.

 

Isi Oli Sesuai Anjuran..

isioli00

Peranan Oli sangat penting bagi mesin, khususnya untuk mesin motor maupun mobil. Namun apabila tidak sesuai dengan anjuran produsen mesin tersebut, tentunya akan mendatangkan masalah bagi mesin itu sendiri. Banyak kasus teman-teman yang mengisi oli melebihi batas maksimal dari yang dianjurkan, juga banyak teman-teman motoris yang mengisi oli mesin mobil ke dalam mesin motornya. Wah, wah.. semoga tidak terjadi pada mesin motor maupun mobil kita ya.

Pada mesin mobil dan motor disediakan alat untuk mengukur kapasitas oli yang ada di mesin, sering disebut dengan Dipstick Oil. Pada Dipstick Oil tersebut ada petunjuk High/Full dan Low/Add.

Pada gambar di atas dijelaskan bahwa apabila ketinggian oli berada diantara batas Maksimal dan Minimal, maka kapasitas oli dalam mesin dapat dikatakan berada dalam kondisi NORMAL. Jika berlebihan, segera dikurangi (dibuang melalui Oil Drain). Jika kurang, segera ditambahkan dengan oli yang sama jenisnya dengan oli yang ada di dalam mesin.

Mengapa tidak dibenarkan mengisi oli melebihi batas Maksimal?

Seluruh produsen mesin motor maupun mobil melarang kita untuk mengisi oli melebihi batas maksimal, karena akan berdampak buruk pada mesin. Seperti apakah kira-kira dampak buruknya?

  • Apabila kapasitas oli berlebihan, maka putaran poros engkol / crankshaft akan menyentuh genangan oli yang ada di bak karter, sehingga membuat oli menjadi berbusa yang berisi udara/gas. Hal ini dapat menimbulkan oli menjadi lebih cepat panas / overheat, beroksidasi dan kehilangan tekanan oli (loss of oil pressure).
    Oli yang berbusa sukar untuk dipompa oleh pompa oli sehingga komponen mesin yang seharusnya mendapatkan pelumasan menjadi kering, dan akan rusak / macet.
  • Selain itu, oli yang berbusa akan membuat tekanan gas yang berlebihan di dalam ruang mesin, sehingga melalui jalur sirkulasi (PCV) akan terdorong (blow by gas) ke filter udara. Biasanya filter udara menjadi basah oli.
  • Motor dengan karburator, akan banyak ditemukan lapisan tipis oli, lebih parah akan menyumbat jalur-jalur dan needle valve (float valve) yang ada di karburator tersebut.
  • Tekanan udara dari oli yang berbusa tersebut, juga merembes keluar melalui seal-seal yang ada di mesin.

  • Pada mesin motor, pengisian oli yang berlebihan juga mengganggu plat kopling (clutch). Karena plat kopling menjadi terendam oli, sehingga terlalu banyak oli yang membasahi plat kopling tersebut dan menjadi Slip. Normalnya, oli akan terlempar dengan sendirinya oleh putaran plat kopling (clutch) tersebut. Jika plat kopling slip, maka akan mengurangi umur pakainya, kehilangan tenaga dan pemborosan bensin.

Nah, jadi jelas sekarang, mengapa produsen mesin motor maupun mobil membatasi jumlah oli yang boleh dimasukkan ke dalam mesin. Kelebihan dan kekurangan adalah tidak baik buat mesin.

Jangan kelebihan isi oli dong ya…

Bisakah oli mesin mobil dipakai di mesin motor?

Bisa dibilang seluruh pabrik oli akan berkata TIDAK DIANJURKAN. Mengapa demikian?

Oli mesin motor bisa dibilang lebih rumit spesifikasi dan karakteristiknya ketimbang oli mesin mobil.

Oli pada mesin mobil dirancang untuk melumasi Bushing dan Bearing maupun pergerakan piston saja. Jadi pada mesin mobil, dibutuhkan oli yang licin dan mampu membuat lapisan tipis untuk melumasi komponen-komponen yang bergesekan tadi. Umumnya oli mesin mobil ditambahkan aditif Friction-Modifiers untuk memperkecil gesekan.

Apa akibatnya jika oli licin tadi dipakai di mesin motor? Tentunya untuk mesin motor yang menggunakan kopling basah (wet clutch), akan membuat kopling menjadi slip karena licin.

Jadi, kopling basah mesin motor memerlukan oli yang tidak licin sehingga kopling bisa tetap ‘gigit’, tidak kehilangan tenaga. Dengan kata lain, pada oli mesin motor, tidak boleh ada Friction Modifiers (Menurut standard JASO MA), atau ada sedikit Friction Modifiers (Menurut standard JASO MB).

Viskositas (keenceran) Oli akan rusak oleh roda gigi. Umumnya roda gigi transmisi mesin motor menyatu dengan mesin motor itu sendiri, sehingga oli akan membasahi roda-roda gigi tadi. Untuk itu oli motor dirancang untuk tahan terhadap ‘perasan’ roda-roda gigi transmisi agar viskositasnya tidak rusak.

Sementara untuk mesin mobil, roda-roda gigi transmisi berada pada bagian terpisah, dan dilumasi khusus oleh oli transmisi.

Banyak ditemukan di toko perlengkapan motor menjual oli yang sebenarnya untuk mesin mobil. Wah wah.. buat konsumen tentunya bikin bingung…

Biar mudahnya… oli untuk mesin motor, pastikan ada tertulis 4T yang digunakan untuk mesin motor jenis 4 tak maupun mesin motor 2 tak.
(Oli samping motor 2 tak bertuliskan kode 2T, bukan untuk dimasukkan ke ruang mesin).

Sementara, kalau oli mesin mobil, biasanya langsung tertulis angka viskositasnya secara jelas, misalnya 10W40, 5W30, 20W50, dst..

Selain itu, pastikan untuk motor dengan sistem Kopling Basah (Wet Clutch System) menggunakan oli mesin motor yang mencantumkan standard JASO MA (untuk kebanyakan motor di Indonesia memerlukan standard JASO MA, umumnya motor Jepang atau Asia).

Jangan salah isi oli dong ya…

RINGKASAN:

Biar lebih jelas lagi..

1. Oli Mesin mobil, ada kandungan Friction-Modifiers yang membuat oli sangat licin, dan membuat lapisan film pada metal yang bergesekan, agar licin / sedikit gesekan.

2. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MA, TIDAK ADA kandungan Friction-Modifiers, sehingga kopling basah tidak slip.

3. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MB, ADA ditambahkan sedikit kandungan Friction-Modifiers, namun ditujukan untuk mesin2 motor yang Advance Wet Clutch (kopling basah yang khusus). Masih sedikit sekali motor yang menggunakan oli dengan standard JASO MB.

Semoga bermanfaat Bro!

Sumber referensi:
http://www.aa1car.com/library/api_motor_oil_classifications.htm
http://www.aa1car.com/library/motor_oil_605.htm
http://www.aa1car.com/library/oil_viscosity.htm
http://www.carbibles.com/engineoil_bible.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Motor_oil
http://forums.noria.com/eve/forums/a/tpc/f/616604995/m/1491044311
http://www.innerauto.com/Automotive_Animations/Engine_Lubrication
http://w6rec.com/duane/bmw/trans/tran_parts.htm
http://www.mobiloil.com

95 Responses to Isi Oli Sesuai Anjuran..

  1. Lukman says:

    Saya pakai Pertamina Fastron Gold di Honda Vario Techno 125 PGM-FI

    Tahan dipakai sampai up to 10.000 KM

    Saya juga pakai untuk oli gearbox nya juga, tahan hingga up to 30.000 KM

    Skuter Matic menganut kopling kering, koplingnya pakai kopling sentrifugal yg dipasang di CVT Secondary Drive,,,

    Semakin licin oli, semakin bagus untuk motor matic,,,

    Oli khusus matic hanya oli mobil versi murah, hanya memiliki kemampuan minimum atau medium dari oli mobil, makanya biasanya base oilnya paling tinggi cuma base group III, harga dibawah 60rb, masa pakai cuma kisaran 2000 – 4000 KM, hanya untuk mendapatkan nilai ekonomis saja,,,

    Memilih oli jangan cuma liat standarisasi, merk, dan kata orang aja,,, tp lihat juga MSDS/Data Sheet nya, kalo perlu cari VOA nya,,,

    Motor manual berkopling basah (moto bebek hingga sport) sudah lengkap olinya, mulai mineral sampai polyalpaolefin (fully synthetic), kalo oli motor matic?, sejauh ini masih belum ada atau sangat jarang dan langka, di indonesia oli khusus matic setau saya tidak ada yg pake PAO sebagai base oilnya, jangankan PAO, VHVI aja tidak ada produk oli yg menyatakan khusus untuk motor matic, maka dari itu pakai oli mobil (tp tidak sembarangan pake), untuk mendapatkan hasil maksimal, misalnya fastrom gold yg saya pakai, itu base oil nya adalah VHVI+.

    Mesin motor matic putaran mesinnya jauh lebih tinggi daripada manual, rpm stasioner nya aja lebih tinggi di kisaran 1700 rpm, jd kalo cuma mentok di base group iii bakalan cepat rusak olinya,,, apalagi sering dipake kecepatan tinggi.

    Untuk motor manual sangat tidak dianjurkan pakai oli mobil, kalo motor matic sangat dianjurkan pakai oli mobil,,, sesuaikan SAE nya saja kalo mau pakai oli mobil di motor matic, dan gunakan oli mobil gasoline (bensin), jangan oli diesel,,, SAE pun yg penting adalah angka terakhir, sedangkan angka awal tidak perlu dihiraukan,,, misalnya untuk matic hoda pakai 10W-30, tidak masalah pakai oli mobil 5W-30, karena oli fully synthetic biasanya grade winternya kecil,,,

  2. dennis says:

    Kalo oli saya lebih 200 mili ad mslh tu?

  3. aditya reza says:

    apakah kendaraan balap selalu diberi oli dengan standar JASO MA ataupun JASO MB tetapi berganti-ganti????

  4. harly says:

    Oooo harus itu
    kalo kita mau mesin yang kita gunakan awat

  5. meke says:

    om. apa pengaruhnya pake zat adiktif di olie?
    plus minusnya apa?
    thx.

  6. edra.putra says:

    om Saft, saya mau tanya nih mengenai si pelumas ini
    buat mobil saya nissan genesis th 1993
    berhubung mobil yua jadi beiknya pake jenis apa ya?
    kata orang sih yang 20W/50… begitukah?
    thx

  7. shipoer says:

    saya punya motor supra,biasanya q pakai BBM premium tpi skrng saya pakai pertamak,tpi enak cieh tarikan y n jga lbh respon,klo terus-manerus pakai pertamak pa ngaruh trhp mesin y?
    shi_poer@live.com

  8. JIHAD says:

    saya memakai mobil all new honda jazz 2009 setiap berapa KM saya harus mengganti olinya?, saya menggunakan oli Motul 5100.

  9. bahari says:

    thanks penjelasannya kang saft,
    mau nanya nih
    1. apa yang di makasud slip kopling? bagaimana rasanya jika ini terjadi di motor
    2. jika level oil sedikit sekali di atas max, masih boleh ga?

    thanks

  10. arif says:

    saya mo nanya nih…
    oli mesin yg cocok untuk mobil saya apa ya (merk & SAE nya)…???
    mobil saya TIMOR SOHC th ’99.
    thanks….

  11. agung says:

    saya mo nanya nih..
    motor saya kan scorpio, baru ganti oli saya isi yg 1 liter, pdhal kapasitas olinya 1,2, apa ga ap2 tuh?

  12. rian says:

    apa tidak merusak mesin atau slip bila menggunakan oli standar jaso ma 2 seperti shell advace ultra

  13. Fajri says:

    Aku lagi butuh banget panduan untuk merakit knalpot racing tapi yang suaranya ngebass halus,
    aku butuh panduannya..

    please and thanks before

  14. zulkarnaen says:

    saya minta cara merakit dengan gambar merakit komponen gear honda, suzuki dan yamaha

  15. agung andri says:

    salam om saft, tlg dijelasin donk kode2 yang ada di oli. contoh: SAE 20-50 SJ ==> makna SJ itu apa ya?
    trims

  16. aji says:

    * Selain itu, oli yang berbusa akan membuat tekanan gas yang berlebihan di dalam ruang mesin, sehingga melalui jalur sirkulasi (PCV) akan terdorong (blow by gas) ke filter udara. Biasanya filter udara menjadi basah oli.

    >> wew ngeri amat pak. brarti olie nya harus lewat karbu donk kalo mau membasahi filter udara .
    setau owe malah bakal masuk lagi ke ruang bakar . karena piston itu ngisep udara & bensin dari karbu ke ruang bakar . bukan dari ruang bakar menuu karbu .

    nah trus olie nya lewat mana pak ?

    * Motor dengan karburator, akan banyak ditemukan lapisan tipis oli, lebih parah akan menyumbat jalur-jalur dan needle valve (float valve) yang ada di karburator tersebut.

    >> gimana caranya pak ? sama dengan pendapat owe diatas . kok malah olienya ngabur ke karbu . setau owe sih di empat tak ruang bakar nya itu bebas oli . kalaupun rembes pasti udah ikut kebakar bareng bensin . nih dia yang bikin motor ngebul & kompresi turun .

    trus olie nya ke karbu kapan dan lewat mana yah ?

  17. SANTOSO,SP says:

    saya mau tanya apakah ring piston sepeda motor saya (merk Kaze R) harus ganti, karena kelihatannya sekarang bbmnya mulai boros, dan tarikannya kurang spontan. spidometer sudah menunjukkan angka 58696 km. mohon bantuannya terima kasih.
    santoso,sp

  18. Agung Rusmayanto says:

    Saya mau tanya oli motor apa yang paling baik buat yamaha scorpio Z ?

    Karena waktu dulu saya masih pakai honda tiger 2000, pake shell advance sx udah mantabbb…

    tapi saya coba di scorpio z kok kurang terasa,mesin agak kasar n tenaga biasa.tolong dijelaskan..

    Terima Kasih Buannnyyyaak….

  19. candra says:

    apa dampak negatif dari mengganti knalpot standard dengan knalpot racing yg suaranya besar ? tlg beri jwbnnya di no hpku seperti diatas ya . thanks.GBU

  20. candra says:

    merk oli apakah yg terbaik untuk new vega r? kalau ada yg tau jwbnnya tlg kirimkan ke no hp saya 08124987375.thanks

  21. Anjar says:

    Untuk mesin suzuki APV bagusan menggunakan 5W40 atau 10w40 atau 20W40 sedangkan selama ini saya menggunakan Shell Helix Ultra 5W40 ? dan bolehkan apabila oli mesin sering diganti lain merk ? trima kasih

  22. luvi says:

    mas saft? ada gak gambar batas pengisian oli mesin scopio? kenapa motor scorpioku sering nembak ? trus sangat susah masukin gigi ? apa pengaruh dari isi oli ? tarikan agakberat

  23. kenapa TOP 1 Super Susah didapat hanya dealer tertentu saja.
    saya lebih suka TOP 1 Super dari pada yang biasanya lebih bagus top 1 super

  24. akimo says:

    aku pengen cari kerjaan sbg montir mobil,bs ga?

  25. bazeenk says:

    mas saft mo nanya, klo motor saya sering dipake kecepatan tinggi rata-rata diatas 70km/jam dan sering dipake buat touring sampe 3 jam nontstop smbil berboncengan. dan oli yg saya pake nilai viscositasnya 10-40W kira kira klo dganti setiap 2000 km apa dampak negatifnya buat motor saya?

  26. TheOwner says:

    dimas Says:
    pak saft mo nanya neh…
    diatas kan udah dijelasin kalo kelebihan oli tuh gak bagus, tapi gimana kalo olinya kurang ato dibawah garis “L” ? bisa dijelasin gak gimana efeknya ke mesin?
    trims yo pak….

    Jawab:

    Tentunya lebih jelas lagi, pompa oli tidak dapat menyedot dan menyalurkan oli dengan baik. Akan terputus-putus penyaluran oli nya ke komponen2 mesin yang membutuhkan pelumasan… Atau bahkan tidak tersalurkan sama sekali apabila oli tidak dapat sampai ke saluran penghisap pompa oli. Komponen yang bergesekan akan kering dan akhirnya macet.

  27. dimas says:

    pak saft mo nanya neh…
    diatas kan udah dijelasin kalo kelebihan oli tuh gak bagus, tapi gimana kalo olinya kurang ato dibawah garis “L” ? bisa dijelasin gak gimana efeknya ke mesin?
    trims yo pak….

  28. LUCKY says:

    ada yg bs bntu cari solusi gak?napa motorku sZ knalpotnya sedikit berasap n pada akhirnya oli berkurang
    apa mglin kira2 seker sZ udah beset yah?tp kata temen seker sZ u kgk apa2,suara mesin jg halus,gmn cara ngenalin kl seker sZ ku beset?kira2 kl ganti seker sZ biayanya brapa yah>?aku mpe pusing mikir motor ku….kl rekan2 ada yg mw bantuin aku kirim email aja di loekoey@yahoo.co.id
    TERIMA KASIH ATAS BANTUAN REKAN2……..

  29. den_mas_ryo says:

    Om saft, motor saya GL-160 selama ini pake oli MOTUL klo ga salah ada tulisan 5100 ato apa gitu. Saya sering bepergian jarak jauh kurang lebih jarak 783km sekali jalan. Saya selalu rutin mengganti oli tiap 5000km. Akhir-akhir ini ada semacam cairan oli yg terlempar keluar lewat celah-celah seperti kata om saft, diantaranya melalui tutup klep dan tutup gigi cam. Apakah hal tersebut ada kaitannya dengan adanya pembusaan oli seperti penjelasan om saft di atas? Bagaimanakah mengatasi kembali seperti mulai dari nol lagi untuk mengetahui/menyesuaikan isi oli di mesin saya? Haruskah membongkar mesin dan melihat kondisi isi mesin apakah masih layak ataokah ada komponen yg harus diganti karena akibat dari pembusaan yang disebabkan adanya kemungkinan kelebihan atau kekurangan isi oli di mesin tadi? Bagaimanakah untuk mengetahui/merasakan secara instan (mungkin dari karakter suara mesin yg berbeda dari biasanya) adanya komponen dalam mesin yang tidak beres atau harus diganti? oli apakah yang cocok bua motor saya? Apakah oli motul recomended untuk jenis kendaraan saya? Ato mungkin on saft bisa menjelaskan lebih jauh lagi system kerja mesin motor 4 tak untuk dijadikan acuan bagi kita-kita semua yang awam akan mesin? Terima kasih atas penjelasannya.

  30. Pay says:

    Berapa lama atau berapa Km masa pakai oli motor jika di bagi berdasarkan dasar pembuatannya (Mineral, Semi-Sintesis, dan Full-Sintesis) ?

    Mohon dibalas agar kita semua tahu secara pasti kapan harus mengganti oli, karena sepengetahuan saya selama ini, banyak orang yang mengganti oli setiap 1000-2000 Km, jika faktanya penggantian oli itu bisa lebih dari 3000 Km, artinya kita bisa menghemat sekaligus mengurangi pencemaran lingkungan hidup.

    Terima Kasih.

  31. hendri says:

    bung saft.
    kalo oli enduro yang 20W50 itu oli sintetis apa gak ya …?

    Thank

  32. Zulfa Izz says:

    motor karisma ( 2004 ) saya klo dipanasin kok bunyi tek – tek – tek agak keras, tapi klo dah mulai panas mulai hilang. Yang bunyi apaan ya Om? Trus klo digeber gigi 4 kecepatan hampir 60 ada bunyi ngelitik tapi klo kecepatan ditambah hilang tu ngelitiknya. Yang bunyi gituan apa Ya…?

  33. alfabeta21007 says:

    motor saya mesin 2langkah…yang ingin saya tanyakan…oli samping yg ok and ga terlalu berasap apa ya??? tks…..

  34. bung sinar hitam kao mo pake repsol 10-40 ok banget koq,saya dah coba tuk mobil timor sohc standarbikin irit bensin,emang dari koreanya pake tu oli. fuel consumpt is 1:10-11 dalem kota with ac n 1:13 luar kota,bisa lebih kalo pke pertamax.

  35. Surya says:

    Bung Saft,
    Pengukuran level oli mesin mobil sebaiknya dilakukan pada kondisi “mesin dingin” atau mesin lagi jalan ? Dan satu lagi untuk lifetime oli mesin mobil kira2 sampai berapa km yah terutama untuk mobil2 baru (kayak innova dibuku manual ganti setiap 10rb km untuk mesin bensin).

    Regards,
    Surya

  36. Heru says:

    maaf masbro saftari, artikel ini saya coba sharing di website HTML, ga keberatan kan masbro?
    ini link-nya
    http://www.honda-tiger.or.id/forum/showthread.php?t=16325&page=2

  37. sinar-hitam says:

    pengalaman pake oli :

    motor kawasaki blitz-r kapasitas oli 1000ml 10w-40 umur motor sampe sekarang 2tahun4bulan

    -pertama kali pake mesran (dari bengkel) –> kadang slip 2 ke 3 atau gak mo masuk gigi dari 4 ke 3, tenaga enteng / berat gak tau soalnya pertama kali pake
    -pake Motul 5100 10w-40 SG (Rp. 43.000) tarikan enteng, suara mesin halus, dah jarang slip, tapi setelah 1500km suara mesin mulai kasar lagi (katanya memang SG cuma 1500km an)
    -karena beberapa kali susah nyari Motul 5100 10w-40 SG terpaksa cari alternatif lain dan nemuin Mobil1 10w-40 SL, pertama kali dibawa langsung terasa suara mesin kasar, setelah seminggu suara masih tetep kasar langsung ganti Motul lagi
    -terus nemuin Shell Advance VSX4 10w-40 SL (Rp.34.000), wew yang terakhir ini memang terasa beda dibanding Motul 5100 sekalipun . setelah 2000km pun masih terasa enak, halus dan enteng oli SL katanya bisa sampe 3000km , tapi tetep ganti oli pas 2000km. pake oli ini dah 1 tahun lebih
    -Repsol 10w-40 SL blum nyoba karena full sintetik ( Rp.48.000 an 1 thn yl di Borma), (mubazir, bebek maks sampe semi sintetik aja, kalo harga relatif lah tergantung hasil yang didapat .

    oli emang cocok-cocokan, buat yang pake bebek kawak Blitz atao ZX130 rekomen Shell VSX4 deh kayaknya (bukan iklan produk, sekadar sharing pengalaman terutama bwat pengguna bebek Kawasaki)

  38. fan says:

    hari gini masih pake oli T**1 ?!!! amrik yang manah tuh…mana ada oli amrik gambarnya motor bebek emang di amrik ada motor bebek tuh…..mending pake produk dalam negri yang jelas, teruji kualitasnya

  39. MANTO says:

    kang saya mo tanya,motor saya khan jupiter 2 , trus masalah oli saya pakenya REPSOL 20 W 50, Trus yang saya tanyain , kapan waktu yang tepat untuk ganti oli? berdasarkan pemakainnya ato cuma liat spedo meternya saja, dan menurut anda oli yang saya pake bagus ga untuk iklil di indonesia, dengan daerah tropis ini, makasih sebelumnya

  40. royson says:

    bos motor gw suzuki shogun 125 thn 2004 dari pertama beli sampai sekarang selalu pake oil enduro 4T..hanya pernah sekali pake top 1. waktu masih km 500..
    yang mau di tanya yaitu :
    1. kenapa di mesin sekarang ada bunyi nguk-nguk-nguk kata temen yang ngerti mesin metalnya yang kena
    2.metal motor 4T permanen ya bos maksudnya gak kaya mobil yang bisa di ganti2..apa klo mo ganti metal harus sama stang sehernya sekalian ( 1 set )..?
    3.apa penyebab bunyi karena pernah pake knalpot racing..? dulu saya pake knalpot racing dan pilot jet saya naikan 2 tingkat dr standar..sekarang balik pake knalpot standard namun lobang buangnya saya tambah beberapa buah..menggangu kinerja mesinkah..? maksudnya spy bisa nambah performa..:D
    4.thanks bos klo emang di jawab…

  41. royson says:

    bos motor gw suzuki shogun 125 thn 2004 dari pertama beli sampai sekarang selalu pake oil enduro 4T..hanya pernah sekali pake top 1. waktu masih km 500..
    yang mau di tanya yaitu :
    1. kenapa di mesin sekarang ada bunyi nguk-nguk-nguk kata temen yang ngerti mesin metalnya yang kena
    2.metal motor 4T permanen ya bos maksudnya gak kaya mobil yang bisa di ganti2..apa klo mo ganti metal harus sama stang sehernya sekalian ( 1 set )..?

  42. bistok dl says:

    om/bro/pak saft7 dan semua pembaca gw ada artikel menarik, cari di google dengan keyword:
    “Motorcycle Oils vs. Automotive Oils”
    atau kesini langsung boleh jg:
    http://www.nightrider.com/biketech/oiltest1.htm
    ini soal bener kaga klaim oli mobil bisa atau ga bisa dipake di motor
    hasilnya menurut tulisan itu: kaga bener tuh oli mobil ga bisa dipake di motor, untuk informasi aja tuh tes tahun 1994, tentunya oli mobil sekarang dah lebih maju dan dah pasti makin mirip ma oli motor.

  43. r_triatmono says:

    bro saft…
    menurut gue lho.. perlu lah dijelaskan mengenai oli non dan sintetis, semi-sentetis dan viscositas.. Karena kalau mau milih oli mau nggak mau ngeliat juga indikator viscositas pada suhu 100 derajat dsb…
    Anyway… good info lah.. buat pembaca…

  44. ucok bakkara says:

    horas om saft..
    saya boleh tanya dong…saya pakai karisma 125 tahun 03,oh ya saya pakai termometer variasi posh ..tapi yang saya bingung ,perjalanan dari kerjaan –rumah– 20 km (40 km pp) suhu mesin saya yang terbaca di termometer itu selalu melewati batas 100 derajat.. apalagi macet..yang mau saya tanyakan ,apakah kondisi mesin saya ini normal ataw termometer saya ngacau? dan saya baru pakai oli mesin enduro 4t.. apa perlu tambahan aditif biar mesin dingin,ataw ganti olie mesin? tolong ya pak..makasih banyak ama jawabannya..ok pak…

  45. budak_jaseng says:

    bravo Oom Saft

    langsung aja deh.

    1. mo tanya seputaran oli mesin buat motor, apa betul kalo oli jenis full

    syntetic itu harganya selangit alias mahal.. tapi kok banyak di pasaran

    harganya nya miring seh..

    2. kalo oli shell helix super itu termasuknya oli jenis mineral atau syntetic

    atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih.

  46. Donny says:

    halo oom saft,

    mau tanya ney..motor ane yamaha scorpio Z 2006 dengan AIS,baru 7000 km ,keluhannya gini waktu pake oli yang direkomendasi oleh pabrikan (oli new YA**LU** 20w-40), sewaktu macet kopling jadi selip, padahal motor baru saja diservis dan diganti olinya..menurut rekan-rekan satu klub lebih bagus kalo pake oli Mo**L 15W-50, nah pertanyaan saya apakah dengan mengganti oli yang lebih kental dapat membuat kopling bebas selip?apakah dengan mengganti jenis oli dapat membatalkan garansi mesin?kenapa dengan menggunakan oli yang lebih encer bunyi mesin menjadi lebih berisik,bukankah semakin encer oli maka semakin baik daya lumasnya???

  47. Saftari says:

    Nita Says:
    Alo pak, dr semua komentar yg saya baca di atas, byk pertanyaan tentang Viskositas, tetapi tidak pernah anda jelaskan. Jadi saya harap anda bisa memberikan penjelasan tentang Viskositas SAE 10-40W, 15-50W, 20-50W, dll, apa aja kandungan yg membedakan mereka, n mana yang paling bagus dari semua merk yg ada. Saya mohon penjelasan yang komplit n akurat ya pak. Thanks berat neh pak.

    JAWAB:
    Dear Nita,
    Untuk definisi atau penjelasan mengenai Viskositas, akan terlalu panjang jika saya sertakan juga pada artikel tersebut, untuk itu saya menyertakan beberapa link yang di dalamnya menjelaskan dengan sangat baik dan lengkap. Mungkin versi sederhananya akan saya buat di artikel yang akan datang jika bahan sudah lengkap. Untuk merek oli maupun perbandingan kualitas antar merek oli tersebut, saya tidak berkompeten untuk melakukan review maupun studi banding, dikarenakan kurang dan minimnya pengetahuan dan peralatan uji.
    Semoga bisa dimaklumi. Thanks!

  48. Nita says:

    Alo pak, dr semua komentar yg saya baca di atas, byk pertanyaan tentang Viskositas, tetapi tidak pernah anda jelaskan. Jadi saya harap anda bisa memberikan penjelasan tentang Viskositas SAE 10-40W, 15-50W, 20-50W, dll, apa aja kandungan yg membedakan mereka, n mana yang paling bagus dari semua merk yg ada. Saya mohon penjelasan yang komplit n akurat ya pak. Thanks berat neh pak. Mohon agar jawaban anda bisa di Forward ke email saya juga.

  49. Nita says:

    Alo pak, dr semua komentar yg saya baca di atas, byk pertanyaan tentang Viskositas, tetapi tidak pernah anda jelaskan. Jadi saya harap anda bisa memberikan penjelasan tentang Viskositas SAE 10-40W, 15-50W, 20-50W, dll, apa aja kandungan yg membedakan mereka, n mana yang paling bagus dari semua merk yg ada. Saya mohon penjelasan yang komplit n akurat ya pak. Thanks berat neh pak.

  50. FZ-KZX130 says:

    =============================
    Om Saft, mau nanya nih……
    Terus terang aja aku masih bingung masalah oli….. Kadang2 pada kemasan oli sama2 tertulis synthetic SAE-nya sama2 15W-50, tp harganya kok bisa beda jauh…?????
    Apakah sama2 oli synthetic bisa terdapat kandungan yang berbeda…???
    Thanks Om….
    =============================
    Menurut bengkel automart, hal itu bisa disebabkan karena kandungannya beda. Yang jauh lebih mahal pasti lebih bagus dan kandungan sintetisnya lebih banyak. Contoh Mobil1 sama2 10W40 tapi yang full sintetic lebih mahal 50ribu dari pada yang semi sintetik. CMIIW..

  51. FZ-KZX130 says:

    Motor saya Kawasaki Kaze ZX 130, saya merasakan perbedaan menggunakan oli yang berbeda viskositasnya.
    – 20W50 -> Hasilnya tarikan Berat, top speed berkurang, Bensin Boros.
    – 15W50 -> Tarikan lebih ringan, top speed bertambah, bensin lebih irit.
    – 10W40 -> Tarikan sgt ringan, Top speed maksimal, bensin sgt irit.
    Dari segi harga, 20w50 paling murah dan 10W40 paling mahal.
    Kesimpulan :
    Harga menentukan kualitas, makin mahal makin baik hasilnya.
    Tapi kenyamanan berkendara dan performa mesin kepuasannya tdk bisa di ganti dgn uang.
    salam..

  52. Gojali-Scopie says:

    Teruntuk semua yang memahami performa oli mesin, saya sangat mohon bantuannya.
    Motor saya Scorpio-Z terakhir menggunakan oli TOP-1 setelah berganti dari YAMALUBE nya yamaha. Tapi kenapa Scorpio saya sekarang mesinnya jadi kasar bangat. Gigi 5 itu serasa Gigi 3. Pertanyaan saya :

    1. Apa yang terjadi dengan motor saya ..?
    2. Oli apa yang cocok untuk motor saya..?
    3. Apa arti dari W smisal contoh 15W-50, dan apa bedanya W yang lbih
    kecil dibanding W yang lebih besar.
    4. Apakah TOP-1 itu memang oli yang gk bagus…?

    terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.
    Salam …

  53. Agus D says:

    Om Saft,

    Apakah pernah membahas perihal jenis2 Olie serta tingkat penguapan untuk masing2 olie tersebut??. Terutama untuk mesin mobil.

    Mohon pencerahan donk om Saft.

    Salam
    Agus D

  54. Nababan says:

    horas, ogenki desuka, apa kabar, how are you ?
    saya sering ke bengkel mau ngisi oli, klo dibengkel ngisnya nggak pas 1 liter, kadang 800 cc, klo saya ngisi pas 1 liter, mana yang lebih bagus mas saft ?, thank atas penjelasannya….

  55. Nababan Urayama San says:

    watchi no gaiku honda gland desu, motorl saya seling habis oil pada hal nggak ada yang bocol, oil yang saya pakai top 1, apakah lebih encel top 1 dali pada oil lain ?

    saya olang thailand jadi kulang tau bilang “R”, R dibaca jadi “L” , kebalikannya olang jepang nggak tau bilang “L”, L dibaca menjadi “R” susah deh, klo pelgi ke negala sakula, dan olang jepang bilang oli jadi oiru, lucuh banget deh, kalena saya pelnah di Hiloshima selama 3,5 tahun lamanya….belsama pak Nababan gulu SMK-1 Sipoholon, Taput, Sumut, Indonesia, thank, telimakasih, aligato, mauliate….
    oil itu nggak tau mana yang bagusnya….tolong mas saft ya!

  56. Aloen says:

    Sekedar menambahkan diskusi yang mengenai JASO MA,
    ini saya copy dari technical data salah satu merek oli import.

    JASO MA is a friction test for motorcycle 4 stroke engine oils which
    guarantees the perfect working of wet clutch and consequently the
    gearbox longevity.

  57. haidir says:

    motor saya bermasalah dengan babet keluaran oli(somplak) sehingga oli bocor, pertanyaan saya: apakah ada cara yang murah dan efektif guna menutup rembesan oli yang mengalir.

  58. bagus says:

    Mas Saft, saya baru ganti oil mobil bekas saya yang mana saya tdk tahu spec yang dipakai user sebelumnya sehingga saya putuskan utk kuras dan diganti dengan 10W-50 merk conoco gold, setelah itu mesin berbunyi seperti klep yang tdk diset-up dengan baik alias berdetak.saya perlu advice, (kendaraan 220 E boxer).Thanks

  59. Emil says:

    Om Saft, berarti klo motornya tidak menggunakan sistem kopling basah alias kopling kering bisa menggunakan oli mobil?

  60. nazar says:

    Om saft, mau tanya. Apakah akan lebih bagus jika mtr 2 tak make oli 10w-40w, ketimbang 15-50w. Kenapa di indonesia jarang yg jual 10w-30w buat mesin. Dulu repsol transmissiones 10w-30w pernah ada, tp skrg uda langka, susah dicarinya.

    Untuk akselerasi 2tak, apakah lebih cocok oli dengan spesifikasi 10w-40w, atau 10w-30w? Plus minusnya apa. Thx om saft.

  61. Juned Prihatinoko says:

    om,motor saya honda supra x 125,saya biasa pake oli T** 1 nah baru sebulan ini ganti pake M***L klo ga salah yg 15000 ester BBM pake pertamax, mesin jadi enak,enteng beda waktu pake T** 1.kira kira bagus ga ya oli yg saya pake?trus kalo ganti2 oli ada efeknya ga sama mesin?

  62. aditia says:

    Pak…..motor saya honda tiger, tutup oli mesin aku ganti selang panjang sampe ke saringan udara dengan tujuan agar mesin tidak cepat panas.
    apakah cara seperti ini baik buat kondisi oli mesin. dan apakah ada efeknya buat mesin.
    Trims

  63. deni r. says:

    om saft! apakah gonta-ganti merusak mesin? katanya saya pernah dengar ganti-ganti merk oli bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin, betul enggak ya? kebetulan motor kendaraan saya motor 4tak.
    trimakasih.

  64. Gamaridha A A R says:

    Indra Yudi H .UnoTurbo
    Hatur nuhun atas reply.nya.. Saya juga pernah tanya ada oli buat VW ada di jual di Trakindo namanya Cate 15W-50, apa bener itu pak?
    Yang masih menggelitik saya untuk menanyakan adalah ada tidak efek negatif dari oli yang hitam tersebut ke mesin VW saya walau baru 1 minggu ganti oli pak?

    Wass..
    Gamaridha A A R

  65. Kikikokokeke says:

    Pokoknya, kalo oli muahal, enak banget buat dipake slip kopling di gigi 1 dan sebagian gigi 2. Buktinya, Thunder 125 selalu bisa mengalahkan Tiger 2000 di jalanan. Kekekeke… Kalo pake oli murah, slip kopling pasti… slip :D

  66. d4nkz says:

    Om Saft, mau nanya nih……
    Terus terang aja aku masih bingung masalah oli….. Kadang2 pada kemasan oli sama2 tertulis synthetic SAE-nya sama2 15W-50, tp harganya kok bisa beda jauh…?????
    Apakah sama2 oli synthetic bisa terdapat kandungan yang berbeda…???
    Thanks Om….

  67. Samuel says:

    Selamat siang Oom…
    Aku mau ikutan bertanya sama Oom nih…
    Enduro berencana akan meluncurkan oli mesin sae 10w-40 dengan nama enduro 4T sport… Apakah kualitasnya akan sama dengan enduro 4T yg terdahulu…?
    Satu lagi Oom… Saya biasa menggunakan enduro 4T 20W-50 pada honda karisma-x saya. Apabila saya beralih dari oli sae 20w-50 ke oli 10w-40 apakah akan berdampak negatif pada mesin motor tersebut..?

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima – kasih Oom.
    Sukses selalu Oom

    GBU…

  68. Saftari says:

    Salamun Says:
    Om saft, mo tanya soal pengisian oli nih. Khan biasanya tutup oli motor ada tangkai penanda batas maximal dan batas minimal seperti gambar diatas. yg mau saya tanyakan apakah pengukuran menggunakan tutup oli dalam keadaan tertutup rapat (penutup oli diputar sampai tertutup rapat) atau cuma sekedar dicelupkan dan mentok (penutup oli sekedar dicelupkan sampai mentok tanpa diputar) karena menurut saya tinggi drat ulir penutup oli lumayan tinggi, malah mungkin lebih tinggi dari pada jarak antara batas maximal dan batas minimal. tolong dijawab yah.. penting nih.

    JAWAB:
    Diukur dari saat Dipstick Oil terpasang rapat.

  69. Salamun says:

    Om saft, mo tanya soal pengisian oli nih. Khan biasanya tutup oli motor ada tangkai penanda batas maximal dan batas minimal seperti gambar diatas. yg mau saya tanyakan apakah pengukuran menggunakan tutup oli dalam keadaan tertutup rapat (penutup oli diputar sampai tertutup rapat) atau cuma sekedar dicelupkan dan mentok (penutup oli sekedar dicelupkan sampai mentok tanpa diputar) karena menurut saya tinggi drat ulir penutup oli lumayan tinggi, malah mungkin lebih tinggi dari pada jarak antara batas maximal dan batas minimal. tolong dijawab yah.. penting nih.

  70. thomas says:

    motor saya yamaha nouvo, ni motor khan pakai kopling kering, jadi pakai oli mobil cocok dunks??

  71. Indra Yudi H says:

    Sautan buat Pak Gamarinda A A R

    Pak, saya pernah pakai VW beberapa tahun, salah satu tugas dari oli adalah membersihakn dinding-2 silinder dari hasil pembakaran, nah pada mesin VW kenapa cepat hitam itu karena Oli bekerja sempurna membilas dinding-2 silinder dari hasil pembakaran…

    makanya ganti oli buat mesin vw dianjutkan hanya kisaran 2500-3000 saja, tapi ini untuk oli yang “biasa” yah… ada beberapa oli yang dianjurkan buat mesin VW dan sudah dicoba untuk ganti sampai dengan 10.000 km tidak rusak… tapi lupa tuh merek-nya apa… soalnya udah 6 taun yang lalu sih…he..he.he…

    pakai mesran super juga udah cukup buat VW pak… yang penting rajin di ganti…

    Ciao…

    Indra.UnoTurbo

  72. Gamaridha says:

    Dear Sir,

    Punten minta pendapat bapak mengenai komparasi oli berikut : Fastron Synthetic 10W-40 vs Shell Helix Plus 10W-40 vs Castrol Magnatec 10W-40
    [secara kualitas oli tersebut] bukan dari harganya?
    Oli dengan spesifikasi seperti apa yang cocok buat VW Combi ’78 yang baru full turun mesin?
    Oli apa yang menurut bapak mampu meminimalkan konsumsi BBM pada Combi saya?
    Combi saya orisinilnya tdk ada oil filter, tiap berapa KM harus ganti oli?
    Oli baru saya ganti kira2 3 hari tapi sudah berwarna hitam, apa krn tidak ada oil filter? Apa ada efek pada mesin nantinya?
    Tlg dijawab pertanyaan saya diatas karena sangat saya harapkan masukan dari bapak. [tlg di cc juga ke alamat email saya]

    Hatur nuhun,

    Gamaridha A A R

  73. Maung Beureum says:

    Kang Saft, mau tanya dong soal oli nich,
    Kenapa oli di tiger ku sering tekor kalo udah diatas 500km,
    padahal ngak ada seal yang bocor, kalo nguap lewat mana nguapnya?
    Bagaimana saran kang saft, supaya oli ngak tekor lagi?

    Tararengkiu euy…

  74. AhliBongkar says:

    Iya bener kang Dicky… oli versneling mobil aku (accord 87) juga pake SAE20W-50 sama dg oli mesinnya, itu waktu aku servis di bengkel kata bengkelnya untuk honda gitu. Awalnya juga agak ragu, tapi setelah cari2 ref tnyta untuk accord tgt iklim, dipakenya 30 / 20W-40 / 10W-30 / 10W-40. Gimana kang Saft?

  75. Saftari says:

    Dicky Says:
    Mobil Honda yang FWD, olie gearboxnya standar pabrik pake olie yang sama dengan olie mesin 20W-50, padahal kan katanya olie mesin bakal rusak oleh gear?

    Jawab:
    Ini ane juga sempet denger begitu oom… dan cukup aneh oli mesin dipakai untuk bertemu Gear-Gear… karena oli mesin akan rusak viskositasnya jika tergerus oleh gear.

    Dicky Says:
    Gearbox ATF pakai olie ATF yang sangat encer (setara SAE 20), padahal isinya gear juga. Ada juga beberapa mobil manual yang olie gearboxnya pakai ATF.
    Ada juga yang menganjurkan gearbox manual diisi ATF, logikanya kalau ATF dipake digearbox matic kan gak apa-apa, mustinya di gearbox manual juga gak apa-apa, kan sama-sama gear? Efek sampingnya karena encer maka tarikan jadi ringan.

    Jawab:
    ATF, pastinya untuk sistem Transmisi dan bertemu gear-gear.
    Tidak semua pabrikan menyarankan ATF untuk dimasukkan ke transmisi manual, karena tingkat presisi tiap pabrikan beda-beda. Tapi pastinya BMW menggunakan ATF untuk transmisi manual maupun maticnya, karena tingkat presisi dari sistem transmisinya membutuhkan oli transmisi yang encer.

  76. Dicky says:

    Oom,

    Mobil Honda yang FWD, olie gearboxnya standar pabrik pake olie yang sama dengan olie mesin 20W-50, padahal kan katanya olie mesin bakal rusak oleh gear?

    Gearbox ATF pakai olie ATF yang sangat encer (setara SAE 20), padahal isinya gear juga.

    Ada juga beberapa mobil manual yang olie gearboxnya pakai ATF.

    Ada juga yang menganjurkan gearbox manual diisi ATF, logikanya kalau ATF dipake digearbox matic kan gak apa-apa, mustinya di gearbox manual juga gak apa-apa, kan sama-sama gear? Efek sampingnya karena encer maka tarikan jadi ringan.

    Nah, saya jadi bingung nih.
    Mohon pencerahan, terima kasih.

    Dicky

  77. fan says:

    Pelumas bermutu tinggi untuk motor 4 tak masa kini

    Deskripsi Produk
    ENDURO 4T pelumas bermutu tinggi untuk motor 4 tak masa kini. Diformulasikan dari bahan dasar berkualitas tinggi, dilengkapi teknologi aditif muktahir dalam jumlah, jenis dan komposisi yang tepat.

    ENDURO 4T beraroma khas, dipasarkan dalam kemasan 0,8 liter yang menarik.

    Performance Level
    ENDURO 4T diakui oleh Japanese Automobile Standard Organization dengan sertifikasi JASO-MA. Juga memenuhi standar mutu internasional API Service SG. ENDURO 4T menjamin performa motor anda tetap handal.

    ENDURO 4T memiliki keunggulan-keunggulan:
    Memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperature rendah dan tinggi.
    Tidak menyebabkan slip pada kopling.
    Tidak mudah teroksidasi dan terdegredasi oleh radiasi panas dari mesin.
    Menjaga kebersihan mesin, serta mencegah terbentuknya deposit pada piston.
    Melindungi secara optimal mesin dari korosi dan menjaga componen mesin dari keausan.
    Mampu meningkatkan akselerasi dengan sangat prima, sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.
    Suara mesin lebih halus dan bekerja dengan lebih sempurna serta gesekan pada gigi transmisi dapat diminimalisir secara optimal.
    Komponen vital motor utamanya kopling dan rangkaian gear pada transmisi lebih awet dan tahan lebih lama.

    Penggunaan yang disarankan
    ENDURO 4T sangat cocok untuk motor 4T merek Honda, Suzuki, Yamaha dan lainnya. Cocok pula untuk motor 4 tak buatan China dan Korea Selatan .

    Pastikan ENDURO 4T pelumas terbaik bagi performa motor kesayangan Anda.
    Karakteristik Metoda Test (ASTM) Hasil Test Tipikal
    No. SAE Viscosity Grade 20W-50
    Colour ASTM D-1500 Light Blue
    Viscosity Kinematic, at 40 &degC, cSt D – 445 171.39
    Viscosity Kinematic, at 100 &degC, cSt 18.74
    Viscosity Index D – 2270 123
    Apparent Viscosity/CCS, cPs
    D – 5293
    8800
    Total Base Number (TBN), mg KOH/g D – 2896 8.90
    Flash Point (COC), &degC D-92 234
    Pour Point, &degC D-97 -18

  78. TheOwner says:

    REVISI (sudah ditambahkan di atas):

    Biar mudahnya… oli untuk mesin motor, pastikan ada tertulis 4T yang digunakan untuk mesin motor jenis 4 tak maupun mesin motor 2 tak.
    (Oli samping motor 2 tak bertuliskan kode 2T, bukan untuk dimasukkan ke ruang mesin).

    Thanks oom T A Danial atas koreksinya!

  79. T A Danial says:

    Mas Saft, saya mau koreksi sedikit.

    Yang dimaksud dengan oli pada pembicaraan di atas adalah tentunya oli mesin. Nah pada bagian “Biar mudahnya… oli untuk mesin motor, pastikan ada tertulis 4T untuk mesin 4tak atau 2T untuk mesin 2tak.”, saya rasa oli 2T bukan untuk oli mesin motor 2 tak, melainkan “Oli Samping” untuk motor bermesin 2 tak. Dan untuk segala motor, maka oli mesin yang digunakan bertuliskan 4T.

    CMIIW, Thanks

  80. Saftari says:

    deni AR. Says:
    Pak apa boleh mencampur oli dengan merk lain? contohnya:oli merk FEDERAL XX dengan MOBIL 1 SEMI SINTETIC apa pengaruhnya? dan apa dampak negativnya? dulu saya pernah tanya ke mekanik AHASS katanya enggak apa-apa. apa bener ya? di tunggu lo jawabanya.

    Jawab:
    Oom Deni, beberapa pabrikan oli tidak menyarankan mencampur oli yang berbeda karakter atau jenis atau beda merek.
    Karena kemungkinan kandungan aditif yang ada pada masing-masing oli yang berbeda tadi akan konflik secara kimiawi.
    Namun ada juga saya pernah membaca di salah satu kemasan oli, yang menyebutkan dapat dicampur dengan oli lain yang berviskositas sama. (sama-sama misalnya 20w50).

  81. deni AR. says:

    Pak apa boleh mencampur oli dengan merk lain? contohnya:oli merk FEDERAL XX dengan MOBIL 1 SEMI SINTETIC apa pengaruhnya? dan apa dampak negativnya? dulu saya pernah tanya ke mekanik AHASS katanya enggak apa-apa. apa bener ya? di tunggu lo jawabanya.
    terima kasih.

  82. novian says:

    Om, kalo gonta ganti dari mineral ke semi sintetik or sintetik ada efek negatif gak? karena selama ini paling lama cuma 3x ganti oli dengan oli yang sama, kadang2 gonta ganti sesama mineral or gatel pengen nyoba semi sintetis or full sintetis, apa betul merusak lapisan film yang tercipta karena antara sintetis dan mineral beda karakteristik? recomend engine flush sebelum ganti?
    or ganti2 viskositas, recomended pabrik sih 20w-50 tp kadang pake 15w-50 or 10w-40 pernah jg 0w-60 giman yak…
    pencerahan pakar2 olie…

  83. Saftari says:

    Adit Says:
    Kang Saft,
    Diatas kan sudah dijelaskan mengapa tidak boleh melebihi batas maksimal lalu bagaimana pula bila kurang dari batas minimum?
    Mohon penjelasannya sekalian.

    Jawab:
    Yang pasti, supply oli yang harusnya dialirkan ke komponen2 mesin yang membutuhkan pelumasan akan tidak sampai. Bahkan mungkin saja tidak mampu didorong oleh Oil Pump (pompa oli) jika oli nyaris kosong.
    Akibatnya.. komponen yang bergesekan dan membutuhkan pelumasan akan menjadi panas dan macet, bahkan mengunci.

  84. Adit says:

    Kang Saft,
    Diatas kan sudah dijelaskan mengapa tidak boleh melebihi batas maksimal lalu bagaimana pula bila kurang dari batas minimum?
    Mohon penjelasannya sekalian.
    Nuhun.

  85. TheOwner says:

    Ada Tambahan sekaligus Revisi dikit di atas.. (sudah ditambahkan)..

    “Selain itu, pastikan untuk motor dengan sistem Kopling Basah (Wet Clutch System) menggunakan oli mesin motor yang mencantumkan standard JASO MA (untuk kebanyakan motor di Indonesia memerlukan standard JASO MA, umumnya motor Jepang atau Asia).”

    Thanks buat masukan dari Kang Rahman

  86. ** GusSur ** says:

    saya pake olie ENDURO dan terus terang saja cukup puas ketika dituangkan di mesin Kawasaki KZ1000 yang saya gunakan.

  87. Coen says:

    Kang Saft, klo Oli mesin (mis 20w-50) buat Transmisi mobil.. baikkah ?
    bila saya tambahkan aditif Oli (p**t**l) yg membuat VI naik 110% (ada hasil dr lab kampus nih) , masih bolehkah oli mesin + aditif tadi untuk Girbox…?

    Viskositas (keenceran) Oli akan rusak oleh roda gigi. Umumnya roda gigi transmisi mesin motor menyatu dengan mesin motor itu sendiri, sehingga oli akan membasahi roda-roda gigi tadi. Untuk itu oli motor dirancang untuk tahan terhadap ‘perasan’ roda-roda gigi transmisi agar viskositasnya tidak rusak.”

    Memang oli mesin tuk girbox tarikan lebih enteng (aku dah 4x masa ganti oli girboxtiap 15rb nih)

  88. Riza says:

    bener nih apa yang om saft tulis…gw ada pengalaman salah satu oli R***** spek mobil… umurnya pendek..mesin cepet panas dan berbunyi kasar…pindah gigi susah…
    om saft mungkin punya info oli yang berating JASO MA itu apa saja?

  89. Saftari says:

    RINGKASAN:

    Biar lebih jelas lagi..

    1. Oli Mesin mobil, ada kandungan Friction-Modifiers yang membuat oli sangat licin, dan membuat lapisan film pada metal yang bergesekan, agar licin / sedikit gesekan.

    2. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MA, TIDAK ADA kandungan Friction-Modifiers, sehingga kopling basah tidak slip.

    3. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MB, ADA ditambahkan sedikit kandungan Friction-Modifiers, namun ditujukan untuk mesin2 motor yang Advance Wet Clutch (kopling basah yang khusus). Masih sedikit sekali motor yang menggunakan oli dengan standard JASO MB.

  90. Saftari says:

    ibnu Says:
    Pengentahu nih… tapi gimana kalo oli tuk mobil di pakai untuk scooter (motor matic) apakah bisa enggak? karena saya pernah dengar katanya kalo scooter bisa pakai oli mobil dan katanya karakteristik mesin scooter sama dengan mesin mobil jadi sebenarnya tidak perlu JASO MA. Mohon informasinya Om saft.

    Jawab:
    Oom Ibnu, biar pastinya…. ikuti anjuran buku manual kendaraan tersebut.
    Pabrikan dalam menulis buku manual didasari oleh riset sewaktu membuat mesin tersebut (mobil maupun motor). Jika ada masalah atau ada yang salah dalam buku manual, lebih enak untuk Klaimnya. Ketimbang mengikuti anjuran montir atau bengkel yang belum tentu bisa dipertanggung jawabkan jika terjadi kerusakan pada mesin kita akibat mengikuti anjuran mereka.

  91. ibnu says:

    Pengentahu nih… tapi gimana kalo oli tuk mobil di pakai untuk scooter (motor matic) apakah bisa enggak? karena saya pernah dengar katanya kalo scooter bisa pakai oli mobil dan katanya karakteristik mesin scooter sama dengan mesin mobil jadi sebenarnya tidak perlu JASO MA. Mohon informasinya Om saft.

  92. Saftari says:

    Agus Says:
    Gimana dgn olie yg diproduksi memang utk mobil & motor. Salah satu produk dalam negeri contohnya. Sebut saja P****XP. Bagaimana ?

    Jawab:
    Simplenya.. apapun merek oli nya… jika untuk digunakan di motor pada umumnya, perlu ada tertulis memenuhi standard JASO MA.
    JASO MA artinya oli tersebut sudah teruji untuk dijalankan dengan kopling basah (Wet Clutch) tanpa menimbulkan slip, sebab tidak ada kandungan Friction-Modifiers.

  93. Agus says:

    Om Saft,

    Gimana dgn olie yg diproduksi memang utk mobil & motor. Salah satu produk dalam negeri contohnya. Sebut saja P****XP. Bagaimana ?

    Thanks
    Agus

  94. TheOwner says:

    danny Says:
    om saft bisa recomend ga oli apa saja yg kira2 bagus untuk motor 4 tak 125 cc kapasitas oli 1 liter? motor saya blitz joy 125

    Jawab:
    Oom Danny, seperti pada artikel saya sebelumnya bahwa “Oli mesin itu Cocok-Cocokan”, jadi aku ga bisa dan ga berwenang nih kasih atau sebut suatu merek tertentu. Pastikan pakai merek yang jelas-jelas saja, yang memang sudah dikenal banyak negara, mutu dan kualitasnya terjamin, memenuhi standard Internasional JASO MA.

  95. danny says:

    om saft bisa recomend ga oli apa saja yg kira2 bagus untuk motor 4 tak 125 cc kapasitas oli 1 liter? motor saya blitz joy 125

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com