Sudah dibaca sebanyak 6989 kali

Saat ini sudah semakin banyak yang menggunakan GPS untuk membantu bernavigasi dalam perjalanan baik pada mobil maupun motor. Beragam merek dan model GPS pun banyak beredar, mulai dari GPS yang memang khusus untuk pemakaian pada mobil, PDA yang ditambahkan fungsi GPS, Handphone dengan GPS hingga jam tangan dengan GPS. Semuanya bertujuan sama yaitu sebagai alat bantu navigasi.

Seperti yang pernah disampaikan pada artikel sebelumnya ( Mau kemana kita? ), kelengkapan peta adalah yang paling penting agar GPS dapat berfungsi optimal. Pada artikel ini saya akan mencoba sharing penggunaan GPS dengan merek Garmin Nuvi 200 Deluxe, yang bisa dikatakan sebagai GPS murah-meriah yang cukup optimal dan baik.

Apa yang bisa dilakukan oleh Garmin Nuvi 200 Deluxe?

Pada layar Dashboard, terdapat beberapa informasi seperti kecepatan saat ini, kecepatan rata-rata dalam perjalanan, kecepatan maksimal, jarak yang sudah ditempuh (odometer), dan lain-lain.

Untuk memulai perjalanan, kita ditawarkan 2 menu utama

Mencari Alamat…

Saya coba untuk mencari alamat,.. yaitu Jalan Mawar di sekitar Ciputat..


.

.

.

.

.

.

Yang sangat terasa manfaatnya adalah ketika kita dihadapkan oleh suatu persimpangan atau bunderan… harus bagaimanakah rutenya dan sebagainya.. tergambar jelas dengan panah arah jalannya.

Dan yang pasti, apabila jalan yang disarankan oleh GPS ternyata tertutup (misalnya oleh portal) kita akan diberikan lagi secara otomatis jalur alternatif lain menuju lokasi tujuan.

Cari SPBU Terdekat? Hotel terdekat? Bengkel terdekat?..

Secara otomatis, dimanapun posisi kita saat itu, GPS akan siap menampilkan 50 lokasi terdekat, misalnya Hotel, SPBU, Sekolahan, Masjid, Bengkel, dan sebagainya…
Bayangkan saat kita mudik, kemudian ternyata bensin/solar sudah hampir habis, kita tinggal sentuh gambar pompa bensin pada GPS, maka GPS seketika akan menampilkan 50 lokasi SPBU mulai dari yang terdekat dengan posisi kita saat itu.. hmm.. sangat membantu.
Setelah kita pilih mana yang mau kita tuju. tinggal sentuh tombol GO, maka GPS siap mengantarkan kita ke lokasi tersebut.

.

.

.

.

Untuk unit sekecil dan seringkas ini, layak untuk dipasang di mobil kita, apalagi menjelang mudik nanti pasti akan terasa manfaatnya di jalan.

Selamat Mudik Lebaran!.. Selamat Idul Fitri! Minal’aidin Wal Faidzin.