Sudah dibaca sebanyak 5252 kali

Saat bongkar-bongkar toolbox yang ada di gudang, saya menemukan Obeng Listrik (Electric Screwdriver / Cordless Battery Powered Screwdriver) ini saya beli sekitar 15 tahun lalu.
Saat dicoba di charge,.. hingga beberapa jam, obeng ini tidak dapat digunakan sama sekali. Sudah pasti baterai yang ada di dalamnya sudah rusak.

Saya coba untuk bongkar,.. benar saja, kertas pembungkus baterai sudah luluh lantah, seperti baterai pernah bocor dan tidak digunakan dalam waktu sangat lama.

 

Serpihan kertas pembungkus baterai, cukup menjijikkan..

 

Kemudian saya coba lepaskan baterai tersebut dari unit obeng listrik.

 

Saya coba cari baterai pengganti,..

Baterai yang digunakan sebagai pengganti adalah jenis Nickel Cadmium (NiCd) , ada beberapa pilihan ukuran kapasitas baterai…  yaitu 1800mAh hingga 4400mAh

yang 1800mAh harganya sekitar Rp 35.000,-/buah , dan yang 4400mAh harganya Rp 75.000,-/buah (harga 1 februari 2012, toko Sarang Baterai – Lindeteves Glodok, Jakarta).

 

 

Proses berikutnya, saya harus mematahkan plat besi yang ada pada baterai lama, untuk saya pasangkan pada baterai yang baru.

 

Untuk pemasangan plat besi, saya gunakan Solder listrik dengan ukuran minimal 60watt. Jika di bawah 60watt, akan mengalami kesulitan untuk melekatkan timah pada baterai.

 

 

Setelah itu, baterai dirangkai dengan kabel-kabel, sekalian saya mengganti kabel yang sudah tidak bagus (korosi akibat baterai yang bocor).

 

Seluruh komponen dipasang kembali ke unit Bor Listrik.

 

Alhamdulillah… akhirnya Obeng Listrik yang berusia 15 tahun ini dapat digunakan kembali seperti kondisi baru.

 

Semoga sharing ini bermanfaat, bagi yang memiliki perangkat / alat dengan Rechargeable Battery di dalamnya.