Sudah dibaca sebanyak 4161 kali

Saat ini banyak HandPhone (HP) dengan harga murah ditawarkan satu paket dengan jaringan operator berikut dengan berbagai bonus dan lain-lain yang menarik. Tentunya dengan murahnya paket tersebut, fasilitas (feature) yang disertakan pada unit HP tidak selengkap model lain yang lebih mahal.

Untuk berkendara, Handsfree berupa earphone yang terhubung kabel maupun bluetooth dengan HP sangat membantu dan aman. Dengan satu tangan kita memegang HP sembari menyetir mobil, maka faktor keselamatan dan refleks kita berkurang cukup banyak.

Pada HP paket murah tersebut, sebenarnya ada juga yang menyertakan fasilitas SpeakerPhone. Namun volume suara SpeakerPhone-nya sering kurang keras, sehingga HP tetap harus kita pegang didekatkan ke kuping. Sayang tidak ada lubang soket/terminal untuk memasang Handsfree karena memang fasilitas tersebut tidak disediakan.

MEMANFAATKAN VELCRO

Pernah dengar VELCRO? velcro banyak digunakan pada produk pakaian, sepatu, tas, dan lain-lain. Velcro sendiri ditermukan tahun 1945 oleh orang Swiss yang idenya muncul ketika dia melalui rumput liar, dan banyak bunga rumput yang menempel di pakaiannya… akhirnya muncullah Velcro dengan cara kerja mirip bunga rumput liar tadi.

Velcro banyak dijual di toko alat-alat jahit, harganya pun tidak mahal. Bisa dibeli meteran.

Ada juga velcro yang sudah ada perekatnya… jadi tinggal tempel saja.. terpisah antara bagian yang kasar (Hook Side) dan bagian yang halus (Loop Side)… praktis khan?

MARI BERKREASI…

Untuk menyelesaikan masalah kecil di atas agar tetap aman selama mengemudikan mobil dan tetap bisa berkomunikasi,… mari kita siapkan sbb:

Tutup bagian belakang klip besar tersebut dengan karton atau plastik tebal (1mm), rekatkan dengan selotip.

Sehingga menjadi seperti ini..

Baiknya sih gunakan karton/plastik warna hitam… saya bungkus deh dengan sticker.. karena warna karton yang saya gunakan adalah putih…

Nah.. Potong VELCRO disesuaikan dengan bidang yang ada pada Paper Clip tadi.

Pasang Velcro Kasar (Hook Side) pada bagian belakang Paper Clip,.. dan pasang Velcro Lembut (Loop Side) pada bagian belakang HP.

Kalau main-main ke toko buku… coba cari Paper Clip yang bentuknya lebih bagus lagi.. misalnya seperti ini.. tipis.. namun sayang mudah bengkok besinya.

SIAP PAKAI..

Nah.. untuk memakainya.. cukup selipkan Paper Clip di Seat Belt (sabuk pengaman).. kemudian tempel si HP di Paper Clip tadi…

Sederhana khan?.. namun sangat membantu.

Banyak yang berpendapat bahwa tidak dibenarkan / hindari melakukan komunikasi dengan HP selama mengemudi.
Nah.. itu dikarenakan kita menggunakan salah satu tangan kita, refleks dan konsentrasi kita berkurang.
Dengan adanya Handsfree, sangat membantu dan memperkecil resiko, karena kedua tangan kita tetap pada kemudi.
Dan kita berkomunikasi seperti biasa seperti halnya kita berbicara (ngobrol) dengan rekan di sebelah kita.

Yang paling parah, jika nggak ngobrol.. seringnya malah mengantuk… lebih berbahaya tentunya.

CATATAN PERINGATAN KESELAMATAN:

“SEBAIKNYA HINDARI MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN TELEPON GENGGAM SEWAKTU MENGEMUDI. JIKA ADA KEPERLUAN YANG SANGAT PENTING DAN TIDAK BISA DITUNDA, SILAKAN BERHENTI SEBENTAR DITEPI JALAN UNTUK MELAKUKAN KOMUNIKASI.
HINDARI MENJAWAB PANGGILAN TELEPON GENGGAM SEWAKTU MENGEMUDI, DAN SILAKAN MENELEPON KEMBALI SETELAH KENDARAAN BERHENTI DITEMPAT YANG AMAN.
HINDARI BERKOMUKASI YANG DAPAT MENGGANGGU KONSENTRASI, SEPERTI MEMBICARAKAN HAL2 YANG SANGAT SERIUS, HAL YANG MELIBATKAN EMOSIONAL.
USAHAKAN UNTUK MENGINGATKAN LAWAN BICARA BAHWA KITA SEDANG MENGEMUDI DAN MINTA UNTUK MENGHUBUNGI BEBERAPA PULUH MENIT KEMUDIAN”

TETAP HATI-HATI DI JALAN

.