.

 

Injector – part 2

injector_2-1

From: Adam Saksono
iya euy, kemaren waktu bongkat injector, gak perhatiin warnanya, kalo gak salah semua warnanya item, terus abis dibersihin pake dcs, jadi warna metalik (warna besi), semuanya sama, yang bos saft maksud, warna body injector apa warna karet yang ada di ujung atas injector ?

trus kalo kebalik masangnya pengaruhnya apa bos ….. terus kalo mao kembaliin keposisi semula, gimana urutannya bos ….
Dam Gan

From: M. Reza Fahlevi
huahahahha….. :-)
Kayaknya waktu kemaren bongkar injektor… ngga ada yg ngingetin ya….. kebalek ngga keruan tuch boss …. ato ada prosedur yg beda..????gimana dunk.. ??
Salam ngga merati-in nomor injektor…..
Reza

Saftari :

Bosses..
Makanya kita perlu liat2 si injectornya… hehe..
Mata injector ada yang cuman 1 titik (mata) atau 2 titik atau 3 titik … bisa beda2 …. Kira2 seperti ini..

Kebetulan Eterna dan DanGan GTi, BMW M20, M40 dst. pakai yang 1 mata, Lancer, Pajero, beberapa model Toyota pakai yang 2 mata.
Nah… fungsi si mata dua itu benernya adalah untuk membelokkan semprotan… jadi hasil semprotannya akan miring ke arah tertentu.
Hal ini guna mengantisipasi semprotan terhadap lokasi konstruksi Injector itu sendiri terhadap Intake Valve.

<!–nextpage–>

Gambar di atas kebetulan injectornya mengarahkan semprotan tepat mengarah ke Intake Valve.

Di Mitsubishi si injectornya dikasih warna jika si injector bermata lebih dari 1,… warnanya bisa dilihat dari O-Ring yang menempel di pantat injector, Yang O-Ringnya berwarna Merah akan dipasang dengan socket yang berwarna biru atau merah, yang O-Ringnya berwarna Hitam dipasang dengan socket berwarna hitam.

Jika terbolak balik.. maka arah semprotannya tidak tepat sasaran = pembakaran kurang sempurna = polusi dong yak = tenaga kurang.

Coba liat gambar punya Toyota ini..

Gambar tersebut diperlihatkan.. bahwa Nozzle nya berbentuk posisi miring diagonal dipastikan output semprotannya bercabang.
Injectornya gak boleh terbalik2.. makanya dibedakan berdasarkan kelompok warna.
Di Mitsubishi Lancer dan Pajero pemasangannya harus tepat tanda Garis (Mating Marks),

<!–nextpage–>

Nah… buat percobaan apa iya ada pengaruh berarti posisi pemasangan injector terhadap arah semprotan?
Buat yang pakai Lancer dan Pajero silahkan sembari mesin dinyalakan (IDLE),… coba puter si injectornya.. ada perubahan RPM atau mesin bergejolak dikit gak?

Jadi yang kemaren workshop bersih2 injector… nanti kudu adain lagi workshopnya disertakan juga Lancer yang masih ‘perawan’yang belon pernah dibuka injectornya buat referensi warna injectornya.

Semoga cerah,

Saftari

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com