Sudah dibaca sebanyak 9296 kali

Pernah suatu hari saya berniat menyetel kembali kelurusan roda mobil saya, mengingat sudah cukup lama saya tidak melakukan perawatan tersebut. Biasanya saya membawa mobil saya ke bengkel Spooring & Balancing langganan. Tapi entah ada bisikan dari mana yang membuat saya masukkan mobil ke bengkel spooring yang lain. Wah ternyata bengkel yang ini sudah pakai alat model 3 Dimensi!! pakai lampu seperti blitz berkilat-kilat canggih benar!..

Setelah penyetelan.. saya mengeluarkan mobil dari bengkel… namun.. Alamaaaak… kok setir mobil saya lari ke kiri ya?… BAH!

Saya putar balik kembali ke bengkel tersebut dan minta di setel ulang.
Yang menyebalkan, teknisi menuding suspensi dan kaki-kaki mobil saya bermasalah. Saya ngotot bahwa sebelum masuk ke bengkel tersebut, mobil saya baik-baik saja. Tiga kali saya bolak balik tetap saja mereka menuding suspensi dan kaki-kaki saya bermasalah. Dan para teknisi meyakini apa yang mereka lakukan sudah tepat, sebab berpedoman pada komputer yang ada di mesin spooring tersebut.

Duh duuuh…. buang duit percuma! Sorenya saya bawa mobil saya ke bengkel spooring langganan saya, hasilnya ternyata menyimpang jauh (hasil setel bengkel sebelumnya). Keluar dari bengkel langganan, mobil kembali nyaman dan bisa dibilang kelurusan roda benar-benar sempurna.

Apa sih yang membuat tidak akuratnya penyetelan pada saat spooring?

Setelah kasak-kusuk cari informasi, ternyata mesin/alat spooring perlu secara berkala dikalibrasi ulang (Adjustment). Menurut bengkel spooring langgananku adalah 3-4 bulan sekali harus dikalibrasi.
Hal ini untuk menjaga akurasi pengukuran oleh alat sensor tersebut.
Terlihat pada layar monitor mesin spooring tanggal dan waktu terakhir kali dilakukannya kalibrasi.

Mari kita lihat bagaimana si mesin spooring di kalibrasi…

Teknisi mempersiapkan alat sensor dan perangkat khusus untuk kalibrasi berupa tiang penyangga dengan base yang akurat tegak dan lurusnya.

Sebelum alat sensor dipasang, perangkat khusus tadi ditempatkan pada bidang yang datar sempurna dengan bantuan waterpass.

Setelah perangkat kalibrasi siap, proses kalibrasi dimulai mengikuti perintah pada layar komputer.

Alat sensor dipasang pada perangkat kalibrasi seperti perintah pada layar.

Lelah juga mengikuti proses kalibrasi tersebut… total ada 18 langkah/step yang harus dilakukan.

Nah… baru ngerti sekarang,.. kenapa si bengkel langganan selalu cepat dan akurat dalam melakukan Spooring. Kuncinya adalah Alat yang Akurat!.
Kalau begini, buat konsumen seperti saya, waktu tidak terbuang percuma untuk bolak balik komplain ke bengkel spooring.

Saran saya, jangan ragu-ragu untuk menanyakan ke bengkel spooring langganan Anda, kapan terakhir mesin spooring tersebut dikalibrasi.


Lokasi foto: Plasa Ban, Cirendeu Raya 35, Ciputat. Ph:021.749-6666.