Sudah dibaca sebanyak 549 kali

Saat browsing di forum bursa barang-barang elektronik di website yang sudah sangat terkenal (www.kaskus.us), tidak sengaja saya menemukan iklan yang menjual running text dengan ukuran kompak dan kecil. Hanya seukuran kartu nama, dan dapat digunakan sebagai Name-tag. Akhirnya saya coba order 2 unit untuk di utak-atik, mungkin saja bisa mendapatkan ide-ide lain dari unit ini.

Didalam 1 unit Running Text ini, disertakan 2 baterai CR2032, lembar panduan pemakaian dan ‘sarung’ nametag + tali jepitnya.

Beginilah tampak depan dan belakang unit.

Unit ini mempunyai kapasitas memory sebesar 3Kb, sehingga kita bisa menyimpan 6 memory / kalimat berjalan dengan maksimum masing-masing 512 karakter. Cukup panjang juga untuk sebuah kalimat berjalan.

Yang menarik lainnya adalah, disediakan beberapa pilihan gerakan animasi: berjalan dari kanan ke kiri, kiri ke kanan, atas ke bawah (bawah ke atas) dan sebagainya..
Terang gelapnya cahaya LED display juga bisa diatur.
Kecepatan gerakan juga bisa di atur untuk masing-masing memory (kalimat)

Seluruh aktifitas pengisian text (text input), penyetelan animasi, speed, dsb. dilakukan hanya dari 3 tombol yang ada pada panel belakang. Yaitu tombol Up, Down, dan Enter (yang merangkap tombol On/Off).

ideIDE..

Nah, saya coba cari ide, bisa digunakan untuk apa lagi ya?..
Aha… selama ini jika mengemudi di jalan Tol, sering sekali menemukan mobil yang berjalan santai di jalur paling kanan. Sudah dengan sopan memberi isyarat untuk mendahului hingga terpaksa dengan klakson pendek, isyarat tidak digubris.. dengan sangat terpaksa dan hati-hati saya coba susul dari sisi kirinya (jalur tengah). Tampaknya lampu ini menarik juga untuk saya pasang di balik kaca belakang agar terbaca oleh beliau.

Akhirnya saya input.. “Kalau pelan, jalan di sebelah kiri dong….”

Dan untuk yang lampu mobilnya terlalu silau dan sangat mengganggu.. saya coba input “Lampunya silau bangett!!!…”

Untuk yang grasa-grusu tidak sabaran di belakang… saya input “Sabar ya… di depan rapat dan padat..”

dst..

Tetapi untuk ide di atas, perlu dilakukan modifikasi, yaitu dengan memperpanjang tombol-tombol tadi agar bisa dioperasikan dari dashboard saat mengemudi.

Untuk ide tersebut, saya coba menyediakan kabel 4 jalur, 3 micro push button, dan satu lembar PCB Universal.

Mulailah dilakukan penyolderan tombol-tombol tadi

Unit selesai dimodifikasi…

Jika panel depan dibuka, maka unit tampak seperti ini.

Agar mudah pengoperasiannya,..

saya coba buat petunjuk panel agar tidak lupa urutan dan mempercepat penggantian kalimat yang akan ditampilkan..

tertulis.. JALAN PELAN: 1 – 3 – 1 – 3 , artinya untuk menampilkan pesan “Kalau pelan, jalan di sebelah kiri dong….” dilakukan dengan menekan tombol 3 (ON), kemudian tombol 1, 3, 1, 3 . Dan untuk mematikan tekan lagi tombol 3 (OFF).

Nah… demikian sharing ideIDE running text ini, mungkin bisa memberikan inspirasi baru bagi rekan-rekan lain untuk melahirkan ide-ide lain yang lebih menarik lagi.

Selamat berkreasi!

Unit bisa diperoleh dengan menghubungi Pak Agus, 0815.1899.889, seharga Rp 160rb (merah) dan 200rb (biru) – klik untuk lihat iklan di kaskus.

.