Sudah dibaca sebanyak 2643 kali

Menggunakan Flash untuk membantu pencahayaan saat memotret sering memanfaatkan teknik-teknik khusus supaya cahaya tidak terlalu kuat yang mengakibatkan foto terekam terlalu terang (Over Exposure), maupun bayangan yang dihasilkan terlalu tegas.

Dengan menggunakan Flash external, arah cahaya bisa diatur dan dipasangkan berbagai asesoris tambahan yang umumnya berupa pemantul (Bounce) ataupun pembaur sinar (diffuser).
Nah, bagaimana jika kita tidak memiliki Flash External? Dengan kata lain dapatkah kita membuat agar sinar tidak terlalu kuat dan bayangan terlihat tidak tajam?

Terinspirasi dari website How to make your own origami bounce reflector dan website Free Lens Hoods, membuat ide untuk membuat sendiri Diffuser yang dapat digunakan pada Built-in Flash (lampu flash yang ada pada camera itu sendiri).

Riset kecil..
Mencoba-coba mencari cara untuk membuat “Juring lipatan”, hingga lebih dari 6 kali gambar ulang, pasang, kurang pas, hingga akhirnya saya bisa sharing untuk rekan-rekan juga bisa pakai dalam bentuk format PDF, sehingga rekan-rekan bisa langsung Print/cetak pada kertas ukuran A4. Silahkan download Juring-Lipatannya disini.
Mari kita rakit…

Setelah di print, siapkan Cutter atau Gunting, Penggaris dan Lem.

Ikuti petunjuk lipatan, baik itu lipat ke arah dalam, maupun lipatan ke arah luar..

Bagian yang akan di lem, dahulukan bagian yang kecil.

Sesuaikan sambungan akhir dengan kondisi konstruksi Built-in Flash pada kamera dalam kondisi Flash terbuka, baru kemudian kertas tersebut direkatkan dengan lem. Sebab tips ini dibuat untuk berbagai macam jenis kamera apapun mereknya, khususnya Prosumer maupun SLR kamera.

Nah, setelah selesai hasilnya seperti ini..

Kita coba pasang pada kamera, pastikan Built-in Flash dalam kondisi tertutup… kemudian, aktifkan Built-in Flash, biasanya ada tombol untuk mengaktifkannya pada body kamera.

Nah.. siap deh motret…

Yuuk kita coba..

Foto berikut memperlihatkan bayangan yang dihasilkan saat memotret dengan Built-in Flash sangat keras / tajam, hasil seperti ini kurang baik.

Dengan menggunakan Built-in Flash Diffuser, bayangan menjadi lembut dan nyaman untuk dilihat.

Kita coba lagi dengan benda lain.. terlihat tanpa diffuser, bayangan sangat keras / tajam..

Dengan diffuser, hasilnya menjadi lebih lembut.

Jika sudah selesai digunakan.. tentunya tinggal melipat tipis saja.. Praktis khan?…

Semoga bermanfaat…

Sumber inspirasi:
How to make your own origami bounce reflector
Free Lens Hoods