.

 

Memilih Lampu Halogen (product review)

ring-00

Lampu utama (headlight) merupakan komponen vital pada mobil atau motor, khususnya pada saat berkendara malam hari. Kualitas cahaya yang dihasilkan untuk menyinari jalan berpengaruh terhadap respon dan refleks pengemudi. Kendala lain seperti misalnya cuaca buruk (hujan deras, kabut tebal) menurunkan kemampuan kerja headlight.

Kualitas penyinaran suatu headlight dipengaruhi beberapa faktor, antara lain:

  • Desain Unit headlight (Reflektor / Lens projector)
  • Sistem Pelistrikan.
  • Kualitas / jenis lampu (headlamp)

Kita tidak bisa berbuat banyak untuk mengoptimalkan Desain Unit Headlight, kecuali membersihkannya apabila kaca headlight, reflektor / lensa projector terlihat kotor.

Untuk sistem pelistrikan, dapat kita optimalkan dengan cara menambahkan sistem Relay-Set atau headlight booster sehingga daya yang disalurkan ke lampu menjadi besar dan cahaya lampu menjadi lebih terang. Selain itu, dengan menambahkan sistem Relay-Set, dimungkinkan untuk menggunakan lampu yang berdaya lebih besar.

Untuk memilih jenis lampu mana yang baik kita gunakan, kita perlu menyimak sedikit tentang keterbatasan mata kita saat malam hari dan siang hari. Diperlukan lampu yang memiliki minimal sedikit cahaya agak berwarna kuning pada malam hari agar dapat melihat dan bereaksi lebih baik saat berkendara. Itu sebabnya untuk keperluan sport / rally, diperlukan lampu yang ada kandungan warna kuning.

Kita bisa menemukan banyak sekali alternatif lampu halogen di toko-toko aksesoris mobil/motor… Pilih yang mana ya?

Saya Perlu Pilih Lampu yang Bagaimana?

Menyimak bagan pada gambar di atas, silahkan pilih apa yang menjadi tujuan utama kita mengganti/memilih lampu.

Saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba beberapa produk lampu (headlamp) yang diproduksi dengan merek RING.
Produk Ring ini bermarkas di Inggris.

Setiap produk lampu merek RING memenuhi standar ISO9001 telah lolos uji kualitas antara lain:
1. Luminosity & Colour Test: yaitu pengujian terhadap pancaran dan warna cahaya hingga memenuhi standard untuk setiap lampu yang diproduksi.
2. Life Testing
3. Lamp Dimensions and Filament Positions: Toleransi atas setiap pemasangan komponen filament dan pencetakan bola kaca dijaga agar tidak berpengaruh terhadap distorsi cahaya yang dapat ditimbulkan. Jadi Akurasi produksi sangat menentukan.
4. Vibration Testing: setiap produk diuji agar konstruksi komponen lampu tahan terhadap getaran hingga level standard tertentu.

Yang menarik adalah, product-range merek RING ini mendukung kepentingan pada bagan di atas,.. yaitu ada produk yang diarahkan untuk kepentingan Performance/Safety, dan ada juga yang diarahkan untuk kepentingan Styling (penampilan).

Saya coba test produk RING ini pada mobil Honda Stream dengan model lampu H4.

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

RING ArcticWhite


Masuk kategori Styling Lamp

Pada test memperlihatkan cahaya yang dihasilkan cukup baik untuk ukuran daya standard (60/55w), cahaya terlihat berwarna putih. Pancaran cahaya terlihat baik penyebarannya, sehingga nyaman digunakan untuk pemakaian sehari-hari.
Karena dayanya standard, lampu ini tidak memerlukan modifikasi / penambahan Relay-Set pada sistem pelistrikan yang ada.


.

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

.

RING SportzBlue


Masuk kategori Styling Lamp

Pada saat test, saya melihat cahaya yang dihasilkan cukup terang, hal ini disebabkan oleh daya lampu tersebut cukup besar yaitu 100/80w. Cahaya yang dihasilkan berwarna putih. Walaupun kaca lampu berlapis coating biru, namun cahaya yang terlihat tidak terlalu biru, lebih banyak ke arah warna putih.
Karena dayanya cukup besar,lampu ini akan lebih baik apabila dibantu dengan modifikasi / penambahan Relay-Set pada sistem pelistrikan yang ada.

RING UltraXenon


Masuk kategori Performance/Safety Lamp

Saya melihat cahaya yang dihasilkan sangat baik untuk ukuran daya standard (60/55w), cahaya terlihat berwarna putih. Pancaran cahaya terlihat baik penyebarannya, sehingga sangat nyaman digunakan untuk pemakaian sehari-hari sekalipun dalam cuaca buruk.
Karena dayanya standard, lampu ini tidak memerlukan modifikasi / penambahan Relay-Set pada sistem pelistrikan yang ada.

RING RallySport


Masuk kategori Performance/Safety Lamp

Cahaya yang dihasilkan sangat terang, karena daya lampu yang sangat besar yaitu 130/90w.
Lampu ini tidak bijaksana apabila digunakan untuk berkendara sehari-hari, karena akan dapat mengganggu pengendara lain karena cahaya yang dihasilkan dapat menyilaukan.
Karena dayanya cukup besar,lampu ini akan lebih baik apabila dibantu dengan modifikasi / penambahan Relay-Set pada sistem pelistrikan yang ada.

RING XenonPlus


Masuk kategori Performance/Safety Lamp

Dari hasil test, terlihat cahaya yang dihasilkan cukup baik untuk ukuran daya standard (60/55w), cahaya terlihat berwarna putih. Pancaran cahaya terlihat baik penyebarannya, sehingga nyaman digunakan untuk pemakaian sehari-hari.
Karena dayanya standard, lampu ini tidak memerlukan modifikasi / penambahan Relay-Set pada sistem pelistrikan yang ada.

RING IceBlue


Masuk kategori Performance/Safety Lamp

Hasil test memperlihatkan cahaya yang dihasilkan kurang baik untuk ukuran daya standard (60/55w), cahaya terlihat berwarna putih kebiruan. Pancaran cahaya terlihat kurang baik penyebarannya, sehingga akan dirasa kurang nyaman apabila digunakan untuk pemakaian sehari-hari, apalagi saat cuaca buruk.
Karena dayanya standard, lampu ini tidak memerlukan modifikasi / penambahan Relay-Set pada sistem pelistrikan yang ada.

KESIMPULAN dan REKOMENDASI

  • Dari hasil test seluruh product-range RING, saya menilai bahwa ada 2 produk yang menghasilkan kualitas cahaya yang baik sekali, yaitu untuk produk Ring RallySport 130/90w dan Ring UltraXenon 60/55w.
    • Dengan membandingkan sekali lagi pancaran cahaya dan jika dibandingkan dengan Daya lampu, maka yang paling menarik adalah Ring UltraXenon 60/55w. Dikarenakan dengan daya standard, terang yang dihasilkan bisa mendekati Ring RallySport yang berdaya besar.
    • Perlu diingat, pemakaian lampu berdaya besar, umumnya lampu lebih banyak mengeluarkan radiasi panas. Teknologi UV Cut, yang dipakai oleh produk RING mampu meredam radiasi panas tersebut sehingga cukup aman untuk reflektor yang terbuat dari plastik. Namun sebaiknya kita tetap perlu mengamati apakah lampu yang kita pilih cukup aman bagi reflektor.
    • Kondisi konektor / socket lampu juga menentukan kualitas penyaluran daya ke lampu. Socket yang kurang baik bisa menyebabkan panas pada konektor lampu dan lebih parah akan membuat socket itu sendiri meleleh dan dapat merusak rumah lampu atau reflektor.
    • Modifikasi pelistrikan lampu dengan menambahkan Relay-Set juga perlu memperhatikan kualitas kabel pada produk Relay-Set tersebut, kemudian kualitas socket lampu dan socket relay hingga socket sikringnya. Banyak produk Relay-Set yang siap pasang sesuai dengan jenis/model mobil.

    Semoga Product Review ini bermanfaat.

    Kontak Info Produk:
    website Ring Automotive
    Contact Person : Louis
    kirim email ke GALAXY SENTRA BERKAT
    YM: loui5_tan
    Phone / SMS:
    02198788168
    08129993988
    08558856847

    Baik untuk dibaca juga:
    Lampu Halogen …apaan sih?
    Kualitas Cahaya.. apaan sih?
    Whiteness & Brightness, ..apaan sih?
    Lampu Headlight ..apaan sih?

    [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

    81 Responses to Memilih Lampu Halogen (product review)

    1. leo says:

      lampu type Ring sportZblue bisa ga masuk k Motor Vixion..trus daerah pemasaran lampunya untuk d kota medan dimana..
      bls via Email aja
      thx

    2. Zafri says:

      Untuk produk ring ini bisa di dapatkan di mana ya , soalnya dah cari muter2 tidak ketemu juga….tertarik sama ring ultra xenon nya neh,mohon infonya sms
      ke 08123069114.trim’s

    3. Zafri says:

      Untuk produk ring ini bisa di dapatkan di mana ya , soalnya dah cari muter2 tidak ketemu juga….tertarik sama ring ultra xenon nya neh.mohon infonya ke
      08123069114

    4. edi says:

      bisa minta price list + katalognya gak ?
      buat reseller…
      tolong di email aja…

      terima kasih

    5. sutejo k says:

      Saya melihat review produk, bohlam lampu merk Ring type Ring UltraXenon 60/55W ,Tertarik jg mencoba. untuk Qualitas(daya tahan) dan harga bisa di info, dan di bandingkan Osram(night breaker) dan Philips Bagus mana ? d tunggu THX

    6. komang darsana says:

      boos klo mau beli mau saya jual di bali bagaimana caranya boooss???
      biar saya bila ambil ke boosnyya??

    7. ari says:

      saya baru ganti lampu depan mbl honda ferio yg modifikasi produk taiwan klo hidup ada warna kebiruan, bola lampunya terpisah antara lampu dekat dan jauh bahkan lampu sennya (2 lingkaran didalamnya).
      masalahnya:
      -krg terang..
      -apa benar foglamp itu lampu dekat/jauh tidak bersamaan
      -jenis bola lampu apa yg terpasang didalamnya
      -klo mo ganti yg bagaimana agr bs terang walau kondisi hujan/berkabut

      TOLONG DONG….

    8. Erick Panen says:

      wah jadi makin ngerti ane bro. makasih ya

    9. didit says:

      ganti aja lampunya pake HID om… watt lebih kecil (berkisar 25 s/d 35 watt), tapi nyalanya jauh lebih terang… untuk keselamatan kita di malam hari mending keluar duit dikit daripada celaka, asalkan pasangnya bener pasti dijamin aman dan tidak membuat orang di depan kita silau kok…
      Hidup HID…. (kalau ada orang pakai HID bikin silau tuh berarti yang masang lampunya tidak benar…)

    10. Andryco says:

      Soal lampu, sekedar sharing saya pakai OSRAM NBR 60/55W Standard untuk Panther saya, pemakaian sekitar 2 jam (malam) per hari. saya sudah pakai sekitar 2 tahun dan sampai sekarang masih bagus hingga saya pasang 1 set lagi di mobil yang lain (bukan maksud promosi merk) mungkin yang dimaksud produsen lampu 200 jam pemakaian konstan terus menerus?
      tolong penjelasannya

    11. Dab says:

      Untuk daerah Jogja, bisa beli dimana?

    12. Hardian says:

      maksud lampu di atas lmpu motor om..

    13. Hardian says:

      om saya mau tnya, ada ga’ lampu depan yg ukurannya 9 volt.
      soalnya rata2 saya liat ukurannya 12 volt.
      maksud saya mencari lmpu trsbut soalnya jika daya lbh bsr dr pd hambatan yg di psng maka arus akan lbh bsr & nyala lmpu akan smakin trang..
      tlng jwban di krm ke email saya makasih.
      saputrahardian@yahoo.co.id

      • indra says:

        lampu 9 volt sekarang udah jarang bos, seandainya daya listrik yang dihasilkan 12 volt di berikan ke lampu dengan daya 9 volt memang lampu menjadi terang tetapi lampu cepat putus tidak tahan lama karena kelebihan beban

    14. Wawanep says:

      Info yg bgs bro..

    15. Saftari says:

      @haris:
      Om haris… Ring Ultra Xenon memang pesan dari GE untuk produk tersebut. Saya dapat konfirmasi dari distributor Ring. thx.

    16. haris says:

      Mr. Saft.
      Produk yg dipakai oleh Ring ini menggunakan bola lampu produksi GE lamp. Saya membeli produk Ring jenis UltraXenon, pada elemen besi lampu tertulis GE Megalight Plus. Apa memang Ring tidak memproduksi bola lamu sendiri, atau saya mendapat barang aspal? Tolong dikoreksi. Payah juga nih barang. Beli Ring Ultra Xenon isinya GE Megalight Plus. Yang benar mana sih? Atau nih produk jual produk pabrik lain? Mau dibandingkan apple to apple? Bagaimana kalau jeruk makan jeruk?

    17. niki says:

      bro saft, saya mau nanya donk…kalau ring ultra xenon sama osram night breaker lbh terang mana ya? untuk produk ring ini bisa di dapatkan di mana ya , soalnya dah cari muter2 tidak ketemu juga….tertarik sama ring ultra xenon nya neh, skrng seh pake osram night breaker

    18. Husnul says:

      Mau tanya nih.. Bulb phillips bluevision h4 55/60 watt ada yg jual satuan n brpa harganya. Makasi..

    19. alfons says:

      alo bos saya mo nanya nih… terangan dan fokusan mana pake ultraxenon 60/55w ato pake osram nithbraker tolong penjelasannya..

    20. indra purnama says:

      Honda cielo 94 headlamp nya gak terang sama sekali kalo buat jalan malam hari. Saran-nya enak nya diapakan yach, ganti lampu halogen ato lampu standart tapi ada relay set nya (power boster) ?….thanks

    21. akuuuuuu says:

      buad motor ada ???

    22. AutoExpress says:

      *
      Rating:

      “New for 2008, Ring’s flagship bulbs were a major disappointment, as they came nowhere near the promised extra 90 per cent brightness. We tested them twice and measured the filament brightness to make sure, but they simply didn’t deliver.”

    23. Lenora says:

      Keep up the good work.

    24. mr. sam says:

      dear christian, kalau anda jarang keluar malam, maka bisa jadi dalam waktu lebih dari tiga tahunpun belum tentu putus bohlamnye. Dalam hal ini saya kasih masukan kalau umur bohlam yg sebenarnya adalah sekitar 200 jam (tipe h4 100/90 w), artinya bohlam itu jika dijumlahkan pemakaiannya adalah 200 jam. Bukan bohlam sejak pasang, tapi pemakaiannya. Makanya di spesifikasinya disebut dengan istilah lifetime. ok.

      Tapi kalau untuk bohlam standard tipe h4 60/55w umurnya sekitar 400 jam (lifetime).

    25. arip says:

      mas saft,
      Saya cari lampu buat starlet th 89 yang benar apa sih , saya sementara ini selalu pake H4 merek apa ajah musti di potong kaki yang di pinggirnya itu baru bisa masuk, tapi cahaya tidak focus tuh tolong info nya
      thank you (besarnya seperti H7 tetapi kakinya 3 bukan 2 )

    26. Heppy says:

      Dear Saft,
      Mohon dikasih saran untuk lampu di motor Satria F150 supaya lebih terang, tetapi tidak membuat aki cepat tekor gimana ya???
      thank you

    27. Christian says:

      Dear mr. mam,
      Mohon maaf sebesar2nya sebelum saya salah bicara. Tp saya hanya memberi info sejujurnya, dan saya tdk mewakilkan pihak mana pun. krn saya murni hanya seorang customer. utk lebih jelas nya, saya membeli bohlam itu sewaktu event Indonesia Motor Show ’06. Dan type bohlam yg saya beli adalah OSRAM BILUX H4 type all season. dari waktu saya beli bohlam itu, sampai saat ini saya masih memakai nya. dan nyata nya sampai saat ini pun masih ok2 saja dgn bohlam tersebut. tetapi memang ada teman saya yg hanya bisa pakai hanya 1 th sdh putus. saya rasa, tergantung cara pakai nya juga. bila kita pakai dengan baik dan benar, maka apapun jg saya rasa akan bertahan lebih lama umurnya. jadi mohon maaf sekali lagi, saya tdk bermaksud utk mempromosikan suatu produk apapun. Saya hanya bicara apa adanya dan sejujurnya. Terima kasih.

    28. mr. sam says:

      De Saft yg baik, saya mau koreksi nih. Umur bohlam itu kira-kira 200 jam, bukan pasti 200 jam. Sesuai spesifikasi dari beberapa merk yg saya baca di buku produk itu sendiri.

    29. mr. sam says:

      De Saft yg baik, saya ingin menyampaikan beberapa hal mengenai pengetesan lampu. Pertama perhatikan watt yg tertera di tulisan bohlam. Biasanya ditulis misalkan 12 Volt H4 – 130/90 watt. Kalau dilihat dari keterangan tsb bearti bohlam tsb jika diberikan arus sebesar 12 volt, maka akan menghasilakn daya sebesar 90 watt untuk lampu dekat ( low beam) dan 130 watt untuk lampu jauh. Pada kenyataanya daya sebesar 90 watt baru akan tercapai pada kira2 13,8 volt, demikian pula untuk lampu jauhnya. Kedua adalah kekuatan sinar kita pakai alat yg bernama lux meter untuk membandingkan dengan merk bohlam yg berbeda. Ketiga adalah bohlam sinarnya akan menurun jika sdh dipakai terus menerus sebelum akhirnya bohlam itu putus. Makanya kalau mengganti bohlam dianjurkan supaya diganti kedua2nya. kalau tidak sinarnya akan terang sebelah walaupun kita mengganti dengan merk dan watt yg sama. Mudah2an bisa berguna buat De Saft dan teman2 yg kebetulan membaca tulisan saya ini. Thanks.

    30. mr. sam says:

      De Saft yg baik, perkenankanlah saya memberikan komentar mengenai lampu mobil terutama jenis halogen. Dari beberapa komentar yg saya perhatikan, si penjual maupun agen tidak mencantumkan berapa lama jam kerja dari lampu tsb. Apakah mereka tidak tahu atau mereka tidak mau tahu, berapa lama umur bohlam tsb. Kalau si penjual berani menjamin 1 tahun, maka saya secara pribadi mau memakai bohlam tsb seumur hidup saya dengan catatan si penjual benar2 menjamin. Tidak asal sebut saja. Atau janji doank. Kenapa?. Karena dapat dipastikan si penjual tidak akan bertahan lama dalam menjual bohlam tsb. Sekedar informasi bahwa umur bohlam halogen adalah 200 jam kerja. Jadi tergantung dari pemakaian kita sendiri. Kita tinggal menghitung sudah berapa lama kira2 kita pakai bohlam tsb. Kalau dalam 1 malam kita memakai selama 4 jam saja, meka tinggal kita hitung berapa lama bohlam tsb mati yaitu 200 dibagi 4, maka hasilnya 50. Artinya dalam 50 hari bohlam tsb akan putus. Dari komentar sdr. raemon dikeluhkan kalau bohlam sekarang umurnya dalam beberapa bulan saja sdh putus, tapi komentar sdr christian sudah hampir 3 thn masih bagus. Artinya apa?. Hayo dipikir sendiri. OK.

    31. ale says:

      Om saft, ikutan nanya ni, RING ultra xenon yang H1 ada ga ya?? trus harganya berapa? saya udah pake beberapa merk H1 tapi masih kurang terang, mohon dibantu

    32. ary says:

      motor saya satria F 150, klu diliat socket nya tipe H6, bisa ga dipasang ke motor saya?
      xenon tipe apa yang menghasilkan cahaya putih kebiruan?
      soalnya di daerah saya cuma jual yang palsu aja, saya dikalimantan barat, dengan ongkos kirim berapa ya ?

    33. Christian says:

      Bicara soal lampu, saya sudah terlalu sering gontai ganti merk sambil test. Boleh di bilang hampir seluruh merk lampu saya sudah coba. Jujur aja kalau untuk lampu, saat saya percaya dengan merk OSRAM. Saya sudah pakai yg type all season 80 / 100 W di tambah dengan relay. Sinarnya terang dan daya jangkau sinarnya jauh. Baik dalam keadaan Hujan maupun kabut tidak masalah. Saya sudah pakai hampir 3 tahun tetapi sinarnya masih sama seperti waktu baru. So, masih bingung?

    34. Raemon says:

      Oom Saft and Oom Louis,

      Numpang tanya neh.

      Selama ini, saya selalu pasang relay set untuk menunjang headlights di mobil saya. Biasanya saya selalu pasang phillips 90/110 watt supaya aman driving di malam hari. Tapi masalahnya, lampu itu (sdh diproduksi dlm negeri yg saya dengar) sering sekali putus dalam hitungan bulan. Sekarang saya pakai bohlam lampu phillips hallogen 55/60w yg katanya asli dari luar (tentunya di mobil saya yg telah dilengkapi dgn relay set). Tp saya rasa terangnya ga mumpuni utk harga yg berkali lipat (approx. IDR200rb/2 lightbulbes). Apakah Ring UltraXenon 60/55w produksi Ring bisa memberikan penerangan di malam/hari berkabut?

      Terima kasih banyak atas perhatian dan bantuannya!

      Salam,

      Raemon

    35. Hesekiel says:

      Payah juga nih barang. Aku beli Ring Ultra Xenon isinya GE Megalight Plus. Endon bilang isinya Osram. Yang benar mana sih? Atau nih produk jual produk pabrik lain? Mau dibandingkan apple to apple? Bagaimana kalau jeruk makan jeruk?

    36. Chris says:

      kalau mau coba lampu, gw ada sedia bbrp merk. hehe

    37. endon says:

      kemaren saya bongkar2 lampu di honda stream om saya, eh setelah dicocokkan dengan saft7.com ternyata ULTRA XENON 60/55w merk Osram. jadi biar gampang kalo mau beli ULTRA XENON 60/55w bilang aja “beli lampu orinya honda stream” gitu kali ya… hehehe. soalnya toko spareparts biasanya ga mau repot ontuk ngenalin jenis2 spareparts yg njelimet, taunya cuma barang tersebut bawaan kendaraan apa?

    38. Hans says:

      Om Saft..

      Kalau dibandingkan dengan PHILIPS BLUE VISION 4000 K ( yang bukan standard) bagaimana?. Terutama dibandingkan dengan Ring Ultra Xenon. tararenkyu

    39. JULIANTO says:

      kalo di latumenten (jakarta barat) mau beli RING ULTRA XENON 60/55w dimana ya? terus harganya berapa nih sekarang?,,,makasih

    40. Rio Martin says:

      Wah boss ..

      itu lampu yang 130/90 koq terangnya sama aja kayak yang 60w/55w
      Relaynya kurang kuat kah ?

      :))

      Soalnya kalau kuat, harusnya terang banget, karena saya pernah nyoba di jikang83 yang bener – bener polos tidak pake relay sama sekali, beda banget loo std philip yang 60w/55w naik ke 100w/90w

      Apalagi itu yang 130w .. pasti dijamin terang benderang kayak siang hari dah.

    41. Hesekiel says:

      Mr. Saft.
      Produk yg dipakai oleh Ring ini menggunakan bola lampu produksi GE lamp. Saya membeli produk Ring jenis UltraXenon, pada elemen besi lampu tertulis GE Megalight Plus. Apa memang Ring tidak memproduksi bola lamu sendiri, atau saya mendapat barang aspal? Tolong dikoreksi. Thanks.

    42. nurhuda says:

      mr Saft, mo nanya nich
      Ring Ultra Xenon bisa gak utk APV and di Lampung dimana adanya so harganya, tq

    43. Kun says:

      Om Saft,mo tanya nieh…
      Produk RING ini ada yg Tipe gas XENON 100watt ?.. saya baru lihat yg 60watt Xenon.
      jika ada yg 100 watt,saya pesan sepasang ya…
      021 92370484.

    44. lee says:

      saya tertarik dengan ultra xenon hasil review ini,
      selama ini saya pake HID tapi sering kecewa karna umur pake yang cuma 1 tahun rata2..setelah menghabiskan 3set HID,saya beralih ke halogen biasa(hemat cost)…
      nah,saya pake halogen PIAA tipe super white,tapi baru minggu lalu putus sebelah,karna mahal(hampir 1jt) akhirnya saya ganti produk WURTH yang 80/100watt (150rb/psg),tapi karna tabung kacanya terlalu biru(seperti sportzblue pada merk ring),akibatnya cahaya kurang terang.terutama waktu di cipularang hujan2..wah seperti tidak pake lampu…rencana mau ganti lagi pake PHILIPS yang 4000k(tabung kaca agak kebiru2an).tapi berhubung ketemu “saft7″ ini,saya ingin sedikit masukan mengenai produk RING ini sebelum memutuskan membeli,
      apakah tipe ultra xenon cahayanya putih kekuning2an atau kuning terang? karna bila melihat dari tabung kacanya yang transparant,rasanya tidak mungkin cahayanya berwarna putih…
      menurut saya,artic white lebih putih..tolong dikoreksi bila salah.
      thanks atas jawabannya…
      lee:021 92921828

    45. Mahendra says:

      saya jg tertarik dgn RING ultra xenon 60/55,
      baca2 di atas katanya satu setnya 275rb, apa bisa di beli hanya 1 pcs?
      karena mau di pasang di motor thunder.. (sekarang sudah pakai reflektor H4,bohlam philips)
      kalau hanya 1 pcs brapa Rp ya?

      tq

    46. hefrina says:

      tertarik nih untuk jual produk ring, untuk mendapatkan discount harus ngambil berapa banyx
      ak?
      plis di email yah datanya
      hefrina@hotmail.com, thx

    47. satriyo ex bmw says:

      keren om ulasannya..foto2nya sangat deksriptif menunjukkan tingkat keterangan lampu..makin macho deh….

    48. purnomo says:

      kang aku kemarin beli di surabaya lampu ring rallysport dengan harga 168 ribu tapi besarnya watt 100/80 W bukannya 130/90 W. yang jadi pertanyaan apakah memang ada produk ring rallysport dengan WATT 100/80. jangan – jangan palsu ya.

    49. Louis says:

      # Mulyadi Says:
      January 17th, 2008 at 2:08 pm

      Gimana nih apa sudah ada yang follow up pembelian dengan cara kloter?

      jawab:
      Pak Mulyadi untuk saat ini RING sedang promo ke mailing list untuk member2 yang mempunyai kartu anggota, dgn promo potongan 50rb untuk setiap pembelian 1 set/kartu anggota.

      untuk info lebih lanjut bisa email ke info@g-autoparts.com

    50. Mulyadi says:

      Gimana nih apa sudah ada yang follow up pembelian dengan cara kloter?

    51. bahari says:

      mantap kali review-nya kang. kalo di motor yamaha vixion kira2 pake soket model H4 yah? tolong infonya. kalo mau tau type soketnya bagaimana? ada kodenya yah? thanks

    52. Yogasan says:

      yg ultra xenon bagus sih, tapi hargany berapa yah?
      gak bs dsebutin disini yah?
      klo d compare sama GE Megalight +60% gmn yah?
      tapi so far so good buat review ny..
      Thanks,

    53. TheOwner says:

      Cepot Says:
      Sayang ada yang tidak apple to apple membandingkannya…..so far nice review

      Jawab:
      Hehehe.. sabar kang Cepot, artikel ini memang review atas satu merek produk. Nanti kalau judulnya Komparasi, baru deh kita lihat kemampuan masing2 merek dengan tipe yang sama.

    54. TheOwner says:

      andri Says:
      Om Saft, kalo yg Ultra Xenon untuk di jalan basah/cuaca hujan sinarnya masih tembus ga???? Bgmn kalo cuaca berkabut??

      Malik Says:
      Mustinya di test dengan saat hujan lebat, atau daerah berkabut?
      apakah lampunya masih tenbus juga atau jadi malah buta jalanan?
      Jadi di review juga bagusan yg mana untuk all wheter. alias penggunaan harian (Malam, hujan, Kabut).

      Jawab:
      Om Andri dan Om Malik.
      Nanti di kesempatan lain jika waktu mendukung akan dibikin artikel tentang lampu2 yang baik untuk cuaca buruk. thanks

    55. TheOwner says:

      Howard Says:
      Om Saft review yang baik sekali untuk perbandingan lampu, sekadar saran apakah bisa dibuat review perbandingan dengan merek lampu lain yg sekelas? misal untuk Ring Ultra Xenon (60/55) dengan merek lain yg sekelas dlm hal ini untuk performance safety misalnya Osram silverstar atau GE megalight. Sehingga dapat dilihat perbandingan dr beberapa segi. Terima kasih sebelumnya.

      Jawab:
      Makasih om Howard, ada rencana juga untuk komparasi antar merek untuk kelas lampu tertentu. Namun lagi mempersiapkan alat ukurnya nih…. supaya hasilnya nanti oke.

    56. TheOwner says:

      ada de Says:
      om bahas skalian yang buad motor…ada banyak tu bohlam halogen yang ‘xenon-look’ mule dari yang murah ampe yang mahalan kayaq phillips.

      Jawab:
      Wah bener banget oom, saya emang ada rencana bikin perbandingan antar merek/model untuk lampu motor. THanks ya

    57. ada de says:

      om bahas skalian yang buad motor…ada banyak tu bohlam halogen yang ‘xenon-look’ mule dari yang murah ampe yang mahalan kayaq phillips

    58. Howard says:

      Om Saft review yang baik sekali untuk perbandingan lampu, sekadar saran apakah bisa dibuat review perbandingan dengan merek lampu lain yg sekelas? misal untuk Ring Ultra Xenon (60/55) dengan merek lain yg sekelas dlm hal ini untuk performance safety misalnya Osram silverstar atau GE megalight. Sehingga dapat dilihat perbandingan dr beberapa segi. Terima kasih sebelumnya

    59. Malik says:

      Holla om Saft7,
      Saya setuju dengan “Andri”
      Mustinya di test dengan saat hujan lebat, atau daerah berkabut?
      apakah lampunya masih tenbus juga atau jadi malah buta jalanan?
      Jadi di review juga bagusan yg mana untuk all wheter. alias penggunaan harian (Malam, hujan, Kabut).

      Terima Kasih Om Saft7, ditunggu ya jawabannya …

    60. andri says:

      Om Saft, kalo yg Ultra Xenon untuk di jalan basah/cuaca hujan sinarnya masih tembus ga???? Bgmn kalo cuaca berkabut??

    61. Wiku says:

      Om Saft,
      Nice review utk perbandingan yang 60/55w.
      Kalau dibanding dengan GE Megalight Plus kira-kira bagaimana ya? lebih terang gak ya?
      Hmm… harganya lumayan berasa juga … 275rb perset (barusan sms dgn Louis).

    62. Cepot says:

      Sayang ada yang tidak apple to apple membandingkannya…..so far nice review

    63. afid says:

      pripun kbaree kang saftari…tiyang jogja nyambung lagi…kang udah pernah nampilin rangkaian relay set belum yach..klo belum tampilin dunk..biar qta bkin sendiri daripada beli ga karuan kualitasnya..matur nuwun..

    64. Pratomo says:

      sdh kontak kesana 275 ribu trmasuk ongkos krm,
      bisa dpt potongan hrga klk beli kloteran a/n milist
      ttp gak tau hrga kloterannya berapa.
      gimana nih bos,kalik aja klk kloteran bisa 1/2 hrga
      Salam

    65. Louis says:

      Tedi Says:

      Kang Saft, reviewnya OK. Kl bs ngetest jg ketahanannya dong+cantumin harga dong spy harganya “terang benderang” jg.
      Sedikit info, bln Mrt-Apr sy smpt pake halogen generasi baru yg ktnya lbh kuat yt merk Foerch tipe Four Season 55/60w. Beli di toko referensi Foerch Indo di MGK seharga 120rb an/2 pc (di IIMS07 lampu ini dijual 75rb/pc). Nov07 tu lampu udah koit. Komplain ke Foerch Indonesia, dan kt Bpk D (yg ngaku sbg manager), mutu lampu Foerch bgs krn IMPOR dr Jerman tp ngga ada garansi. Waduh, lampu impor+mahal koq cepet loyo. Mgk ngga cocok ama iklim di kita ya. Yg nyesek: lampu mahal mutu abal2.
      Kl bs dibuat perbandingan dgn merk lain dong terutama merk2 yg dijual mahal yg ngaku dr luar negeri.
      Note: mobil udah dilengkapi relay&llampu standar sy udah 7thn msh idup. Ganti ke Foerch krn liat di Tabloid Otomotif.

      Jawab:
      Dear Pak Tedi, Ring Automotive memberikan Garansi 1 tahun, kalau memang sampai setahun sudah putus akan kami gantikan bohlamnya

    66. Louis says:

      Sahabat Milis,

      Terima kasih atas sambutan teman-teman sekalian terhadap produk RING.

      Perlu kami jelaskan sekali lagi bahwa RING merupakan produk yang sudah
      memenuhi sertifikasi industri Eropa.. Semua produk RING mengedepankan
      unsur safety selain berusaha memenuhi keinginan pasar terhadap
      unsur-unsur fashion.

      Menjawab pertanyaan rekan-rekan sekalian, dengan ini kami jelaskan
      bahwa produk-produk kami tidak dapat dibandingkan “apple to apple”
      dengan merk bohlam lain yang ada di pasaran saat ini. Hal ini
      dibedakan oleh spesifikasinya yang berbeda satu dengan yang lainnya.
      Sehingga hal ini pulalah yang mengakibatkan adanya perbedaan harga
      dengan merk-merk lainnya.

      Kami memberikan garansi satu tahun atas semua produk kami. Hal ini
      sekaligus menjawab tantangan dan keraguan yang timbul karena banyaknya
      produk sejenis yang dibuat di Cina. Dimana produk semacam ini
      diproduksi secara masal dan mengabaikan kwalitas karena ditujukan
      untuk menekan production cost sehingga dapat dijual secara murah
      kepada end user.

      Satu lagi pertanyaan yang sering kami terima adalah mengenai harga.
      Untuk ini kami harapkan kerja sama dari moderator milis untuk dapat
      mengkoordinasi keinginan dari member sekalian. Akan kami berikan harga
      istimewa untuk kloteran produk-produk kami. Tapi mohon maaf harga
      belum dapat kami announce terbuka demi menjaga stabilitas harga di
      pasaran, mengingat produk kami adalah produk yang baru saja dilaunch
      di pasaran.

      Untuk info lebih lanjut dapat dilihat di:
      http://www.ringautomotive.co.uk Atau http://www.g-autoparts.com

    67. Tedi says:

      Kang Saft, reviewnya OK. Kl bs ngetest jg ketahanannya dong+cantumin harga dong spy harganya “terang benderang” jg.
      Sedikit info, bln Mrt-Apr sy smpt pake halogen generasi baru yg ktnya lbh kuat yt merk Foerch tipe Four Season 55/60w. Beli di toko referensi Foerch Indo di MGK seharga 120rb an/2 pc (di IIMS07 lampu ini dijual 75rb/pc). Nov07 tu lampu udah koit. Komplain ke Foerch Indonesia, dan kt Bpk D (yg ngaku sbg manager), mutu lampu Foerch bgs krn IMPOR dr Jerman tp ngga ada garansi. Waduh, lampu impor+mahal koq cepet loyo. Mgk ngga cocok ama iklim di kita ya. Yg nyesek: lampu mahal mutu abal2.
      Kl bs dibuat perbandingan dgn merk lain dong terutama merk2 yg dijual mahal yg ngaku dr luar negeri.
      Note: mobil udah dilengkapi relay&llampu standar sy udah 7thn msh idup. Ganti ke Foerch krn liat di Tabloid Otomotif.

      Yg Nyesel:-))
      Tedi

    68. TheOwner says:

      Jay Says:
      Kang Saft, mobil saya timor, bisa gak pakai H4 Ring Ultra Xenon 60/55w. Headlamp (reflektor) timor saya kelihatan udah kotor, punya tips cara bersihinnya gak? Terima kasih.

      Jawab:
      Tentu saja bisa dan Ultra Xenon tergolong watt standard. Untuk membersihkan headlight harus dibongkar dan dilepas dari mobilnya, kemudian rumah lampu dibersihkan direndam dengan sabun cuci bubuk selama 1/2 jam, bilas hingga bersih, keringkan, jemur 1 jam di terik matahari, masukkan ke ruang AC, biarkan selama 1/2jam – 1 jam, kemudian bersihkan dan lap kering lagi.. baru dirakit lampu2nya di ruang berAC tadi.. barulah kemudian dipasang lagi ke mobil. Ruang AC membuat agar tidak terjadi embun di rumah lampu tersebut. Selamat mencoba.

    69. Jay says:

      Kang Saft, mobil saya timor, bisa gak pakai H4 Ring Ultra Xenon 60/55w. Headlamp (reflektor) timor saya kelihatan udah kotor, punya tips cara bersihinnya gak? Terima kasih.

    70. Louis says:

      # ReizQ Says:
      December 5th, 2007 at 4:43 pm

      Di Surabaya, belinya di mana ya?
      Tertarik ama ya Ring Ultra Xenon 55/60.. Brp harganya?

      Pak ReizQ untuk pembelian di daerah Surabaya bisa menghubungi agen Ring Automotive di bawah ini
      Surabaya: Formula 1 031 5315005, 031 5049922, 031 7381177, Jaos Motor Sport 031 5634100

      Thanks

    71. TheOwner says:

      Om Zec, ReizQ, dan Oom yang lain yang mau tanya harga…

      Monggo di kontak langsung aja bro ke
      02198788168
      08129993988
      08558856847

      tanya langsung aja lewat SMS, sekalian tanya kalau di kirim paket kena biaya berapa.
      Thanks

    72. TheOwner says:

      KoCo Says:
      Setahu saya hampir semua reflektor plastik cuma sanggup menahan panas 60/55 watt saja dan UV cut untuk mencegah lensa plastik menjadi buram akibat sinar UV lampu, bukan menahan radiasi panas betul nggak?

      Kalau menurut referensi yang pernah saya baca, Cahaya Ultra Violet (UV) dapat merusak reflektor maupun komponen headlight yang terbuat dari plastik. Akan membuat reflektor atau lensa menjadi rapuh dan pudar bahkan meleleh.

    73. KoCo says:

      Setahu saya hampir semua reflektor plastik cuma sanggup menahan panas 60/55 watt saja dan UV cut untuk mencegah lensa plastik menjadi buram akibat sinar UV lampu, bukan menahan radiasi panas betul nggak?

    74. ReizQ says:

      Di Surabaya, belinya di mana ya?
      Tertarik ama ya Ring Ultra Xenon 55/60.. Brp harganya?

    75. TheOwner says:

      Taufik Says:
      Wah mantap ya. Sinar yang dihasilkan UltraXenon 60/55 w setara dengan Rally Sport 130/90 W. Melihat wattage UltraXenon setara dengan H4 Philips Standar, tentunya pemasangan lampu jenis UltraXenon tinggal plug & play dong ya?

      Jawab:
      Bener oom.. tinggal plek blek… tidak memerlukan tambahan / modifikasi pelistrikan standard.

    76. Taufik says:

      Wah mantap ya. Sinar yang dihasilkan UltraXenon 60/55 w setara dengan Rally Sport 130/90 W. Melihat wattage UltraXenon setara dengan H4 Philips Standar, tentunya pemasangan lampu jenis UltraXenon tinggal plug & play dong ya?

    77. TheOwner says:

      zec Says:
      om saft klu lampu ring yang Ring UltraXenon 60/55w bisa di aplikasikan ke motor tiger nga ya om..
      and kira2 harganya brp ya…

      Jawab:
      Kalau di motornya sudah menggunakan socket H4 tentu saja bisa. Produk Ring tidak hanya socket H4, tetapi ada juga H1, H3, HB dan seterusnya.

    78. TheOwner says:

      Dedy Says:
      Om saft, produk Relay-Set sekarang kan ga seperti dulu lagi tuh om… sudah ada yang tinggal pasang aja… misalnya aja produk dari wurth… nah quality nya gimana om?? klo relaynya kita pk relay instant dari wurth trus kita pake lampu yang Ring RallySport 130/90w dan Ring UltraXenon 60/55w? oya sekring untuk headlamp nya perlu ganti juga ga om?? ke 15 ato 20 om?

      Jawab:
      Bener om.. banyak merek dan varian kualitas dari Relay-Set Cable. Untuk sikring perlu disesuaikan dengan watt lampu. Biasanya relay-set sudah termasuk sikringnya.

    79. zec says:

      om saft klu lampu ring yang Ring UltraXenon 60/55w bisa di aplikasikan ke motor tiger nga ya om..
      and kira2 harganya brp ya…

      makasih om..

    80. Dedy says:

      Om saft, produk Relay-Set sekarang kan ga seperti dulu lagi tuh om… sudah ada yang tinggal pasang aja… misalnya aja produk dari wurth… nah quality nya gimana om?? klo relaynya kita pk relay instant dari wurth trus kita pake lampu yang Ring RallySport 130/90w dan Ring UltraXenon 60/55w? oya sekring untuk headlamp nya perlu ganti juga ga om?? ke 15 ato 20 om?
      overall thank buat sharing2 tentang lampu headlampnya om :D

      dedy

    Leave a Reply





    Switch to our mobile site

    Tips Otomotif saft7.com