Sudah dibaca sebanyak 13402 kali

Kaca spion pada umumnya tidak mampu menangkap sudut pandang yang lebar, terutama untuk posisi tertentu seperti pada samping mobil kita.
Hal tersebut dikenal dengan istilah BLIND SPOT.
BlindSpot ini cukup berbahaya pada saat kita akan berbelok, kemudian tiba-tiba ternyata ada mobil lain atau sepeda motor tepat disamping kita yang tidak terlihat sama sekali pada kaca spion mobil kita.

Untuk itu di banyak mobil keluaran baru menggunakan metode MultiVex pada kaca spion-nya. Yaitu pada bagian ujung kaca spion dibuat bagian yang melengkung sehingga dapat menangkap pandangan yang lebih lebar/luas.

Berikut perbandingan jarak pandang kaca spion biasa dibanding dengan kaca spion MultiVex

Lantas bagaimana dengan kaca spion mobil kita yang belum mengadopsi MultiVex tersebut?

Di toko aksesoris mobil mulai mudah ditemukan BlindSpot Mirror sebagai solusi di atas.

Pertanyaan selanjutnya…. dimana sih yang paling efektif penempatan BlindSpot Mirror pada kaca spion mobil kita?

Sebelum memasang Blind Spot Mirror pada kaca spion kita, baiknya kita ingat dulu bahwa:
1. Kaca Spion adalah alat bantu utama.
2. BlindSpot Mirror adalah alat bantu tambahan yang hanya sesekali saja kita gunakan (lihat).

Penambahan BlindSpot Mirror tidak boleh mengurangi fungsi kaca spion utama, sehingga perlu dicoba posisi yang paling baik yang tidak mengurangi bidang pandang pada kaca spion utama.

Sekali lagi diingatkan bahwa BlindSpot Mirror hanya perlu dilirik/diperhatikan ketika kita akan belok atau pindah jalur saja, untuk memastikan tidak ada kendaraan lain yang akan terganggu pada saat kita berbelok/pindah jalur.

Mari kita coba dimanakah penempatan BlindSpot yang paling efektif.

Penempatan BlindSpot Mirror pada sisi luar bagian bawah ternyata membuat banyak object yang tidak terlihat pada kaca spion utama akibat tertutup BlindSpot Mirror itu sendiri. Dengan kata lain, penempatan seperti ini membuat kaca spion utama menjadi sempit bidang pandangnya.

Penempatan BlindSpot Mirror pada sisi dalam bagian atas lebih terlihat membantu, karena bidang pandang kaca spion utama tidak terganggu terutama pada sisi luarnya.

Namun kalau kita temukan di jalan, banyak yang memasang BlindSpot Mirror pada sisi luar kaca spion….. hehe.

Note: Foto di atas bukan hasil edit/manipulasi. Yang terlihat pada BlindSpot Mirror adalah object sebenarnya pada saat foto diambil. Perlu di ingat bahwa BlindSpot Mirror adalah kaca cembung yang membuat object terlihat jauh lebih kecil namun dengan bidang pandang yang lebar/luas. Kendala dalam pengambilan gambar dengan cermin/mirror adalah pengaturan target focus.

Saftari