Sudah dibaca sebanyak 11064 kali

Saya senang untuk mempelajari sesuatu yang baru, apalagi untuk suatu barang yang saya miliki. Wah habis deh dioprek karena rasa ingin tau.
Buku manual pasti habis dibaca sebelum mengoperasikan barang tersebut, sehingga ketika akan menggunakannya saya paling tidak sudah tau apa saja kelebihan atau feature yang ada dan bagaimana menggunakannya dengan optimal.

Untuk hal otomotif juga begitu. Saya berusaha mencari melalui teman atau internet untuk mendownload buku-buku manual dari mobil yang saya pakai.
Puas rasanya bisa mengetahui seluk beluk mesin maupun elektrikal mobil tersebut.
Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah ketika mobil tersebut mengalami masalah… saya segera mencari solusi melalui buku-buku tersebut.

Untuk mobil mitsubishi eterna, buku-bukunya lumayan lengkap. Wah seru banget ketika mau memperbaiki kabel yang terbakar. Tidak perlu menebak-nebak atau ‘mengurut’ kabel dari ujung ke ujung yang menghabiskan waktu.
Jika pekerjaan itu dirasa berat, seperti harus membongkar mesin, maka saya cukup memprint-out buku tersebut kemudian saya jelaskan ke montir untuk minta diperbaiki sesuai prosedur pabrik di buku tersebut.

Gak bisa dipungkiri, kalau banyak sekali montir yang tidak mengikuti prosedur, bahkan cenderung otodidak. Padahal teknologi setiap mobil dan model akan berbeda, dan beberapa prosedur memerlukan special tools tertentu. dan seterusnya.

Saya contohkan CD Panduan BMW.

ETK atau sering disebut EPC (Electronic Parts Catalog).

ETK ini adalah daftar parts berikut gambar dan posisi pemasangan dalam bentuk CD. Di setiap bengkel resmi BMW wajib memiliki CD ini.
Pada saat montir menyatakan ada kerusakan di parts tertentu, maka Service Advisor akan membuka ETK untuk menjelaskan kepada pelanggan tentang parts mana saja yang perlu diganti berikut biayanya.

Selain itu, ETK bisa digunakan sebagai referensi sebelum mengganti parts yang rusak. Bahkan kita bisa tahu nomor parts tersebut.

CD BMW Technical Information System.

CD ini berisi referensi teknis tentang permasalahan dan solusinya untuk semua model dan tahun keluaran BMW.

Melalui CD ini kita bisa mencari solusi atas permasalahan yang kita temukan pada mobil kita, misalnya masalah AC tidak dingin, Kunci pintu yang bermasalah dan sebagainya.

Bisa juga melalui CD ini kita mencari masalah apa saja yang ditemukan oleh BMW untuk ditindaklanjuti oleh para bengkel resmi di seluruh dunia, yang sering disebut RECALL. Mungkin saja mobil kita ternyata masuk dalam daftar Recall BMW atas suatu parts yang bermasalah.

CD BMW EBA
EBA adalah CD BMW Parts and Accessories Installation Instructions, yaitu CD yang berisi Panduan Instalasi Asesoris pada berbagai model BMW.

Salah satu contoh adalah misalnya untuk pemasangan CD Changer pada BMW X5. Di CD ini dijelaskan dengan rinci langkah-langkah yang perlu diperhatikan hingga peringatan-peringatan agar system lainnya tidak terganggu akibat pemasangan asesoris tersebut.

Nah.. contoh diatas adalah untuk merek BMW.

Yang patut dipuji juga adalah ketika saya melihat CD Panduan (Workshop Manual) milik Honda Jazz/Fit.
Dikemas dalam format yang baik dan informatif.

Begitu juga untuk CD Panduan sepeda Motor Honda, sangat baik dan detail.

Semua yang disampaikan diatas tentunya adalah konsumsi bengkel resmi dari tiap merek tersebut.
Bagusnya, KTB (Kramayudha Tiga Berlian) memperbolehkan buku-buku tersebut dibeli oleh masyarakat. Hal ini sangat baik, sehingga akan semakin banyak bengkel yang cakap memperbaiki mesin tersebut dengan prosedur yang benar.

Dengan memiliki CD dan Buku-buku tersebut,.. bener deh… saya jadi ‘PeDe’ untuk ngoprek ini itu di mobil saya…

Duh sialnya pabrikan motor yang saya miliki tidak memperbolehkan saya memperoleh buku panduan.

Note:
Informasi CD/Buku Berbagai Merek Mobil bisa akses website ini
Informasi CD khusus BMW bisa sms ke 0838.8062.161