Sudah dibaca sebanyak 1366 kali

Membangun suatu website komunitas tidak semudah membangun website profil perusahaan. Keberhasilan suatu website komunitas bergantung pada aktifitas yang terjadi di dalamnya.

Untuk website komunitas, biasanya faktor kepuasan dan kesetiaan dari para anggota komunitas website tersebut yang menjadi ukuran keberhasilan. Umumnya, sebuah website komunitas didasari oleh kesamaan dan ketertarikan anggotanya terhadap sesuatu hal. Artikel ini mencoba membantu memberikan saran dan syarat untuk membangun website komunitas yang baik.

Persiapan
Apapun macam komunitas yang difasilitasi suatu website, berhasil atau tidaknya terlihat dari aktifitas atau interaksi yang terjadi di dalamnya. Beragam latar belakang anggotanya membuat dinamika komunikasi menjadi bervariatif dan dinamis. Bisa dikatakan bahwa tidak ada website komunitas yang dapat sama persis aktifitas interaksinya. Setiap website komunitas memiliki ciri dan keunikan sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan beberapa hal penting yang berkaitan dengan persiapan pembuatan website komunitas.

Komunitas bukan Hak Milik. Umumnya, orang yang berinisiatif membuat suatu komunitas, berasumsi bahwa komunitas itu adalah miliknya. Bahkan, beberapa orang melibatkan pengacara untuk mengesahkan syarat dan kondisikondisi tertentu untuk melindungi apaang baru dibuatnya. Sang “founder” biasanya juga segera menyusun peraturan yang mengikat. Komunitas yang dibuatnya ini seakan-akan seperti suatu perusahaan dengan aset-aset yang harus dilindungi. Namun, komunitas tidaklah seperti perusahaan. Dalam suatu komunitas bisa terjadi interaksi yang berubah-ubah dan terkadang susah diatur. Dapat dikatakan bahwa komunitas adalah milik bersama. Ketika suatu komunitas diarahkan sebagai suatu komoditas, disitulah kunci menuju kegagalan. Ini berlaku dalam website komunitas.

Selengkapnya silahkan download dokumen PDF ini. (WebCorner_November_08_KunciSuksesWebsiteKomunitas.pdf)

Artikel ini saya tulis dan dicetak dalam rubrik Web Corner di Majalah Komputer CHIP no.11/2008, Edisi Bulan November 2008 – Halaman 156-159

Selengkapnya silahkan download dokumen PDF ini. (WebCorner_November_08_KunciSuksesWebsiteKomunitas.pdf)