Sudah dibaca sebanyak 5222 kali

arduino

Arduino adalah papan rangkaian elektronik (electronic board) open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler.
Mikrokontroler itu sendiri adalah suatu chip atau IC (integrated circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Program yang direkam bertujuan agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan. Outputnya itu bisa berupa sinyal, besaran tegangan, lampu, suara, getaran, gerakan, dan sebagainya.

Sebenarnya mikrokontroler banyak sekali ada di sekeliling kita. Misalnya di dalam unit handphone, MP3 player, DVD, televisi, AC, hingga di sistem kelistrikan mobil dan motor. Mikrokontroler juga banyak digunakan untuk mengatur robot, dari robot mainan hingga robot yang ada di pabrik-pabrik/industri.
Banyak sekali yang bisa dibuat dengan Arduino sebagai ‘otak’nya.. jika Anda membuka Youtube.com dan cari “ARDUINO” maka Anda akan melihat betapa banyaknya kreasi yang dapat dibuat dengan Arduino. Bahkan pabrik-pabrik kini mulai menggunakan arduino untuk mengatur kerja robot-robotnya.

Arduino diproduksi dalam berbagai model, dari yang sederhana hingga yang kompleks, bisa dilihat di http://store.arduino.cc/

Referensi untuk arduino yang sangat komplit bisa dilihat di websitenya http://arduino.cc/en/

 

Saya menggunakan board ARDUINO UNO. Main board ini tergolong murah, harga Arduino Uno di Indonesia sekitar 350ribu rupiah bisa dibeli di toko-toko hobby di bawah artikel ini.

Board ARDUINO UNO mempunyai 6 input Analog, 14 Digital I/O, 6 PWM Output, dengan menggunakan baterai/power supply 6 – 20 volt. (disarankan antara 7-12 volt saja).

 

 

Ingin tau lebih lanjut, silahkan simak Video sejarah Arduino ini (28 menit)

[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=KFebpnAu8B0[/youtube]

 

Referensi pelengkap:

 

Toko Robotik yang menjual ARDUINO dan Asesorisnya: