGGU KONSENTRASI, SEPERTI MEMBICARAKAN HAL2 YANG SANGAT SERIUS, HAL YANG MELIBATKAN EMOSIONAL. USAHAKAN UNTUK MENGINGATKAN LAWAN BICARA BAHWA KITA SEDANG MENGEMUDI DAN MINTA UNTUK MENGHUBUNGI BEBERAPA PULUH MENIT KEMUDIAN”

    TETAP HATI-HATI DI JALAN

  31. Taufik says:

    Terlepas dari bahaya atau gak mengenai nelepon sambil mengemudi, salut sama ide-ide kreatif seperti ini.

    Salam

  32. iVan says:

    spt biasa, tips oom saft manstaaabh!

    paling aman sih matiin hp sebelum nyalain mesin ya oom? soale kalo masuk sms/call lg nyetir trus kita sengaja cuekkin, tapi pikiran jalan terus “sapa ya? orderan bukan ya?? waks, kelewat deh berkat yg mo masuk!” malah gag konsen kaaan?? qiqiqiqiq!

  33. TheOwner says:

    Coen Says:
    Note:
    -. Refleks nyetir masyarakat jakarta VS usa/eropa masih lebih bagus Diver Jakarta,.. coba deh liat, Jarang liat Orang Bule nyetir di ‘ hutan’ jalan Jakarta.. hehehe.
    -. Hormon adrenalin yg tinggi dapat meningkatkan Konsentrasi Mengemudi.

    Jawab:
    hehehe dasar sembalap.

  34. Coen says:

    Note:
    -. Refleks nyetir masyarakat jakarta VS usa/eropa masih lebih bagus Diver Jakarta,.. coba deh liat, Jarang liat Orang Bule nyetir di ‘ hutan’ jalan Jakarta.. hehehe.
    -. Hormon adrenalin yg tinggi dapat meningkatkan Konsentrasi Mengemudi.

  35. TheOwner says:

    ditambahkan pada artikel di atas sebagai berikut :

    Banyak yang berpendapat bahwa tidak dibenarkan / hindari melakukan komunikasi dengan HP selama mengemudi.
    Nah.. itu dikarenakan kita menggunakan salah satu tangan kita, refleks dan konsentrasi kita berkurang.
    Dengan adanya Handsfree, sangat membantu dan memperkecil resiko, karena kedua tangan kita tetap pada kemudi.
    Dan kita berkomunikasi seperti biasa seperti halnya kita berbicara (ngobrol) dengan rekan di sebelah kita.
    Yang paling parah, jika nggak ngobrol.. seringnya malah mengantuk… lebih berbahaya tentunya.

    .

  36. TheOwner says:

    Hayoo….

    Beneran ga pernah terima telepon atau nelepon selagi nyetir?…

  37. Coen says:

    kang saft.. idenya lumayan neh buat bantu2 HP yg kagak ada Handsfree,.
    tetapi sayang Kang,.. menurut hasil penelitian Uni eropa & US, melakukan pembicaraan telpon saat mengemudi mengurangi refleks hingga 50%.. jd nggak konsen,..
    Ada ide ne, bagaimana klo tips Hands Free buat motor,. Khan banyak tuh yg pake motor, klo lgy nelpon pake tangan 1 tuh.. ngeri bgt.. huahaha..
    Triknya gini Kang,.. klo saya ada telpon penting & terburu waktu,. ntu HP pake Loudspeaker trus diselipin ke Helm,.. dijamin nggak jatoh krn kejepit.. lbh aman khan..

  38. Wisnu says:

    Good idea!

  39. TheOwner says:

    om W3ndy…

    Ampun mas..

    Jaman sekarang udah dikembangkan banyak teknologi..

    BlueTooth Car Kit… baik itu berupa unit khusus sendiri maupun bisa
    ditransmit ke FM, jadi kita mendengar suara seperti kita mendengar
    radio..

    Speaker Phone,… ini yang dipermasalahkan… sering kurang keras suaranya.

    Handsfree (cable/bluetooth) … ini yang umum.

    Dengan tangan tetap pada kemudi… ini seperti halnya kita ngobrol
    dengan orang di sebelah kita.

    Yang ga safety jika satu tangan memegang HP.

    Kalau masih dibilang tidak safety juga… kita akan diem2an juga dong
    dengan sebelah kita… kaku sekali hidup ini…?

  40. w3ndy says:

    om,
    just info aja. keselamatan berkendara bukan hanya akan berkurang saat kita menggunakan satu tangan untuk berkendara saja.
    hal lain yang perlu ditambahkan ialah hilangnya konsentrasi kita begitu kita menerima telepon.
    bahkan hanya saat kita mengetahui adanya satu panggilan yang masuk, kita akan memindahkan konsentrasi berkendara kita kepada mobile tersebut. begitu kita melakukan telepon juga sama bahayanya. apalagi ditambah dengan topik pembicaraan tersebut.

    BR,
    w3ndy

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com