.

 

Mengenal Desainer Produk Otomotif

desainotomotif-00

foto:seriouswheels.com

Munculnya produk-produk otomotif seperti mobil, motor, kendaraan niaga, alat angkut berat dan sebagainya tidak lepas dari peranan Desainer Produk yang menyumbangkan gagasan ide untuk melahirkan bentuk yang menarik maupun fungsional.

Kebetulan saya berlatar belakang Desainer Produk, ga ada salahnya saya coba sharing tentang apa sih kiprah Desainer Produk Otomotif.
Saya coba lampirkan tulisan yang pernah dimuat di koran Pikiran Rakyat – Bandung 2003 lalu.
Mungkin ada yang minat meneruskan studi menjadi Desainer Produk?

Sumber: Pikiran Rakyat/Otokir, Edisi 2003, disalin oleh Yosa Fiandra (desainer produk – STISI).

foto:cardesignnews.com

Desainer Produk Otomotif, dimasa Depan Profesi Ini akan Sangat Menantang.

Di negara maju yang menjunjung tinggi hak intelektual, profesi dan lingkup kerja desainer – apa pun embel-embelnya – sangat dihormati. Jantung para desainer fashion maupun industri, termasuk produk otomotif, seakan berpacu menghasilkan bentuk-bentuk inovatif. Desain-desain jempolan pun muncul setiap saat.

foto:cardesignnews.com

Ruang riset dan desain (R&D) tak ubahnya gudang “nyawa cadangan” perusahaan. “Memang di situlah karakter proruk dibentuk,” ucap Mizan Allan De Neve, GM Product Development Pantja Motor, penjual merek Isuzu, yang giat membina desainer muda. “Potensi dan peluang desainer kita sebenarnya cukup bagus, bahkan sanggup bersaing di mancanegara,” ujarnya lagi.

foto:cardesignnews.com

Lantas, bagaimana dan apa saja syarat menjadi desainer produk otomotif itu? Mizan menyebut kemahiran menuangkan ide ke dalam gambar dua dimensi sebagai syarat utama. Ketelitian pun dibutuhkan, karena perancang harus mengetahui persis detail rancangannya.

Sehingga ketika hendak diwujudkan menjadi bentuk tiga dimensi (model maupun prototipe), tak ada kesulitan. Bakat alam tadi, jika digabungkan dengan pengetahuan dasar otomotif (minimal tahu letak dan cara kerja parts kendaraan), bakal membentuk talenta istimewa.

foto:seriouswheels.com

“Dia bisa menguasai bidangnya tiga hingga empat kali lebih cepat ketimbang yang harus mempelajari dulu seluk-beluk komponen kendaraan,” tegas Mizan. Di Indonesia, tercatat 11 universitas atau akademi memiliki jurusan desain industri, termasuk otomotif. Empat di antaranya di Jakarta, yakni Universitas Paramadina, Universitas Trisakti, Universitas Indonesia Esa Unggul, dan Universitas Pelita Harapan.

foto:seriouswheels.com

Bagaimana jika ingin menimba ilmu di luar negeri? David Cole, direktur jurusan Desain Industri, Academy of College (AAC), San Fransisco, punya syarat lebih fleksibel. Modal paling penting untuk belajar desain adalah kreativitas dan hasrat kuat menjadi desainer. “Tak perlu kecakapan khusus,” ujarnya di situs AAC.

Di ASdan Eropa, sekolah yang mengajarkan desain otomotif jumlahnya berjibun. Maklum, pabrik modil dan rumah desain tak terbilang banyaknya. Tak heran lulusan sekolah tadi kerap menjadi incaran pabrik besar sekelas Ford Motor Company, General Motors, Audi, VW, maupun rumah desain terkemuka, semisal Gingko Design, Fitch, Frogdesign, Pentagram, maupun Astrodesign.

foto:seriouswheels.com

David Cole meringkas kurikulum AAC menjadi empat areal pengajaran: menggambar, membuat model, komputerisasi, serta teknik mendesain. Siswa diajarkan teknik menggambar dan membuat model dengan cara tradisional dan bantuan komputer.

“alat bantu desain di tiap pabrik kerap berbeda. Dengan mengajarkan berbagai alternatif cara mendesain, siswa siap menghadapi berbagai perbedaan,” sambung David.

foto:seriouswheels.com

Di kawasan Asia pasifik, sekolah seni dan desain Hongik University cukup populer, karena mendapat dukungan pabrikan mobil Korea Selatan. Tiap ajaran baru, sekolah-sekolah ini memamerkan hasil karya siswanya. Nah, jika ada desain yang membuat sumringah pabrik mobil besar, desainernya bisa langsung mendapat tawaran kerja.

foto:cardesignnews.com

Calon desainer kendaraan juga harus rajin mengamati perkembangan otomotif. David mengingatkan, mobil generasi mendatang bakal lebih smart, karena menggunakan bahan bakar hibrida atau hidrogen. Pemanfaatan ruangan juga lebih efisien, tapi di sisi lain makin banyak alat komunikasi dan entertainment berbasis komputer ditanam.

“Saya berani katakan, di masa depan, profesi ini akan sangat menantang,” promosi jebolan sekolah politeknik Coventry, Inggris ini.

foto:seriouswheels.com

foto:seriouswheels.com

56 Responses to Mengenal Desainer Produk Otomotif

  1. farchan dzulfahmi says:

    saya punya desain mobil yang sport atau pun yang city car,minat(alfarchan@gmail.com)

  2. afree says:

    saya punya semua desain yang anda minta,spt motor–mobil-dll–minat beli??
    hubungi saya aja.

  3. aranki says:

    saya siswa dari smk teratai putih gelobal 1 bekasi jurusan otomotif, saya sangat tertarik dngan dunia otomotif khususnya mobil, dan saya bercita cita ingin mnjadi desainer. saya ingin sekali memiliki ilmu mendesain mobil akan tetapi saya tidak bisa menlanjutkan, karena skolah/universitas desain bisa di katakan cukup mahal.
    jadi di rumah, saya mencoba otodidak, namun selalu mendapatkan masalah dalam menguraikannya kedalam bentuk sketsa/gambar desain saya.

    oleh karna itu saya ingin bertanya “adakah tips agar saya bisa menghindari masalah tersebut???”

    kontak : http://www.facebook.com/aranki.noflim
    Hp : 08989892528

    terima kasih :)

  4. Mizan Allan de Neve says:

    Produk Desainer masa mendatang arahnya ke Automation, minggu lalu saat penjuryan di Indonesian Lifestyle Automation Competition 2011, saya mendapat insight betapa pentingnya Automation untuk dunia Produk Desain. Juga dalam bidang automotive sudah banyak contoh-contohnya, mobil tanpa supir, traktor tanpa operator dll nya.

  5. yoetgenz says:

    slamat pagi,,,
    pa gimana proyek sena nya berlanjut
    by tukang tatto tea

  6. agung pwk says:

    saya siswa smk n 2 klaten program 4 tahun jurusan otomotif. saya ingin mlanjutkan sekolah desain motor/mobil. jd mohon infony tntang sekolah/universitas desain tersebut di indonesia.
    no Hp: 085229332118

    • kita berdua sama bro, masih bingung mau ngelanjutin sekolah disain seperti apa yang sesuai sama yang kita mau, saya juga bertekad menjadi disainer motor, sudah lumayan banyak gambar2 yang saya buat tentang motor. hehhe maaf curhat sedikit

  7. yudi says:

    saya pengin juga menjadi desainer kayak abang,

  8. pras says:

    boleh tu bang shaff, Kebetulan TA (s1) ankt 05 saya juga mengambil desain aplikasi kendaraan. kalo boleh tau saya bisa gabung ga nih?

  9. audi iswahyudiono says:

    Menarik banget artikel, buat orang kyk gw yang suka gambar mobil..jadi lebih pengen mendalami ilmunya,,kali aja bisa jadi car designer beneran..amiiinn..:D..tolong infoin ya..ke audi_iswahyudiono@yahoo.co.id ttg dimana dan berapa biaya untuk sekolah desain otomotif..thanks in advance..

  10. agung says:

    call me 0888 265 1134

  11. agung says:

    gimana sih caranya jadi desainer otomotif padahal aku punya bakat dan hasil karya desain motor dan mobil. barang kali ada yang tahu . komentari aku trims

  12. Pak Mizan mangkal disini juga ya ? apa kabarnya kang bule ? ha ha ha lama gak ketemu. Sakam aja buat dia bung shaft

  13. Bung Shaft saya mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang special vehicle, dlm struktur nya kami mempunyai departemen disain, saat ini kami membutuhkan orang disain dengan kemampuan sketching, mampu mengoperasikan 3D Max studio / sejenis dan mampu auto CAD.
    Kami tunggu kabarnya bila ada yang berminat. oh ya kapan kapan kita ketemuan kalo ada waktu, bung shaft bisa kirim no telp ke email diatas bila tdk keberatan.
    Salam

  14. dimas triwandono says:

    saya tertarik bgt dg desain mobil dan sudah hoby dari kecil, saya skra pengen menyalurkan bakat saya ini,tp ada tidak sekolah desain otomotif yg membthkan wktu tidak lama, karena saya sdah lulusan s1, mohon bantuannya bagi temen222

  15. sumano says:

    waw…salam kenal ya buat designer2 produk.

    hi nama g sumano..angkatan 2002 dari indonusa esa unggul.

    ga nyangka saya menemukan pemimpi2 desainer mobil. saya lagi cari lowongan kerja di bidang design mobil di jakarta..dan itu ribet bgt, sampe stress carinya..hehehe tapi ttp semangat mengejar cita2..mudah2an ada kesempatan untuk menjadi designer mobil di luar…semoga yang mulai putus bermimpi ikut bermimpi lagi. ga sabar pgen menaklukan dunia design mobil..

    guys kalo ada kenalan yang mau bangun industri mobil dari awal please contact me di: suma_indie@yahoo.com

    this is my portfolio : http://cardesignnews.com/site/designers/portfolios/display/store5/item107707

    boleh di lihat tp jgn di copy ato di aku2in ya..^^

    cheers

    Go Idonesian Transportation Designers

    • farchan dzulfahmi says:

      bang salam kenal,farchan ,bang udah dapet kerjaan jadi desainer belum ,semoga udah ,kalau udah gimana caranya sih?

  16. Soiny says:

    Artikel anda siip buat knowledge otomania.

    lam sukses

  17. vicky shaka says:

    gimana cara membuat grafik gambar dalam otomotif yang benar!!!!

  18. zhe says:

    Thanks atas infox…………………….

  19. Dharmaphala says:

    Gw juga bisa gambar mobil 3D di paint. Cuma ya gitu deh.. hobby mau disaurkan kemana yak? hehe btw gelar gw SE, en gambar mobil buat iseng2 doank. Skrg lagi mantepin 3 ds max nya. otodidak. Cari lowongan di luar negeri ada yg mau rekrut ga ya buat kita2 orang Indonesia? coz kek nya klo urusan desain mobil disini belum kepake deh.. krn kita ga punya brand dan manufaktur sendiri atas nama merah putih hehe

  20. adam says:

    bung shaft- memang jeli juga mencari artikel yang sedang inn saat ini
    khususnya urusan dengan desain komunikasi , kayanya bagus sekali kalau next time
    menulas masalah DKV (desain komunikasi visual ) dan prospeknya ! saat ini di negara KITa

  21. Budi.Palu says:

    Bang..tlng kasih info buku2x mengenai desain otomotif dan kalau dikomputer belajarnya pake program apa..utk desain otomotif..tks

  22. rizal rio says:

    salam kenal smuanya, wah artikel yg menarikk…^_^ sedari kecil saya hobi bgt sket motor & mobil,ya meskipun otodidak tp ada beberapa karya yg saya buat mulai dari untuk koleksi sendiri, ikut kompetisi desain motor/mobil, sampai desain yg di aplikasikan untuk modifikasi…tapi sampe skrang msih teteup bnyak belajar kok. saya berminat bgt kalo ada perusahaan / Team yg mengjak bergabung menjadi tim kreatif desain otomotif. untuk mempelajari teknik grafis lebih dalam saya kuliah desain grafis & DKV di Jogja, hobi dan hidup saya tak bisa lepas deh dari otomotif deh @_^ , saya tunggu info2 yg menarik2 laenya thankss..
    salam,
    rizal HP : 081 390 394 994

  23. aris says:

    Wah anak despro lagi nich , salam kenal ya mas! aku juga jebolan despro ,aku dulu despro undip !situsnya keren & bagus,jangan lupa kunjungi blogku juga yach!

  24. Saftari says:

    DESPRO UNDIP Says:
    hiks..hiks… keren banget!!!
    makasih kang Saft. emang dulu kang Saft jg jebolan DESPRO Y???

    Jawab:
    Iya mas.. aku lulusan Desain Produk Stisi Bandung.

  25. DESPRO UNDIP says:

    hiks..hiks… keren banget!!!

    makasih kang Saft. emang dulu kang Saft jg jebolan DESPRO Y???

  26. pian candra says:

    bagus

  27. AGUNG says:

    Hai semuanyaq tolong beritahu ke email saya klo ada lowongan kerja untuk desain indonesia.khususnya di indonesi khususnya dinegeri kita. tahu ga program apa untukl mendisain bentuk mobil,saya lagi butuh.kirim ya ke email saya

  28. ndel.. says:

    wah mantab…bagi2 info teknis, ilmu, portofolio, dan lowongan pekerjaan dengan sekala internasional bakal ngebantu buanget..nuhun

  29. anti nyotek says:

    boz.. segera informasiin donk mengenai intitut/ tempat khursus desain otomotif…

  30. juan says:

    keren bos mmmm………………………………. ………………..apikkkkk

  31. leo says:

    tolong dong!.. infonya untuk aqu, tentang kursus otomotif mobil yang berkualitas, biar aqu daftar kursus otomotif dgn alasan saya tertarik otomotif, apalagi aqu minat desain otomotif mobil..
    Kumohon bantu’la aq, gw tuna rungu(tuli)
    my self no hp: 08562212921.
    email-ku: leo_vip2@yahoo.com

  32. hendraparley says:

    mh………….

  33. bangdoel says:

    Mo comment juga ah!! Disainer Yang ngetop di indonesia siapa ya? biar bisa belajar jadi disainer baik mobil/motor :)

  34. maulana says:

    cuma mo comment gambar mobil kurang details
    bagaimana dengan rancangannya mobil itu sendiri

  35. Syafoel Sitoemeang, STh says:

    Setuju do ahu lae, alana bagak hian do hubereng, desain ni otomotif saft7 i, alai dang adong dope hallettu, adong do nian alai roado desainnya, dari Syafoel Sitoemeang, STh. thank, terimakasih, mauliate banyak.

  36. Urayama san says:

    Minna san konichiwa, watachi wa indonesia jin desu, watchi wa desain otomotif saft7 no suki desu, desain wa kirei desu, toho doi tung mansai denggan do desain ni otomotif i, alai beha ma baenon ate, hita on napogos do holan angan-angan namai di hami, karena saya nggak punya apa-apa, memang bagus banget desainnya, nakara okane nai desu ne, alana ni ima hanya hayalan saja, maulitema saya ucapkan, domo arigato gozaimasu, terimakasih banyak, dari St Gr Urayama San, AMd, SPd, MPd, PhD, ahu guru SMK-1 Seminarium, thank.

  37. David Tinambunan says:

    Saya sangat setuju desain otomitif, saya seorang Professor, Doktor, Insinyur, Magister Enginering, Magister Teknik, lulusan indonesia, tapi itulah mutu kita di indonesia, gelar banyak, tapi dana tidak mendukung
    sdm rendah, gimana ya caranya.

  38. sinaga says:

    kalau menurut saya,itu mobil memang cocok tapi hanya untuk kalangan berduit aja.soalnya desainya hanya untuk dua org aja.berapa orang sih orang indonesia yang kaya?belum lagi dari segi kenyamananya.mungkin di desain hanya untuk orang yang betul-betul sehat,atau mungkin untuk mempercepat nyawa menghilang.mobilnya nantikan jadi mobil sport otomatis punya kecepatan selangit.kalau punya cadangan nyawasih boleh juga itu mobil untuk ngebut ha.ha.ha. hati-hati deh bila punya mobil yang begituan.

  39. nababan urayama says:

    watachi wa suki desu desain otomotif, sore kara okane nai desu
    arigato ne.

  40. nababan says:

    Gimana ya….orang Indonesia….sangat jauh ketinggalan….
    saya sangat setuju dan senang desain otomotif yang ditampilkan….
    thank….arigato…terimakasih….mauliate.

  41. simon says:

    yg anehnya , mas…di jerman sini, universitas yg bnar2 menawarkan jurusan desain otomotif, sampe bbrp tahun yg lalu cuman 1 di Pforzheim, dkt Stuttgart(kebtulan saya bljr di yg 1 ini),..jumlahnya skrg ada 3 (setau saya)..1-nya ada di dkt HQ-nya VW, dan yg lainnya ada di dkt HQ-nya BMW.

  42. Alexius says:

    Saya Setuju dengan apa yang ditampilkan, sesuai dengan apa yang diberikan informasi kepada pengguna dan pengemar otomotif serta adanya kekurangan dalam pemberian informasi tentang kapasitas atau dengan kata lain penjelasan mengenai struktur dari otomotif tersebut misal mengenai hal kecepatan dan lainnya

  43. byu'onyet says:

    hola nih abang2 yang brada di balik koputer… saya mahasiwa d.p (desain produk) nh, trus mau nanya nih semester ini kan ada k.p (kerja praktek)… kira2 saya bisa ga k.p dibidang prusahaan2 otomotif. di indonesia dimana ya mas? mas tau g? tapi jgn prusahan yang gede… sedeng2 aja….

  44. chandra INTECH says:

    gw kuliah di jurusan desain, tapi ngambil DKV/desain grafis…,tmn2 kampus bnyk jg yang jago gambar otomotif/mobil ky gmbr2 diatas (yang kuliah di DP/Desain Produk). Klo disana kan bisa ktampung oleh perusahaan2 merk mobil dunia, nah klo di indonesia kan masih bingung????? masa sekolah tinggi2 cuma jd desainer perancang BAJAJ dimasa mendatang. gitu looh mksdnya!,jadi kapan dong indonesia bikin perusahaan mobil ternama…,tanyain mas…

  45. M. Akbar. A.A says:

    Gimana nih desainer otomotif Indonesia, apa ada yang dipakai ya? Padahal buatan anak negeri ini nggak kalah lho dengan orang luar. Harapan saya semoga pabrikan otomotif yang ada di Indonesia bisa memberikan kesempatan para desainer untuk bisa mengembangkan kretifitasnya. Untuk saft 7, saya minta info tentang hasil rancangan desainer otomotif di Indonesia.Sebelumnya, Saya ucapkan terima kasih banyak untuk saft 7.

  46. Tyo Ananda says:

    saya harap saft7.com dapat lebih maksimal dalam memberikan informasi dan data – data mengenai dunia otomotif.terima kasih karena saya banyak belajar dari anda.

  47. dedi marjani says:

    saya sangat senang dengan saft 7 karena telah menampilkan tips dunia otomotif yang sangat berguna bagi pembacanya. salam kenal juga buat saft 7 dari dedi. tingkatkan kualitas dan profesionalitas ya….

  48. AFA says:

    Tolong juga dong infonya tentang lembaga kursus desain otomotif yang berkualitas di Indonesia, di samping itu juga tentang kursus engineringnya, thanx

  49. coen says:

    bikin mobil contactless pakai prinsip Maglev,… kebayang dech sampah2 tutup botol & Paku2 ranjau jalan pada nempel di kolong mobil.. hehehehehe

    Om Yuri: klo pake propeler gitu, butuh angin yg gede… kasian yg abis nyisir rambut ke salon.. hehehehe piss om…

  50. Yuri says:

    Saya dulu waktu naik gunung cape banget hampir ga kuat gerak kaki padahal seneng banget ama pemandangan and lingkungannya, Kepikiran mobil-pesawat udah bisa diproduksi murah : kira2 bisa terbang 3 meter mengikuti kontur tanah, bisa landing seperti heli tapi jalan dengan jet (mirip punya boeing propeller itu lho :D), bentuk seperti jetsky, trus irit bbm,.. wow bakal sering jalan2 ke bukit ya ya ya…. :)

  51. siwo says:

    Boleh juga artikelnya Bung Saft….. mungkin lain kali ditampilin juga para desainer motor gitu.. and dimana mereka sekolah.

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com