.

 

Headlamp H4 di Motor? Bisa dong aah..

TigerH4-000

Contributed by Rahman Gunawan

Gak bisa dipungkiri lagi kalau Headlamp Halogen model H4 yang banyak digunakan pada mobil memiliki pancaran sinar yang cukup baik. Belum lagi di toko-toko onderdil bahkan supermarket menjual lampu model H4 ini dengan berbagai jenis karakter sinar dan warnanya.

Bagaimana jika lampu H4 digunakan pada sepeda motor? hmm… menarik juga ya.

OKE, kita coba terapkan di motor Honda Tiger2000 !

Motor Tiger2000 dalam keadaan standard sudah mengaplikasi lampu model bulat dgn lebar 7” dengan besaran watt 30/35W dan reflector model diamond cut, lampu standar ini dirasa mempunyai beberapa kekurangan:

1. harga lampu yang sangat mahal (harga diatas 100,000 rupiah!!) dimana toko yang menjual pun masih jarang, hal ini akan menyulitkan apabila kita sedang jalan ke luar kota dan tiba-tiba lampu mati.

2. reflector dan kaca depan yang terbuat dari plastic, ini akan rentan goresan yang dalam pemakaian jangka panjang akan cepat menjadi buram

Nah, dengan kekurangan yang didapat diatas, maka lampu tiger2000 dimodifikasi untuk memakai lampu yang mudah dipakai dan juga model reflector yang lebih bagus, dimana perubahan yang perlu dilakukan:

1. merubah lampu menjadi model H4, lampu model ini sangat banyak modelnya di pasaran dan dapat dengan mudah didapat dengan harga mulai dari 15,000 rupiah

2. merubah reflector yang terbuat dari logam dan kaca reflector dari kaca, hal ini supaya bagian depan reflector tahan goresan dan reflector dari logam untuk menghindari reflector buram (dalam jangka panjang)

Mari kita mulai..

Persiapan spare part pengganti:

Lampu H4, model lampu H4 yang akan dipakai bisa tergantung selera pengendara.

Reflector yang ukurannya sama dengan reflektor asli tiger2000 (lebar 7″), saran utk pemakaian reflektor gunakan merek hella, selain reflrktor terbuat dr logam juga permukaan depan terbuat dari kaca, reflektor ini sudah menyediakan dudukan buat lampu kecil/lampu senja.

Capacitor, atau:

Apabila mau dipasang capacitor maka yang harus disediakan adalah connector utk lampu H4 (1) dan connector utk menyambung ke kabel lampu original tiger (3), selain tentunya capacitor utk lampu yang saat ini tersedia di pasaran dgn merek wurth (2).
Untuk tahapan pekerjaan yang harus dilakukan di dalam dokumentasi ini akan dipakai capacitor, untuk pemasangan atau modifikasi dengan menggunakan relay, penulis hanya memberikan diagram pemasangan kelistrikan

Relay beserta terminal kabel dan terminal untuk sekering:

Apabila ingin memakai relay, maka setidaknya diperlukan 3 buah relay, dimana 2 relay adalah relay 4pin dan 1 relay adalah relay 5pin.

Kenapa harus menggunakan 3 relay?
Relay kaki 4 sebanyak 2 buah akan dipakai untuk lampu H4 (lowbeam dan high beam) sementara relay ketiga (5pin) dipakai utk memastikan hanya 1 filamen yang akan aktif pada satu saat (hal ini terjadi apabila kita mengaktifkan tombol “pass” pada saat lampu low beam sedang aktif, dalam keadaan system kelistrikan standard maka kedua filamen akan aktif dimana hal ini tidak disarankan selain lampu dan reflector menjadi panas juga konsumsi battere akan cepat habis mengingat 1 filamen lampu H4 konsumsi watt minimum adalah 55 watt, dalam keadaan 2 filamen menyala maka setidaknya ada 110watt power terpakai)

Berikut adalah tahapan yang dikerjakan:

Langkah-01:
Membuka/membongkar reflector, untuk membukanya baud pengunci reflector yang jumlahnya ada buah harus kita lepaskan dahulu, siapkan sebuah obeng (+), lokasi baud ada 2 di sebelah kiri dan kanan reflector.

Langkah-02:
Setelah kedua baud dilepas, maka cabutlah konektor kabel lampu (lampu headlam dan lampu senja/lampu kecil) yang menghubungkan konektor original ke jalur listrik di belakang reflector, kemudian pekerjaan berikutnya adalah Membuka/membongkar part reflector, lepaskan reflector dari ring reflector dengan melepas snap rings pengunci (ada 3 buah)

Langkah-03:
Supaya ring reflector lama tidak rusak dan bisa dipakai kembali di suatu saat, sebaiknya beli ring reflector yang baru kemudian dimodifikasi.
Modifikasi yang dilakukan adalah merubah posisi plat pengunci reflector asli untuk dilipat karena reflektor after market pada umumnya tidak mempunyai pengunci di reflector sama seperti reflector asli tiger2000.

Pekerjaan yang dilakukan:
1. siapkan lap yang agak tebal untuk alas
2. siapkan palu dan tang/plier yang ujungnya lancip
3. siapkan alas lap, kemudian bengkok-kan plat pengunci ke arah atas, untuk meratakan posisi plat pakai palu, alas lap berguna utk melindungi ring reflector bagian luar supaya tdk tergores/rusak pd saat kita melipat plat pengunci dengan memakai palu
4. pastikan posisi plat pengunci lurus keatas dgn rapih

Langkah-04:
Tandai refleltor lampu di bagian belakang untuk posisi “TOP” atau posisi bagian atas, hal ini untuk memudahkan install reflektor di ring reflector yang sudah dimodikasi sebelumnya.

Pekerjaan yang dilakukan:
1. tandai posisi “TOP” di reflektor lampu yang baru
2. pasang reflector di ring reflector perhatikan posisi “TOP” harus berada tepat dibawah posisi plat pengunci reflektor yang sebelumnya sudah kita modifikasi
3. pastikan posisi kedudukan reflektor pas di ring reflektor

Langkah-05:
Setelah posisi reflrktor dipastikan berada di posisi yang tepat, pekerjaan berikutnya adalah memasang snap ring atau pengunci reflector, jumlah ring ada 3 buah sebaiknya dipasang dengan jarak yang sama, hal ini untuk menjamin reflektor menempel di ring reflector dengan baik dan kokoh

Langkah-06:
Setelah posisi reflrktor dipastikan berada di posisi yang pas kemudian langkah berikutnya adalah:
1. pasang lampu H4 di posisinya  1
2. pasang lampu kecil/lampu senja di posisinya  2
3. kabel utk lampu kecil harus dikeluarkan lewat lubang kabel  4
4. pasang cover karet sampai posisi yang pas (lihat di gambar, posisi permukaan karet sejajar dgn permukaan lampu H4)

sampai dengan tahapan ini, pastikan semua part sudah terpasang rapih di tempatnya, karena tahapan selanjutnya adalah memasang refllektor yang baru ini ke motor.



Keterangan foto:
1. lampu H4
2. colokan untuk lampu kecil/lampu senja
3. cover reflektor untuk melindungi dari air
4. lubang utk kabel lampu kecil

Langkah-07:
Sebelum pasang reflector, pasang dahulu capacitor ke kelistrikan std tiger spt contoh digambar.

Kabel warna biru (1) adalah utk high beam, kabel warna putih (2) utk lowbeam dan kabel warna hijau (3) adalah utk ground.

Langkah-08:
Sambungkan colokan utk lampu kecil juga lambu H4 ke reflektor yang abru kemudian pasang reflektor di kedudukannya kemudian pasang kembali kedua buah baud pengunci refllektor spt yang sebelumnya sudah diterangkan di tahap-01, setelah terpasang pastikan semua lampu berjalan dgns emestinya dan kelistrikan tdk terganggu.

Fiuufh…. selesai dah..

214 Responses to Headlamp H4 di Motor? Bisa dong aah..

  1. husin says:

    maaf mas agak terlambat buat megapro 160cc bisa nggak ya, masalahnya saya sering pulang malam perlu penerangan yang cukup baik untuk mendukung kegiatan kerja saya dan saya perlu arahan dan pencerahan dari mas untuk cara pemasangan nya, ini hanya saya gunakan untuk keperluan pribadi….

    bisa di kirim ke email saya
    husinkhaikalsh@gmail.com

  2. maf mas ni jalurx ac atau dc, soalx pux saya jalurx dc, lampux pake mobil 90-110 watt, cdi pake shogun, begitu juga dengan kiprokx,,,,,,
    tpi kalau di pake lama2 g kuat setrumx bahkan kecepetan turun,,,,,,,,

    kalau boleh tau saranx gmana nich mas ???

  3. merev says:

    maaf bro bs kirim gambar cara sambung kabel h4 ke mega pro gua…! Thanks.

  4. Alfin says:

    Om… Kalo reflektor ama kaca gl max kan udah dari logam n beling tuh.. Gk pake belo reflektor lg kah??

  5. uta saputra says:

    gan ane mau pasang semua barang dari ente,ane tinggal pake aza dech…..ane dibekasi juga nich gan berapa biayanya
    thank.uta_pekayon phone.0815.8444.7959
    sms harganya gan

  6. imambangets says:

    mhn info dunk.dmna yg jual dan pasan paketan autopal yg sudah ada lmpu senjanya?? thx

  7. mico says:

    Om saft mau nanya nieh ,., kalau untuk dipasang di New Mega Pro bisa atau tidak yah. Apakah sudah ada yg mengaplikasikannya ,, kalau sudah bisa tolong dibantu share PIC nya om .,. thank’s

  8. irwin says:

    cara merangkai / skema capasitor, soket lampu H4 dan soket lampu asli Tiger bagaimana????

    cara merangkai / skema relai kaki 4 dan kaki 5 bagaimana?

  9. LoTech says:

    skemanya mana gan…?

  10. Zyan says:

    pak, mau nanya dong,
    itu beli capasitor dmn y??
    need info utk cari capasitor seperti itu

  11. Ando says:

    Om Saft mw nanya yg di page 6 di gambar terakhir ko gada keliatan pemasangan relaynya yah…? Ato emang g pake relay lg…?
    Maap kl ada salah penulisan…: )

    -thank’s-

  12. jake says:

    ane pake king
    ane nubie jadi bth spek lgkp ma instruksi detail na thanx

  13. budi says:

    bos klo dipasang di motor gl pro cdi bisa gak…aki ane 5A bos…tekor gak ya…
    thanks for info….

  14. aidil zulhani says:

    salam kompak bro.. bro lampu HID jauh gue ga bsa digunakan tapi yg dekat bsa… kira2 masalahnya apa ya bro..? mhn bntuannya donk biar lmpu mtr gue bsa ok lg..mksh sblumnya..

  15. blackboy says:

    bro saft7 ane dah psg d rx king untuk lampu h4nya dan jg dah gulung ulang spul rx king tp msh tekor ya akinya knp tuh ya ? apa rx king ga bisa pake lampu h4

  16. baimwang says:

    Maaf bro numpang jiplak, infonya keren bro….
    mohon kebijaksanaannya….
    terima kasih…..

  17. blackboy says:

    bang bro saf7 ane nanya klo lampu h4 di pasang di motor rx king bisa gak ?
    mohon pencerahanya yg jelas ya thx bantuanya,,,,,,,,,,,,,,,,

  18. roqy says:

    Salam kenal “lae bro”, untuk pemasangan lampu h4 yg diuraikan tadi apa bisa diterapkan pada motor (kerata orang ditempatku bilang) kz200 ? dan reflektor apa yg cocok ? untuk lampu h4 nya khusus motor atau mobil punya, tq

  19. Radja says:

    Bos, saya mau nanya motor saya megapro mau ganti headlamp nya dengan lampu mobil biar lebih terang, kira2 pake lampu mobil apa yang cocok, kira2 berapa harganya?.terima kasih.

  20. yoyo_lamtim says:

    lam kenal,untuk anggota saft7ane anggota baru. Bagi ilmunya dong, ane punya motor Jup.Mx, ane pingin lampu mtr ane tambh terang dan awet, Sekalian mau bikin lampu\Dim\ atau LED Gimana caranya ya? Minta tolong bagi ilmunya ya.. Trus Email ke ane: waluyo_lamtim@yahoo.com TQ

  21. sensus says:

    boss,w punya tiger new lampu yg mau aku ganti make HID,minta usulnya dong yg buat harian,terang dan harus make HID yg gmn,dan itu membutuhkan kapasiotor ga,dan bikin aki tekor ga? mohon penjelasannya boss?

  22. soeripto says:

    Bro,s… Skema pemasangan lampu H4 bisa dilihat di http://yams-artmedia.blogspot.com/. Kang Saft,numpang link nya ya. trims.

  23. soeripto says:

    Bro D3wa & Dany, sy blm buat skemanya. kl kurang tahu kelistrikan, apa nanti juga bingung mengaplikasikannya? hehehe

    Bro Heru, saya sdh pasang di thunder saya, silahkan PM saya. Saya di Bekasi.see my blog http://yams-artmedia.blogspot.com.thx

  24. heru koster says:

    saya mau pasang di thunder 125, abis berapa ya bro biayanya…dan di mana masangnya… trims

  25. d3wa_eska says:

    om soeripto…..kayaknya lebih enak kalo di gambarkan schematik listriknya….
    biar jelas dan eces hehhehe

  26. soeripto says:

    dear All, socket ke Head Lamp dilepaas.Utk sistem DC, coil relay1(Hi) di hubungkan ke socket lampu (Hi), spul Relay2 (low) di hubungkan ke socket lampu (Low), Coil relay 1 dan 2 digabung, di hub ke ground. contact relay dari +12V di hubungkan ke contact relay 1 dan relay 2. ujung kontak relay (Low) di hbungkan ke lampu ( low) dan contact relay ( Hi ) ke lampu Hi.

    Untuk sistem AC, tingggal tambah dioda + capasitor utk coil relay.
    sumber tegangan contact Hi/Low bisa dari spul ( kiprok ) dicari sumbernya.. atau dari Aki, setelah lewat sekering ( jadi sistem DC ). Tp yg ini mgkn bikin aki tekor kl sistem spulnya msh half wave. Utk ket lbh lanjut hub saya di 0818687205, soeripto2003@yahoo.com, YM: soeripto2003.

  27. rudy rahardi says:

    motor gw jupiter mx, tlg donk kasih tau cara masang relay nya buat lampu H4. makasih sebelumnya.

  28. Dany says:

    Om schaft, mohon petunjuk…
    Motor saya megapro dan tiger, saya sudah beli bahannya semua.. Namun yang jadi masalah adalah saya kurang mengerti pemasangan relay2 dan capasitornya, maklum saya kurang ahli dengan kelistrikan…
    Bisa minta skema pemasangannya? email saya: caesar_danz@yahoo.co.id
    Terimakasih, saya tunggu kabarnya..

  29. ghafuur says:

    wah bos gw baru baca nih ,, gw udah masang lumayan lama.. motor yang gw pake megapro 06, gw pake lampu 55/60 kalo di atasnya lagi bisa ga ya..? terus cara kerja relay yang ketiga bagai mana..? yang kaki 5..? terus memeng harus pake kapasitor yah..?
    kalo bengkel dimana wa mau tuker pikiran nih, cos cepet redup…

  30. exceeta says:

    Лохов лучше вежливо называть “марсинами”, напоминая при этом, что на “Марсе жизни то нету”! Автор, прими совет)

  31. soeripto says:

    Bro’s…
    Untuk catuan relay, menurut saya, ngga perlu dari aki,tapi dari socket yg ke lampu stdr. Kalau sistem DC, langsung aja hubungkan.Jika pakai sistem AC tinggal ditambah dioda + capacitor 100mF/25v cukup.Sedangkan untuk Ke lampu H4, kalau sistem DC, diambil langsung dari aki. untuk AC, diambil dari spul.Beres.

    Kalau kurang jelas atau ingin pasang ( bisa kirim ke daerah ) , hub saya di Bekasi, soeripto@yahoo.com, YM: soeripto2003, 02133520583-0818687205

  32. dika says:

    mau ikutan nanya jg mas bro, klo konsep pemasangan relay untuk lampu H4 di motor ngambil catuan nay bukan dri aki tp dri keprok ataw generator/spul gmana ya bisa gak? klo bisa mohon skema pemasangan nya…. thnx b4…

  33. Bambang says:

    Om Saft
    Untuk Pemasangan relay & Capasitor disebelah mana, bisa kirim skemanya

    tq

  34. prayudie says:

    om saft, untuk pemasangan wiring diagram 3 relay kok tidak dijelaskan ya, mohon dikirim ke email saya bisa ya om… trims

  35. saferius ematus says:

    mau dong skemanya… trus , berapa ukuran kapasitor yg dipake??

  36. rafi says:

    bos,bengkel yg bsa ngerombak lampu biasa menjadi H4,di daerah jaktim ..
    ada nya di mna ya??

    pliis bales !

    ke email ku ..
    xxrafi_7xx@yahoo.com

  37. saft says:

    Joshua HTML 0792 says:
    Om saft apa khabarnya,lama nggak ketemu di jalan hehehe…
    Om Bro…boleh minta skema pemasangannya nggak?saya udah pasang H4,tapi belum pake kapasitor karena bingung pemasangannya jadi untuk sementara ini nggak pake kapasitor om…relay semuanya pake.

    Jawab:
    Om Josh.. kabar baik.. thx.
    ga pakai Capasitor itu juga ga papa kok… saft

  38. Joshua HTML 0792 says:

    Om saft apa khabarnya,lama nggak ketemu di jalan hehehe…
    Om Bro…boleh minta skema pemasangannya nggak?saya udah pasang H4,tapi belum pake kapasitor karena bingung pemasangannya jadi untuk sementara ini nggak pake kapasitor om…relay semuanya pake.

  39. saft says:

    ony says:
    bos buat vario bisa g???jelasin dong skemanya

    Jawab:
    Buat om Ony dan yang lainnya,.. tiap motor tentu punya desain lampu yang berbeda-beda.. jadi cara pasangnya pasti juga beragam.. disini seni nya kita untuk ngoprek. Semoga tulisan di atas bisa jadi ide dasar untuk ngoprek motor kita juga.

  40. ony says:

    bos buat vario bisa g???jelasin dong skemanya

  41. ronald says:

    bengkel rekomen utk pasang lampu kayak gini didaerah kalimalang?mungkin ada yg tau
    thanks

  42. ronald says:

    kalo pake headlamp vixion bisa nga pake lamp yg 150 watt?

  43. Cykur Junior says:

    Bang…
    Soal yang passang lampu H4 pada tiger oke juga.

    Saya pengguna V-Ixion, headlampnya kan udah tipa H4 tuh!
    wattnya juga udah saya ganti dengan yang 100watt. tapi saya kurang puas, pengen pake lampu HID yang 150 watt.
    Aki pasti tekor, saya pingin pasang relay dan capasitor agar tidak mudah tekor dan nyala lampu bisa lebih terang.

    Saya perlu ini karena saya sering bepergian malam ke daerang terpencil dimana jalannya sering bikin bingun kalo kurang pencahayaan.

  44. Vlad says:

    Beli Reflektornya Carry yang bulat berapaan kira-kira ?

  45. armayoga says:

    halo bro2 sekalian, lam kenalz bt semuanya dech.
    begini… aye masih bingung ama keterangannya nich bro
    MegaPro Ane Taon 2007, mau pake Ni Lampu H4 kaya Master Saft7.
    Ngerangkai lampunye mesti Pake Capasitor Doang atow Capasitor ama pake relay Sekalian ???
    Maklum Kelistrikan aye Kurang Ahli gt, MOHON PETUNJUK para SUHU2 DISINI.
    Kalo ada yg baek hati Boleh E-mail Ke Aye buat ngasih wangsit biar megapro ane lampunye Kinclong GiTu. Email Ane : armayoga2006@yahoo.co.id
    HATUR NUHUN….Makacih y Bro2 Sekalian

  46. herry says:

    Akhirnya setelah usaha keras bisa juga merasakan terangnya jalanan menggunakan H4 di macan gw, bener bener berbeda terangnya dibandingkan dengan lampu asli macan gw yang udah uzur dan mulai redup cahayanya, sekarang tanpa klakson atao isyarat jauh jika mau mendahului motor lain hanya melihat lampu yang cukup terang mereka dah kasih jalan, mungkin dikira mobil kali yah…. thanks buat om saft yang udah bagi ilmunya. walau hanya menggunakan headlamp merek autopal tapi cahaya yang dihasilkan sudah cukup bagus untuk pencahayaan malam hari, baik untuk lampu dekat maupun lampu jauh, pas jalan dalam kota masih bisa bersaing dengan lampu jalanan, pas masuk kampung wah lebih berasa bus malam….

  47. Soeripto says:

    Bro jokz, kalau di Jkt atau bekasi bisa hub soeripto2003@yahoo.com. atau 0818687205.

    Soeripto

    —–
    Bozz…dibengkel mana yg masuk referensi untuk ngerubah lampu biasa jadi seperti ini Headlamp Halogen model H4 buat mega pro 2007

  48. jokz says:

    Bozz…dibengkel mana yg masuk referensi untuk ngerubah lampu biasa jadi seperti ini Headlamp Halogen model H4 buat mega pro 2007

  49. Soeripto says:

    Bro d3wa, saya pakai aotopal di Thunder saya, pakai ring imitasi honda tiger ( beli batok + ring, diambil ringnya ) , itu pas utk aotupal.

  50. soeripto says:

    utk bro hendry, coba sebelum ke lampu depan, pasang IC regulator 12v… Yg saya tahu 7812 utk 12v, tapi 1A sedangkan kalau lebih dari 3 Ampere ( utk lampu 12/35W ) , coba tanya ke toko elektronik, ( atau cari di website ) pakai IC type apa ?

  51. agus says:

    om Saft, ada skema ato penjelasan utk pengaplikasian H4 utk motor bebek
    yamaha vega R thn 200 yg masih menggunakan kelistrikan ac.
    terimakasih om shaft.
    agustovianno@yahoo.com

  52. d3wa_eska says:

    om…
    saya coba modif lampu tiger saya dengan menggunakan lampu Halogen.
    batok lampunya saya pake autopal.
    tapi ternyata ring lampunya ga cukup (kekecilan)
    da yang punya saran ga? ring apa yang cocok untuk batok autopal ini
    makasih b4

  53. aNJaR says:

    bro klo tiger yg jereng ntu gmn caranya bro???meleleh ga ya klo yg jereng dipake bwt h4???

  54. Herry says:

    Kalo buat satria F-150 gimana proses pemasangannya? Apakah dengan reflektor standar gak leleh.

  55. Steven says:

    om Saft, ada skema ato penjelasan utk pengaplikasian H4 utk motor bebek Karisma X?
    thx a lot . .
    Steven2000_id@yahoo.com

  56. deddy says:

    klo tuk mtr suprafit bisa gak

  57. rahmat says:

    bos,motor vario sya pke lampu halogen yg warnany biru tp nyalanya putih,tp yg sya tanyakan,knp nyala lampunya redup?

  58. adi says:

    bang saya punya motor V-ixion
    saya mw tanya beli lampu xenon atau H4 12 volt dmana???
    saya tinggal di Jambi
    hub saya di 085266998877

  59. ryand says:

    klo buat honda vario 2008 bisa diaplikasiin juga gak ya….?
    Trims………..a.lot.

  60. henry says:

    terima kasih buat penjelasan mengenai pemasangan relay dan lampu h4,sangat membantu sekali bagi saya kang,hatur nuhun.
    saya memiliki motor sepeda(made in china)lampu depannya mati dan setelah di buka ternyata bohlam lampunya 40 volt/10 watt,awalnya saya mencoba memakai rangkaian regulator untuk menurunkan voltasenya tp setelah di pasang ternyata condensatornya meledak,setelah itu saya mencoba memakai lampu 12volt/21 watt dirangkai seri 4 buah,ternyata bisa nyala dengan baik,pertanyaan saya apakah ada cara lebih efesien dan tahan lama daripada harus memadukan 4 buah bohlam dengan rangkaian seri.mohon dengan sangat petunjuknya,terima kasih

  61. Maman says:

    Vixion itu pake lampu H4 ya, Kang??

  62. dadan says:

    h4 untuk di motor suprax 125 bsa nga om…?

  63. chandra says:

    motor ku gl pro tahun 94.bisa gak lampu h4 dipasang tanpa aki?kalaupun dengan aki gimana caranya.tolong dengan sangat minta bantuan ilmunya .terus terang aku o’on banget ma masalah kelistrikan.tulung dijelasin sejelas jelasnya ke email ku ch_project@rocketmail.com

  64. chaeruddin says:

    Om, Motor saya SUpra X 125 Injection, saya pasang Xenon HID, permasalahannya klo pake 2 lampu aki tekor, trus kiprok sama regulator jadi satu gimana ngakalin nya yah biar aki gak tekor. thanks. Maaf klo gak sesuai topik.

  65. suta says:

    om saf punya sekema pemasang 3 riley yg d atas ga?? saya dah coba tapi salah satu lampu malah ga nyala.

  66. blue heaven says:

    Kalau buat bebek Supra gimana ya? batok lampunya aja dari plastik :-( sudah gitu redup pula…ada ide tidak ?

  67. BoWie_666 says:

    M A N T A P

    mo coba dulu ah

  68. fernandez says:

    Salam kenal bro,
    Mau tanya nih, buat para biker di jakarta, sudah ada yang aplikasi untuk motor scorpionya?
    kalau ada yang sudah, boleh minta petunjuk atau mungkin kalau beli jadi, beli dan pasang di mana?
    tks ya sebelumnya buat informasinya

    salam buat semua biker, semoga tahun yang baru (2009) mendatangkan banyak berkat buat kita semua

  69. Andre says:

    Saya pribadi sih pinginnya yg buat thread ini menyediakan jasa pemasangan jg jd biar ga ada yg slh pasang n bikin penasaran…
    I will pay for your job…easy n simple…

  70. adhi atmoko says:

    permisi mas,
    kalo pake relay gimana skema wiringnya ya??
    itu juga berlaku kalo pasang foglamp ga mas??yg h3 itu..
    mohon petunjuk
    thanks

  71. Luthfi says:

    Bro..tolong dounk cara pemasukan relay dan capasitornya dijelasin ke fransres@yahoo.com.
    thk b4.
    ditunggu lagi utak-atik motornya.
    :)

  72. miko shumaker says:

    mau tanya kl utk motor honda beat matic bs gk?kl bs ak cari brng2 nya n kl ada bengkel ny dimn..saya daerah jakarta barat..thanks y mas rahman

  73. severus says:

    Salam kenal Buat Bro semua….adududududhhh….gw telat sepertinya, sumpah gw ngeces pengen pasang H4 di motor gw. Cuman gw binun…secara gw ga ngerti sama sekali masalah motor dan kelistrikan (parah). Motor gw MegaPro 2007, Buat Bro yang berbaik hati dan mau amal buat orang bodo seperti saya, mohon saya di japri di severussnap788@gmail.com. Yang saya butuhkan adalah dimana saya bisa dapat semua piranti ini, dan total biaya berapa yah? Terimakasih.

  74. mr oto says:

    kasih skeme nya dong

  75. lilik says:

    hallo bro kenalin, frilantika@yahoo.com
    saya mo tanya ada yang tau gimana ngemanfaatin kelistrikan sepeda motor buat alat rumah tangga
    misalnya buat nyalain tv, kulkas waktu listrik PLN Mati

  76. puput scorpio says:

    kalo di makassar, beli di mana tuchhhhh….soalnya gw kayaknya demen bgtssssss…..apalagi gw sering nunggang kuda…eh motor keluar kota. tolong infonya dong buat yang tau.

  77. Alex says:

    Sebagai bikers, mmg sy tahu penerangan di mtr sgt kurang. Solusinya bisa pakai lampu halogen besar macam H4 apalagi sr sdh ada lho lampu H4 khusus motor namanya HS1. Bentuknya persis bohlam H4 mobil cuma wattnya aja yg beda. Motor sy dr std pabrik sdh pakai bohlam ini, lebih terang dari milik Tiger loh, wattnya juga cuma 35W tapi seterang H4 55W. Harganya juga murmer, terang, nggak bikin silau orang, sinarnya putih lagi/maklum halogen. Genuine part kymco cuma 40rb an 1 unit merk Osram asli umurnya 3 thn masih bagus aja tuh. Aki juga nggak tekor lha wattnya kan sama dgn bohlm motor biasa yg bulet itu tuh, he3.

    Merk lain juga ada, merk halonix buat bajaj pulsar, atawa philips milik Ymh Vixion semuanya tipe HS1 tuh. Terng Benderang, sudah diuji coba resmi di majalah R2 kalau ada yg baca riding impression Kymco Royal, disitu wartawan salut dgn benderanngya lampu kymco bebek yg ternyata pakai bohlam tipe HS1.

    Salam

    Ayo rame2 pasang HS1 ^^

  78. agus says:

    kayaknya modifnya mahal2 bgt ya….pake refrektor bulat buat mobil katana yg merk abal2 cuma Rp.40.ribuan ko +lampu h4 philips 35rb n relai hella 15rb tuh kan ga sampe cepek…gw dah pake di binter merzy udah 2 taunan oke2 aja tuh….pake lampu 100/120 w lagi…biar motor tuwir tapi lampunya booo…
    oya reflektor mobil ada untuk kanan n kiri..kalo dah pake harus disetel lagi biar nyorotnya lurus kedepan..caranya gampang ko kalo udah reflektornya udah kepasang dirumahnya tinggal diputer2 aja ngikutin arah sinar lampu..tp saran gw kalo beli mendingan yang kiri..coz sinarnya lebih banyak jatuh ke trotoar kan rider cenderung ngeliat kearah trotoar…n kalo snarnya jatuh kearah kanan bisa membahayakan pengguna lawan arah……..

  79. Jamz says:

    Kalo untuk di scorpio, gmn?
    Ada yg udah pernah coba?
    Need share yah.. ;) Thx

  80. Heru says:

    Ide pasang H4 di motor, oke banget. Tapi jangan lupa dibarengi untuk menyetel posisi lampu (ketinggian lampu, cut-off istilah om saft). Belakangan makin banyak yang setel tinggi yang akibatnya menyilaukan pengendara lawan arah. Safety Riding kan bukan untuk diri sendiri saja, juga untuk orang lain.

  81. Anton says:

    Bung Saft & Bro Hendra

    bisa bantu skema utk pemasangan di GL-Pro 96 saya perlu di bantu skema dan warna kabel mana saja yg perlu di potong/disambung…bisa di email ke banderazt@yahoo.com

    Trus Kalo ga salah dulu pernah ada artikel tambahannya untuk psg lampu H4 ada dimana yah ? dah kucari-cari tapi ga ketemu bisa cari dimana yah….

  82. Didi says:

    Lam kenal…nama sy didi
    mau nanya nih… ada yg pake mio soul ga..ane ngerasa buta klo jalan malem.. apalagi bny papasan ma kend. laen..kalo ada yg bisa bantu oprek2 penerangan buat soul please help yak..kalo jalan sendirian di jalan gelap dgn lampu std nya sih emang terang. tp kalo uda ujan ato ktmu mobil hilang sudah pandangan ke aspal…tau ndiri mio pake ban 14″…kalo kena lubang..tangan n punggung stress berat….ntar takut nya msh muda uda sakit pinggang…blum akibat laen yg bs ditimbulkan…amit2..jatuh krn lubang, terpeleset…btw ane butuh bgt ya referensi nya…lam kenal buat om Saft yg punya rubrik…reply dsini or emai jg jd…thx bro…

  83. Bambang says:

    Mohon diberikan skema relay untuk Hi/low headlamp kijang 92
    Saya punya kabel set relay dg 1 relay kaki5 dan 2 relay kaki4 namun setelah saya pasang Hi/Low jadi satu shg tdk bisa dimainkan.
    terimaksih

  84. krisna says:

    salam kenal,nama saya krisna

    ada yang mau saya tanyakan nih…saya baru aja beli honda cs1,tapi lampu depannya kok redup ya…banyak yang bilang,memang karakteristik honda gitu.gimana/dimodiv apanya ya biar lampunya jadi terang?soalnya saya biasanya pakai motor saya malam hari,untuk perjalanan luar kota.terima kasih banyak atas tanggapan dan saranya nanti

  85. aphit says:

    # Saktiandri Says:
    May 8th, 2008 at 12:15 pm

    * Untuk Brothers yg pake V-ixion…..

    Salam kenal, nama gw Andri (vixion plat B-6100-KLR)

    Just info, untuk motor V-ixion, sebenernya lampu depan orisinil vixy tuh dah H4, hanya besaran wattnya 30/35W atau lebih kecil dibanding H4 untuk mobil (paling kecil 55/60W), makanya H4 khusus untuk Vixy ga bisa ditemuin selain dibengkel resmi yamaha dgn hrg kiaran 64ribu/bh.
    – Tapi kalo bro sekalian yg punya vixy mau lampunya jadi lebih terang bisa dgn cara :
    Cara1 : Ganti aki dgn yg merk Maximma atau merk lain dgn besaran (12V/5,5A) atau
    (12V/7A), kemudian ganti lampu H4 ori vixy dgn H4 mbl yg wattnya 55/60W, tambahkan relay
    masing2 1 buah untuk 1 lampu besar & lampu kecil (cat: Jgn pake relay murahan, Harus pake
    rellay orisinil mobil). krn kalo relaynya ga bekerja dgn baik akan mempengaruhi sirkit
    kelistrikan yg lain.

    Cara 2 : Ganti dengan aki yg kapasitasnya lbh besar (merk Maximma atau merk lainnya) dengan besara 12V/5A-7A. Trus tinggal tambahin booster lampu. cara kerja booster ini mirip dengan relay, sehingga kondisi lampu saat dinyalakan akan lebih terang 2x lipat dari cahaya normal.

    bro …kalo lampu h4 apa g meleleh tuh reflektornya? khan dari plastik? apa di ganti ?

  86. aphit says:

    bos kalo reflektor dari plastik bisa di lapisi stiker krom ga? jadi bisa lebih tahan panas…. coz di vixion reflektornya dari plastik dan cepat pudar..thanks…

  87. Alex says:

    Bebek juga bisa pakai lampu H4 spt ini kok, bros. Namun syaratnya aki minimal harus 5A. Motor saya Kymco spike 125RR pakai Osram H4 Night breaker 90%+ nggak masalah sama sekali, lampunya terang banget, ya kayak lampu mobil lah gitu, he3. Batok gak leleh, klakson masih bunyi, starter elektrik masih jalan, OK.

    Lampu ori motor kymco mmg sudah H4 tapi 35Watt persisi bawaan Ymh Vixion, sekalian menjawab, bahwa lampu H4 bisa lgs dipakai di Vixion, plug n play, namun disarankan lampu rem blk dikecilin wattnya atau memakai led. Jadi nggak perlu ada perubahan di kelistrikan.

    Bagi yang ingin info lbh lanjut silahkan email ke: alexander_adianto@yahoo.com perihal pemasangan lampu H4 di motor. Insyaallah akan saya bantu jawab, he3

  88. baygon says:

    aku apke, h4 juga!!! tanpa tambahan apa2!!! terang benderang cuma kalo pake sein rada redup!!!!

    motor:
    Mega Pro 07
    Maxima 5ampere
    kelistrikan standar

  89. moko says:

    salam kenal, bro…
    saya pake motor vario dmna bohlam standarnya 25/25 wat… trus saya ganti 35/35 watt… tp pas di rem/ sein lampu headlamp jadi redup… ini kenapa ya?? apa yg harus saya lakukan?? apakah ada efek negatif ke aki/ kiprok/ regulator/ yg lain?? terimakasih??

  90. AAN says:

    mas… minta tolong informasi accu vario. Saya ingin memperbesar accu di vario dari 3.5 A menjadi
    5A atau 7A. Pakai accu merk apa dan motor jenis apa yg bisa sesuai dgn dudukan accu vario standar
    terima kasih sebelumnya.

  91. adi says:

    Assalamualaikum.
    om..tolong jelasin masalah kelistrikan Vespa Super thn.75 agar lampu dpn & Belakang terang benerang.
    terima kasih banyak sebelumnya, semoga bermanfaat bagi semua scooteris seluruh indonesia.

  92. dedi says:

    bro saktiandri / bro saft…
    bisa di bantu masalah pasang relay buat lampu besar dan kecil di vixion yg sudah terbukti..
    saya perlu di bantu skema dan warna kabel mana saja yg perlu di potong/disambung..karena saya sama sekali buta dengan kelistrikan…bisa di imel ke drifany.milis@gmail.com terima kasih…

  93. Saftari says:

    albert Says:
    huuuu…. ga ada yang jawab…

    Jawab:
    Mungkin karena belum ada yang coba tuh oom.. jadi belom ada yang bisa bantu jawab.
    Untuk kabel… makin tebal tembaganya makin baik oom.. sesuaikan aja dengan panjang kabel yang akan digunakan.

  94. albert says:

    huuuu…. ga ada yang jawab…

  95. albert says:

    kabel yang dari ACCU ke relay harus brapa ml ….thanks bang ??

  96. albert says:

    bang koero , kalo pake reflektor ori thunder trus pasang H4 yang 100 watt gimana, leleh ga ????

  97. albert says:

    bang, kalo pake reflektor ori thunder trus pasang H4 yang 100 watt gimana, leleh ga ????

  98. koero says:

    sharing :
    saya coba di THUnder 125 V.1 dengan lampu 100/90 watt…..lampu STD cuman pake relay aja 2 buah….
    dan sudah nangkring dimotor ga majalah hehehehehehe……

  99. Saktiandri says:

    * Untuk Brothers yg pake V-ixion…..

    Salam kenal, nama gw Andri (vixion plat B-6100-KLR)

    Just info, untuk motor V-ixion, sebenernya lampu depan orisinil vixy tuh dah H4, hanya besaran wattnya 30/35W atau lebih kecil dibanding H4 untuk mobil (paling kecil 55/60W), makanya H4 khusus untuk Vixy ga bisa ditemuin selain dibengkel resmi yamaha dgn hrg kiaran 64ribu/bh.
    – Tapi kalo bro sekalian yg punya vixy mau lampunya jadi lebih terang bisa dgn cara :
    Cara1 : Ganti aki dgn yg merk Maximma atau merk lain dgn besaran (12V/5,5A) atau
    (12V/7A), kemudian ganti lampu H4 ori vixy dgn H4 mbl yg wattnya 55/60W, tambahkan relay
    masing2 1 buah untuk 1 lampu besar & lampu kecil (cat: Jgn pake relay murahan, Harus pake
    rellay orisinil mobil). krn kalo relaynya ga bekerja dgn baik akan mempengaruhi sirkit
    kelistrikan yg lain.

    Cara 2 : Ganti dengan aki yg kapasitasnya lbh besar (merk Maximma atau merk lainnya) dengan besara 12V/5A-7A. Trus tinggal tambahin booster lampu. cara kerja booster ini mirip dengan relay, sehingga kondisi lampu saat dinyalakan akan lebih terang 2x lipat dari cahaya normal.

    * Untuk Brothers yang punya Tiger……
    Dulu gw punya tiger2000 kluaran taon 2001, karena skrng dah raib di ambil orang akhirnya skarang gw beralih ke Vixion, krn lbh irit & simple.
    Untuk tigy gw dulu gw modifikasi sendiri lampunya, kata temen2 gw bilang “lampu setan”. Karena wkt itu gw pake lampu H4 dengan besaran 100/120W dan ditambah relay. Caranya gampang.
    Cara aplikasi:
    1. Siapin batok lampu Kijang buaya (made in India), ukurannya lebih kecil dr batok ori tiger tapi jauh
    lebih kuat dr Hella.
    2. Untuk list batok bisa pake list lampu honda CB.
    3. siapin bohlam H4 besaran 55/60W atau 100/120W (merknya gw lebih milih GE)
    Gw dah survey langsung antara philip, GE, bosch, dll… GE 3x lebih awet & kuat.
    4. Ganti aki basah tiger dgn aki kering (Maintenance free) biar arus listriknya lbh stabil.
    5. Pasang relay untuk masing2 lampu biasa 1 & lampu dim 1. (jgn pake relay murahan).

    Kalo mau lebih hebat lagi, silahkan ganti kumparan dinamo dengan tembaga asli buatan german, bisa dicari diglodok. Dengan penambahan lilitan sebanyak +/- 15 s/d 25 lilitan. (Ukuran tembaga yg digunakan ada 2, kumparan untuk mesin 0,8mm, dan kumparan untuk listrik 0,12mm).

    Gw bikin modifikasi kelistrikan & lampu gw itu dari tahun 2005 awal sampe tiger gw ilang taon 2007 ga pernah ada masalah dengan modifikasi listrik & lampu gw.

    Buat brothers yg doyan touring gw rasa modif ini cocok. Karena sesuai pengalaman gw, biasanya 2 minggu sekali gw selalu nglayab keluar kota pake motor, pastinya harus punya mata tajem yg stabil, apalagi gw sering jalan malem.
    Tapi sayangnya tiger gw dah dicuri orang pas gw lagi sholat magrib dirumah. Sekarang gw ganti pake Vixion karna gw sering jalan2 keluar kota sendirian (minimal 2 minggu sekali), jadi gw cari tunggangan yg irit, stabil & praktis… jadi gw milih vixy deh.

    Ok deh, semoga tips dari gw ada manfaatnya…. selamat mencoba brothers sekalian.

  100. Patriya says:

    salam kenal dech.
    saya dari ketua yamaha scorpio club makassar. saya belum pernah lihat motor scorpio di makassar pasang lampu atau rubah ke H4. mohon petunjuk skema pemasangan yang aman untuk motor jenis yamaha scorpio.ntar spart partnya sy pesan di bro ajh. sy yakin utk anggota kami semua pd tertarik krena sangat bermanfaat pd saat touring ke luar kota. thank’s atas bantuannya.
    tlp hp.(0411)(2351077).
    Makassar

  101. Patriya says:

    saslam kenal dech.

  102. FAJAR says:

    Brooooo kalo buat scory bisa ngakkk,kalo bisa kna semuanya brapa tuhhhh.pm ke ane yahhh,skalian dimane nihh bisa aplikasiin ni barang

  103. HENDRA says:

    wah makasi banget nih GL pro Lawas tahun 94 jadi bersinar terang berkat H4

  104. coen says:

    Kang Saft.. H4 buat Vario udah bisa…?

    mataku rada kabur klo jalan Malem.. lampu std kurang terang

  105. guruh says:

    Bos aku ko tanya klo lampu h4 dipasang divespa jenis apa aj? soalnya vespaku exklusif 2 soalnya lampu vespa aku beda dengan yang punya exel.

  106. subehi says:

    Saya sudah pasang H4 di motor saya GL 125 R th 1982 sudah ganti CDI (mau ganti HID mahalan lampunya dari motornya bro!!). Pake tegangan 15.2 VAC/8000rpm spool/alternator sudah modif sendiri, pasang relay dua buah untuk lo/hi yang lebih instant, reflektor autopal crystal. sudah pakai lebih dari 1 tahun baru sekali putus. Hasilnya cukup bikin rider Vixion bingung (Vixion pake H4 55/60) Tapi GL 125 R lebih terang!!. Nyaman untuk perjalanan Priok Cacing Bekasi Tambun malam hari yang banyak container.

  107. den_mas_ryo says:

    ayo ayo yang laen yang laen… bagi-bagi pengalamannya dunk buat referensi kita-kita… :D btw, dah ada yg coba pake headlamp ori tiger trus dikasih batok lampu mobil (hella/autopal/apa aja) trus dipasang 2 buah relay? kira-kira cukup ga yah, box headlamp tiger dijejalin 2 biji relay beserta kabelnya yg ribet ruwet di dalemnya :D

  108. gajah_gendut says:

    saya pasang h4 di motor supra fit saya. terang banget. hehehe ..
    kupingan bohlam dilepas biar bisa masuk. mika headlamp bawah dibor pake bor 1.5mm miring buat ventilasi. ngebornya miring, biar angin mudah masuk.reflektor belakang dibor juga. ga usah banyk2 lobangnya. mika bawah 6 titik. reflektor 4 titik.
    pake h4 philips premium. ga ada gejala leleh ato burem. baik reflektor ato mikanya.
    di bungkus bohlamnya ada keterangan UV blocks-quartz glass, safe for plastic headlamp. tapi pake headlamp ori yah, jangan yg abal2.
    sayang bohlamnya masih pake arus AC :( nyalanya gak bisa maksimal. ntar kalo ada duit modif ke lampu arus DC, biar tambah mak nyoss. meski arus ngikutin putaran mesin, bohlamnya terang banget kok. lagian sinarnya fokus. nyaman buat jalan malem. hujan ato kabut lewat. sinar lampu warnanya putih, tapi jatohnya ke aspal kuning.

  109. den_mas_ryo says:

    Ahhh… akhirnya kelar juga ngakalin batok lampu orsi GL ane wat masangin lampu H4. Nih referensinya:
    – Beli batok lampu H4 sembarang pokoknya yg dudukan lobang lampunya bisa dilepas (pasangan). Autopal 60rb.
    – Lepaskan dudukan lobang lampu dari batoknya.
    – Bawa batok lampu orsi beserta dudukan lobang lampu H4 yg telah dilepas tadi ke tukang patri.
    – Gedein lobang lampu di batok orsi GL sebesar dudukan lobang lampu H4. 5rb.
    – Tinggal beli lampu H4 dan pasang. Jadi deh. hehehe…
    Gimana, murah meriah kan??? hehehe…

  110. den_mas_ryo says:

    Kang Saftari yth, bisakah ane minta tolong? Ato mungkin dari teman” yg laen udah ada yg pernah coba, gimana ato apa yg harus kita lakukan dengan sebuah keinginan untuk merubah lampu pada motor jadul GL-PRO supaya bisa dipasang lampu H4 dengan tanpa merubah/mengganti bentuk lampu bawaan menjadi bulat? Banyak di forum sebelah menyarankan untuk mengganti saja dengan lampu bulat punya megapro/tiger trus disuruh beli batok lampu Suzuki Carry ato Katana. Tapi kalo menurut saya sih, lampu bulat kurang sesuai dengan penampilan GL-PRO yg kotak-kotak kaku. Saya ingin sekali merubah ke lampu H4 dengan tidak meninggalkan penampilan aslinya. Jadi, saya minta tolong masukan kira” batok lampu H4 dari bawaan apa yg cocok dengan ukuran batok lampu GL-PRO? trima kasih banyak atas tanggapannya…

  111. Aa says:

    Kang Saft ada ga web yang ngejelasin skema kelistrikan mobil? tolong kasi tau dong… nuhun ahhh

  112. X'Bizaro says:

    japri donk ke gw stenny_beverlly@yahoo.com

  113. keke says:

    bung saft /bang rahman. saya terkendala dengan lampu motor saya yang sangat kurang terang di malam hari. dan yang mau saya tanyakan kalo pakai watt yang lebih besar apa perlu pasang kiprok yang kapasitasnya lebih besar. dan saya rasa harus pakai capasitor yang berapa farad ya dan di pasang di mana bung. tanks ya

  114. gon46 says:

    ECOS tuh apa yah?bisa dijelasin lebih jelas lagi?? terus belinya dmn??tq

  115. gadget54 says:

    Klo buat nerangin lampu motor sih ngak usah repot lagi sekarang. Dipasaran dah ada tuh,merknya ECOS.
    Harganya juga ngak mahal,sekitaran 35-50rb.2 minggu yg lalu sy dah pasang di mio,hasilnya ok banget.tapi menurut tokonya,ngak boleh ganti bohlam yg lebih besar wattnya.Trus disediakan juga sakelar buat on/offin tuh alat.Off berarti lampu pakai sistem standart(terangnya standart).On berarti lampu menggunakan sistem kelistrikan alat tsb.(terang buanget).

  116. neo300400 says:

    Knp repot2 tinggal beli satu set lampu thunder250 saja….. trus ganti bracket head lamp-nya beres deh….tinggal urusan aki tekor ga tuh kl pake h4 55/60…. soalnya t250 pake aki 10amp

  117. sandhi says:

    saya ingin bertanya kerusakan kelistrikan pada supra 100cc saja?dan juga memperbaikinya trims

  118. Martin says:

    Mas Saftari, hari ini saya ud ubek2 Dutamas dan Atrium Senen utk cari reflektor Hella yg harganya dibawah Rp 200rb kok gak ada yah? Semua jualnya Rp 250rb paling murah Rp 225 rb. kasih tau dong nama tokonya. Thanks.

  119. Ardeeee says:

    kang saft saya udah pasang tuh reflector hella pada scorpie ane tapi masih menggunakan relay, trus yang aku mau tanyakan :
    – kalau misal relaynya diganti dengan capasitor bank bisa gak? atau dipakai kedua2nya? tolong skema dan pencerahannya…
    – kapasitor bank yang bagus merk apa? trus yang berapa farad buat motor?

    udah gitu aja kang saft mohon replaynya di email aku jimmy_gyb@plasa.com

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebanyak2nya, maju terus kang saft…

  120. j-park says:

    tolong jangan cma bwt tiger aja donk,klo bisa sama yamaha vega r

  121. bhaimx says:

    ada g y bengkel dipalembang? kalo ada berapa harganya ya..?

  122. eMyU says:

    maSaft gmana yg bwt mio??trus ap yg musti sy ganti??? dtunggu jawabanya yaaawh…
    Tengkyu,,,

  123. cungkring says:

    mas saft,buat mio dan kawak zx130 ada ndak modul atau skemanya? ditunggu sekali jawabannya.terima kasih……

  124. Bal says:

    Bung Saft,
    Maaf sebelumnya klo OOT :) kebetulan mobil saya Katana yang headlamp-nya koito sealed beam bulat. apakah Headlamp Hella yang digunakan di atas bisa menggantikan headlamp asli bawaan Katana ? Atau mungkin ada teman2 di sini yang pernah memodifikasinya ? Soalnya rencana saya mau ganti headlamp aslinya agar bisa menggunakan relay dengan hasil optimal
    Terimakasih sebelumnya…

  125. deddy smd says:

    mas tlong dong kasi tau cara pasang ke scorpio gw+dimana gw bs dapat alat2 tsb+dimana yg bisa masangin,,coz gw berdomisili di samarinda,,,gue butuh bgt ni,coz gw sering bgt jalan malam keluar kota, trus lampu yang std g bisa diandalin kalo lagi ujan, bkin gw harus ngeraba2 kalo jalan,,,plisssss bgt balas ke email gw+gambar2nya ya mas,,,,,thanxxxx bgt
    deddy_melly@yahoo.co.id

  126. lamno says:

    yap bro… setuju ama bro XOY…
    gimana dengan bebek…. khususnya motor ane juga vega r 2006…
    please adv..

  127. LOUIS says:

    Mo nanya neh kira2 bisa nggak diaplikasi ke ZX 130 yang nyalanya redup banget ….. klo ada yang dah nyoba bagi dong ilmunya via japri aja yah ke blue_mutan@yahoo.com
    Thx …

  128. denny says:

    mas bob…. motor gw nsr 150rr. accu 12v, 3 a pengen jg sih pasang h4 bt head lamp.kebetulan batoknya bunder dua. bs bantu ga gmn cr pasang resistornya. skema ato urut2nya gmn gitu.trus trang aja gw buta elektro ni. skema yg di atas aja gw msh bingung. hehehehehehe. thanks ………..

  129. oethi says:

    maw nanya nih, bisa nda lampu H4 di pasang di V-ixion ? kalo bs, apa aja yg perlu di ubah ? mohon bantuannya ya

  130. satria says:

    mas rahman… sy domisili di sby,sudah 1thn sy pasang lampu H4 di tiger sy…..kadang kadang aki tekor….tolong kirim skema pemasangan lampu h4……saya gak pakai capsitor gittu…..

  131. Bob Priambodo says:

    Bros bebek owners bisa pakai lampu model begini asal dirubah dulu jadi ayam jago baru pasang batok Tigi variasi. Di Suzuki Bravo Saya tidak pakai H4 tapi pasang lampu Toyota Hiace merk Koito dengan daya 60/50 Watt jenis lampu sealed beam, artinya sudah satu paket lampu dengan reflektornya jadi pasti fokus. Karena lampu tidak muat ke batok maka lampu dipasang DI LUAR BATOK, bagian dalamnya ditahan dengan seng dilem pakai plastic steel, celah bagian luar ditutup pakai lem silicon sealer (lem aquarium). Sama josss-nya dan lebih ekonomis karena harga lampu tsb aku beli awal Juli 2007 Rp 60 ribu saja. Untuk yang takut sepul jebol atau aki tekor bisa pasang resistor 1 ohm 5 watt paralel 3 buah, dipasang seri dengan masing-masing lampu high maupun low beam sehingga arus sekitar 3 Ampere saja atau daya sekitar 35 Watt sesuai lampu standar. Saya belum pasang relay tapi kalau mengikuti saran Bro Rahman dan Oom Saft saya yakin lebih JOOSSS terang benderang. Selamat mencoba. THERE’S NO BEST WAY, ONLY THE WAY THAT’S BEST FOR YOU.

  132. nyoto hartawan says:

    aku punya zx-130vr,bisa ndak pake h4?karena biarpun lampunya ada 2bh,sinarnya masih kalah terang ama punya supra x125.ama minta petujuk gmn supaya aki ndak ngedrop ketika kita pasang lampu variasi.tolong kirim di email saya:m3_sienz@plasa.com

  133. bayu says:

    apa jupiter mx juga bisa di modif menggunakan lampu H4 yah mas??? trus kalo bisa cari parts2 nya dimana?? thx

  134. budi says:

    saya sendiri sangat kesal pada motor atau mobil yang memiliki lampu seperti ini, apalagi kalo sedang berpapasan. jaLAN yang ada di depan sama sekali tidak terlihat..

    lalu bagaimana cara pengendara seperti saya agar tidak ternganggu terhadap sorot lampu seperti ini???

    tolong berikan saran..

  135. LUDY ( KAMPRET) says:

    ide nya bole juga tuch….. kasih tau donk? motor saya thunder 125 lampunya kurang terang. saya pengen yang terang soalmya kalau touring jln biar keliatan..
    tolong ya kasih cara bikinnya & spesifikasinya buat motor saya….
    kirim ke masque_luccu@yahoo.co.id
    tks….

  136. pierregw says:

    saya sudah coba pasang di tiger 2002,menggunakan Hella 7″ dan menjalankan petunjuk pemasangan seperti yg dianjurkan,permasalahannya sewaktu dipasang di mangkok lampu, koq mentok di belakang mangkok kabel dari jack lampu utama dan juga karena banyak kabel di mangkok lampu, lampunya tidak bisa tertutup sempurna, mohon petunjuk dan informasinya mengapa yg lain bisa…
    thzz saft7

  137. Fajar says:

    Ane dah pasang H4 di megapro 2004, tapi karena aki yang tekor terus, ane ganti jadi AC, dengan ganti kiproks bikinan sendiri, jadi lampu lebih terang dari DC, pengisian ke aki buat klakson keong, hazard touring dan perangkat yang lain masih bisa terlayani dengan baik…
    Lampu Ane pake GE MEgalights 60%, udah ane test Jakarta – Cilacap jalan malem sendirian, jalanan tersinari dengan sempurna…..
    Thanks to saft7 yang udah bikin lampu motor ane seterang lampu mobil…

  138. xoy says:

    mo nanya juga neeh bro, bisa ga di pasang di motor bebek khususnya vega R 2006 coz motor gw itu hehehe… mayan buat nerangain jalan klo touring malem”
    thx pencerahannya

    XOY
    YVML #017
    http://www.yamaha-vega.or.id

  139. moko says:

    pengen bikin juga nih.
    motor ane GLPro Neotech, belum ada passing lamp switchnya, aki 12V 2,5A. kalo masalah batok gampang lah itu, beli aja 1 set.
    bisa ga ya, bro ?? soale lampunya pernah ganti halogen motor (merk: Osram), sdh pake lampu biru mirip H4 (merk: Mokini), tetep aja kaya cuma pakai lilin, apalagi jalan dari kantor ke rumah lewat jalan pedesaan yg gelapnya minta ampun. pliss bro, bantu ane..

  140. Saftari says:

    # oisam Says:
    forum ini terlantaaaaar… payah..

    Jawab:
    Oom Oisam, Makasih komentarnya,..
    tidak semua pertanyaan bisa saya jawab sendiri, mengingat artikel ini adalah kontribusi dari rekan saya. semoga maklum.

  141. oisam says:

    forum ini terlantaaaaar… payah..

  142. iskandar.sugandi says:

    bang saft saya mau tanya lampu h4 dipakai di megapro yg belum stater redup. aki sudah ganti 12v 5a aslinya 12v2,5a. mohon pencerahannya

  143. oisam says:

    numpang2.. kalo pake lampu H4 ini kan bisa jadi terang di tiger, kalo di NSR150R gimana tuh?? trus perlu beli kapasitor gak?? oiya kenapa yah kalo gas dibetot, lampu jadi redup?? trimakse

  144. masio says:

    tolooong… lampu saya jadi redup bila gas dibetot…. apa penyebabnya bro bro?? terima kasih..

  145. setiawan says:

    bisa di coba di rx- king 2004??. Kalo bisa tolong di beri detail, saya lagi cari H4(60/55w),bagus merek philips/hella> mohon dibantu.

  146. danu says:

    Saya mau tanya masalah lampu halogen yang cocok buat supra X 125 dan klo bisa minta dong referensi oli yang bagus buat motor saya

    terima kasih.

  147. omay says:

    om saft..apakah teknik ini bisa diaplikasikan ke scorpio dan apakah reflektor hella cucok dengan headlamp scorpio.. txxss

  148. oman says:

    Klo saya mo pesem di saft7 ada ga? soalnya saya tinggal di cirebon ?

  149. Adji Darmawan H says:

    Saya mau tanya saya pakai HID H4 untuk type mobil dengan system penambahan dayanya menggunakan balas. Apakah berpengaruh dengan pengisian yg mengakibatkan batree yang berada di motor saya menjadi Ngedroop. Dengan spesifikasi yang saya pasang melalui kontak on.

  150. kanny d says:

    Bang Saft, nunut kasi info..
    Untuk skema relay bisa anda lihat di: http://kannyd.multiply.com/journal/item/12

  151. bas says:

    pak,bisa pasang di Scorpio ga tuh?
    Ada yg bs pasangin ga pak?
    tlg di reply yah pak.
    Thx

  152. Saftari says:

    bangdoel Says:
    Saya motanya mas kalau pakai lampu H4 gimana kalu cuacanya lagi hujan cahayanya focus ga? saya sudah pasang lampu halogen tapi bukan H4 yang warnanya biru tetapi pada saat cuaca hujan/gerimis cahayanya ga focus kaya ga pake lampu aja,,, makacih !!!!!!! :):)

    JAWAB:
    Bangdoel,.. coba cari artikel soal kualitas dan brightness deh di website ini… disitu dijelaskan kenapa lampu dengan coating biru tidak baik untuk kondisi hujan.

  153. bangdoel says:

    Saya motanya mas kalau pakai lampu H4 gimana kalu cuacanya lagi hujan cahayanya focus ga? saya sudah pasang lampu halogen tapi bukan H4 yang warnanya biru tetapi pada saat cuaca hujan/gerimis cahayanya ga focus kaya ga pake lampu aja,,, makacih !!!!!!! :):)

  154. Sebastian says:

    kalau pasang di bengkel bisa?Agak repot kalau pasang sendiri.Sekalian,ada rujukan bengkel Yamaha Scorpio Z ga?Dari bengkel modif mesin sampai body.Thx.

  155. rudi ismail says:

    wah, gak di jawab2 neh semua pertanyaan di atas.
    TS nya mana ya? [i]wakakakakak…. forum banget ya gw :p [/i]
    peace.

  156. khusnul says:

    saya mau tanya, bisa dak minta foto-foto modifikasi spada motor supraX

  157. khusnul says:

    saya mau tanya, bisa dak minta foto-foto modifikasi spada motor supra

  158. robby says:

    Saya mau nanya nih, kalo mau bikin lampu motor NSR saya jadi terang banget kayak HID – nya mobil, langkah – langkahnya gimana ya? kalo bisa tolong sekalian email ke robby_khen@yahoo.com pertolongannya sangat dibutuhkan… terima kasih banyak…

  159. ano Banjarnegara says:

    Saya ingin aplikasi H4 ke Honda Supra X 125. Mohon skemanya dong…
    H4 yang di aplikasikan disini ke Honda Tiger. Beda dengan Honda Supra X. Oya, Kirim via emailku (Jalur Pribadi). Makasih…

  160. Abdul Azis says:

    Mas Saft
    Mo tau dong skema pembuatan relay 4 pin sama 5 pinnya
    apa dipararel atau dipisah

    coz masih bingung nih

    Thanks ya

  161. reza says:

    minta saran sama yang kaya si ardeeee. dong! gmana ngakalin kelistrikan dari scorpio Z biar lampu ga terang redup. kalo bisa ngasih perincian harga kalo ada biar enak gitu

  162. Ardeeee says:

    gue mau nanya nih motor gue SCORPIE Z.gimana nih caranya pasang headlamp H4 dimotor Q?coz kelistrikan dimotorku pakai AC bkn DC…gue dah ada headlampnya punya HELLA.
    plizz ya gue mohon bantuan loe.tolong gimana caranya mengganti arus AC menjadi DC?
    ato klo bs pake arus AC aja gimana…?
    plizz yang jelas N sejelas-jelasnya ya coz gue masih awam nih masalah kelistrikan.okey U IS THE BEST
    plizz reply di emailku aja yah….segera

  163. denny says:

    Buat mas hilman, menurut pengalaman sih bagusnya blok mesinnya/crankcase kanan ditambah “daging” trus di tap ulang sesuai ukuran bautnya / ukuran 12 atau dgn cara lain ditap dgn ukuran lbh besar 13/14. Buat selanjutnya untuk ganti oli jgn saat mesin terlalu panas dan jgn pernah pake kunci pas untuk buka baut yg masih seret lbh baik pake kunci ring /sok karena kunci bagusnya untuk baut yang sdh kendor atau ukuran kecil.Oya jgn lupa pasang paking aluminium/kunungan untuk baut olinya ya. Salam.

  164. anto says:

    Mas SAFT,
    Klo mao masang H4 buat tigi 2003, bengkel yang di rekomendasi dimana yaaa???
    Soale enyong awam banget sama listrik motor he he he …..

    Thanks Bro

  165. rahman says:

    to Frans OH,
    model reflektor hella menurut spesifikasi nya 7″ tetapi kalo diukur secara presisi adalah 6.8″ ini kalau diameter terluar, sementara utk cekukan kaca nya tetap 6.5″ jadi kalo dipasang di ring lampu original tiger bisa masuk (gambar memasukkan reflektor ke ring lampu original tiger di website bukan hasil rekayasa), beda nya hanya di pengunci posisi reflektor yang kalo di reflektor std tiger ada kotak plastik kecil, di reflrktor hella tidak ada makanya saya sarankan pengunci reflektor ini ditekuk supaya reflektor bisa masuk

    rgds,
    rahman

  166. frans oh says:

    pak, infonya tidak tepat dengan kenyataanya, ring lampu honda tiger 6.5″ bukan 7″ typical lampu sepeda motor. jadi reflector Hella yang 7″ tidak mungkin bisa dipasang!
    tolong penjelasannya,
    thanks,
    regards.

  167. riko Widi says:

    Bro Rahman
    kalo untuk Aki tigi cepet jebol gak neh? ane jd tertarik neh pengen masang. thanks bwt pencerahannya

  168. hilman says:

    Bang, supra fit saya baud yang dibawah yang buat buang oli mesin dol (aus),gara2nya bukanya salah muter, jadi serkarang oli mesin bocor , cara aman supaya tu lubang buang oli mesin jadi bener lagi harus gimana?,kalo ke benggkel harus dibenerinnya seperti apa supaya jadi benerlagi gak bocor

  169. Budiman says:

    Tolong dong kasih tau tempat nya di mana yang bisa permak seperti ini

  170. Jeffrey says:

    Saya Tertarik Ni Bro!

    Plus mau nanya nih!
    klo Teori tadi di terapkan di supra x 125 bisa nga ya?
    kayak yang di kymco nya alexander adianto tuh!
    mohon saran dan tempat membeli Parts2 yang dibutuhkan!

  171. maximale says:

    ada yang bisa di japri wat masangin h4???
    wat bro harry k….ada alamat…ane make thundie juga….
    japri ajha di maximale5@yahoo.com
    thx lot

  172. Tiuz says:

    Bro Ilham, ane uda aplikasi di scorpie ane :)
    Hasilnya, wow.. keren! kayak ‘Spear of Light’
    atawa ‘Sword of Light’ Klo diliat dari atas batok
    kliatan berkas sinarnya. Klo diliat di aspal kayak
    mata pedang, jelas bgt.

    Tapi untuk aplikasi di scorpie ada 2 langkah yg musti
    dilakukan
    1.Ubah sistem lampu depan jadi DC
    –> uda dicoba 2 minggu jalan, ga masalah, aki ga tekor
    2.Masang ni H4
    –> relay terpaksa di luar, kabel2 mefet bgt di batok.
    –> masih belom tau aki kuat ga, baru masang kmrn.

  173. rezta says:

    bro saft.. saya tertarik banget nih dengan perubahan head lamp,
    pas coba aplikasi ada beberapa permasalahan..

    pertama ketika lampu dimasukkan kok ngakmuat kalo semua kabel ngak dikeluarkan
    trus ada kendala saat pemasangan soket lampu… soket tersebut mentok dengan rumah head lamp yang ada di bawah spidometer…

    mohon pencerahannya ya

  174. ilham says:

    Kang rahmanrr bisa gak pasang di scorpio tanpa merubah reflektor, tolong skema kelistrikannya juga dan saya berdomisili di cirebon dimana saya bisa dapat capacitornya tahnks ya kang

  175. chris says:

    mas mop tanya, aku sebetulnya mo ganti lampu head light buat supra fitku pake lampu halogen, khan ada banyak tipenya tuch dari h1 dst…
    nah kalo pake yang standar itu rasanya kurang terang, trus aku harus pake lampu halogen yang tipenya apa? dengan accu standar gitu 12 v 5 A bisa menunjang ga.
    khan di motor standar ku itu ada 2 lampu headlight biasa ama 1 lampu redup gitu. plssssss jelasin mas

  176. bonnie says:

    dengan hormat,

    mohon bantuan skema kelistrikan untuk pemasangan lampu H4 60/55watt di vespa excell saya.

    regards

  177. Hary K says:

    Kang Rahman & Bro’s,
    Akhirnya ai bisa aplikasikan di thundie 125, cuman tidak menggunakan h4 hella, tapi pake yg lebih ekonomis merek autosal, konsekwensinya harus merusak frame & dudukan lampu serta tambahan adaptor lampu senja vw.

    Jalan malem jadi lebih pede nih kang, terasa terangnya nih….
    btw mohon info skema tuk pasang relay 5 pin dong….

    Thanks ya kang…
    Rgds
    Hary K

  178. Haryo says:

    Bro, saya tertarik sekali dgn topik ini.
    saya pake meggy yg engkol blom double starter, saya coba pasang H4 Hella, setelah terpasang hasilnya redup and accu tekor. kalo saya ikuti topik ini ada 2 saran, menggunakan capasitor or relay. saya sudah coba dengan relay (2 buah) + capasitor (bukan seperti yg disarankan) hasilnya tetap redup.

    kalo ada alamat yg bisa saya datangi dimana ya Bro.

    terima kasih.

  179. Adi says:

    gw punya Kawak zx130 bisa ga dipasang dan skalian skemanya, soalnya lampunya ga mo fokus, nyebar, jd gak kliatan klo malam, thanks

  180. andree says:

    kira2 untuk Yamaha Yupiter-Z, apa2 saja yang perlu diganti, dan prediksi harganya kira2 seberapa? atau mungkin sama harga barang pengganti dan instalasinya spt yg diterapkan di Tigy? kalau memang beda pemasangan instalasinya, tolong dong buatin skema untuk Yupiter-Z, apalagi lampu depan Yamaha-kan double….., maklum neh, saya ga tau banyak thd kelistrikan automotive.
    oh iya, hasilnya kira2 berapa watt (max) kalo boleh saya bandingin dengan lampu biasa?
    Plzzzzzzzz yahhhhh……..

  181. Jayadi says:

    Numpang nanya donk, untuk Supra Fit bisa dipakai tidak ya, pernah ganti lampu tapi sinarnya tidak bisa bareng selalu ada yg keatas dan yg kebawah karena pakai 2 buah lampu. Dan untuk sistem kelistrikannya gimana ya?

  182. kanny says:

    pake 2 Relay bisa bro.
    Relay kaki 4 (1) & relay kaki 5 (1).
    memang ada bbrp motor yg jika tombol pass ini diaktifkan pd saat headlam (low) aktif maka filamen H4 akan aktif bersamaan, tapi hal ini bisa diatasi dengan 2 buah relay tsb.
    kalo jelasinnya aq agak suseh, tapi aq ada schema.
    untuk lebih jelas silahkan email saya: vip@telkom.net

  183. Asrul says:

    Kalo untuk buat motor Thunder 125 bisa gak bang ya diaplikasikan, kalo bisa tolongin bang selama saya pake bola vespa rasa kurang terang kalu liat jalan berlubang, makasih bang sebelumnya.

  184. Sekedar sharing, Motor saya KYMCO SPIKE 120RR yg lampu depan std nya sudah terang ga perlu digas2 lagi n pake halogen H4 35W, dengan aki 12V 5AH (mika dan reflektor lampu KYMCO desain dan stdnya eropa tidak spt punya motor jepang saya dulu yang gosong kena lampu halogen :-( , punya KYMCO sangat kuat>tahan panas lampu halogen-ada tanda E4 di mikanya (std eropa) jadi gak perlu ganti-ganti lagi) . Masalah muncul ketika ternyata cari ganti lampu halogen H4 35W sangatlah sulit, suatu ketika muncul ide untuk memasang relay di motor sehingga bisa gunakan H4 std mobil yg 60/55W tanpa aki harus tekor, saya beli relay set mobil merk BOSCH di pasar palmerah[lebih murah daripada ngerakit sendiri], dan saya modifikasi sedikit relaynya(2bh) “hehe…beruntung saya sdkt punya pengalaman elektro” dan saya pasang di motor, selesai deh, sudah itu saya coba pakai lampu Xenon H4 mobil 60/55W, hasilnya…silahkan tebak, gilaaaa…., TERANG BANGETT, sumpah deh, k-lo malem kelihatan k-ya sinar laser. Cahaya yang dikeluarkan nyaris sama/malah sama dengan lampu H.I.D yg 2jutaan> ASOYY banget buat jalan malem, dan sampe sekarang ngga pernah bermasalah.

    Jadi: penggantian lampu H4 sangat saya rekomendasikan, bagi yang mo bertanya soal pemasangan relay set mobil bisa lewat e-mail trident@bluebottle.com, tetapi bagi motor jepang kayaknya harus dibarengi dengan penggantian reflektor d :-( -> saran saya pake reflektor fog lamp mobil, soalnya ngga dirancang buat H4 sih, biasa emang jepang produsen motornya rada pelit abisnya uda laku sih?????

    Gimana ada yang tertarik?

  185. budi m says:

    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

    1. sebenarnya apa fungsi capasitor ?
    2. bisakah diterapkan di motor yang memiliki lampu dengan arus AC? mengingat tiger mengambil arus langsung dari aki.
    3. motor saya kawasaki ninja, lampu standar 35/35w dengan aki 12v/3A
    pernah mengganti dengan lampu dengan daya lebih besar, tetapi bukannya lebih terang malah lebih redup. apakah dengan capasitor bisa membantu?

  186. maverick says:

    Pada konektor serta kapasitor apakah tidak ada angka2 yang bisa dijadikan pedoman dalam pemasangan kabel?
    Thanks…

  187. Plaki McLeod says:

    om,… kalo system kelistrikannya AC gimana ?
    kalo di Honda tiger khan sistem kelistrikan utk lampu depan udah DC…
    kalo motor yang lain masih AC… (pada saat idle lampu meredup )
    kalo ada tolong skema kelistrikannya dong …
    trims,..
    rgds.

  188. sideo says:

    Klo dipasang di Scorpio bisa ga ? mohon info bengkel yg jual dan juga pasangnya.. tks

  189. syaiful says:

    betul nehhh..
    tertarik juga pasang.. tapi ane kaga ngarti caranye..
    bisa beli paketan ngak.. dimana… harga brapa?
    thanx

  190. Henri says:

    Mas, saya tertarik masang nich, tapi nggak paham caranya (meskipun sdh ada gbr/takut kacau, repot kan..) Nerima jasa masangin nggak…? paket aja lah…
    kira kira berapa mas…? Thanks

  191. blepi says:

    Kalo diaplikasikan di NSR gimana caranya..kasi tau oom..
    makasih

  192. andi says:

    om rahman, saya punya motor Kymco lampunya sama percis dengan bohlam Vespa…bisa ngga yah dipasang H4…? di kymco saya juga udah ada tombol pass nya.
    trims.

  193. Adip says:

    INI BARU WEB MADE IN INDONESIA…JOZZZ Dan Cuepet diaksesnye….

  194. enjoy says:

    bro, itu khan pake tigi, klo pake meggy gimana…?

  195. rahmanrr says:

    utk pemasangan dengan relay silakan japri ke rahmanrr@cbn.net.id

  196. aga says:

    kok cara pemasangan relaynya nggak di jelasin ya ?

  197. rahmanrr says:

    utk bro Sultan Agung, bro aCy dan bro Edwin:
    kalo mau pasang di honda win, smash dan supra rasanya blom bisa krn model reflektor lampu yang bisa H4 utk seukuran motor-motor tsb diatas rasanya belum ada.

    utk bro Halim:
    anda lupa di beberapa motor ada tombol pass? nah kalo tombol pass ini diaktifkan pd saat headlam (low) aktif maka filamen H4 akan aktif bersamaan, makanya dibutuhkan 3 relay supaya setiap saat hanya 1 filamen saja yg aktif

    utk bro Tjantoko:
    kebetulan model reflektor hella di bagian kiri akan melebar sementara di bagian kanan akan lurus aja (supaya tdk mengganggu pengendara dari arah depan) dan model ini akan sama baik utk reflrktor kiri ataupun reflrktor kanan

  198. sultan agung says:

    Kalo mo pasang di Honda Win gimana, bisa gak?
    Aki udah 12 v 5A cukup gak, Head lamp nya pakai apa?

    Makasih berat.

  199. Halim says:

    Tidak perlu 3 relay bro, 2 relay (kaki4) saja sudah cukup. Kan switch lampu orisinalnya sudah membagi arus sehingga saat lampu jauh (highbeam) dinyalakan maka arus ke lampu dekat (lowbeam) akan diputus sehingga tidak akan nyala dua2nya. Atau kalau memang mau tarik kabel baru cukup pakai 1 relay kaki4 dan 1 relay kaki5.

  200. aCy says:

    pak’e bisa di pake bwt suzuki smash g?? kl bisa caranya gimana????

  201. al supey says:

    broer,
    kao pake fairing SP, supaya terang gimana?
    gw udah ganti ama halogen, tapi penyinran ke jalannya kurang
    pls advs

  202. Edwin says:

    Kalau untuk Honda Supra 125 bisa engga oom
    thanks

  203. Tjantoko says:

    Bro reflektor lampu mobil bukan ada kanan dan kiri
    jika kita pakai kiri lamu akan ada pancaran sinar ke kiri lebih lebar begitu juga yg kanan pancaran kekanan lebih lebar (bisa dilihat dikaca depan lampu ada tanda R&L).
    sedang untuk motor kiri dan kanan sama.
    adangak yg dapet netral jadi kiri dan kanan sama.
    terimakasih pencerahannya

  204. **GusSur** says:

    Kelebihan pake capacitor untuk lampu apakah sama dengan fungsi dari relay?
    Trims.

  205. rahmanrr says:

    kalo di vespa socket lampu nya musti dirobah dulu supaya bisa nempelin lampu model H4, udah banyak sih yang jual tapi yang saya tau ada di bengkel Boen di Bandung, kalo di vespa ga perlu lagi pakai capacitor cukup ganti aja socket lampunya saja.

  206. dasrial says:

    mohon petunjuk untk dipasang di vespa excel dong. soalnya gw suka pula aktivitas malam hari jadi butuh bgt nih lampu terang krn lampu standar tidak terang apalagi kalo hujan.informasi lampu vespa reflektor n kaca terbuat dari bahan palstik juga kayak tiger2000 tapi reflektornya model standar bukan diamond.vespa excel pake aki 12v 10ampere.thanks bro!!!

  207. Kalo utk dipasang di vespa excel bisa gak ya ??

  208. rahmanrr says:

    kalo skema kelistrikan wurth udah jadi gitu (mohon lihat kembali gambarnya diatas), mungkin bisa aja diganti dgn capacitor yang lain, sebaiknya pakai yang udah jadi aja toh harganya juga ga begitu mahal

  209. rianto says:

    Bisa minta skema kelistrikannya gak bro? gw masih bingung dgn koneksinya, utk capacitor apakah harus pakai wurth atau bisa digantikan dgn merk lain contohnya capacitor radio, kalo seandainya bisa nilainya berapa Farad ? ( thanks bro owner, gw sangat2 tertarik neh )

  210. rahmanrr says:

    belanja reflektor hella (1 pasang) rp. 400,000
    belanja lampu H4 (1 pasang) rp. 25,000
    belanja capacitor wurth (1 pasang) rp.175,000

    lain-lainnya pakai standard nya (ga perlu belanja), idealnya belanja barengan (pasangan) karena rata-rata barang-branagnya dijual sepasang jadi biaya bisa dibagi utk berdua

  211. Arika Bachtiar says:

    Kalo bisa dikasih estimasi Damage Costnya dong..biar ada ancer2.harga..

  212. rahmanrr says:

    capacitor beli di pasar cipete, toko anugrah

  213. TheOwner says:

    Tertarik nih ama capasitornya… bro Rahman, beli dimana tuh?

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com