.

 

Bersemut & Kecoa

semut-00

Tidak hanya di rumah, di mobil atau motor pun bisa menjadi ‘tempat tinggal’ semut dan kecoa. Terlebih apabila kendaraan tersebut sering diparkir di dekat pohon atau di dekat selokan. Hal ini memungkinkan serangga-serangga tersebut berkunjung dan bersarang di kendaraan kita.
Bagaimana membasminya?.

Sebaiknya tidak menggunakan obat nyamuk untuk membasmi semut dan kecoa di mobil. Kandungan zat aktif Transflutrin bisa berbahaya bagi kesehatan, apalagi mobil digunakan dengan AC dan jendela tertutup dalam waktu yang cukup lama di jalan. Beberapa kasus yang terjadi adalah batuk-batuk dan sesak nafas bagi yang sensitif atau alergi.

[ www.saft7.com - Automotive Tips and Sharing ]

KAPUR AJAIB

Kita bisa menemukan Kapur Ajaib di supermarket. Yaitu kapur untuk mematikan semut dan kecoa. Biasanya pemakaian kapur ini dengan cara ditorehkan pada jalur semut / kecoa melintas. Saat semut atau kecoa menginjak atau menyentuh butiran halus kapur tersebut, dalam beberapa saat semut/kecoa akan mengalami kejang-kejang dan mati.

[ www.saft7.com - Automotive Tips and Sharing ]

Selain Kapur Ajaib, ada produk lain yang biasa digunakan oleh pecinta tanaman hias untuk membunuh Semut dan Kecoa berupa butiran2 kecil yang cukup ditaburkan di area yang sering dilalui semut / kecoa. Semut akan mengambil butiran itu dan membawanya ke sarangnya, dimakan bersama semut lain dan semut ratu di dalam sarang. Dalam 2-3 hari seluruh semut yang memakan butiran ini akan mati, begitu juga dengan kecoa.

MEMBASMI SEMUT & KECOA

Butiran tersebut dapat digunakan untuk membasmi semut dan kecoa di mobil, dengan menaburkannya di area yang sering dilalui semut/kecoa atau ditaburkan di seluruh karpet mobil secara merata.

Jika menggunakan Kapur Ajaib, caranya adalah, dengan menghancurkan terlebih dahulu kapur tersebut dengan palu/martil hingga menjadi bubuk halus.

Taburkan menyebar di karpet mobil atau di area yang sering dilalui semut dan kecoa.

[ www.saft7.com - Automotive Tips and Sharing ]

Bubuk Kapur Ajaib maupun produk di atas, tidak akan terhirup oleh kita, karena akan menempel di karpet.

Biarkan hingga 3-4 hari.. (mungkin akan terlihat seperti kotor, tapi kita punya misi untuk membersihkan mobil kita dari serangga-serangga hingga tuntas).

Dalam 2-3 hari sudah bisa dilihat hasilnya… mungkin di saat kita tidur, mobil tidak digunakan, serangga-serangga itu berlalu-lalang di dalam mobil kita… saat itulah mereka akan menginjak / menyentuh bubuk kapur ajaib tersebut.

Hasilnya kita akan menemukan serangga-serangga yang mati.


(foto di atas ini adalah rekayasa, kebetulan mobil saya sudah bersih dari hama kecoa)

Setelah dirasa sudah tuntas, kita bisa membersihkan mobil kita dengan Vacuum Cleaner atau mencuci karpet mobil hingga butiran-butiran atau bubuk kapur tidak ada lagi dan mobil kembali bersih.

Semoga bermanfaat.

[ www.saft7.com - Automotive Tips and Sharing ]

41 Responses to Bersemut & Kecoa

  1. veron says:

    Thx bgt info nya gan. Uda ke salon mobil tp tetep aja nongol tuh kecoa , Ane da coba pake cara yg murah kapur ajaib hasilnya kecoa pada modarr semua. Uda seminggu gak ada kecoa mondar mandir di dasbor n karpet mobil ane. Sngt rekomen pake kapur ajaib gmpg di beli n pastinya murmer..

  2. gonojogja says:

    kang.. kalo umpan yg bentuk butiran utk semut bisa disebutkan apa mereknya.

  3. yanto says:

    gimana tips menghindar serangan tikus jahat yg nyelonong masuk ketika mobil lg bobok d garasi?

  4. gandy says:

    coba ah.. udah masuk ke salon segala masiiih aja ada semut kecil nakal…

    thx infonya gan

  5. Riefky says:

    ( Pembasmi Kecoa, racun kecoa, obat kecoa, umpan kecoa ) Metode Umpan KECOA

    Riefky
    HP. 0812 80 2324 83

    …30gr – Rp.105.000,-
    500gr – Rp.1.000.000,-

    adalah Anti Kecoa berbentuk gel
    berwarna hijau dengan menggunakan bahan aktif Boric Acide 0, 01 % yang
    diformulasikan secara khusus, memiliki masa aktif 25 hari setelah
    diaplikasikan, sangat efektif untuk membasmi semua jenis kecoa yang ada
    di Indonesia yang memiliki dua iklim.

    Dengan berbekal teknologi IGR ( Insect Growt Regulator ) dan MIB (
    Methabolic Inhibitor Bait ) , menjadikan pengendalian kecoa sangat
    efektif sampai tingkat 99 % , dengan cara merusak sistem methabolisme
    dan pencernaan serta menghambat perkembangan kecoa.

    Kecoa yang memakan
    gel akan mengalami kerusakan sistem mathabolisme sehingga tidak mampu
    mencerna zat makanan dalam tubuhnya, mengakibatkan kecoa selalu membuang
    kotoran terus menerus dan pada akhirnya mati lemas.

    Sebelum mati biasanya induk kecoa selalu membawa makanan ( gel ) dan
    ditempatkan disekitar telur kecoa sebagai persediaan makanan disaat
    telur kecoa menetas, dan pada akhirnya anak kecoa yang baru menetas akan
    mati karena memakan gel yang ada disekitarnya, dan dengan memanfaatkan
    sifat kanibalisme pada kecoa, gel ini juga dapat memberikan Efek Domino
    yakni kematian beruntun, kecoa yang mati bagian tubuhnya akan dimakan
    oleh kecoa yang lain sehingga menyebabkan kematian karena terkontaminasi
    racun yang terkandung dalam bangkai kecoa yang dimakan, dan begitu
    seterusnya.

    Metode Baiting

    1. Menggunakan umpan khusus kecoa

    2. Tidak beracun, bahan MIB Sodium Boric, relatif tidak beracun bagi manusia.

    3. Mematikan seluruh jenis kecoa dan kecoa mati disarangnya.

    4. Umpan bekerja 24 jam dan umpan mampu bertahan selama 25 hari.

    5. Aplikasi dapat dilakukan kapan saja, praktis dan efisien.

    6. Aman bagi kesehatan, tanpa ada kontaminasi pestisida.

    7. Bebas dari bau dan percikkan aplikasi insektisida.

  6. Agustia Ramdan says:

    Kang Shaft, thanks infonya, minggu kemarin sudah saya coba pakai kapur ajaib, dapat beli di Indomaret , tokcer bin ampuh hasilnya.

  7. rozi says:

    kebetulan nih, ditinggal 2 bln mobil jd sarang semut
    thank infonya

  8. iwan "onez" says:

    Kang Shaft…Thanks berat, ingponya ..
    Sy pasti coba, biar pada kabur tuh si semut-semut nakal…
    Gara2 nginep 4 hari di Bandara Soeta, mobil jd bnyk semut…

  9. tengkiu banget. kebetulan di mobilku tiba2 ada semut2 masuk. nggak tahu masuknya lewat mana. memang, dimana ada gula ada semut. dimana yg punya manis, pasti ada semut. he..he…

  10. Feji says:

    Wah. ternyata banyak banget yang ngalamin hal sama ya.. Semut modern, emang suka ngendon di mobil.. Tapi apapun cara membunuhnya, sebenernya ngga ada yang 100% aman, karena kapurpun mengandung racun. Hati-hati!

  11. wewed says:

    PAke regant…lumayan tugh… semut di sekitar rumah langsung abis.. Caranya cuman dioleskan ke lauk (mis. Teri) trus semut akan bawa ke sarangnya… temen2 dan ratunya ikut makan…matilah semua… cukup sehari udah bersih

  12. naftaliyanto says:

    teori penggunaan kapur ajaibnya masih pada kurang akurat tuh (terutama buat kecoa)….he…he…
    soalnya setelah aku pelajari selama tiga hari di lab miniku ada cara yg lebih akurat dalam pemakaiannya. 2 batang aku bisa jadikan ramuan pembunuh masal kecoa. untuk pencipta kapur ajaibnya aku salut…….buanget sip…..mar gissssipppp….buat konsumen yg lain yg pada belum pake dianjurkan!!!!!!

  13. r'dee says:

    mobil ’96 saya diserbu semut-semut kecil, bermarkas di wadah kanebo & di sela-sela karet pintu & bagasi.
    setelah saya amati, semut-semut itu ternyata betah bersarang di tempat yg berkarat & mudah digerogoti.
    dah pake kapur ajaib pun, selalu ada lagi. mungkin karat” di mobilku harus dihilangkan dulu sekaligus ganti karet” bodi.

  14. ohk says:

    Untuk yang mobilnya “bertikus” tinggal ganti kapur ajaibnya dengan racun tikus yg dalam bentuk padat (bisa dibeli di supermarket).
    Kalo ngga mempan … ya taruh kucing aja…

  15. ambri says:

    pak minta saran nya kalau mobil nya di ganggu tikus.

    kadang kalau pagi2x itu di kap mobil saya menemukan kotoran tikus, jagung, cangkir aqua, tulang.

    tiap hari beda penemuan :))

    sudah di akali dengan menaburkan kapur barus yg di gerus ke dalam kap mobil depan, dan di bawah nya juga.

    tapi tetap saja pak, mungkin bapak ada info cara mengatasi nya.

    terima kasih

    ambri

  16. Wing says:

    Utk kemut lebih baik jangan dipake oom. Kasian semut2nya. SOalnya mereka predator utk rayap sebenernya.
    Sebenernya kalo gak ada sisa2 makanan yg kececeran karena kejorokan empunya mobil, gak akan ada semut/kecoa kok.
    So, jangan dimulai dgn pembasmian, tapi mulailah dgn berlaku bersih, karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

    *halah…

  17. anton says:

    article yg bagus

  18. Wongndeso says:

    sipppp … dah

  19. mat99 says:

    2 jempol untuk om Saft.
    Gara2 sering parkir di lapangan rumput, mobil ane jadi sarang semut. Sudah dicoba dicuci, semut tetap nggak hilang. Setiap pagi pasti ada yang jalan2 di eksterior.
    Kebetulan baca artikel om Saft. Ane taburin bubuk kapur ajaib di titik2 yang sering dilewati semutnya, didiemin semaleman. Kalo pagi pas mau dipake dikemocengin dulu. Begitu seterusnya sampai 4 hari. Hari ke 4, sdh nggak nemu 1 ekor pun! Bravo om saft. Thanks infonya.

  20. soel says:

    Om, maaf agak OOT ..
    saya malah tertarik vacum cleanernya, belinya dimana om? dan harganya berapa?

  21. Faried Dwijayanto Ashar says:

    tuh kasus persis kaya’ e30 saya. saya punya tips bagi yang g hobi bunuh membunuh.
    Ambil piring kecil dan tuangin sesuatu yang cair dan manis secukupnya, lalu taru diatas tempat bisa semut lalui, biarkan beberapa saat dan parkir mobil di tempat yang teduh. abis itu tinggal panen semut yang lagi minum berjamaah. kan membasmi g harus membunuh. ok

  22. mo_cab says:

    senasib ama trajet and timor ane.
    dulu di timor bener2 jadi sarang kecoa, tiap buka karpet ada aja yng melintas2. waktu itu emang pake baigon, hajar bbrp hari didiamkan sampe pagi. Besoknya sudah ada yang terlentang…sampe saat ini masih ada yg ngendon di bagasi, rada frustasi juga sih..kucoba pakai kapur ajaib lah…

    sekarang tinggal semutnya. Solusi kapur ajaib akan ku coba.

    Mengenai trajet, sewaktu karpet saya bongkar, di sela2 pengunci jok ke lantai mobil ternyata jadi sarang telur kecoak!!!. Akhirny solusi baygon saya gunakan. skrg blm keliatan lagi ada kecoak. Mungkin akan kutaburi kapur ajaib juga. tx infonya bos

  23. khris says:

    Wah edun nih tipsnya…makasih yah mr Saft…

  24. ssaptono says:

    Kalau ngusir anak kucing yang sering “Nyumput” bawah Kap Mesin gimana caranya tuh, Om Saft? Karena dia demen sama yang hangat2….

  25. saft says:

    Pringgo says:
    Manteb banget tuh artikelnya..
    weh.. itu Kecoa yang mati gara2 kapur ajaib kembar 3 yah?

    Jawab:
    Ampun om Pringgo,..
    Foto tersebut adalah murni REKAYASA, karena saya ga berhasil menemukan lagi kecoa di mobil saya, sudah bebas hama dari tahun kemaren.. hehe.

  26. Pringgo says:

    Manteb banget tuh artikelnya..

    weh.. itu Kecoa yang mati gara2 kapur ajaib kembar 3 yah?

  27. amrih says:

    Kapur ini bisa digunakan jg untuk ngusir rayap yg sdh imun sama obat anti rayap gak om…

  28. Anto says:

    Wah, Safitri hebat… Ide cemerlang dan brilian.
    Kirain kapur cman buat nulis aja di papan tulis. Ternyata buat ngusir semut juga. Itu bidikan butiran kapur yang telah di hancurkan pake lensa apaan bro. Bagus hasilnya jernih banget.

  29. hanif says:

    wah pas banget nih, kemarin entah dari mana bermunculan semut2 dari samping kanan jok belakang.

    thanks om saft.

  30. Uweng says:

    Nice info Om, pengalaman saya coba pake “umpan”, kantong plastik bagian dalam dilumeri sedikit kecap, letakkan diarea yg sering dilalui, lbh bagus letakkan malam, paginya pasti panen semut.

  31. endro says:

    good idea …. saya akan coba tips-nya.

  32. Chun says:

    Om Saft,

    Pengalaman saya malah ada Tikus yang seneng banget camping di ruang mesin.

    Kalo ada tips untuk ini boleh di share juga nih..

  33. Rio says:

    Thanx infonya oom.
    Selama ini saya semprot aja pake b****n saking frustasinya ngeliat kecoa muncul mulu di kabin.

  34. yhoenx says:

    makasi sharingnya kang
    sangat berguna nich ….

  35. hdoq says:

    Um Saft,
    Kalo kasusnya banyak tikus atau ulet bulu gimana um?

  36. Kun says:

    Om Shaft..

    Saya sering beli HIT anti Kecoak/nyamuk… ni sangat ampuh & nggak perlu di vacumm cleaner bekasnya krn ada di dalam wadah dan lebih aman ke anak kecil daripada pakai Kapur semut ( ada beberapa orng yg alergi debu)..

    harganya kisaran 5rban… :) sebesar Bungkus Korek api…:)

  37. Ferdian says:

    Great article!!!
    Very useful..i got the same problem in my car..but i think i should try this out..Thanks Saft for your tips!!!

  38. Thx pencerahannya um Saft, ntar ane coba di karimun tante kingkong…malu banget pas ngajak keponakan ane, doi teriak ada anak kecoa di karpet mobil
    :-)
    salam

  39. Ochiet says:

    pas nih, daku juga pake kapur ajaib, buat di rumah ama di mobil,..kecoa dan semut mati,….solusi aman dan murah,…….

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com