.

 

Anti Maling untuk Avanza / Xenia

ax00

Setiap tahunnya angka kasus pencurian kendaraan bermotor terus meningkat. Menurut data Polda Metro, kasus pencurian kendaraan bermotor di tahun 2008 (Januari-Mei) adalah sebesar 4.771 kasus, sementara tahun 2007 sebesar 11.620 kasus, dan di tahun 2006 adalah 10.791 kasus. Dan bulan Mei menduduki angka tertinggi dalam tahun 2008 (setiap bulan terus meningkat), yaitu sebesar 1.081 kasus.

Setiap pemilik kendaraan mengantisipasi dengan melindungi kendaraannya dengan asuransi kendaraan dan memasang sistem keamanan (alarm). Namun tidak jaminan permasalahan beres dengan mudah sekalipun dilindungi asuransi. Umumnya apabila terjadi kasus kehilangan kendaraan, proses administrasi sangat bertele-tele dan memakan waktu lama.

Sistem keamanan mobil (alarm) menjadi perangkat tambahan saat membeli mobil, khususnya untuk Avanza dan Xenia. Sayang sekali banyak teman-teman saya mengalami kecurian mobil walau sudah dilengkapi alarm. Alarm standar (di dapat dari ATPM) seperti tidak dapat membendung tindak kriminal pencurian tersebut. Maling masih dapat membungkam alarm tersebut, sehingga dengan leluasa mengakali si kunci kontak mobil agar mesin dapat dinyalakan, dan mobil di bawa kabur.

Selain alarm, banyak juga pemilik mobil yang menggunakan kunci stir

Namun banyak juga maling yang bisa melumpuhkan kunci stir tersebut…

Alarm mobil ada yang dilengkapi dengan perangkat anti pembajakan (anti-hijack) dan anti starter (immobilizer).

Anti-Hijack System

Anti-Hijack adalah alat yang dipasang pada sistem alarm, yang membuat mesin mobil dapat mati sendiri beberapa saat setelah kita mengaktifkan tombol anti-hijack. Ada juga yang fungsi ini akan aktif sendiri setiap kali kita mematikan mesin mobil, dimana saat menyalakan kembali mesin mobil, perlu memasukkan kode khusus ke satu atau lebih tombol kode yang disediakan oleh sistem alarm tersebut agar fungsi ini tidak aktif. Jadi saat mobil kita dirampas di jalan, kita cukup matikan mesin, saat perampas tersebut menyalakan mesin dan membawa kabur mobil, dalam jarak beberapa ratus meter, mesin mobil akan mati sendiri dan alarm akan berbunyi untuk membuat mereka panik, sementara kita bisa mencari bantuan untuk mengejar/menangkap perampas tersebut.

Immobilizer

Immobilizer adalah sistem yang dipasang pada sistem alarm atau langsung pada kendaraan tersebut yang membuat mesin mobil tidak dapat dinyalakan sebelum fungsi immobilizer dimatikan. Banyak mobil yang sudah dilengkapi fungsi immobilizer, umumnya bekerja langsung terhubung ke sistem komputer mobil (ECU). Seperti pada mobil BMW, Mercedes, dan lain-lain yang pada kunci kontaknya sudah dilengkapi Chip khusus sebagai bagian dari sistem immobilizer tersebut, jadi kemungkinan kunci dipalsukan sangat kecil.
Ada juga immobilizer yang disertakan dalam sistem Alarm, dimana kita harus memasukkan kunci/kartu khusus atau kode tertentu untuk mematikan fungsi immobilizer tersebut.


BIKIN SENDIRI IMMOBILIZER UNTUK AVANZA/XENIA


Setelah mempelajari wiring diagram dari mobil Avanza/Xenia, saya melihat mobil tersebut dapat dipasangkan Immobilizer bikinan sendiri. Dengan hanya bermodal saklar yang berkualitas baik (tahan minimal 10Ampere) dan kabel (diameter 3mm).

Cara Kerja:
Immobilizer ini bekerja dengan cara memutuskan listrik yang menuju Fuel Pump (pompa bensin). Sehingga mesin tidak bisa menyala karena tidak ada bensin yang tersalur ke mesin.
Karena mesin dapat di starter, seolah mobil tersebut tidak dilengkapi fungsi immobilizer dan terkesan normal-normal saja, namun hingga accu habis pun, mesin tidak akan bisa menyala.
Immobilizer ini di aktifkan atau dimatikan dengan menggunakan saklar yang tempatnya tersembunyi. Silahkan pilih lokasi yang paling dirasa aman tapi tidak sulit untuk dicapai saat akan digunakan.

Gambar di bawah ini adalah diagram pelistrikan yang berkaitan dengan Fuel Pump.

Terlihat bahwa fungsi relay fuel pump di kontrol oleh ECU. Agar tidak mengganggu sistem kerja ECU, maka pemutusan jalur ke fuel pump diposisikan pada output relay, yaitu kabel yang akan langsung menuju fuel pump.

Kabel yang menuju fuel pump adalah kabel berwarna Merah dengan ketebalan sekitar 2mm berada di PIN#13 pada socket IF1.

Lokasinya berada di balik panel plastik di dekat pedal gas.

Untuk membuka panel plastik tersebut, dibutuhkan obeng minus yang besar, dan obeng kecil untuk menusuk klip.
Membuka klip kecil tersebut dilakukan dengan cara menusuk bagian tengah klip hingga tertekan sedikit ke dalam (jangan terlalu keras/dalam menusuknya).

Kemungkinan besar plastik di bagian bawah pintu juga akan terangkat saat melepas panel plastik tersebut.

Socket IF1 terlihat seperti gambar di atas.

Sususan kakinya seperti ini

Temukan kabel berwarna MERAH dengan ketebalan 2mm pada socket IF1 tersebut (pin#13).

Siapkan saklar + kabel (diameter minimal 2mm).
Pilih saklar yang berkualitas baik, yang mampu bekerja hingga minimal 10Ampere. Saklar yang tidak bagus bisa membuat repot di kemudian hari,.. karena tiba-tiba mesin akan bisa mati sendiri pada saat mobil sedang digunakan, hanya akibat dari koneksi saklar yang buruk sehingga fuel pump tidak mendapat aliran listrik.

Setelah saklar dan kabel siap, putuskan kabel merah tadi dan sambungkan dengan rangkaian saklar kabel tadi. Sambunglah kabel sebaik dan serapih mungkin agar tidak mudah terlepas. Bungkus dengan baik dan rapih, seakan perkabelan mobil tidak pernah diutak-atik sama sekali.

Silahkan cari lokasi penempatan saklar immobilizer tersebut di tempat yang tersembunyi namun mudah untuk dicapai (tidak merepotkan diri sendiri).

Pasang dan rapihkan kembali panel plastik yang tadi dibuka.

Melihat proses pemasangan di atas, menjadi keuntungan tersendiri bagi Avanza/Xenia, karena maling cukup repot, tidak menyangka mobil tersebut dilengkapi immobilizer dan seandainya mereka (maling) sudah tau tips ini, tetap merepotkan apabila harus membongkar panel plastik itu.

Jadi saran saya, jika memungkinkan pilih posisi pemotongan kabel MERAH tadi di bagian yang tersembunyi. Bungkuslah dengan rapih.

Nah, setelah selesai memasang immobilizer tersebut, aktifkan setiap kali parkir di manapun yang dirasa kurang aman. Kita sudah berusaha untuk meredam tindak pencurian, namun selebihnya kita berdoa kepada Allah agar selalu dilindungi dari orang-orang jahat.

KESIMPULAN:
Immobilizer ini membuat seolah mobil kita kehabisan bensin, sehingga mesin tidak bisa hidup walaupun distarter hingga accu soak, sekalipun di dorong-dorong.

Semoga bermanfaat!.

Terimakasih untuk:
Rekan-rekan AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club)
Andi AXIC untuk pinjaman mobilnya.

KESEPAKATAN:
Saft7.com tidak bertanggung jawab atas batalnya garansi dan masalah lainnya yang berkaitan dengan tips ini. Resiko ditanggung sendiri, jika tidak mampu melakukannya silahkan minta bantuan rekan/montir/bengkel yang bisa melakukannya dengan membawa Print-Out tips ini untuk mereka baca dan kerjakan.

Klik di sini untuk PRINT tips ini

120 Responses to Anti Maling untuk Avanza / Xenia

  1. danang says:

    Mas saft mau tanya untuk socket if1 pada avs 2010 dimana y letak nya

  2. Hendrik says:

    Om makasiya…. Penjelasannya sangat berguna

    Kalo untuk mobil jazz dimana ya.. Kabelnya

  3. Pak Mar says:

    Artikel yang menarik.. tolong dong dikasih petunjuk untuk jalur fuel Pump untuk mobil APV.. mau saya pasang saklar sendiri saja..
    Mohon balas dengan email juga ya.. Terima kasih.

  4. robby sunarto says:

    Om Shaft yang baik hati,

    Bisa tolong di share ke saya juga om untuk Anti Maling Terios??

    Thanks
    Robby Sunarto

  5. budi s nst says:

    Selamat kenal untuk semuanya…sekedar tambahan aja,untuk lebih memperkuat arus yang melewati sambungan tersebut..ada baiknya kita mempergunakan rilley untuk lampu mobil..kesimpulannya SAKLAR tersebut hanya untuk mengaktifkan rilley saja,karena rilley lampu mobil bisa bertahan diarus 20 s/d 30 ampere dan untuk mengaktifkan arus rilley bisa diambil dari arus tetap(+) yang ada dikonci kontak dengan catatan SAKLAR harus dilewati fuse gantung 3 ampere(biar lebih aman)….Semoga bermanfaat…

  6. Ardana says:

    Mantrab Bos, tapi sy masih bingung untuk mobil xenia socket nya cuma ada 1. tidak seperti di gambar ada 2 socket yaitu IF1 dan BC1. apakah kondisi kabelnya sama saja antara xenia dan avanza..?

    • shenoe says:

      gan mending pakai gps tracker,semua bisa di lacak via pc,blackberry,ipad dll.bisa di matiin mesin pkai hp,dr jarak jauh,sadap suara dll,ckup rp 1.850.000 free 1 thn pmbyaran bulanan,minat hbungi;081314393424,pmasangan free untuk jabotabek

  7. dino says:

    mas, selama ini saya sudah makai tombol rahasia yang mas saranin diatas, tapi kadang saya sendiri sering lupa mencet tombol ON nya kalau saya sudah selesai parkir dan mau berangkat, akibatnya mobil mati sendiri dan agak susah tuk hidupin nya lagi walau tombolnya sudah di ON, saya takut itu akan merusak sistem injeksi di mobil saya jika keseringan, tolong di share dong mas kabel yg mana di mobil xenia yang bisa mutusin jalur listrik baterai/aki nya saja, nanti saya bikin sakelarnya lagi, tolong ya mas, trmksh.

  8. Arief says:

    Selamat siang oom Saft,

    Tips anti maling untuk apansah ini bisa diaplikasikan ke Rush apa gak?

    salam,
    Arief Prabowo

    • shenoe says:

      numpang kasih saran gan,di aplikasikan di mobil rush bisa gan warna kabel pompa bensin sama,tp tidak efektif ,lbih baik pakai gps tracker super spring bisa matiin mesin via hp,dan bisa di lihat di monitor kmn arah mbil kita sesuai kecepatanya,dan bisa di sadap suaranya di kabin,secara real time,minat hbungi 081314393424,saya jamin aman .

  9. sholehrumi says:

    mungkin nggak jika saklar manual diganti elektrik seperti di http://sholeh-rumi.blogspot.com/2011/09/alarm-motor-auto-lock.html
    bagi yang punya skema pelistrikan motor atau mobil dimana saya bisa mendapatkannya? tentunya untuk pengembangan alarm tersebut.

  10. ahmad says:

    terimakasih byk mas atas share nya, semoga mas murah rejeki dan cepat naik haji, aminnnnn. saya coba bongkar sendiri (xenia) saya dan akhirnya alhamdulillah berhasil.

    sedikit saya ingin berbagi cerita pengalaman saya sendiri pada teman2 semua yang ingin memasang pengaman anti maling diatas.
    tadinya percobaan saya gagal, xenia nya malah ga mau hidup2 lagi setelah saya pasangin sakelar nya, gugup, panik dan menyesal timbul dalam benak saya, namun berkat keuletan telusur demi telusur, ternyata benar kata mas sendiri, sakelar nya kalau bisa yang paling bagus, kebetulan saya belinya yang kurang bagus, karena pada waktu saya beli ditoko listrik waktu itu, itu sih katanya yang paling bagus. padahal ada yang lebih bagus lagi di toko lain.

    setelah saya ganti kabel nya , yang tadinya kabel serabut diganti dengan kabel kawat, maksud saya sih biar arus listriknya kuat dan tetap stabil dan kemudian sakelar nya saya ganti dengan sakelar listrik yang biasanya nempel di dinding rumah dengan kualitas yang paling bagus, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala lagi.

    skali lg trimakasih atas share nya ya mas, semoga bermanfaat.

  11. Agus says:

    Dear Om Saft7..
    Sebuah artikel yg cukup menarik yg selama ini saya cari2 Om… Om kalau untuk mobil suzuki futura gimana om… karena kemarin di parkiran depan rumah kejadian mobil futura pickup tetangga di curi maling jam 04 pagi… nah..h sekarang dia beli futura baru… tapi gimana cara memutus kabel yg ke fuel pumpnya… apakah sama dengan xenia/avanza yg seperti telah dijelaskan diatas om…
    terima kasih sebelumnya….

    regard’s

  12. joel juana says:

    mas kalo untuk mobil Taruna EFI dimana letak kabel/soket listrik pumpnya..
    makasih sebelumnya mas.. TOP banget Artikelnya..

  13. eyb says:

    agan yang satu ini emang penuh dengan hal2 informasi dan tips yang jadi rujukan otomotif

    thx bro………..

  14. Norman says:

    ada yang mau bantuin saya bikin immobilizer di mobil saya
    email nhasibuan@gmail.com ya

  15. yudi says:

    mas,kalau mau pasang di kijang inova bensin dan diesel gimana?MAKASIH tutorialnya sangat bagus dan jelas

  16. henel says:

    Dear,
    Dari artikel ini sangat menarik, cuma bagaimana dengan dampak safety-nya, jika secara tiba-tiba karena contact point dari saklar tidak bisa menghantar? apakah mesin mobil akan tiba-tiba mati atau bagaimana?
    Soalnya banyak ide untuk membuat hal-hal seperti ini tetapi hanya masalah safety yang membuat saya membatalkan niatan ini, karena nyawa lebih berharga dari sebuah xenia (meski.belinya nyicil :D…..)
    Mungkin ada cara lain yang lebih aman? semisal saklar hanya diginakan sekali saja saat start awal dan setelah mesin hidup meski saklar di putus mesin masih hidup.
    Silahkan berbagi ke henel.automation@gmail.com
    terimakasih mohon maaf kalau ada kelirunya.

  17. d_vina says:

    wah ini dia yang aku tunggu…yah terima kasih semoga ALLAH SWT membalas amal baik MAS Saft7…ya…berarti telah berusaha membahagiakan hidup org yg punya mobil AVAXE…YUPPPP

  18. iko bambang says:

    mantaps om, tapi kalo bisa tolong dong untuk mobil APV nya. dikirim ke email.
    makasih sbelumnya.

    • shenoe says:

      mas iko untuk mbil apv bisa di pasang tapi posisi kbel pompa bensin ada di bawah jok sopir,cari kbel warna pink ,kbel tsbut di putus trus di pas
      angin alat tersbut(saklar)jadi deh,ikut bantu mas saft

  19. supangkat says:

    Terima kasih infonya ini ide yang bagus wass

  20. decakra says:

    om saft ini org elektronika ato otomotif ya..? hehehe..bagus ni artikelnya.. ijin copy ya om.. saya akan coba aplikasikan artikel om saft ini dengan tambahan gps, krn gps yg sering saya pasang di mobil2 passenger ada fasilitas immobilizer, dengan penambahan relay lagi. jadi cara kerjanya bs matikan mesin jarak jauh by sms comand apabila mobil tsbt mncoba melewati jalan yg harusnya tidak boleh dilewati.
    thxs om saft..

  21. beni says:

    om, idenya simple tapi TOP.

    kalo buat atos kabelnya warna apa?

    mohon di balas.

    thanks

  22. Maryon says:

    idenya manstab om…
    tks t pencerahannya GBU

  23. usman says:

    idenya mantap bung saft, dengan adanya ini kita bisa berkreasi sesuai dengan keinginan kita…nanti kita share lg disini…jadi memperluas ide kreatif kita dan jangan di comment malah jadi kesannya malah “jualan”…piss..wassalam

  24. tony says:

    Lam kenal mas g uda terapin metode ini ke T/Avanza, wah hasilnya makyuss muantap. Btw skrg g mo nyoba di Innova diesel & Honda CRV punya bokap n abang g. Bs minta petunjuk?
    Makasih ya mas

  25. Silda Prayona says:

    Selamat Malam om Saft7…
    Mohon informasi, dimana saya bisa mendapatkan usermanual + wiring diagram toyota Avanza 2009 Type E Manual??

  26. rudies says:

    om autologic, blh tau bengkel anda dmn ? thx

  27. panduannya jelas sekali. thanks

  28. AUTOLOGIC says:

    Sudah banyak terpasang di mobil yg paling rawan AVANSA & ZENIA,TITIK SENUHAN BISA DIMANA SAJA ,jg dilenkapi dengan LED Indikator dan bunyi panic ke Horn / Sirene

  29. AUTOLOGIC says:

    ada system baru tanpa saklar ,TOUCH IMMOBILIZER namanya ,hanya dengan sentuhan !, mobil anda baru bisa start,harga mulai dari Rp350000 SELENGKAPNYA KONTAK 97669551

  30. nurcahyo says:

    Kini hadir di company kami produk baru sistem GPS dengan biaya abonemen rendah dan alat sangat terjangkau bergaransi dan resmi.
    Alat ini khusus tracking dan matikan mesin juga sadap.

    harga 3.100.000,_sudah tmasuk abonem 1 tahun.

    ayo tunggu apa lagi?????????

    hubungi kami di 021.99650872

    terimakasih

  31. nurcahyo says:

    khusus untuk om sun go kong…

    Om sistem koneksi klistrikan mobil jangan di konek langsung tanpa pengaman,pakailah relay,ini ane kasih tahu caranya.

    1.siapkan relay 12 volt (harga 35.000)ngga usah mark bosch mahal,tapi aman.
    2.kabel
    3.saklar (harga 5000 aja)

    caranya:relay itu ada 5 kaki gini ;

    1.angka 85 konek langsung ke power
    2.87a dan 30 ini untuk kabel yang di potong tersebut tadi
    3.87 ngga di pakai
    4.nah yang 86 ini untuk saklar,juga ke body atau groundig.

    ini pasti sangat aman.

    masih bingung??????????? belll…. aja gwe di 021,99650872.oke!!!!!!!!!

    thanks

  32. nurcahyo says:

    Bos..ini info baru dari perusahaan guwe soal harga alat GPS yang lg discount.
    HARGA ALAT DAN INSTALASI 3,5 JUTA
    tanpa ada biaya bulanan atau abonmen.fungsi utama nya yaitu;
    1.monitor armada di mna saja berada
    2.sadap
    3.matikan mesin via HP
    dll

    alat ini cocok banget untuk mobil rental dan armada2 yang beregerak lainnya.

    cepetan hubungi gwe di 021.99650872

  33. Saftari says:

    Ony FC says:
    Idenya mantaff,terus mau nanya nih,untuk penyambungan kabelnya, apakah boleh kita solder,atau dengan menggunakan claim,yang saya takutkan panas dari timah dan solder akan mempengaruhi sistim yang ada.

    Jawab:
    Di solder?.. lebih baik malah… apalagi kalau nyoldernya rapih, dibungkus dengan Heat Shrink Tube (selang bakar).. wah lebih mantab tuh.

  34. Ony FC says:

    Idenya mantaff,terus mau nanya nih,untuk penyambungan kabelnya, apakah boleh kita solder,atau dengan menggunakan claim,yang saya takutkan panas dari timah dan solder akan mempengaruhi sistim yang ada.
    Please Advice…
    Salam.

  35. nurcahyo says:

    Yang memiliki mobil rental atau kendaraan operasional sebuah perusahaan segera hubungi kami di (021 99650872)

    kami sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa teknologi GPS.

  36. nurcahyo says:

    GPS V tracker susahnnya kalo armadanya lebih dari 1,sulit monitornya ,juga ribed.di perusahaan kami tersedia alat yang bisa monitor via web atau HP hingga ratusan unit dalam sekali “klik”.peta yang detail juga di dukung software,firm ware yang terbaru.alat kami sudah di pasang di car rental,bis ,trucking,kapal tongkang,kapal takboat,ekspedisi,dll.juga ada kamera pengintai.

    namun;harganya yang cukup lumayan sekitar 4 jutaan dan abonemen per bulan sekitar 150an ribu.
    tapi soal kwalitas dan service di jamin customer puas.

    hubungi kami di;021 99650872

    nurcahyo

  37. Hary says:

    wow… keren sekali idenya. tapi sekarang ada piranti yang lebih canggih, yaitu GPS Vehicle Tracker. Alat ini dpat mematikan mesin melalui perintah SMS, dapat mengetahui posisi kendaraan via software map (google earth, garmin, dll).dapat menyadap pembicaraan didalam mobil dan fungsi lainnya deh. Silahkan contact saya ya untuk info lebih lanjut

  38. wendy says:

    Dear:Bpk2 pencinta otomotif,,,kl menurut saya,alangkah baiknya kita coba sendiri kreasi yg menurut kita bener2 savety dan tentram serta sesuai dgn kantong masing2,,,contoh nya:1.Beli kunci stir yg bagus,tdk sembarangan,2.usahakan ganti remote standar dgn remote yg lumayan bagus,bole di bilang diatas dr yg standar,3.di parkir di tempat yg savety..juga jgn lupa slalu berdoa sblm bepergian,,,smoga smuanya aman dan baik2 slalu..amin.

  39. Teguh says:

    Nanya, apakah pemasangan saklar tsb semudah itu?
    Hanya memotong kabel merah #13 dan dihubungkan dgn saklar spt gambar terakhir?
    Gambar awal (sirkuit) hanya untuk menjelaskan arus kabel aja kan?
    Biasanya orang simpen saklarnya di mana?
    Terima kasih.

  40. nurcahyo says:

    Kalo soal hacker, itu si sudah ada yang urus, kami tidak khawatir dengan hal itu karena sudah diluar ranah wilayah saya lagi pula perusahaan kamipun sudah mememperhitungkannya.

    Kembali ke soal alat anti maling yang “MURAH nan AMAN”cukup dengan biaya 100 rbu (plus transport pasang) ga nyampe 200.000,armada anda bisa di parkir dengan aman dan anda pun di jamin nyaman.

  41. Nur cholis says:

    Numpang nebeng nich , saya punya alat bikinan sendiri untuk keperluan tersebut. satu pakai system sentuh ( cukup sentuh aja titik sentuh bisa satu helai kabel(satu rambut )dan satu lagi pakai angka kombinasi , misalkan kode 1348 ketika kita salah pencet untuk angka pertama maka sistem langsung error. dan buzzer akan menyalak. maling pasti panik

  42. pikofias says:

    Iya nih, sependapat dengan Om Geol. Apakah Pak Nur atau instansi tempat Pak Nur berdinas bisa menjamin keamanannya? (Jangan bilang, mobil anda ditanggung asuransi kan?)

  43. geol says:

    mas nur.. jaminannya apa ya koq bisa dibilang aman?? bukannya saya mau menuduh atau berprasangka buruk… klo menurut data2 yang anda kemukakan di atas, anda bisa tracking mobil yang dipasangi “alat” anda tersebut.. betul khan? berarti anda bisa tau lokasi secara “realtime”…. naah, klo server anda di “hacked” orang lain yang berniat jahat.. trus tinggal cari aja tuh mobilnya.. duuuh.. sereeemmm… ingat oom.. kejahatan bukan hanya karena adanya niat si pelaku… tapi karena adanya kesempatan…

  44. saftari says:

    @Nurcahyo:
    Mas Nur, terimakasih atas warningnya, tapi tidak untuk menjelek-jelekkan produk lain yang ada. Tidak etis. Harap maklum, Peace!

  45. nurcahyo says:

    Hati hati dengan berbagai tips yang muncul di media menyangkut alat anti maling kendaraan dan cenderung untuk memepersilahkan anda mencoba2 salah2 kendaran anda jadi korban uji coba anda sendiri,SERAHKAN SAJA KE AHLINYA..

    kami siap membantu,cukup dengan 100.000 per unit kendraan anda di jamin aman.

    hubungi;021 99650872

  46. nurcahyo says:

    Oooooooo beberapa cara di atas tadi yang manual atau yang elektric sudah ok namun kurang aman.Saya teknisi alat yang bergerak di bidang GPS berkantor di PLUIT,alat kami di jual dengan harga 4 jutaan dengan abonemen tiap bulannya 150rb an.bisa mantau kendaraan d mna berada,bisa mantau via sms,bisa nyandap suara di dalam cabin(interior),komunikasi 2arah.MATIKAN MESIN dengn HP atau via web.bisa liat report 3 bulan yang lalu tinggal ambil data dari server kami,sangat komplit bahkan kamera pengintai.

    gwe juga maen dan terima pasang alat yang murah kwalitas OK, ide kresi system GPS dan keahlian gwe sendiri.alat gwe di jual 100.000 berikut ongkos jalan.garansi 3 tahun dan sangat aman.KENDARAAN ANDA DI JAMIN AMAN.

    segera hubungi kami di;021 99650872

  47. Yohanes says:

    Kalo untuk mobil ford escape 2003 ada nggak? Ada rekomendasi? Thanks before

  48. nurcahyo says:

    kalo sistem seperti tadi itu salah
    mendingan gini aja bagi siapa yang punya armada rental atau pribadi kalo pingin aman hubungi gwe
    kbetulan gwe salah satu dari karyawan sebuah perushaan nyang bergerak di tracking juga di safety car juga.
    cukup dengan biaya 100.000.mbil anda di jamin aman.alat kami adopsi adopsi dari sistem GPS.

    silahkan segera hubungi kami di

    02199650872

    nurcahyo

  49. arya says:

    waduh om saft aku gak ngerti sama sekali dengan masalah kelistrikan, dari gambar diagram listrik itu aja aku gak ngerti sama sekali, mobilku avanza G ’05 bisa recomend ke bengkel mana aja di jakarta yg biasa masangin ini.

  50. saftari says:

    Sabdo says:
    Om Saft, bisakah hal ini dilakukan dengan cara memasang saklar pada kabel dari battery ke coil ? Sehingga saat saklar off, arus DC dari battery tidak akan mensupply coil dan coil tidak bisa memproduksi arus AC yang dapat menimbulkan lompatan api di busi, selanjutnya mesin tidak akan hidup.

    Jawab:
    Untuk mobil lain tentu bisa saja seperti itu, tapi belum tentu semua bisa, karena bisa mengganggu system ignition di ECU.

  51. Sabdo says:

    Om Saft, bisakah hal ini dilakukan dengan cara memasang saklar pada kabel dari battery ke coil ? Sehingga saat saklar off, arus DC dari battery tidak akan mensupply coil dan coil tidak bisa memproduksi arus AC yang dapat menimbulkan lompatan api di busi, selanjutnya mesin tidak akan hidup.

  52. saftari says:

    Anton Dewata says:
    info yang sangat bagus, tapi apakah hal ini bisa juga di terapkan di mobil merk lain? apakah bisa di inform kalau di mobil trajet kabel merahnya ada disebelah ma

    Jawab:
    Pada prinsipnya, telusuri saja jalur Fuel Pump Relay nya… putus dari jalur itu.

  53. Anton Dewata says:

    info yang sangat bagus, tapi apakah hal ini bisa juga di terapkan di mobil merk lain? apakah bisa di inform kalau di mobil trajet kabel merahnya ada disebelah mana ya?

  54. saftari says:

    Obinse says:
    Wah, kalo kita lupa, abis off kan saklar, terus pulang dari parkiran lantai atas, mesin jalan lalu bbrp puluh meter mati, rem jadi ngeloss, power steering jadi berat banget, bahaya….!
    Seharusnya ada teknik lain seperti relay pemutus listrik ke ECU, atau pemutus listrik ke koil. Jadi mobil seolah bisa distart, tapi gak bisa nyala.

    Jawab:
    Coba dibaca lagi lebih teliti… tips ini persis seperti yang om usulkan.
    Cheers!

  55. Obinse says:

    Wah, kalo kita lupa, abis off kan saklar, terus pulang dari parkiran lantai atas, mesin jalan lalu bbrp puluh meter mati, rem jadi ngeloss, power steering jadi berat banget, bahaya….!
    Seharusnya ada teknik lain seperti relay pemutus listrik ke ECU, atau pemutus listrik ke koil. Jadi mobil seolah bisa distart, tapi gak bisa nyala.

  56. Budi Santoso says:

    Cara anda terlalu rumit bagi orang yang tdk tahu ttg mekanik mobil, lebih baik jika darurat cabut saja kabel koil yng kedistributor (pasti aman) distart pasti tdk bisa, sdgkan cara anda mungkin kendaraan masih bisa jalan walaupun tidak jauh tapi sdh bergeser dilain tempat dan bagi pencuri akan mencari sampai ketemu itu alat, semoga bagi yang lain dapat mencoba saran saya ini

  57. Hermawan says:

    Om shaft, saya sangat tertarik dengan artikel ini, cuma masalahnya mobil saya honda new jazz, bisa tolong dibuatkan drawingnya? terimakasih sebelumnya

  58. Alfred says:

    Om Shaft, mobil saya zuki katana, pompa bensinnya masih mekanis, kalo mau bikin yg kaya gini, bagusnya apanya ya yg diputus?

  59. antony says:

    Om saft, saya pakai Xenia dan sdh saya pasang saklar rahasia. Saya minta tolong bengkel dan montirnya ambil kabelnya dr kabel kontak yg ada di ruang mesin. Dia tidak mutus kabel, hanya nambahin satu kabel. Aman tidak ya Om Saft? Ada resiko korslet nggak ya? Saya tunggu tanggapannya. Thx

  60. herry says:

    Tipsnya O.K punya.
    saya udah coba pada Avanza, jg kendaraan diesel spt Isuzu, sip aman, mobil kagak bisa nyala mesti didorong.
    Kalau untuk honda Jazz, fuel pump kabelnya warna apa ya? saya khawatir try&error untuk mobil ini bisa berpengaruh pada sistem kelistrikan yg lain.

  61. Damar Bahari says:

    Dimana Beli Remote Control, Gw mau pake Remote aja, Gw Sembunyikan Sensornya ga perlu pake Saklar Manual.

  62. Countryman says:

    Ada yang lebih ampuh tapi sedikit ribed dan kurang praktis. sesudah mobil diparkir, buka kap mesin dan ambil semua kabel busi ke distributor.Jangan lupa urutannya 1-3-4-2 untuk yang 4 cylender

  63. Hendra says:

    Wah ide yang baik, mungkin akan lebih ok lagi jika kita tidak harus rogoh2 saklar, karena saklar tersebut bisa di drive oleh alat tertentu seperti RFID (misal).

    Tq Om akan coba dipaktekan

    Rgds

  64. SunGoKong says:

    Om Saft, ane uda pasang di Ave ane. Muantaffff…
    Sekarang parkir jadi lebih tenang.
    Ga jadi pake relay om, hajar langsung abis ga ngerti mo disambungin ke mana.

    Ane pake saklar seperti gambar om saft tapi yang 20 ampere dan kabel yang tebel (lebih gede dibanding kabel yang diputus). Beli di glodok 15rb (made in taiwan). Belum sempat cobain nih panas ato dingin soalnya lokasinya susah dijangkau. Ada yang made in japan, harganya 75rb per biji.

    Terima kasih banyak om…..
    Terima kasih lagi…

  65. wehans says:

    saya juga sudah diy, untuk sakelar memang ada yg murah sekitar 10rb-an, tapi baiknya beli yg sekitar 50rb keatas, saya pakai dingin2 aja. Malah untuk lebih aman lagi saya sudah pasang seri dengan relay yang digerakkan pakai sensor yg lain.

  66. Lukmans says:

    padahal saya pake saklar seperti yang Om Saft pake juga. ada jenis saklar lain?

  67. Saftari says:

    Lukmans says:
    thanks Om Saft atas idenya
    setelah saya baca langsung saya print dan bawa print an tersebut ke bengkel aksesoris minta kerjain sesuai dengan petunjuk Om Saft. Tukang yang ngerjain langsung ngerti tanpa kesulitan dan sekarang sudah dipasang pada XeXi saya. Satu pertanyaan saya, setelah mobil digunakan saklar tersebut cukup panas. apakah itu normal?

    Jawab:
    Ga normal boss…
    Artinya saklarnya kurang bagus, ampere capacity nya kurang besar. sehingga dia panas…
    Coba ganti dengan saklar yang lebih berwibawa.. hehe.

  68. Lukmans says:

    thanks Om Saft atas idenya
    setelah saya baca langsung saya print dan bawa print an tersebut ke bengkel aksesoris minta kerjain sesuai dengan petunjuk Om Saft. Tukang yang ngerjain langsung ngerti tanpa kesulitan dan sekarang sudah dipasang pada XeXi saya. Satu pertanyaan saya, setelah mobil digunakan saklar tersebut cukup panas. apakah itu normal?

  69. Memet Rahmat says:

    Lebih aman lg, kalau switchnya diganti dgn kunci kontak (kunci dilepas jika diperlukan). Jd akan menambah sulit si maling walaupun immobilizer-nya diketemukan…

  70. SunGoKong says:

    Alo Om, karena ide ogut bagus, tolongin dong Om gambar ato wiring ato cara pemasangan relaynya he..he..he.. Kalo bisa, pake saklar yang hanya perlu on aja jadi waktu kunci kontak OFF SAFT Immobilizer juga langsung aktif (ga pake tekan/saklar apa2 lagi gichu).

    Jujur aja Om, ini ide semua dapet dari tetangga sebelah. Ogut mah kaga ngerti ginian. Tau pake aja.
    Tolong disenterin lagi biar jalannya terang Om.

  71. TheOwner says:

    SunGoKong Says:
    Om Saft, uda pernah diukur belum arus yang melewati kabel merah itu berapa Ampere?
    Kalo ditambah relay lebih baik ga? Mengingat kabel merahnya cukup besar = ampere besar. CMIIW
    Jadi kabel merah masuk ke kaki 30 dan 87 dan kabel saklar ke kaki 85 dan 86.

    1 lagi Om, baru kepikiran juga.
    Kalo mo mutusin kabel fuse EFI 15A caranya gimana ya? Wiringnya dimana?

    Jawab:
    Lebih bagus kalo pake relay tuh… idenya bagus.
    Sebaiknya jangan putus jalur EFI nya… karena takutnya mengganggu ECU. Ada ECU yang jadi reset lagi settingnya kalo di putus supply powernya… dsb. cari aman saja.

  72. SunGoKong says:

    1 lagi Om, baru kepikiran juga.
    Kalo mo mutusin kabel fuse EFI 15A caranya gimana ya? Wiringnya dimana?
    Matur nuwonnn…

  73. SunGoKong says:

    Om Saft, uda pernah diukur belum arus yang melewati kabel merah itu berapa Ampere?
    Kalo ditambah relay lebih baik ga? Mengingat kabel merahnya cukup besar = ampere besar. CMIIW
    Jadi kabel merah masuk ke kaki 30 dan 87 dan kabel saklar ke kaki 85 dan 86.
    Mohon pencerahannya Om.

  74. G.1.E says:

    Wih lengkap sekali tuh tutorialnya hihihi.. kalo buat awam seperti saya sepertinya bakalan lama bikinnya hahaha..

  75. yudy says:

    om saft, boleh minta ijin untuk masukkin ke koran saya, ototrend. bila mengijinkan tolong email ke saya yah… ototrend600@yahoo.com

    makasih mas

  76. Jerod says:

    Oom kalo untuk honda Jazz automatic ada nggak saranya, supaya membawa rasa aman gitu loh

    trims ya

    Jer

  77. aditya says:

    ampun om saft emang top markotop, mohon ijin di copy idenya ya om, udah lama nyari wiring swicth rahasia ini utk avanza, secara walaupun katanya mobil murah kaleng krupuk tapi ogut beli secondnya aja ampe ngap-ngapan,apalagi kalu sampai “dipinjem” maling, thanks ya om

  78. Fatih Solihin says:

    Halo.. Om Saft,
    Salut dengan artikelnya cuma ada yang membuat saya masih ragu apakah sytem ini tidak berbahaya bagi system injector karena yang pernah saya dengar bahwa system injector tidak boleh memompakan udara kosong.
    =di tunggu jawabanya=

  79. yatno says:

    …saya ada tambahan, kalo parkir di tempat yang rawan, sebaiknya lobang untuk di bawah filter angin di tutup dengan gombalan kain, baru ditutup lagi dengan filternya sehingga begitu di starter, udara tidak ada yang masuk dan kendaraan menjadi mogok…

  80. S 1 LE says:

    Sebelumnya saya ucapkan salut buat om Saft dengan segudang artikel-artikel menariknya ttg otomotif. Saya punya pertanyaan tentang alat pengaman ini, bener nggak mobil/mesin bisa menyala tanpa fuel pump aktif, kalo untuk tipe karburator mungkin bisa mesin nyala sampai bensin di mangkok karburator habis baru mesin mati, tapi kalo di tipe injeksi apakah berlaku juga?, karena otomatis di pipa bensin yang menuju injektor tdk ada tekanan bensin shg kalaupun katup injektor aktif bensin tidak akan keluar dari injektor. Mohon penjelasannya, Terimakasih.

  81. saft7com says:

    datsun Says:
    Mas saft7 dan kawan2,
    Klo bisa, share donk circuit utk mobil2 sejuta umat lainnya (misal: Kijang, Twincam, Soluna) supaya bisa dipasang immobilizer jg.

    Jawab:
    Ntar aku cari deh skematiknya… semoga dapet

  82. datsun says:

    Mas saft7 dan kawan2,

    Klo bisa, share donk circuit utk mobil2 sejuta umat lainnya (misal: Kijang, Twincam, Soluna) supaya bisa dipasang immobilizer jg.

    Makasih ya…

  83. rizky says:

    om saft saya mo nanya nih, tentang capasitor bank buat karnival diesel 12 volt 100 ampere pakai elco berapa yach? mf dan volt nya yang tetap, biar aki awet dan enteng aja klu distater kebetulan saya suka asesories lampu 2 dan sbginya, makasi ataa infornnya bang saft….
    mungkin temen 2 disini bisa kasih saran …..thanks
    harapan_musik@yahoo.co.id

  84. joenaidi says:

    Ane usul agar ketika parkir dan posisi saklar dalam keadaan ON ( Fuel Pump terputus dari rangkaian) agar ada indikasi lampu/LED yang kedip-kedip agar ketika kita akan jalan sakalar sudah di OFF kan ( kadang kita lupa ketika mobil jalan tiba-tiba mati karena bensin habis disebabkan fuel pump tidak jalan / saklar posisi masih ON).

  85. rizky says:

    om saft saya mo nanya nih, tentang capasitor bank buat karnival diesel 12 volt 100 ampere pakai elco berapa yach? mf dan volt nya yang tetap, biar aki awet dan enteng aja klu distater kebetulan saya suka asesories lampu 2 dan sbginya, makasi ataa infornnya banck saft

  86. Mas Olis says:

    Maaf Oom Saft, saya coba membantu, sebetulnya sama untuk semua mobil/motor. Yang membedakan hanya cara mendeteksi kabel mana yang akan diputus u/ kita taruh saklar.
    Beberapa ada yang memutus kabel yang menuju ke koil (masih 12 V DC), efeknya pun sama, mobil seperti mau hidup tapi nggak hidup-hidup karena dinamo sama-sama bisa muter tapi pengapian busi nggak ada.
    Kalo model saklar gemana dan taruh dimana itu mah selera. Bisa jadi saklarnya tersembunyi, dikasih pelindung, digembok lagi. Wah aman bener, he.. he.. he..

    Buat Oom Saft, kalo saya ada ide/pengalaman pribadi untuk di share di web ini caranya gemana ya…?

    nurkholis.w@gmail.com

  87. edi says:

    Om. minta petunjuk, bagaimana kalo untuk Honda Jazz ??
    please pencerahannya..
    thanks a lot….

  88. prawono says:

    Mantabb… klo saya sudah pasang,sedikit improve pada bagian sakelar saya ganti dengan socket ( socket kabel yang bisa di lepas/pasang) jadi sewaktu parkir socket saya cabut.( socket yang bisa dilepas buat dua untuk cadangan klo hilang.

  89. BioFIR says:

    MANTAP GAN! NICE INPOH!!! Pahalanya banyak nih nulis artikel kaya gini :)

    Semoga rejekinya tambah banyak :)

  90. rusli says:

    salute buat informasinya :)

  91. Andy 2353 says:

    Thx bos atas creditnya… Great tips for avanza’s and xenia owners. Looking forward for a next great tip … Andy 2353

  92. herrygs says:

    untuk mesin diesel, pengalaman saya isa juga diaplikasikan, cuma bukan pada kabel fuel pump spt mobil bensin. tapi pada kabel solenoid solarnya. untuk panther ada socket single kabel didekat bosch pump.
    coba selagi mesin hidup, cabut soketnya, dijamin mesin pasti mati.

  93. YopY says:

    Om Saft yg digambar itu avanza vvt-i bukan,..?
    saya buka di avanza yg vvt-i socketnya cuma 1, jadi bingung nih..???

  94. herry p says:

    Om Saft,

    boleh info kalo kijang Kapsul/Krista posisi cut off utk kabel IF nya dimana ya?

    THnaks
    Herry

  95. hdoq says:

    yah si Om akalnya ada aja….ane jadi repot deh klo lg ‘metik’ hehehe…
    di tunggu aksi-aksi spektakuler lainnya Um..hehe…Salute
    PS:jangan lupa nonton termehek-mehek yaah…wakakakak

  96. TheOwner says:

    nicemale Says:
    wah.. mantap oom, saya juga dah lama bikin untuk panthy dan taft, tapi dengan rangkaian timer..
    Pernah juga bikin buat kijang bokap, dan sewaktu parkir di TA, sempet hampir kebobolan, tapi tuh maling keburu puyeng, baru jalan 10 meter dah ga mau idup.

    Jawab:
    Wah keren tuh.. cerdas banget kalo ditambahin pakai timer…
    mantab!

  97. TheOwner says:

    Ridzky Says:
    OM Saft,
    kalo untuk mobil lain bisa ngga ? misalnya APV gitu ……makasih

    Jawab:
    Mobil lain, pada prinsipnya bisa kok… saya terapkan di Mitsubishi Eterna dan BMW juga.. yang penting tau jalur wiring nya aja… yang menuju fuel pump.

  98. nicemale says:

    wah.. mantap oom, saya juga dah lama bikin untuk panthy dan taft, tapi dengan rangkaian timer..
    Pernah juga bikin buat kijang bokap, dan sewaktu parkir di TA, sempet hampir kebobolan, tapi tuh maling keburu puyeng, baru jalan 10 meter dah ga mau idup.

  99. Ridzky says:

    OM Saft,

    kalo untuk mobil lain bisa ngga ? misalnya APV gitu ……makasih

  100. masrobin says:

    mantabss um saft7…makasih inpohnya. tapi kalo buat yang gak pernah ato jarang ‘kutak-kutik’, ada yang jual ‘barang’ jadinya gak yah? hehehe…. takut kesetrum.. hihihi… kalu ada inpohnya, tulung dong um dimana nyarinya?

  101. Enya-2791 says:

    Makasih ya Om Saft ilmunya, ntar aku coba bikin dirumah ya,
    mo buktiin kalo cewe juga bisa lho,
    hehehe…

  102. andy says:

    Thanks boss Saft. Ane si kayaknya mo nyambangi koh hasan aja dah. Btw, bahan2nya bawa sendiri ya, si ‘ngkoh bisa nyediain gak ya.

  103. erreza ( daffy ) says:

    aih om saft tambah cantiq dech kebetulan mobil ttm pas nie avanza, jadi bisa jadi pahlawan ceritanya aku, dengan memasangkan trik ini dimobilnya kakanda
    pasti bapak dan ibu mertua makin mantaps memilih ai jadi mantu

    makasi ilmunya om saft

  104. DungDung says:

    Wah memang oom yg satu ini… paling banyak idenya… gak percuma lah punya banyak mobil….

  105. TheOwner says:

    edwpkc Says:
    thanks bos… i”ll try @ home
    tapi pas mo pasang immobilizer ini apa harus cabut aki dulu gak yah??? thx

    Jawab:
    Setiap kali melakukan oprek-oprek pelistrikan.. sebaiknya melepas kabel accu bila perlu.

  106. edwpkc says:

    thanks bos… i”ll try @ home
    tapi pas mo pasang immobilizer ini apa harus cabut aki dulu gak yah??? thx

  107. TheOwner says:

    AXIC member Says:
    Om Saft ini orangnya kreatif and panjang akal….SALUT..!!
    Tolong dong dimunculkan jati dirinya… terkenal namanya tapi blm pernah keliatan orangnya….

    Jawab:
    Wah duh.. makasih makasih.. hehe.
    Ampun oom.. kan bisa lihat di beberapa website lainnya http://saft.multiply.com.

  108. TheOwner says:

    Abex Says:
    wuih…. manteb dech….
    Salut buat om saft…. saya doain masuk syurga dach….
    Saya doain juga biar para maling cepet kaya, biar gak perlu nyolong lagi…
    BTW… aman kan om? maksudnya gak ada effect samping ke komponen lain… ?

    JAWAB:
    Amiiien.. amiiin amiiin….
    Ga ada efek ke yang lain kok oom.. selain accu soak kalo dipaksain setengah jam starter terus2an…
    Persis kayak kita kehabisan bensin aja… kan ga merusak apa-apa.

  109. Abex says:

    wuih…. manteb dech….

    Salut buat om saft…. saya doain masuk syurga dach….

    Saya doain juga biar para maling cepet kaya, biar gak perlu nyolong lagi… :)

    BTW… aman kan om? maksudnya gak ada effect samping ke komponen lain… ?

  110. chikko says:

    Om Saft, klo switchnya pake yang ini bisa gak ya?
    http://webtronics.stores.yahoo.net/4chrocorecok.html
    klo bisa enak juga tuh… gak perlu repot simpen switch manual.

  111. AXIC member says:

    Om Saft ini orangnya kreatif and panjang akal….SALUT..!!
    Tolong dong dimunculkan jati dirinya… terkenal namanya tapi blm pernah keliatan orangnya….

  112. haykal says:

    hebat nih solusinya, gampang diterapkan…., memang bro saft kreatif dan sdh memuhi janjinya di milis axic…. salute….

  113. Doni Laksmana says:

    Makasiy banyak Om Saft atas sharingnya..
    Akhirnya terealisasi juga….

  114. TheOwner says:

    Huahaha…. lengkap banget tuh… tetap kita harus berdoa biar afdol.

  115. hdoq says:

    mantaappss um saft….biar tampah repot lagi bisa digabungkan dengan membuat saklar tambahan lainnya. Yang Um Saft bikin kan fuel pump, bikin juga saklar buat pengapian, dll biar tambah repot tuh maling hehe….Ane aja skrg dah 3 saklar mo ditambah lagi :D. Klo tempat parkirnya dirasa cukup aman, cukup 1 aja yg diaktifin, klo rawan bisa semuanya diaktifin. Biar lebih aman tambah kunci stir + kunci persneling + alarm sensor gerak + rante velg ke pohon + cantolin Winch ke mobil di depan kita saya rasa dah cukup aman….:)

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com